Mengenal Tentang Google Workspace: Pengertian & Kelebihan

272
Apa Itu Google Workspace
8 min read

Exabytes Friends, sudah tidak asing lagi kan dengan kerja remote? Kerja tanpa bertatap muka di luar kantor menjadi kultur baru dalam bekerja terutama saat pandemi terjadi. Sejak work from home atau work from anywhere, banyak orang bekerja jarak jauh hanya mengandalkan 3 hal: laptop, internet dan tools.

Untuk laptop dan internet sudah menjadi syarat wajib bukan? Tetapi untuk tools, beragam tools yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. Salah satu tools yang terkenal adalah Google Workspace. 

Lalu seperti apa sih Google Workspace itu? Di dalam artikel ini akan kupas tuntas dan mengetahui seluk beluk Google Workspace dari pengertiannya, fitur-fitur hingga kelebihan Google Workspace yang wajib kamu tahu terutama untuk kamu yang sering kerja remote atau memiliki bisnis online.

Apa Itu Google Workspace?

Sebelumnya, kamu pernah dengar tentang G-Suite? Nah, Google Workspace itu sebelumnya adalah G-Suite atau Google Suite lho tetapi telah berevolusi lebih baik.

Google Workspace adalah layanan atau tools yang dirilis oleh Google untuk memudahkan pekerjaan. Beragam rangkaian aplikasi cerdas milik Google yang sudah familiar dan sering digunakan. Ini mencakup beberapa aplikasi dan fitur yang sangat bermanfaat untuk produktivitas kerja.

Google Workspace

Google Workspace mengintegrasikan semua aplikasi dengan mulus, seperti email, chat, panggilan video, dokumen, penyimpanan dan masih banyak aplikasi lainnya. Sehingga penggunanya dapat berkreasi, berkomunikasi, dan berkolaborasi dengan mudah dan aman.

Aplikasi dan Fitur Google Workspace

Apa saja sih aplikasi yang tercakup dalam Google Workspace atau aplikasi Google Workspace ini? Nah cari tahu aplikasi hinga fitur Google Workspace yang bisa kamu simak di bawah ini:

fitur dan aplikasi dalam Google Workspace
Fitur dan Aplikasi dalam Google Workspace

Gmail

Siapa yang nggak kenal dengan Gmail? Menjadi salah satu provider email yang paling populer di dunia dengan lebih lebih dari 1,2 miliar pengguna. Gmail menjadi salah satu rangkaian yang hadir di Google Workspace yang memungkinkan pengguna mendapatkan email versi bebas iklan yang disempurnakan.

Dengan Google Workspace, karyawan dapat memiliki akun Gmail sendiri dengan alamat email nama domain yang dapat dikustomisasi atau nama domain perusahaan. Wih, keren kan?

Google Calendar

Aplikasi populer ini digunakan untuk menjadwalkan meeting dengan klien, menetapkan tanggal jatuh tempo, dan pengingat untuk proyek-proyek penting. Ini juga bisa digunakan untuk mengatur manajemen pekerjaan kita lho.

Bukan hanya kamu saja yang bisa pakai tetapi Google Calendar bisa melihat jadwal atau kalender milik rekan tim atau orang lain lho. Sehingga ini memudahkan pengguna untuk tahu jadwal tim dan menyesuaikan jadwal bila ingin melakukan meeting bersama.

Google Drive

Tempat penyimpanan segala file dan dokumen, yup Google Drive! Umumnya kapasitas penyimpanan ini hanya 25 GB. Tetapi di Google Workspace minimal 30 GB untuk setiap pengguna. 

Bahkan untuk paket Business, Enterprise dan Teams menyediakan penyimpanan unlimited yang dapat diakses dari mana saja dengan kontrol berbagi dan dukungan 24/7 juga.

Google Docs

Aplikasi ini membuat pengguna bisa membuat dan mengedit dokumen teks langsung di browser lho tanpa menggunakan software. Orang-orang pun bisa mengerjakan satu dokumen yang sama dan otomatis akan tersimpan meskipun tanpa terkoneksi di internet. Kamu juga bisa mengatur sharing control kepada orang yang ingin diberikan atau memberikan komentar secara real time.

Jika kamu familiar dengan Microsoft Words, nah ini cocok untuk kamu gunakan dalam mengedit dokumen.

