Apa Itu CentOS? Pengertian, Sejarah, Kelebihan, dan Kekurangannya

0
1792

Di antara banyak distribusi Linux di pasaran, CentOS adalah salah satu yang menonjol. Ini bukan hal yang mengherankan, karena CentOS adalah distribusi gratis dengan fitur dan kemampuan yang mirip dengan platform Linux berbayar Red Hat.

Jadi penasaran ingin mencoba CentOS kan? Ya, tetapi Anda harus terlebih dahulu membiasakan diri dengan cara kerja dari CentOS ini. Untuk itu, sekarang kita akan membahas secara detail apa itu CentOS, sejarahnya serta kelebihan dan kekurangan CentOS. Tanpa basa-basi lagi, inilah artikel lengkapnya!

Apa itu CentOS?

apa itu centOS
(Sumber: flickr)

CentOS adalah kependekan dari Community Enterprise Operating System, sebuah distribusi Linux yang dapat digunakan untuk server cloud, desktop, atau workstation

Faktanya, CentOS adalah distribusi Linux berbasis Red Hat Enterprise Linux atau RHEL, yang dikenal sebagai platform Linux berbayar Red Hat. Karena dilisensikan, Anda harus mengeluarkan uang untuk menggunakan RHEL. Namun, CentOS adalah sistem operasi yang open source dan gratis.

Misi komunitas yang disebut Proyek CentOS adalah membuat distribusi yang kompatibel dengan RHEL tetapi bebas digunakan. Hingga akhirnya terciptalah CentOS. CentOS juga mendapatkan popularitas sebagai klon RHEL yang menawarkan fitur hebat dan gratis untuk digunakan. Perlu dicatat bahwa 9,2 persen situs web dunia menggunakan layanan web host di server berbasis CentOS.

Jadi itulah sedikit informasi tentang apa itu CentOS. Sepertinya kisah dan sejarah dari CentOS ini sangat menarik ya? Nah, di bagian selanjutnya, mari kita telusuri sejarah perjalanan CentOS dari awal hingga saat ini!

Sejarah CentOS

CAOS Linux merupakan pendahulu dari CentOS. Bekerja sama dengan proyek CentOS, Pada awalnya Kurtzer merencanakan untuk membuat distribusi Linux menggunakan sistem RPM Package Manager.

Tetapi kemudian, RHEL Red Hat menjadi satu-satunya platform Linux dengan RPM. Bahkan, RPM sendiri menyimpan database dari berbagai program yang diinstal melalui pengelola paket lain seperti Yum. Oleh karena itu, diputuskan bahwa distribusi akan didasarkan pada RHEL, dengan beberapa perubahan yang dilakukan oleh tim proyek CentOS.

Pada tanggal 14 Mei 2004, lahirlah distribusi Linux baru yang telah lama ditunggu-tunggu bernama CentOS versi 2. CentOS versi pertama ini mewarisi kode dari RHEL versi 2.1AS. 

Sejak itu, CentOS terus berkembang dan selalu merilis versi terbaru. Pada Januari 2014, Red Hat mengumumkan sponsornya untuk pengembangan CentOS. Maka tidak heran jika nama CentOS ada dengan dirilisnya CentOS 7 (2014) dan CentOS 8 (2019). 

Namun pada Desember 2020, Red Hat tiba-tiba berhenti mendukung CentOS. Akibat dari hal tersebut, CentOS 8 tidak lagi beroperasi pada 31 Desember 2021. Sedangkan untuk CentOS 7 akan mengalami hal yang sama pada tanggal 30 Juni 2024. 

Nah itulah sejarah CentOS. Selain sejarah perkembangannya yang menarik, keunggulan CentOS juga patut untuk didiskusikan lebih lanjut.

Yuk cari tahu kelebihan dan kekurangan Linux di artikel satu ini!

Kelebihan CentOS

kelebihan apa itu centOS
Keamanan berlapis, manajemen paket, dan dukungan panel kontrol adalah beberapa kelebihan yang bisa pengguna CentOS dapatkan. (Sumber: shutterstock)

Selain itu, CentOS memiliki beberapa keunggulan yang menjadikannya sebagai salah satu distribusi Linux yang paling populer. Beberapa keunggulannya dijelaskan di bawah ini.

Keamanan

Layanan CentOS ini hadir dengan beberapa fitur keamanan bawaan, salah satunya adalah Security Linux (SELinux) yang dapat melindungi Anda dari berbagai serangan siber

SELinux adalah mekanisme kontrol akses untuk membantu Anda mengelola data atau proses lain sesuai kebijakan yang Anda buat. Dengan demikian, hanya file yang prosesnya ditentukan yang dapat diakses.

Dukungan Teknis

Hal lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih sistem operasi mana yang akan digunakan adalah stabilitas dan dukungan yang ditawarkan ke platform tersebut. Jika Anda menggunakan CentOS, Anda mendapatkan dukungan dan pembaruan keamanan selama 10 tahun sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Dukungan dan pembaruan keamanan bisa membuat data dan sistem anda stabil, karena 10 tahun adalah duras yang jauh lebih lama dibandingkan Linux lainnya. Sehingga aplikasi CentOS tidak perlu sering diperbaharui.

Manajemen Paket

Sistem operasi ini merupakan distribusi Linux yang dapat digunakan dengan cukup fleksibel. Hiburan ini tidak hanya sangat fleksibel, tetapi juga dapat dikonfigurasi untuk menyesuaikan dan melakukan berbagai tugas yang telah ditentukan sebelumnya. 

Karena CentOS menggunakan package manager YUM (Yellowdog Updater Modifier), yang membuat sistem operasi menjadi sangat modular. 

Jadi Anda dapat dengan mudah menambah atau menghapus fungsi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan Anda. Berbagai program memungkinkan sistem operasi ini berfungsi sebagai server email, server FTP, server proxy, dll. 

Jadi jika Anda ingin membangun sistem yang luas yang dapat menangani satu hingga banyak operasi, CentOs adalah pilihan yang tepat.

Dukungan Panel Kontrol

Seperti yang disebutkan, CentOS adalah salah satu distribusi Linux yang paling cocok digunakan di sebagian besar panel kontrol hosting. Misalnya cPanel, Plesk, DirectAdmin, WebMin, InterWorx, ISP Config, dan lain-lain. 

Berbagai panel kontrol ini dapat mempermudah penghostingan dan pengelolaan beberapa situs web di server Anda secara bersamaan. Bahkan, Anda juga bisa mengatur email, FTP, dll untuk keperluan website Anda. Selain itu, masih banyak fitur lain yang dapat mempermudah pengelolaan hosting dan website Anda.

Dokumentasi

Keunggulan lainnya adalah banyaknya aspek informasi dan dokumentasi yang tersedia di CentOS. Ini karena penggunaannya yang luas dan populer di dunia hosting, sehingga banyak komunitas dan pengguna lain yang berbagi ilmu tentang CentOS. 

Bahkan, ada beberapa forum dan website yang menyediakan panduan cara setting dan konfigurasi CentOS.

Kekurangan CentOS

apa itu CentOS dan kekurangannya
Kekurangan CentOS menjadi pertimbangan dalam memilih sistem operasi tersebut. (Sumber: shutterstock)

Tentunya, selain keunggulan pastinya ada beberapa kekurangan yang dimiliki CentOS. Tapi, keduanya mampu dijadikan bahan pertimbangan untuk menentukan sistem Linux yang akan dipakai. Nah, berikut penjelasan tentang beberapa kekurangan yang dimilikinya.

Tampilan

CentOS mempunyai tampilan grafis yang relatif sederhana. Hal ini dikarenakan Red Hat menerapkan stabilitasnya dalam interface CentOS, oleh karena itu dilakukan tindakan untuk meminimalisir pergerakan yang mengakibatkan poly UI & UX diimplementasikan demi berjalannya interface.

Hambatan bagi Software

Membutuhkan waktu yang relatif lama bagi perangkat lunak versi modern untuk bisa dipakai dalam sistem Linux ini. Dikarenakan, Red Hat lebih memilih melakukan update dalam perangkat lunak versi lama dibandingkan meluncurkan versi terbarunya. 

Namun para pengguna CentOS mampu menerima akses untuk perangkat lunak modern menggunakan perangkat lunak pihak ketiga.

Mengapa Anda Harus Menggunakan CentOS?

Setidaknya terdapat 4 alasan kenapa Anda wajib memakai CentOS, baik untuk server VPS atau personal computer desktop, yaitu:

Keamanan Berlapis

Apabila Anda butuh distribusi Linux menggunakan perlindungan berlapis, maka CentOS merupakan jawabannya. Ada poly fitur keamanan pada CentOS yang mampu Anda manfaatkan. 

Salah satunya yaitu Security Enhanced Linux atau SELinux. SELinux merupakan prosedur kontrol akses buat mengatur konfigurasi keamanan secara dunia terhadap seluruh arsip & proses kerja. 

Dengan begitu, risiko infiltrasi melalui bug ataupun celah kerentanan bisa ditekan seminimal mungkin.

Dukungan Panjang

Meski CentOS akan dilarang pengembangannya dalam 2024 nanti, sebenarnya dukungan menurut developer CentOS tidak terlalu buruk, kok. Kecuali CentOS 8, seluruh versi CentOS menerima dukungan selama 10 tahun penuh. 

Sebagai contoh, CentOS 7 yang diluncurkan tahun 2014 akan selalu menerima update sampai tahun 2024. Baik itu update kecil-kecilan, pemugaran keamanan, juga penambahan fitur baru.

Adanya Package Management

CentOS memungkinkan Anda menginstall perangkat lunak & modul tambahan melalui sebuah package manager. Nah, package manager tadi bernama Yum atau Yellowdog Updater Modifier. 

Selain untuk memasang modul, script, & perangkat lunak tambahan, Yum jua mampu digunakan buat mengupdate sistem bersama apapun yang terinstall pada dalamnya relatif menggunakan satu perintah sederhana, yaitu yum upgrade.

Dokumentasi Lengkap

CentOS menyediakan dokumentasi pengguna yang tergolong lengkap. Mulai menurut hal-hal dasar misalnya cara install CentOS hingga konfigurasi yang sifatnya rumit tersedia pada page resminya. 

Maka itu, bagi Anda yang masih pemula sekalipun tidak perlu ragu atau takut untuk mencoba CentOS. Karena, Anda menyelidiki dokumentasi sekaligus mempraktekkannya secara pribadi.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa CentOS adalah satu sistem operasi distribusi Linux yang relatif populer. Hal ini dikarenakan masih ada beberapa keunggulan yang dimilikinya, misalnya dari sisi keamanan, support, dan pengelolaannya. 

Tentunya, selain keunggulan jua masih ada beberapa kekurangan yang dimiliki CentOS. Hal ini dapat Anda jadikan bahan pertimbangan dalam menentukan OS yang akan dipakai.

Untuk kamu yang sedang mencari hosting murah, jangan ragu untuk menghubungi Exabytes sekarang juga!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments