Lazy Load: 9+ Rekomendasi Plugin & Cara Memasangnya

0
3084

Salah satu keinginan Anda sebagai pemilik atau pengelola website adalah memiliki website yang cepat, karena website yang cepat dapat membuat pengunjung betah berlama-lama berada di website kita.

Selain itu, website yang dapat memuat dengan cepat cenderung mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Salah satu cara yang efektif untuk membuat website menjadi lebih cepat adalah menggunakan Lazy Load, sehingga Anda bisa mengoptimalkan kecepatan website Anda menjadi lebih baik lagi.

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai Lazy Load sekaligus rekomendasi plugin untuk mempercepat website Anda lengkap dengan cara memasangnya. Yuk cari tahu di bawah ini!

Apa Itu Lazy Load

Lazy load adalah teknik untuk meningkatkan kecepatan website dengan cara menunda loading gambar maupun video di halaman website yang diakses.

Normalnya, ketika website tidak menerapkan teknik lazy load, akan memuat semua gambar dan juga video secara bersamaan dengan memuat halaman website. Ketika gambar maupun video yang dimiliki banyak, tentu hal ini akan membuat website memuat lebih lambat.

Namun berbeda jika Anda menerapkan teknik lazy loading, ketika teknik ini berhasil diterapkan maka hanya gambar dan video yang terlihat di layar saja yang akan dimuat.

Lalu, bagaimana cara menerapkan teknik lazy load ini? Apakah perlu pengetahuan koding untuk menerapkannya? Tenang, untuk pengguna WordPress bisa menggunakan plugin dalam penerapannya.

Cek dibawah ini tentang plugin lazy loading yang kami rekomendasikan!

Rekomendasi Plugin Lazy Load

Rekomendasi plugin Lazy Load WordPress ini sudah teruji dan telah digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Anda bisa langsung mendownloadnya secara langsung melalui WordPress.org dan melakukan instalasi melalui halaman admin WordPress.

Smush Lazy Load Images Optimize

Smush Lazy Load Images Optimize

Smush Lazy Load Images Optimize adalah salah satu plugin untuk melakukan optimasi gambar dengan menggunakan teknik lazy load.Cara penggunaannya sangat mudah, Anda hanya perlu instal dan aktifkan karena tidak ada pengaturan khusus untuk menggunakan plugin ini.

Cara kerja dari Smush Lazy Load adalah menggunakan jQuery.sonar yang nantinya hanya memuat gambar yang terlihat saja di bagian atas flip.

Plugin Smush memiliki fitur untuk mengoptimasi/kompresi gambar yaitu image resizing dan fitur lazy load yang bekerja memuat gambar yang terlihat di viewport saja, sehingga website menjadi lebih cepat.

Perlu diingat bahwa plugin smush ini hanya bisa mengoptimasi 50 gambar dalam satu kali klik. Jika gambar yang dimiliki lebih dari 50, maka  perlu mengulangi prosesnya sampai semua gambar selesai dioptimasi menjadi lebih ringan. 

Namun jika Anda ingin mendapatkan efek yang lebih baik, Anda bisa menggunakan plugin smush versi premium yaitu WP Smush Pro.

a3 Lazy Load

a3 Lazy Load

Plugin a3 Lazy Load adalah plugin yang sangat mudah digunakan dan bisa membantu Anda untuk meningkatkan kecepatan loading website WordPress. 

Plugin ini akan semakin baik dalam bekerja untuk mengoptimasi kecepatan ketika website Anda memiliki page load time yang berat, sehingga menyebabkan website lambat dalam memuat halaman..

Bahkan plugin ini melakukan uji coba di banyak situs dengan total 1000 gambar yang bisa berjalan dengan cepat. a3 Lazy Load merupakan plugin yang memiliki fitur lengkap dengan pengaturan yang cukup mudah dalam menentukan elemen untuk dimuat ketika terlihat oleh browser.

Ketika Anda menggulir ke bawah halaman, elemen gambar yang ditampilkan hanya yang terlihat pada port tampilan browser saja sehingga website menjadi lebih cepat dan optimal.

Fitur yang dimiliki a3 Lazy Load adalah sebagai berikut:

  • Lazy loading bisa digunakan untuk berbagai bentuk media gambar seperti video Youtube, Vimeo, embed dan WordPress AMP.
  • Bisa terhubung dengan WooCommerce.
  • Berfungsi di beragam jenis tema WordPress.
  • Memiliki dukungan penuh pada QueryMobile framework.

Rocket Lazy Load

Rocket Lazy Load

Plugin ini dibuat oleh WP Rocket yang merupakan pengembang plugin caching terbaik di WordPress.

