Mengenal Perbedaan VPS dan Dedicated Server

81
15 min read

Arus perkembangan teknologi yang kian deras berdampak terhadap pola penggunaan internet di masyarakat. Masyarakat Indonesia pada tahun 2022 telah mencapai tingkat penetrasi internet hingga 205 juta. Angka tersebut berkisar 73,7% dari keseluruhan populasi Indonesia. 

Dengan semakin tingginya tingkat penetrasi internet di Indonesia, maka berimbas pada semakin tingginya pula jumlah website yang ada. Webaite sebagai sebuah situs multifungsi yang dapat digunakan untuk memperoleh informasi, melakukan pembelajaran, berbelanja, dan lainnya sangat dibutuhkan oleh masyarakat saat ini. 

Oleh karena itu, jika saat ini Exabytes Friends sedang mencari ladang bisnis potensial, maka berbisnis menggunakan website adalah salah satu pilihan menggiurkan. Namun kalian harus tetap memahami prinsip pembuatan website yang baik agar pengunjung situs merasa betah dan tertarik. 

Salah satu hal yang harus diperhitungkan sebelum menciptakan website adalah pemilihan jenis layanan hosting. Layanan hosting ada berbagai macam, mulai dari VPS, Cloud Hosting, Shared Hosting vs Dedicated Hosting, dan juga WordPress Hosting. 

Jenis layanan hosting yang sedang populer sekarang adalah VPS (Virtual Private Server) dan Dedicated Server. Nah, pada artikel kali ini kita akan mengupas tuntas perbedaan VPS dan Dedicated Server sebagai bahan pertimbangan kalian dalam memilih jenis layanan hosting website terbaik. 

Apa Itu VPS?

perbedaan VPS dan dedicated server - apa itu vps?
Virtual Private Server merupakan layanan hosting pribadi yang membantu website agar tetap stabil dan cepat. (Sumber: Shutterstock)

Mungkin bagi Exabytes Friends yang baru berkecimpung di dunia website, kalian akan bertanya-tanya “Apa Itu VPS?”. VPS (Virtual Private Server) merupakan layanan hosting server website untuk menyimpan data dari server serta bersifat virtual dan pribadi. VPS cocok digunakan untuk memenuhi kebutuhan website suatu bisnis yang membutuhkan situs dengan uptime server andal dan kecepatan stabil. 

Prinsip kerja VPS yaitu menggunakan sebuah server fisik yang memiliki kapasitas sangat besar. Kapasitas besar pada server fisik tersebut yang selanjutnya akan dibagi sama rata untuk tiap-tiap server virtual seperti VPS sehingga memiliki kapasitas lebih kecil dan dapat digunakan perseorangan.

Salah satu tips memilih VPS paling utama yang perlu Exabytes Friends pertimbangkan adalah dengan memahami pentingnya VPS untuk website. Pentingnya VPS bagi website dapat dinilai melalui berbagai kegunaan dan kelebihan yang dimiliki VPS sendiri. Jika Exabytes Friends memiliki situs website dan membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar untuk mengolah data, maka VPS sangat direkomendasikan untuk digunakan.

Jenis VPS terbagi menjadi empat, yaitu KVM (Kernel-based Virtual Machine), HVM (Hardware Virtual Machine), Microsoft Hyper V, dan OpenVZ. Jenis VPS terbaik yang paling sering dicari dan menjadi favorit bagi para punggawa website adalah OpenVZ.

Apa Itu Dedicated Server?

Mengenal Perbedaan VPS dan Dedicated Server - 2022
Dedicated Server lebih unggul dari sisi performa dan kinerja jika dibandingkan dengan VPS. (Sumber: Shutterstock)

Setelah kita mempelajari mengenai VPS, kali ini akan dibahas secara komprehensif tentang apa itu Dedicated Server. Agar Exabytes Friends lebih mudah dalam mengenal Dedicated Server, digunakan sebuah analogi kamar hotel. Di setiap kamar hotel, segala fasilitas seperti toilet, kamar mandi, air, dapur, perabotan, hingga koneksi internet dapat dinikmati secara pribadi tanpa takut terganggu oleh pengunjung hotel lainnya.

Secara harfiah, Dedicated Server adalah sebuah server hosting yang khusus digunakan untuk satu pengguna (user) saja. Kelebihan utama dari Dedicated Server yakni pengguna tidak perlu khawatir situs website akan mengalami down karena server yang digunakan sangat mumpuni dan terjamin tidak akan terkena intervensi user lain maupun virus dan hacking.

Hampir sama dengan VPS, Dedicated Server juga menerapkan prinsip self-managed. Sehingga untuk mengelola server hosting, Exabytes Friends harus memiliki pemahaman yang mencukupi mengenai segala seluk-beluk server. 

Jika kalian memiliki anggaran biaya yang cukup melimpah, memiliki pengetahuan tentang server, serta membutuhkan website dengan kinerja dan performa stabil, maka sangat direkomendasikan untuk memilih Dedicated Server.

Perbedaan VPS dan Dedicated Server

Pada bagian kali ini kita akan membahas lebih detail mengenai perbedaan VPS dan Dedicated Server berdasarkan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki keduanya. Yuk, langsung saja simak pembahasan selengkapnya di bawah ini! 

Kelebihan dan Kekurangan VPS 

Pertama-tama kita akan mendiskusikan terlebih dahulu tentang kelebihan dan kekurangan dari VPS agar Exabytes Friends dapat mengetahui kapan harus menggunakan VPS sesuai dengan kebutuhan dan jenis situs yang dimiliki.

Kelebihan VPS  (Virtual Private Server) 

Sebagai salah satu jenis layanan hosting primadona di kalangan punggawa website tanah air, tentu saja VPS memiliki berbagai kelebihan unggulan dan menarik yang mampu menjadi daya tarik tersendiri. Sudah penasaran apa saja kelebihan VPS? Yuk, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

Memiliki Performa yang Bagus dan Stabil

Perbedaan VPS dan Dedicated Server bila ditinjau dari kelebihan VPS adalah VPS terbukti mampu menjamin performa website. Menggunakan VPS membuat kinerja website kalian tetap stabil, aman, dan terkendali meskipun dalam keadaan trafik tinggi sekalipun. Hal tersebut dikarenakan VPS menyediakan IP Publik khusus serta dilengkapi dengan akses root sehingga memberikan kebebasan bagi pengguna mereka untuk melakukan pengaturan server sesuai dengan preferensi dan kebutuhan website tanpa adanya batasan.

Selain itu, untuk mencegah terjadinya website down ketika server induk atau server fisik sedang menghadapi trafik dengan load yang tinggi, maka VPS menyediakan beberapa server cadangan yang dapat digunakan oleh masing-masing pengguna. Beberapa layanan dan fitur unggulan VPS yang dapat kalian nikmati secara privat diantaranya 20GB-160GB SSD, CPU, memory dengan kapasitas 1GB-8GB, Bandwidth 100Mbps, Dedicated IP, dan juga SSL. 

Baca Juga  Hindari 5 Kesalahan Umum Ini Saat Memilih Dedicated Server
Harga Terjangkau
Mengenal Perbedaan VPS dan Dedicated Server - 2022
Harga yang ditawarkan oleh VPS lebih murah jika dibandingkan dengan Dedicated Server. (Sumber: Shutterstock)

Perbedaan VPS dan Dedicated Server lainnya yang menonjol adalah terletak pada perbedaan harga berlangganan keduanya. Untuk VPS sendiri, harga berlangganan yang ditawarkan terhitung sangat ekonomis. Melalui Exabytes, kalian dapat menikmati layanan VPS murah dengan segala kelengkapan fitur dan layanan yang terjamin dan terpercaya. 

Untuk berlangganan VPS hosting melalui Exabytes, kalian hanya memerlukan biaya sekitar Rp50.000 hingga Rp400.000 saja per bulannya. 

Kemudahan Kustomisasi Server

Aspek unggulan lainnya yang menjadi salah satu poin penting pada perbedaan VPS dan Dedicated Server yaitu mengenai kustomisasi dan fleksibilitas server. VPS merupakan jenis layanan server hosting yang bersifat self-managed. VPS dapat digunakan secara pribadi sehingga masing-masing pengguna memiliki kebebasan untuk melakukan kustomisasi server secara mudah dan cepat. 

Pilihan kustomisasi server yang disediakan oleh VPS ada banyak, mulai dari pemilihan jenis VPS (OpenVZ, HVM [Hardware Virtual Machine], KVM [Kernel-based Virtual Machine], atau Microsoft Hyper V) hingga pemilihan jenis panel (cPanel, VestaC, Webuzo, Plesk, atau lainnya).

Selain itu, jika Exabytes Friends memilih untuk menggunakan VPS, maka kalian dapat melakukan instalasi software untuk layanan VPS secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 

Memiliki Tingkat Keamanan Berlipat Ganda
Mengenal Perbedaan VPS dan Dedicated Server - 2022
Salah satu keunggulan utama dari VPS adalah menawarkan keamanan server yang terpercaya. (Sumber: Shutterstock)

VPS merupakan jenis layanan hosting unggulan yang memiliki performa server lebih stabil dan aman jika dibandingkan dengan Shared Hosting. Selain itu, VPS juga jarang mengalami downtime. Dari segi keamanan, VPS menawarkan lapisan ganda. 

Hal tersebut terbukti ketika situs kalian sedang offline maupun online, VPS tetap menerapkan perlindungan menyeluruh dan berlipat ganda dari ancaman hacking, malware, virus, dan lainnya.

Selain itu, VPS juga menjamin kerahasiaan data dalam bentuk fisik maupun virtual. Keamanan data pada VPS dipengaruhi oleh sistem operasi yang digunakan oleh website (Windows atau Linux). Perbedaan VPS Windows dan VPS Linux dalam segi keamanan tercermin dari sisi konfigurasi yang digunakan. 

Jika kalian membutuhkan sistem keamanan data yang lebih aman, terjamin, dan terpercaya, maka sangat direkomendasikan untuk menggunakan sistem operasi Linux. Karena Linux menggunakan sistem operasi yang berbasis UNIX sehingga menawarkan keamanan tingkat tinggi. 

Kekurangan VPS  (Virtual Private Server) 

Taka da gading yang tak retak. Peribahasa tersebut juga sangat cocok untuk menggambarkan jenis hosting VPS. Setelah mengetahui segala kelebihan dan nilai positif dari VPS, maka sekarang saatnya kalian mempelajari kekurangan VPS. 

Kurang Cocok Bagi Pemula Karena Membutuhkan Keahlian Khusus

Kekurangan VPS yang pertama yaitu kurang cocok digunakan bagi pemula atau orang yang masih belum mengenal seluk-beluk website. Karena sejatinya VPS merupakan salah satu jenis layanan hosting yang menerapkan prinsip self managed sehingga penggunanya dituntut untuk menguasai keahlian teknikal seperti paham bahasa pemrograman yang diperlukan untuk pengolahan website, familiar dengan konfigurasi server VPS, memahami sistem operasi Linux dan Windows untuk setting awal VPS, hingga melakukan pengoperasian dan proses pemeliharaan server mandiri.

Nah, agar Exabytes Friends nantinya lebih nyaman dan aman dalam mengoperasikan server VPS, maka sebaiknya kalian belajar terlebih dahulu mengenai konfigurasi dan pemrograman server. Hal tersebut untuk menghindari kesalahan dalam melakukan konfigurasi server yang dapat berdampak pada menurunnya kinerja website. 

Kurangnya Fleksibilitas Dalam Pengendalian Server Fisik

Meskipun VPS memiliki server besar berbentuk fisik yang menjadi pusat pengendalian seluruh data pengguna, tetapi kalian hanya memiliki akses untuk menggunakan dan mengendalikan bagian server virtual saja. Padahal segala pusat penyimpanan data dan file penting dari website bertumpu di server fisik (Data Center).

Kurangnya fleksibilitas dalam pengendalian Data Center menyebabkan pengguna kurang leluasa untuk melakukan manajemen perangkat dan mengatur database mereka. Ini menjadi salah satu perbedaan VPS dan Dedicated Server. Namun Exabytes Friends jangan khawatir karena VPS masih menyediakan akses penuh terhadap semua media penyimpanan yang ada di server virtual.

Masih Kalah Tangguh Jika Dibandingkan Dedicated Hosting

Nah, pada bagian kali ini akan lebih dijabarkan secara gamblang perbedaan VPS dan Dedicated Server dilihat dari sisi kinerja dan performanya. VPS dan Dedicated Server termasuk jenis hosting yang sama-sama menggunakan konsep self-managed.

Namun, Dedicated Server memiliki resource dan sumber daya yang lebih besar jika dibandingkan dengan VPS. Selain itu, jika dilihat dari sisi uptime server pun Dedicated Server terbukti lebih andal. Dedicated Server juga memberikan akses penuh 100% terhadap server yang sudah diolah pengguna (pada VPS, akses server bagi pengguna hanya dapat dinikmati pada batas virtual saja). 

Hal tersebut wajar karena memang harga yang ditawarkan oleh Dedicated Server pun jauh lebih mahal dibandingkan dengan VPS.

Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Server

Setelah mengetahui segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh VPS, maka pada bagian ini Exabytes Friends akan mempelajari sisi positif dan negatif dari Dedicated Server. 

Kelebihan Dedicated Server

Berikut dijabarkan beberapa keunggulan utama Dedicated Server yang berhasil memikat perhatian para punggawa website. Yuk, langsung pelajari selengkapnya di bawah ini!

Terhindar dari Downtime dan Error
kelebihan dedicated server - terhindar dari downtime
Salah satu keunggulan utama dari Dedicated Server adalah menghindarkan website dari terjadinya downtime. (Sumber: Shutterstock)

Kelebihan Dedicated Server yang pertama adalah dapat dengan mudah mengatasi masalah downtime dan error pada website milik pengguna. Hal ini menjadi salah satu perbedaan VPS dan dedicated server.

Dedicated Server terus aktif dan bekerja selama 24 jam penuh sehingga memiliki uptime server yang sangat andal (99,99%). Keandalan uptime server pada Dedicated Hosting tersebut mampu menjamin kinerja website untuk tetap aman, cepat, stabil, dan terhindar dari pesan error. Pesan error yang dimaksud di sini seperti Internal Server Error, White Screen of Death, Error Establishing Database Connection, dan lainnya.

Situs yang sering mengalami downtime dan pesan error berisiko membuat banyak pengunjung lari dan beralih pada situs kompetitor. Oleh karena itu, yuk segera beralih menggunakan Dedicated Server! 

Pengguna Memiliki Akses dan Kontrol Penuh 

Kelebihan Dedicated Server lainnya yang layak untuk diperhitungkan adalah kebebasan dan fleksibilitas dalam mengakses server. Karena layanan hosting pada Dedicated Server hanya diperuntukkan bagi satu user saja, maka pengguna dapat memiliki akses dan kontrol penuh. 

Baca Juga  Pentingnya VPS untuk Situs Website Berkapasitas Besar

Selain itu, melalui keunggulan ini, pengguna dari layanan Dedicated Server akan lebih mudah dalam melakukan konfigurasi server sesuai dengan spesifikasi website yang dibutuhkan.

Memiliki Resource yang Sangat Besar

Ketika menggunakan layanan hosting website, tentunya tujuan utama kalian adalah membuat performa website memiliki loading page yang cepat sehingga disukai pengunjung. Karena pengunjung internet biasanya akan merasa malas dan sebal jika menghadapi situs dengan kecepatan akses yang sangat lambat.

Nah, agar pengunjung website kalian semakin betah dalam mengeksplorasi halaman, salah satu tindakan solutif yang dapat dilakukan adalah dengan berlangganan Dedicated Server. Dedicated Server menyediakan sumber daya dan resource sangat besar serta dilengkapi pula dengan layanan server hosting pribadi yang hanya digunakan oleh satu account hosting saja. So, kecepatan website kalian akan terus terjaga stabil selama 24 jam nonstop. 

Ingin menggunakan Dedicated Server namun takut dengan biaya berlangganan yang mahal? Jangan khawatir karena Exabytes menyediakan layanan Dedicated Server murah. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp1.799.000 per bulan dengan fasilitas lengkap hingga penyimpanan 16GB. Selain itu, biaya berlangganan tersebut juga termasuk layanan setup awal sehingga pengguna tidak perlu repot-repot memikirkan konfigurasi awal dari hosting.

Keamanan Lebih Terjaga 

Dedicated Server menyuguhkan tingkat proteksi pada keamanan data yang lebih modern dan berlapis. Data dan segala resource website juga lebih terjamin keamanannya karena server dan segala sumber daya yang ada digunakan secara personal. 

Selain itu, Dedicated Server tidak hanya menjamin keamanan pada data server saja, tetapi semua data dari pelanggan atau pengunjung website juga dijamin keamanannya. Hal tersebut dikarenakan Dedicated Server hanya membatasi satu layanan hosting untuk digunakan oleh satu user, maka kalian tidak akan berbagi alamat IP dengan situs website lainnya.

Dapat Menyimpan Data Website dalam Jumlah Besar (Big Data)
kelebihan dedicated server
Dedicated Server menyediakan kapasitas penyimpanan sangat besar sehingga dapat menampung Big Data. (Sumber: Shutterstock)

Kelebihan Dedicated Server selanjutnya yaitu berkaitan dengan kapasitas penyimpanan data. Dedicated Server menunjang kinerja website dengan memberi fasilitas berupa bandwidth hingga 200Mbps dan kapasitas memory hingga 64GB. 

Dengan kapasitas bandwidth dan memory yang sangat besar tersebut, maka website dipastikan tidak akan lemot dan down meskipun digunakan untuk menyimpan ribuan file dan jutaan data pengunjung.

Kekurangan Dedicated Server

Mengetahui berbagai kekurangan Dedicated Server sangat penting agar kalian terhindar dari kesalahan dalam memilih Dedicated Server. Oleh karena itu, berikut disajikan beberapa kelemahan Dedicated Server yang patut untuk diperhitungkan.

Biaya Berlangganan Mahal

Perbedaan VPS dan Dedicated server bisa dilihat dari harga yang ditawarkan. Kekurangan Dedicated Server adalah biaya berlangganannya cukup menguras kantong. Dedicated Server merupakan jenis hosting dengan harga paling mahal. Untuk dapat menikmati kelengkapan fasilitas yang disediakan oleh Dedicated Server, maka Exabytes Friends harus menyiapkan biaya mulai dari Rp1.800.000 hingga Rp7.200.000 tiap bulannya.

Memerlukan Skill Khusus Soal Server 

Dedicated Server adalah salah satu jenis hosting self-managed sama seperti VPS. Sehingga untuk dapat mengoperasikannya, kalian harus menguasai terlebih dahulu kemampuan konfigurasi dan pemeliharaan server.

Apabila kalian masih sangat awam dengan dunia website, maka memilih Dedicated Server sangat tidak direkomendasikan. Karena kedepannya pasti merasa kesulitan untuk memahami cara penggunaan, konfigurasi, dan cara memelihara server.

Harus Melakukan Pemeliharaan Server Sendiri 

Perbedaan VPS dan dedicated server lainnya yakni dedicated server memiliki konfigurasi aplikasi dan software yang cenderung kompleks. Sehingga dibutuhkan keahlian serta skill khusus untuk mengoperasikannya. Disarankan jika kalian tertarik menggunakan Dedicated Server, sebaiknya belajar terlebih dahulu mengenai konsep konfigurasi server.

Nah, jika Exabytes Friends ingin memilih Dedicated Server sebagai layanan hosting untuk website, maka kalian juga harus mempertimbangkan perihal waktu, tenaga, dan pikiran yang akan kalian curahkan untuk mengurus server sendiri.

Pilih Manakah, VPS atau Dedicated Server?

perbedaan vps dan dedicated server - pilih yang mana?
Jika dilihat dari sisi performa, kapasitas penyimpanan, serta kinerja server, maka Dedicated Server lebih unggul daripada VPS. (Sumber: Shutterstock)

Layanan hosting server untuk website ibarat sebuah pondasi rumah. Kestabilan, keamanan, dan kecepatan kinerja website tergantung dari jenis layanan hosting yang dipilih. Untuk menjamin performa website selalu aktif dan stabil sepanjang waktu, maka kalian harus mempertimbangkan dengan matang sebelum membeli hosting.

VPS dan Dedicated Server adalah jenis layanan self-managed hosting dengan berbagai fitur yang menawarkan fleksibilitas bagi penggunanya melakukan kontrol penuh dan kustomisasi server. Saat ini pengguna dari VPS dan Dedicated Server kian meningkat yang menjadikan kedua jenis hosting tersebut menduduki jajaran teratas layanan hosting paling populer.

Sebenarnya kualitas dan layanan yang ditawarkan oleh VPS dan Dedicated Server hampir sama. Perbedaan VPS dan Dedicated Server yang paling mencolok terletak pada harga berlangganan bulanan. Dedicated Server jauh lebih mahal dibandingkan VPS karena memiliki sumber daya dan resource yang jauh lebih besar sehingga performa website pun lebih terjamin anti-lemot.

Nah, jika kalian memiliki anggaran biaya yang cukup melimpah, memiliki pengetahuan tentang server, serta membutuhkan website dengan kinerja dan performa stabil, maka sangat direkomendasikan untuk memilih Dedicated Server. Sebaliknya, jika memiliki anggaran biaya terbatas, maka silakan memilih VPS karena lebih ekonomis. 

Cukup sekian pembahasan kali ini mengenai perbedaan VPS dan Dedicated Server. Sekarang jadi lebih paham kan tentang perbedaan VPS dan Dedicated Server serta kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat, ya! Bagi kalian yang ingin membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai website dan tips pembuatan konten, maka dapat mengunjungi blog Exabytes.

Bagi Exabytes Friends yang belum tahu, Exabytes saat ini menyediakan berbagai jenis layanan hosting server Indonesia, loh! Layanan hosting Exabytes cukup terjangkau, sangat andal, keamanan terjamin, premium, terpercaya, hingga memiliki garansi 100 hari uang kembali. Hal tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi kalian sebagai alasan menggunakan hosting Exabytes.

Jangan lupa pula untuk subscribe agar tak ketinggalan konten artikel up-to-date lainnya. Sampai jumpa!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments