Manfaat menggunakan email hosting
Manfaat menggunakan email (source: Freepik.com)

Perkembangan teknologi yang menjembatani cara kita berkomunikasi ke arah yang lebih praktis dan ekonomis yang berdampak pada banyaknya pilihan software atau aplikasi pendukung komunikasi seperti Skype, Whatsapp, Telegram, Facebook chat dan lain-lain. Banyaknya pilihan yang tersedia tidak langsung menggeser jumlah pengguna email (baik email gratis atau email hosting professional).

Manfaat Email

Berikut beberapa alasan mengapa masih banyak orang tetap memanfaatkan email sebagai komunikasi utama online mereka:

1. Murah bahkan Gratis

Banyak email provider seperti Gmail, Yahoo, Outlook yang salah fokus bisnis mereka untuk menyediakan email yang mudah digunakan oleh orang lain dengan biaya yang rendah bahkan gratis.

2. Komunikasi bisnis

Meskipun hampir semua orang memiliki aplikasi messenger seperti Whatsapp, hampir semua orang tidak akan keberatan ketika diminta alamat email mereka dibandingkan dengan nomor telepon.

3. Akuntabilias

Arsip email seringkali digunakan sebagai alat bukti suatu kejadian atau sebagai “hitam diatas putih” antar pekerja. Saya pribadi menggunakan email sebagai sebuah transkrip pembicaraan (2 orang atau lebih) yang pernah terjadi yang menghasilkan keputusan sehingga bisa menjadi bukti jika ada pertanyaan atau perdebatan dikemudian hari.

4. Bertukar file atau dokumen apapun

Tidak perlu ditanyakan lagi bahwa kita melakukan pertukaran file jenis apapun dengan email. File dokumen, gambar, video, apapun itu bisa dikirimkan melalui email.

Baca Juga  6 Jurus Social Media untuk Bisnis Kuliner

5. Komunikasi berbeda time zone

Pernah merasa terganggu karena handphone kamu berdering tanda pesan teks atau telepon masuk? Dengan email, kamu tidak perlu khawatir email kamu akan mengganggu si penerima meskipun berbeda waktu.

6. Mengirimkan komunikasi ke grup (CC dan BCC)

Email bisa digunakan sebagai komunikasi banyak orang (mailing lists) atau mengirimkan 1 pesan ke banyak orang tanpa diketahui orang lain dengan menggunakan BCC (Blind Carbon Copy).

7. Sarana pengumpulan data marketing

Menggunakan email, ketika kamu mengirimkan email marketing (promosi, informasi, dll), kamu bisa mendapatkan metriks atau data dari interaksi para penerima pada email yang kamu kirim. Misalnya: Open rate, Click rate, Sales, Unsubscribe, dan lain-lain. Ada beberapa email marketing software yang bisa kamu gunakan seperti Mailchimp dan GetResponse.

Manfaat Email Hosting Bisnis

Memiliki banyak pilihan email gratis seperti Gmail, Yahoo atau Outlook sehingga setiap orang bisa membuat dan mengganti email dengan mudah. Jangan heran kalau banyak penyalahgunaan email dan kegiatan ilegal, seperti penipuan, marak terjadi melalui email.

Agar email kamu tidak dideteksi sebagai spam oleh provider email tujuan, kamu bisa menggunakan email dengan alamat domain sendiri. Untuk penggunaan bisnis yang lebih profesional, email dengan alamat domain pribadi atau perusahaan seperti yudhi@tokobatik.com atau yudhi@exabtyes.com lebih banyak dipilih. Berikut beberapa alasan menggunakan email profesional:

  • Email kamu akan masuk ke folder Inbox si penerima bukan folder Spam.
  • Membangun kepercayaan penerima email dan autentikasi.
  • Cara paling efektif untuk mendapatkan sales.
  • Bisa melakukan backup sendiri.
  • Bebas melakukan konfigurasi apapun sendiri.
  • Support dari perusahaan penyedia email hosting (misalnya Exabytes).
  • Kemampuan menghapus data email di perangkat lain dari jarak jauh (Remote Wiping).
Baca Juga  Cara Install Wordpress SUPER Fast

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here