Google Spreadsheet

Jika temannya Words adalah Google Docs, maka temannya Excel adalah Google Spreadsheet. Kamu bisa mengedit dokumen teks, angka hingga report data

Spreadsheet memiliki fitur AI dimana kamu dapat memanfaatkan wawasan atau insight yang tepat untuk memudahkan pekerjaan. Akselerasi rumus atau formula yang bisa menghemat waktu dan mengurangi kesalahan dengan memunculkan rumus yang relevan saat diketik di Spreadsheet. 

Lalu, kamu bisa klik tombol Explore untuk melihat tren dan visualisasi terkini. Jika ada pertanyaan, kamu bisa ketik pertanyaan sehingga Google AI akan memberikan jawaban sesuai kebutuhan kamu. Hebat kan?

Google Slide

Butuh membuat presentasi atau powerpoint? Google Slides adalah jawabannya! Mirip dengan Microsoft Powerpoint, pengguna bisa membuat slide presentasi dengan mudah hingga bisa berkolaborasi dengan banyak orang tanpa batas.

Google Keep

Google Keep adalah alat yang digunakan untuk menyimpan pertanyaan yang sering diajukan, membuat daftar tugas, catatan, dan mengatur pengingat agar tetap di jalur dengan sinkronisasi di semua perangkat.

Google Chat

Aplikasi Google Workspace selanjutnya adalah Google Chat. Platform ini merupakan ruang kerja grup khusus dengan obrolan 1:1 dan obrolan grup. Ini memudahkan kamu untuk berkomunikasi via chat dengan tim atau rekan kerjamu.

Google Meet

Tentu saja kita semua mengenal Google Meet sebagai platform dalam melakukan video call atau online meeting. Mudah digunakan dan menampung cukup banyak orang. Dalam versi Google Workspace, orang akan bisa bergabung ke online meeting dari Calendar atau email invitation.

Jika seseorang memiliki Google Workspace versi perusahaan, seseorang dapat menghubungi nomor saat dalam perjalanan atau tanpa akses internet.

Google Form

Untuk mengumpulkan data umumnya kita membuat formulir. Dan Google Form menjadi solusinya. Mudah dibuat, mudah digunakan, dan digunakan oleh sebagian besar bisnis untuk mengumpulkan informasi sesuai dengan kebutuhan.

Google Sites

Ini adalah fitur yang khusus digunakan untuk meng-host situs seperti WordPress. Penggunanya bisa membuat situs menarik secara kolaboratif untuk tim, project atau event lho.

Apps Script

Apps Script adalah satu-satunya platform berkode rendah yang mempercepat dan mempermudah pembuatan solusi bisnis yang mengintegrasikan, mengotomatisasi, dan memperluas Google Workspace. 

Dengan Apps Script, kamu tidak perlu memiliki kemampuan programming, yang terpenting adalah memiliki akun Gmail.

Jamboard

Layaknya seperti papan tulis, Jamboard bisa menjadi platform untuk menuangkan ide yang ada di kepala kamu. Visualisasikan ide dengan mudah dan kolaboratif dengan tim dengan menambahkan gambar dan catatan. Kamu pun bisa membagikan sketsa ide kepada banyak orang.

Cloud Search

Fitur Google Workspace Cloud Search memungkinkan pengguna menelusuri konten perusahaan di Google Workspace seperti Gmail, Drive, Docs, Spreadsheet, Slides, Calender, dan lainnya. 

Endpoint

Merupakan fitur yang membantu menonaktifkan layanan Google di ponsel yang salah tempat atau dicuri. Admin dapat menggunakan fitur ini untuk menghapus data Google Workspace dari perangkat dari jarak jauh jika diperlukan. Dapat digunakan di berbagai perangkat seperti Android, iOS, Windows, Chrome OS, MacOS, dan LInux.

Vault

Fitur Google Workspace lainnya adalah Vault. Vault memungkinkan bisnis untuk mengelola, mempertahankan, menelusuri, dan mengekspor email organisasi, konten file Google Drive, dan obrolan yang direkam. Semua data dan kebijakan penyimpanan yang ditetapkan dapat diarsipkan.

Admin

Dengan fitur Admin, penggunanya bisa mengelola Google Workspace untuk organisasi atau perusahaan. Fitur ini mencakup menambahkan pengguna, kelola perangkat, dan konfigurasikan keamanan dan pengaturan dengan mudah sehingga data tetap aman. Jadinya kegiatan administrasi tidak perlu offline melainkan secara online.

Work Insight

Fitur terakhir adalah Work Insight dimana kamu bisa memahami bagaimana Google Workspace memengaruhi organisasi Anda secara real time. Dengan fitur ini, kamu bisa mendapatkan wawasan tentang adopsi, pola kerja, dan kolaborasi di berbagai aplikasi Google Workspace.

Kelebihan Google Workspace

Tools canggih ini banyak digunakan untuk banyak hal. Selain untuk produktivitas kerja, ini juga bisa sebagai operation tools untuk bisnis online lho. 

Cari tahu manfaat dan kelebihan Google Workspace di bawah ini yuk:

Mudah Digunakan

Kelebihan Google Workspace yang pertama adalah mudah sekali digunakan. Aplikasi yang disediakan mudah untuk dipelajari oleh siapa saja.

Mobilitas Tinggi dan Mudah Diakses Siapapun

Selanjutnya adalah mobilitas yang tinggi dimana kamu bisa terhubung dengan banyak orang. Kamu bisa mengatur siapa yang bisa mengakses dokumen mulai dari melihat, memberikan komentar hingga mengedit. 

Meningkatkan Kolaborasi dalam Tim

Tujuan utama Google Workspace adalah sebagai tools produktivitas pekerjaan dimana bisa berkolaborasi dengan banyak orang atau tim. Pekerjaan pun akan semakin mudah dilakukan ketika tim bekerja sama. Rekan tim pun tidak harus di tempat dan waktu yang sama tetapi bisa dilakukan dari jarak yang jauh.

Dapat Diakses Tanpa Mengenal Waktu dan Jarak

Gooogle Workspace
Dengan menggunakan Google Workspace, pekerjaan dapat dilakukan kapanpun dan dimana pun. (Sumber: iStockPhoto)

Karena mobilitas yang tinggi, Google Workspace pun bisa diakses tanpa mengenal waktu dan jarak. Kapanpun dan dimanapun kamu bisa menggunakan Google Workspace dengan mudah.

Kompatibel Untuk Segala Perangkat

Kelebihan Google Workspace lainnya adalah cocok untuk segala perangkat. Android, iOS, Windows, Chrome OS, MacOS, hingga LInux bisa menggunakan segala aplikasi dalam Google Workspace.

Waktu Aktif

Google Workspace hadir dengan waktu aktif terbaik dan merupakan sistem yang sangat andal. Google Workspace menawarkan Perjanjian Tingkat Layanan (SLA) 99,9% untuk layanan tercakup. Dengan email menjadi bagian penting dari setiap bisnis, Google Workspace tidak memiliki waktu henti atau periode pemeliharaan terjadwal. Semua pusat data mereka dibangun dengan infrastruktur yang baik.

Sistem Yang Aman

Google Workspace dibangun di atas Google Cloud Platform yang menawarkan keamanan tertinggi dan dipercaya oleh perusahaan di dunia seperti HP, Verizon, Whirlpool, dan Salesforce. Google hadir dengan pengetahuan dan keahlian terdepan di industri yang mendukung setiap produk mereka sendiri, termasuk Google Workspace yang sudah terjamin keamanannya.

Biaya Rendah

Jika kamu saat ini sedang mencari tools untuk operasional atau manajemen bisnis, Google Workspace menjadi salah satu solusinya. Dengan beragam aplikasi dalam satu platform, ini bisa menjadi pilihan untukmu. Harganya yang cukup terjangkau sehingga ini dapat menjadi investasi jangka panjang meningat platform ini akan digunakan banyak orang dalam tim.

Untuk mengetahui kegunaan Google Workspace lainnya, kamu bisa baca di artikel ini ya.

Mulai Google Workspace

Kini sudah tahu kan tentang Google Workspace? Oh ya, kamu bisa menggunakan Google Workspace ini untuk free trial selama 14 hari. Namun setelah itu, pengguna diharapkan untuk memilih versi yang berbayar.

Mengenal Tentang Google Workspace: Pengertian & Kelebihan - 2022

Jika kamu tertarik untuk mulai Google Workspace, Exabytes kini menyediakan layanan Google Workspace. Tersedia berbagai paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan juga Free Domain + Free Backup up to 50 GB lho. Jika kamu punya pertanyaan, ada tim profesional Exabytes yang akan memandu kamu juga jadi tidak perlu khawatir.

Kini kamu bisa berkreasi, berkomunikasi dan berkolaborasi dengan mudah dengan Google Workspace, kunjungi Exabytes Indonesia sekarang.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments