8 Alasan Pentingnya Beriklan di Sosial Media Untuk Bisnis Online

0
14047

Setiap perusahaan akan memiliki tujuan spesifik yang berbeda dalam pikiran mereka, tetapi sebagian besar dari perusahaan akan berusaha untuk mencapai growth dengan menjangkau lebih banyak konsumen dan meyakinkan mereka untuk membeli produk dan jasa yang perusahaan tawarkan. Untuk melakukan ini secara efektif, kamu harus mengambil ‘keuntungan’ dari semua sumber daya pemasaran dan teknologi terkini yang banyak digunakan orang, dan di dunia modern. Internet menduduki peringkat teratas di dalam daftar itu. Ini membuat setiap bisnis membutuhkan pemasaran secara digital. 

Dalam dekade terakhir ini, dunia secara global sudah menunjukkan pergeseran paradigma ke digital. Semakin banyak orang mengkonsumsi semua jenis informasi lewat online. Melihat perkembangan internet dan teknologi yang semakin hari semakin canggih dan semua serba digital membuat digital marketing menjadi salah satu peranan yang sangat penting bagi sebuah perusahaan, hal ini menjadikan pemasaran secara digital adalah cara yang terbaik untuk menjangkau pelanggan yang ditargetkan. 

8 Alasan Pentingnya Beriklan di Sosial Media Untuk Bisnis Online - 2024

Ketika Internet menjadi terjalin dengan semua yang kita lakukan, pentingnya pemasaran digital menjadi sangat jelas. Digital marketing juga menjadi salah satu strategi yang paling banyak diterapkan oleh berbagai perusahaan dalam melakukan promosi di zaman sekarang ini. Ditambah lagi dengan banyaknya fitur, cara yang dibagikan secara online membuat para perusahaan berbondong bondong untuk menggunakan digital advertising

Maka dari itu, mari kita lihat dan pahami bareng bareng yuk, apa sih pentingnya beriklan di media sosial untuk tumbuh dan berkembang!

8 Alasan Pentingnya Beriklan di Social Media

Ada beberapa alasan mengapa penting sekali untuk beriklan di social media di zaman sekarang. Apa saja sih alasannya? Simak di bawah ini ya, Exabytes Friends!

8 Alasan Pentingnya Beriklan di Sosial Media Untuk Bisnis Online - 2024

Affordable

Pentingnya beriklan di sosial media yang pertama adalah harganya yang affordable

Pemasaran digital jauh lebih murah harganya jika dibandingkan dengan metode pemasaran lainnya. Harganya memang cukup bervariasi sesuai dan berdasarkan apa yang kamu lakukan tetapi tetap saja budget pengeluaran untuk iklan secara digital cenderung lebih rendah daripada bentuk pemasaran lainnya. Digital marketing selain dinilai tidak mengeluarkan biaya besar, hasilnya terbukti sangat efektif. 

Pemasaran digital ini juga memungkinkan kamu buat bersaing dengan pesaing kamu dengan memaparkan perusahaan kamu kepada audiens yang lebih luas dengan harga pemasaran yang jauh lebih murah loh! 

Memperluas Pasar

Tujuan utama dari marketing sendiri adalah untuk memperluas pangsa pasar dan pada akhirnya perusahaan akan menyasar calon konsumen baru.

Dengan menggunakan iklan di berbagai sosial media, jangkauan pasar pun menjadi sangat luas. Kita tidak hanya menjangkau daerah yang ada di sekitar dan dalam negeri saja, tapi kita bisa memperluas pasar kita secara global di seluruh belahan bumi yang mampu mempunyai akses internet.

Interaktif

Dengan adanya iklan di sosial media, ini sangat memungkinkan kita untuk berkomunikasi secara langsung dengan pembeli melalui konten yang kita sajikan, terutama lewat komentar di website, pesan, review, dan posting media sosial. Ini menunjukkan kepada konsumen bahwa kita peduli dengan apa yang mereka katakan dan pikirkan, mengarahkan mereka untuk merasa dihargai dan menjadi bagian dari komunitas atau perusahaan yang kita bangun.

Hal ini juga memungkinkan kamu untuk mengumpulkan informasi yang tak ternilai tentang reaksi dan preferensi pembeli kamu. Dengan begitu, perusahaan juga bisa cepat tanggap atas reaksi, komplain, ataupun pertanyaan yang diutarakan oleh konsumen dengan mudah.

Melihat Aktivitas Konsumen

Selain kita dapat berkomunikasi dengan mudah, iklan di sosial media juga memungkinkan kita untuk mencari dan melacak aktivitas pelanggan kita. Kita dapat memantau iklan dan jenis konten mana yang telah mereka lihat sesaat sebelum mereka melakukan pembelian.  

Hal Ini sangat membantu perusahaan kita mengenai metode pemasaran mana yang paling efektif yang memungkinkan perusahaan kita untuk melakukan review ulang kembali agar dapat meningkatkan strategi perusahaan agar lebih baik.

Dengan begini, kita akan semakin tahu tentang karakteristik konsumen kita dan dapat dengan efektif memperbaiki cara dan langkah pemasaran atau penjualan yang tepat untuk perusahaan kita. Keterlibatan aktif kita juga akan membuat citra brand menjadi lebih baik.

Brand Awareness 

Dari beberapa poin diatas, tentunya kita tidak akan lupa bahwa iklan di sosial media sangat membantu dalam meningkatkan citra brand. Iklan di sosial media sangat membantu kita untuk meningkatkan brand awareness atas usaha kita kepada pembeli. 

Brand awareness merupakan hal penting yang perlu dilancarkan, baik untuk konsumen lama maupun untuk menarik konsumen baru. Hal ini bisa perusahaan terapkan dengan cara mempromosikan produk atau jasa melalui konten media sosial perusahaan. Advertising di media sosial akan memudahkan untuk menyebarkan berita tentang produk dan misi. 

Mendapatkan brand recognition adalah salah satu tujuan terpenting dari bisnis apapun. Calon pembeli ingin membeli merek yang sudah mereka kenali dan pahami. Untungnya, media sosial saat ini memungkinkan untuk membangun merek yang mudah dan efektif. 

Meningkatkan Sales

Ketika perusahaan dan brand kita sudah lebih dikenal oleh banyak orang dan dengan adanya iklan di sosial media ini dapat meningkatkan penjualan perusahaan kita. Balik lagi seperti yang disebutkan diatas, pembeli akan membeli produk atau jasa yang kita tawarkan apabila sudah mengenal merek yang akan mereka coba. Dengan pemasaran yang baik, hal ini tentunya akan mudah dicapai dan dapat meningkatkan penjualan kamu ke berbagai pangsa pasar secara online.

Membangun Brand Loyalty

Sangat mudah untuk memahami alasannya: ketika perusahaan kita melibatkan publik di media sosial, kita sudah membangun suatu koneksi dan hubungan. Kita meluangkan waktu untuk memberikan informasi, bantuan, dan hiburan yang bermanfaat kepada calon pembeli kita, tanpa meminta imbalan apa pun.

Itu menunjukkan kepada pelanggan bahwa kita menghargai mereka, tidak hanya sebagai sumber pendapatan, tetapi juga sebagai manusia. Pelanggan akan mulai melihat perusahaan kita sebagai entitas yang peduli terhadap mereka, dan memiliki nilai, kepribadian, dan visi. Dan di pasar yang kompetitif, itu bisa membuat perbedaan besar.

ROI yang Menguntungkan

Return Of Invesment atau ROI pada sosial media sangat efektif karena harga beriklan di sana lebih murah di banding dengan platform digital ads lainnya. Contohnya harga per klik pada Google Adwords bisa mencapai minimal 2 dollar, sedangkan harga per klik iklan di sosial media seperti Facebook atau Pinterest hanya sekitar 0.12 dollar saja, bisa sangat menguntungkan usahamu lohh!

6 Tips Beriklan di Sosial Media

Setelah mengenal berbagai macam alasan mengapa iklan di sosial media itu penting, mari kita cari tahu juga yuk tips untuk beriklan di sosial media yang bisa kamu terapkan untuk usaha kamu!

8 Alasan Pentingnya Beriklan di Sosial Media Untuk Bisnis Online - 2024

Mengenali Objektif Bisnis

Perusahaan akan kesulitan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai jika tidak tahu apa tujuan kita sebenarnya. Memahami tujuan bisnis sangatlah penting. Ini memastikan kita untuk memilih metode, strategi dan platform yang tepat untuk beriklan. 

Baca juga: Mengoptimalkan Keamanan Email Dengan Cyber Security Yang Tepat

Tentukan target bisnis

Setelah mengenali objektif dari perusahaan kita, kita juga harus memiliki target dari bisnis kita, mau itu target market ataupun tujuan dari bisnis kita sendiri agar marketing perusahaan dapat dicapai.

Dengan menentukan target market yang sesuai, maka kita dapat membuat segmentasi yang baik mengenai produk atau jasa yang akan kita tawarkan. Perusahaan bisa dengan efektif mencari tahu karakter target bisnis kita, decision making mereka dan juga platform iklan di sosial media mana yang cocok dengan target kita. Hal-hal ini dianggap krusial agar terjadi penyampaian iklan yang baik kepada calon pembeli.

Sesuaikan Tema dan Konsep

Setelah mengumpulkan berbagai data dan melakukan research and development, perusahaan akan lebih mudah untuk mengusung tema mana yang ingin digunakan untuk mengiklankan perusahaan kita dan juga platform sosial media mana yang cocok sesuai target market kita. 

Cek ulang lagi tema yang akan digunakan karena itu lah yang membangun citra perusahaan dan diskusikan kembali setiap ide dan konsep agar matang dan dapat dieksekusi dengan baik pada akhirnya kepada calon konsumen.

Pilih Media

Setelah mengetahui tema dan juga konsep apa yang cocok dengan audiens kita, saatnya untuk menyesuaikan sosial media mana yang akan kita gunakan untuk membagikan konten dan desain kita. Hal ini sangatlah penting, sosial media sendiri juga memiliki beberapa perbedaan yang balik lagi akan dieksekusi sebaik apa bagi perusahaan yang menggunakannya. 

Dengan mengetahui dan menyesuaikan hal-hal ini, proses penyusunan konten iklan media sosial akan lebih efektif dan sesuai dengan media pilihan perusahaan. 

Walaupun semua sosial media zaman ini sudah menawarkan berbagai opsi iklan, namun bukan berarti kita harus memakainya agar banyak menjaring audiens. Jangan lupa kita perlu untuk menganalisis berbagai macam faktor seperti tujuan, konten, dan audiens yang jelas untuk mencari tahu mana yang terbaik untuk bisnis kita. Carilah platform yang sesuai dengan target market agar tidak membuang budget iklan perusahaan.

Berikut ada dua sosial media populer yang bisa kamu jadikan acuan untuk bisnis kamu:

Facebook

Yang pertama adalah Facebook. Demografi Facebook mencakup wilayah terluas dari jaringan mana pun di luar sana dan ini belum mengalami perubahan yang luar biasa dari tahun ke tahun. Banyak merek besar yang menemukan setidaknya beberapa segmen audiens mereka di Facebook dan menjadi langganan Facebook ads dari lama. 

Dengan Facebook Ads, kita bisa menjangkau banyak orang yang sesuai dengan target market yang kita miliki. Hal ini disebabkan karena berdasarkan data statistik, Facebook menunjukkan bahwa setidaknya ada 2 miliar orang di seluruh dunia menggunakan Facebook setiap bulannya loh. Sehingga bisa kita katakan kalau Facebook Ads ini mempunyai akses ke pasar yang sangat besar.

Facebook juga memiliki banyak opsi untuk tujuan, set iklan, dan iklan. Bisnis kita akan memiliki banyak kombinasi untuk diuji dan banyak cara untuk melihat opsi iklan yang tersedia.

Nah, berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki Facebook Ads yang bisa kamu pertimbangkan untuk bisnis kamu:

  • Harganya terjangkau

Facebook menawarkan harga advertisment yang cukup terjangkau, Facebook menawarkan biaya sebesar $0,5 – $1. 

  • Jumlah penggunanya terus meningkat

Jumlah pengguna Facebook tidak pernah berkurang. Justru semakin bertambah dari tahun ke tahun. 

  • Menjangkau lokal dan Internasional

Facebook menyediakan pengaturan iklan berdasarkan target wilayah tertentu. Jika kita memiliki usaha di satu daerah tertentu, kita bisa menggunakan Facebook Ads untuk menayangkan iklan khusus untuk pengguna Facebook yang berada di wilayah daerah kita atau sekitarnya.

  • Efek berantai

Saat seseorang melihat iklan bisnis kamu dan memberikan LIKE pada fanspage, maka tindakan tersebut membuat semua teman Facebook-nya akan melihat iklan dari fanpage tersebut. Hal ini seringkali disebut dengan efek berantai yang akan menarik calon pembeli lain dan menguntungkan untuk promosi panjang.

Kita bisa memilih Facebook sebagai platform sosial media kita, dengan melihat statistik penggunanya. Karena walaupun Facebook sangatlah bagus untuk digunakan sebagai media iklan digital, tapi kembali lagi apakah hal ini akan cocok diterapkan ke dalam bisnis yang kamu punya atau tidak.

Berikut adalah contoh statistik dari HootSuite yang bisa digunakan untuk research and development kamu. Pada gambar di bawah ini, diketahui bahwa Facebook banyak digunakan oleh orang yang berumur 18 tahun hingga 44 tahun dan kebanyakan penghuninya adalah laki-laki. Hal ini bisa kamu jadikan patokan dan acuan apabila kamu memiliki produk yang cocok digunakan laki laki untuk range umur 18-44 tahun seperti electronic misalnya. Ini akan sangat cocok untuk kamu yang menargetkan laki-laki umur 18-44 tahun dalam bisnis kamu. 

8 Alasan Pentingnya Beriklan di Sosial Media Untuk Bisnis Online - 2024
Source : HootSuite

Instagram

Selain Facebook, kita juga bisa memilih Instagram sebagai platform iklan kita. Instagram ini mengutamakan tampilan visual serta fitur-fitur yang mampu menghasilkan user engagement tinggi yang membuat Instagram sudah sangat layak digunakan sebagai alat advertisement

Instagram sendiri juga menyediakan layanan Instagram Ads. Banyak sekali bisnis yang menggunakan layanan ini seperti contohnya fashion, food and beverage industry sampai entertainment. Pihak Instagram sendiri mengungkapkan bahwa Instagram Ads ini niscaya dapat membantu meningkatkan brand awareness suatu produk atau layanan yang perusahaan tawarkan.

Berikut adalah beberapa kelebihan dari Instagram Ads untuk bisnis kamu:

  • Mudah Digunakan

Di Instagram, hanya dalam beberapa tap, kita dapat mengatur iklan kita dengan baik dengan posting atau instagram stories yang ada. Jika kamu tidak menginginkan banyak data rumit dan hanya menginginkan gambaran besar dengan interface yang mudah, Instagram adalah platform manajemen iklan terbaik untuk perusahaan kamu nih.

  • Konten Visual

Jika perusahaan kita cenderung untuk menggunakan konten visual yang kuat untuk diiklankan, maka Instagram akan menjadi pilihan media iklan yang baik. 

  • Targeting iklan yang spesifik

Saat kita membuat iklan menggunakan Instagram Ads, kita dapat menentukan jangkauan viewers yang diinginkan. Kita juga bisa menetapkan beberapa faktor seperti usia, lokasi, jenis kelamin, maupun hobi viewers yang nantinya akan melihat iklan kita. Ini akan membuat iklan kamu menargetkan secara spesifik.

  • Fitur yang cocok

Instagram memiliki fitur hashtag dan suggestion for you, yang mana kedua fitur tersebut bisa membantu bisnis kita untuk memperluas jangkauan.

Nah, itu adalah berbagai kelebihan yang bisa kamu jadikan acuan untuk bisnis kamu. Di bawah ini adalah contoh dari statistik Instagram yang bisa kamu uji ulang apakah cocok dan sesuai dengan konsep perusahaan kamu dan target market perusahaan kamu. Menurut data yang dilansir dari HootSuite, jika target audience kamu adalah wanita dengan umur dari 35 tahun sampai 54 tahun, maka Instagram akan sangat cocok untuk kamu. Pengguna di Instagram juga cukup rata antara perempuan dan laki laki yang bisa banget buat kamu untuk memasarkan produk apa saja ke market ini. Terlebih jika produk kamu adalah produk unisex.

8 Alasan Pentingnya Beriklan di Sosial Media Untuk Bisnis Online - 2024
Source : HootSuite

Keberhasilan iklan media sosial ini juga pencampuran dari perencanaan dan juga analisis. Strategi yang perusahaan kita gunakan setahun lalu mungkin tidak berfungsi dengan baik sekarang dan hal yang sama berlaku untuk masa depan. Selain itu, jaringan terus menyesuaikan algoritma dan fitur iklan mereka. Kembali lagi, kita harus dengan cermat memanfaatkan berbagai fitur yang sosial media sediakan agar efektif. 

Buat Konten yang Menarik

Selain memilih media kita, maka saatnya kita untuk memilih konten iklan yang dapat menarik perhatian audiens kita. Pastikan juga sosial media kita dapat engage audiens kita dengan baik agar menjadi interaktif dengan kita, seperti contohnya mereka dapat gabung ke dalam topik yang bisnis kita bawakan. Buatlah konten yang ringkas dan memiliki emotional attachment bagi calon pembeli kita.

Fokuskan konten kita terhadap manfaat atau solusi yang dapat membantu konsumen. Agar audiens ingin mencari tahu lebih lanjut tentang produk atau jasa kita.

Selain membuat konten yang menarik, kita juga harus membuat caption dan deskripsi yang selaras dengan konten, copy, dan visual iklan media sosial kita. Usahakan caption yang kita sampaikan ini jelas, ringkas, dan sampai ke calon pembeli kita.

Jangan membuat deskripsi yang terlalu panjang dan bertele-tele karena hal ini akan membuat mereka malas membaca dan kehilangan excitement

Ukur Perkembangan Hasil

Setelah semua hal dengan baik kita lakukan, hal yang sangat penting untuk kita lakukan selanjutnya adalah mengukur hasil kita. Hal ini akan membantu kita dan memberitahu apakah bisnis kita telah mencapai target atau belum. Hal ini bisa menjadi salah satu feedback untuk perusahaan, yang menunjukkan kepada kita apa yang berhasil dan apa yang tidak sehingga kita dapat meningkatkan ke depan.

Mengukur hasil dari platform yang kita pakai dan memiliki data konkret tentang hal ini adalah bagian penting dari membuktikan ROI (Return of Investment). 

Nah, berikut sudah Exabytes rangkum mengenai pentingnya perusahaan untuk beriklan di sosial media dan membagikan berbagai tips untuk beriklan di sosial media. Semoga informasi diatas dapat berguna untuk Exabytes friends yang sedang ingin menggunakan sosial media sebagai sarana advertising kamu maupun yang sudah lama bergelut di iklan lewat sosial media. 

Jangan pernah takut untuk mencoba ya teman-teman Exabytes! Bisa kamu gunakan tips diatas untuk meningkatkan bisnis kamu juga loh!