Ukuran dari plugin ini sangat kecil yaitu hanya kurang dari 2 KB saja, cara kerja plugin ini hanya menampilkan semua gambar dari postingan, widget, thumbnail, emoticon dan avatar.

Ketika pengguna melakukan scroll ke bawah di browsernya, akan menghasilkan kecepatan yang optimal.

Setelah pemasangan selesai, Anda tinggal menggunakannya karena plugin ini tidak memiliki pengaturan khusus. Ketika Anda berhasil melakukan instalasi, plugin ini sudah dapat bekerja mempercepat website Anda.

Fitur unggulan Rocket Lazy Load:

  • Imagify:  memiliki kemampuan dalam optimasi gambar terbaik dan dapat memuat kapasitas gambar menjadi lebih ringan.
  • Heartbeat Control: mengontrol WordPress Heartbeat API dan bisa mengurangi penggunaan CPU.

Speed up Lazy Load

Speed up Lazy Load

Cara kerja dari plugin Speed Up Lazy Load adalah menghindari download gambar dan juga iframe yang tidak ditampilkan layar, misalnya saja gambar yang berada di bawah halaman. Jadi, plugin ini hanya akan menampilkan gambar ketika pengguna telah sampai pada gambar tersebut.

Dengan begitu kecepatan website dan juga beban halaman akan menjadi lebih ringan. Keuntungan lain yang dapat Anda manfaatkan saat menggunakan Speed Up Lazy Load adalah  dapat lebih menghemat bandwidth, agar website tidak menjadi lambat.

Dalam penggunaannya plugin ini sangat mudah karena tidak ada pengaturan khusus yang perlu Anda lakukan. Cukup instal dan setelah itu plugin secara otomatis akan bekerja untuk mempercepat website Anda.

Fitur yang dimiliki plugin Speed Up Lazy Load adalah sebagai berikut:

  • Hanya menampilkan gambar ketika pengguna melihat gambar tersebut.
  • Ukuran plugin ringan hanya 5 Kb saja.

Lazy Loader

Lazy Loader

Plugin berikutnya adalah Lazy Loader. Plugin ini adalah jenis plugin WordPress yang sangat sederhana dan dapat dengan mudah Anda gunakan. Lazy Loader dapat mendukung segala lazy loading dalam bentuk apapun seperti gambar, audio maupun video dan iframe.

Fitur yang dimiliki Lazy Loader adalah sebagai berikut:

  • Bisa mengatur untuk tidak melakukan lazy loading pada elemen CSS tertentu.
  • Adanya loading spinner.
  • Plugin ini juga bisa menghindari content jumping atau layout yang bergeser dan menjadi berantakan.

Optimole Lazy Load

Optimole Lazy Load

Optimole Lazy Load adalah plugin yang dirancang secara khusus untuk mempercepat kecepatan loading website khususnya gambar di WordPress. Sedikit berbeda dengan plugin sebelumnya, jika Anda menggunakan Optimole Lazy Load, maka Anda perlu melakukan pengaturan sederhana.

Fitur yang dimiliki plugin Optimole Lazy Load adalah sebagai berikut:

  • Pengaturan dapat disesuaikan dengan keinginan, misal memilih pengaturan placeholder yang memuat gambar berkualitas rendah, sehingga website menjadi jauh lebih cepat.
  • Dapat mengoptimalkan ukuran gambar.
  • Dapat meringankan setiap halaman yang diakses.

WP YouTube Lyte

WP YouTube Lyte

WP YouTube Lyte merupakan salah satu plugin yang sedikit berbeda. Seperti namanya, plugin ini membantu website Anda memuat video lebih cepat. 

Plugin ini bekerja dengan memasukan penyematan Youtube, ketika Anda memutar video tersebut memberikan kesan bahwa Youtube tersebut terintegrasi ke dalam situs website Anda.

Jika menggunakan WP YouTube Lyte, website Anda bisa menampilkan banyak video yang dapat diputar secara bersamaan. Hal ini tentu akan memberikan pengalaman pengunjung yang lebih baik dan berpotensi mendapatkan traffic yang berkualitas.

Fitur unggulan di WP Youtube Lyte adalah sebagai berikut:

  • Tidak membutuhkan banyak server.
  • Dapat meningkatkan waktu pemuatan menjadi lebih cepat.
  • Bekerja langsung dengan YouTube.

Ajax Load More

Ajax Load More

Plugin ini menggunakan teknik infinite scroll sehingga memungkinkan pengunjung website untuk scroll ke bawah tanpa ada batasan. Hal ini dilakukan dengan memperbaharui setiap halaman ketika pembaca sampai kepada akhir konten.

Fitur yang dimiliki plugin ini adalah:

  • Adanya infinite Scroll.
  • Lazy Load pada postingan, halaman, kolom komentar dan lain sebagainya.
  • Adanya Query berbasis Ajax sehingga mudah diintegrasikan dengan e-commerce yang menggunakan plugin WooCommerce dan Easy Digital.

Lazy Load for Videos

Lazy Load for Videos

Plugin ini hanya bisa menambahkan lazy load pada konten media berupa video saja. Lazy Load for Videos memiliki cara kerja dengan mengganti video menggunakan gambar preview yang bisa di klik oleh pengunjung.

Dengan begitu tidak ada script javascript yang dimuat, sehingga kecepatan loading pada website akan meningkat. Hal itu bisa Anda buktikan dengan melakukan pengecekan skor di PageSpeed.

Fitur yang ada di Plugin Lazy Load for Videos di antaranya adalah:

  • Dapat menampilkan judul video di gambar preview.
  • Bisa mengubah banyak video dan menampilkannya ke dalam bentuk playlist.
  • Anotasi “Subscribe to Channel” yang dapat disembunyikan.
  • Tombol kontrol dari Youtube juga bisa disembunyikan.
  • Menyembunyikan opsi “Video terkait”.

Autoptimize

Autoptimize

Autoptimize telah digunakan oleh banyak pengguna WordPress, sehingga plugin ini masuk kategori plugin populer untuk fungsi lazy load.

Dalam penerapannya plugin ini cukup canggih dan bisa mengoptimalkan pemuatan gambar situs Anda. Kemampuan pengoptimalan yang bersifat otomatis dapat membantu memperkecil semua skrip apapun yang ada di situs website Anda.

Fitur lainnya yang ada di Autoptimize adalah:

  • Optimasi kode skrip website.
  • Kompatibel dengan plugin cache WP Rocket.
  • Lazy load yang bekerja secara otomatis.

Cara Memasang Plugin Lazy Load

Setelah Anda mengetahui beberapa plugin yang kami rekomendasikan untuk mempercepat loading website dan telah memilih plugin yang cocok untuk kebutuhan Anda sekarang waktunya memasang plugin tersebut. Cara pemasangannya kurang lebih sama dengan pemasangan plugin pada umumnya yaitu sebagai berikut:

Langkah 1: Klik menu Plugin > Add New.

Klik menu Plugin > Add New

Langkah 2: Search di kolom pencarian dengan mengetikkan salah satu nama plugin lazy load di atas, misal Speed Up Lazy Load.

Search di kolom pencarian dengan mengetikkan salah satu nama plugin lazy load di atas, misal Speed Up Lazy Load.

Langkah 3: Klik tombol install di plugin pilihan Anda.

Klik tombol install di plugin pilihan Anda.

Langkah 4: Klik Activate untuk mengaktifkan.

klik Activate untuk mengaktifkan.

Selesai, plugin Lazy Load pilihan Anda telah berhasil di pasang dan Anda tinggal menggunakannya.

Jadi, Plugin Mana yang Anda Pilih?

Dari beberapa plugin yang kami rekomendasikan tersebut silahkan Anda memilih salah satu saja sesuai dengan kebutuhan. Karena cara kerja dari plugin diatas berbeda-beda, ada yang hanya bekerja untuk mengoptimalkan post saja ada juga yang hanya mengoptimalkan page saja di WordPress. 

Sementara itu, sebagai bentuk optimasi dalam hal kecepatan website selain menggunakan salah satu dari plugin diatas adalah dengan melakukan upgrade hosting atau memilih hosting yang tepat.

Dalam memilih hosting juga disarankan untuk memilih hosting Indonesia yang memiliki fitur litespeed cache seperti pada salah satu layanan hosting WordPress Indonesia Exabytes yang sudah dilengkapi fitur tersebut.

Tidak hanya memiliki fitur tersebut, hosting yang Anda gunakan juga harus menggunakan media penyimpanan SSD. Dalam artikel lain kami sudah membahas 5 keuntungan WordPress Hosting SSD dan salah satu keuntungannya adalah anti lambat.

Bagi Anda yang belum memiliki website, jangan khawatir karena Exabytes Indonesia juga memiliki panduan cara membuat website dengan lengkap.

Sekarang yang perlu Anda lakukan pertama kali sebelum mengikuti panduannya adalah memikirkan nama domain yang unik dan mewakili website Anda.

Good luck ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments