Apa itu Cyber Crime? Kenali 8 Jenis dan Cara Pencegahannya

0
3339

Ketika Anda mulai menggeluti dunia digital maka pastinya istilah cyber crime sudah tidak asing. Yap, kejahatan dunia maya ini bisa menargetkan siapa saja, artinya tidak melihat orang tersebut newbie atau pro.

Asalkan menguntungkan atau ada celah, kejahatan ini bisa terjadi kapanpun dan juga dimanapun. Jika Anda menjadi korbannya, tentu dampaknya akan sangat merugikan. Kerugian yang banyak dialami biasanya secara finansial.

Yuk kenali lebih dalam mengenai apa itu cyber crime agar Anda bisa menghindarinya sedini mungkin tanpa harus mengalami. Di bawah ini akan dibahas mengenai cyber crime secara lengkap dari mulai jenis dan cara menanganinya.

Apa Itu Cyber Crime?

Pengertian Cyber Crime adalah kegiatan kejahatan yang melibatkan komputer maupun perangkat jaringan, biasanya kejahatan ini dilakukan secara online. Kejahatan ini juga tidak mengenal waktu dan juga bisa menyasar siapa saja.

Apa itu Cyber Crime? Kenali 8 Jenis dan Cara Pencegahannya - 2024
Cyber Crime adalah nama kejahatan dunia maya. (Sumber: Pixabay)

Target dari kejahatan ini bisa Anda maupun sebuah perusahaan besar, jadi jangan sampai menurunkan tingkat waspada ketika beraktivitas di dunia maya.

Tujuan dari kejahatan dunia maya ini agar bisa mendapatkan keuntungan untuk yang melakukannya, Dalam praktiknya beberapa kejahatan dunia maya ini dilakukan terhadap komputer maupun perangkat dengan target melumpuhkan atau merusaknya.

Salah satu yang dilakukan penjahat untuk melakukan kejahatan dunia maya ini adalah dengan menyebarkan malware ke komputer tersebut. Tidak hanya malware saja, informasi ilegal, gambar maupun materi lainnya.

Bahkan ada beberapa tindakan cyber crime ini yang melakukan hal tersebut bersamaan, sehingga lebih mudah dalam menginfeksi komputer target dengan virus tersebut dan kemudian akan menyebar dengan sangat cepat ke komputer lainnya melalui jaringan.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya kerugian dari kejahatan ini akan berdampak pada finansial korban, Anda tau virus ransomware yang pernah viral beberapa waktu yang lalu? Nah itu adalah salah satu upaya yang dilakukan penjahat untuk melakukan tindakan cyber crime.

Target mereka biasanya adalah mencuri data diri Anda, email, akun keuangan seperti kartu kredit, bank dan mobile banking. Tidak jarang juga penjahat dunia maya menargetkan data pribadi dan perusahaan untuk diambil dan dijual.

Apalagi jika sekarang, banyak perusahaan yang menerapkan kerja jarak jauh sehingga kejahatan dunia maya diperkirakan akan meningkat maka dari itu Anda harus ekstra berhati-hati agar tidak kecolongan.

Apa itu Cyber Crime? Kenali 8 Jenis dan Cara Pencegahannya - 2024

Jenis-Jenis Cyber Crime Berdasarkan Aktivitasnya

Apa itu Cyber Crime? Kenali 8 Jenis dan Cara Pencegahannya - 2024
Jenis Cyber Crime yang perlu diketahui (Sumber: Pixabay)

Unauthorized Access to Computer System and Service

Cyber Crime jenis ini biasanya dengan melakukan penyusupan pada suatu sistem ana izin. Biasanya pelaku akan melakukan sabotase maupun pencurian data informasi penting dan rahasia. Namun, tidak sedikit juga pelaku yang menyusup hanya karena merasa tertantang untuk menguji keahliannya menembus keamanan yang memiliki tingkatan keamanan yang tinggi.

Cyber Crime Data Forgery

Kejahatan dunia digital yang satu ini biasanya caranya yaitu dengan memalsukan data maupun dokumen penting yang tersimpan di internet. Umumnya jenis cyber crime yang satu ini menargetkan dokumen perusahaan e-commerce dengan membuat modus kejahatan berupa salah ketik namun akhirnya ia akan diuntungkan.

Illegal Contents

Jenis selanjutnya adalah berkaitan dengan kejahatan yang memasukan data maupun informasi mengenai sesuatu yang tidak benar dan hal tersebut dianggap melanggar hukum. Misalnya saja informasi yang mengandung hoax dan lain sebagainya.

Konten yang berhubungan dengan pornografi, informasi rahasia suatu negara dll juga termasuk kedalam jenis kejahatan dunia maya Illegal Contents.

Cyber Sabotage and Exortion

Jenis dari cyber crime ini biasanya dilakukan dengan membuat sebuah kegaduhan di dunia maya terhadap suatu data atau sebuah sistem yang terhubung ke internet sebagai targetnya. Cyber crime jenis ini biasanya menyusupkan logic bomb berupa virus komputer sehingga sistem menjadi tidak bisa digunakan dengan baik.

Cyber Espionage

Jenis ini biasanya memanfaatkan jaringan untuk melakukan tindakan mata-mata pada targetnya. Caranya yaitu masuk ke sebuah sistem jaringan komputer sanga target, kejahatan yang satu ini biasanya ditujukan pada kompetitor bisnis untuk bisa mendapatkan dokumen maupun data penting yang tersimpan.

Cracking

Tindakan dari jenis cyber crime cracking ini biasanya pelaku akan menggunakan teknologi komputer mereka untuk merusak sistem keamanan dan melakukan pencurian data di dalamnya. Dan diantara masyarakat saat ini biasanya salah dalam menafsirkan perbedaan antara hacker dan juga cracker.

Biasanya hacker di identikan sebuah kejahatan tak termaafkan dalam hal dunia teknologi komputer, padahal hacker sendiri adalah seorang yang sangat menghargai sebuah data dan ia tau mana informasi yang boleh dipublikasikan dan mana yang seharusnya rahasia.

Carding

Jenis kejahatan di internet berikutnya bernama carding dan kejahatan yang satu ini biasanya menggunakan teknologi komputer untuk melakukan transaksi dengan akun keuangan korban, sehingga korban akan mengalami kerugian secara finansial.

Pembajakan Perangkat Lunak

Kejahatan ini biasanya dilakukan dengan cara menyalin, mendistribusikan dan menggunakan perangkat lunak secara tidak sah. Namun penggunaanya digunakan untuk tujuan komersial dan penggunaan pribadi.

Dalam pembajakan perangkat lunak ini bisa dikaitkan dengan jenis cyber crime yang lain seperti tindak pelanggaran hak cipta dan merek dagang.

Baca juga: Cara Mengamankan Domain dari Serangan Hacker

Bagaimana Cara Mencegah Cyber Crime ?

Apa itu Cyber Crime? Kenali 8 Jenis dan Cara Pencegahannya - 2024
Cyber Crime bisa dicegah (Sumber: Pixabay)

Ketika Anda sudah mengenal apa itu cyber crime, jenis-jenis cyber crime dan mungkin Anda akan bertanya bagaimana cara mencegah kejahatan cyber ini ? Yuk kita bahas bersama-sama, meskipun nantinya kita tidak bisa secara penuh menghilangkan kejahatan dunia maya ini.

Namun, setidaknya kita bisa memastikan keamanan diri kita dan orang disekitar dari kejahatan dunia maya ini. Anda bisa mengurangi resiko kejahatan dunia maya dengan beberapa langkah dibawah ini :

  • Bagi sebuah perusahaan, kembangkan kebijakan dan prosedur yang jelas untuk perusahaan maupun karyawan.
  • Buat perencanaan berkaitan dengan respon keamanan cyber untuk mendukung kebijakan dan juga prosedur ini, Informasi lebih lanjut bisa mengunjung artikel Exabytes yang membahas lebih dalam tentang cara meningkatkan keamanan website.
  • Tidak lupa juga untuk menguraikan setiap langkah keamanan yang telah ditempuh dan cari tau celah mana yang perlu ditingkatkan lagi keamananya.
  • Anda bisa menggunakan autentifikasi dua faktor di setiap platform yang gunakan, agar lebih aman bisa ditambahkan dengan kunci keamanan lainnya.
  • Selalu hati-hati dengan setiap email yang masuk, terlebih jika ada instruksi untuk transfer jumlah dana tertentu.
  • Untuk sebuah perusahaan terus latih karyawan Anda mengenai kebijakan dan juga prosedur keamanan serta beritahu mereka apa yang harus dilakukan jika ada terjadi pelanggaran keamanan.
  • Jaga keamanan website dengan menggunakan perangkat, software terbaru dan legal.
  • Buat backup data dan juga informasi secara teratur, agar mengurangi resiko data tersebut rusak karena serangan virus.

Anda juga bisa mengamankan perangkat anda dari serangan cyber crime dengan melengkapi keamanan terenkripsi pada media penyimpanan anda maupun di platform email yang anda gunakan. Anda juga bisa menggunakan VPN yang aman.

Apa itu Cyber Crime? Kenali 8 Jenis dan Cara Pencegahannya - 2024

Penutup

Ternyata ada banyak jenis dari cyber crime tersebut, bagaimana cukup jelas bukan pembahasan mengenai cyber crime tersebut? Penjelasan diatas dijelaskan mengenai apa itu cyber crime, jenis sampai kepada cara mencegah kejahatan ini.

Satu hal yang sangat penting dalam meningkatkan keamanan website yaitu server hosting yang anda gunakan harus dilengkapi dengan website security yang merupakan pengaman website terbaik saat ini.

Sucuri Website Security adalah tools keamanan yang dapat membantu anda membersihkan, melindungi, & mempercepat website Anda serta dilengkapi dengan DNS & WHOIS Monitoring.

Kenapa website memerlukan tingkat pengamanan ekstra? Hal itu bisa anda cari tau di artikel yang disajikan Exabytes mengenai mengapa website security itu sangat penting.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan dapat memberikan informasi yang anda butuhkan. Ingat selalu lindungi website anda dan juga reputasi bisnis anda dari kejahatan dunia cyber.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments