5 Keuntungan Hosting WordPress SSD yang Wajib Kamu Tahu

76
6 min read

Hello Exabytes Friends!

Perkembangan dan kemajuan teknologi di era digital yang tumbuh semakin pesat, membuat tidak sedikit perubahan yang dapat dirasakan oleh sebuah negara termasuk di Indonesia. Perubahan yang signifikan tersebut memberikan dampak positif seperti dapat memudahkan suatu pekerjaan, peralihan informasi menjadi lebih mudah dan lebih cepat dan lain sebagainya. Meskipun banyak memberikan dampak yang positif, ternyata perkembangan teknologi juga dapat menimbulkan beberapa dampak buruk apabila kemajuan teknologi tersebut tidak dikelola dengan baik. 

Majunya sebuah teknologi digital, membuat beberapa platform populer memberikan segudang manfaat untuk keberlangsungan hidup, salah satunya diantaranya adalah platform WordPress. Kenapa WordPress? Karena WordPress merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang paling populer dan banyak digunakan oleh orang orang di seluruh dunia untuk membuat situs website.

Menurut data statistik dari situs website W3Techs pada tanggal 1 April 2020, menunjukkan bahwa penggunaan platform WordPress paling banyak digunakan sekitar 36.4% oleh situs website yang berada di Internet. Jumlah tersebut berbanding terbalik dengan platform-platform lain yang penggunaannya jauh di bawah WordPress seperti Joomla, Shopify, Drupal, dan Squarespace.

Data WordPress CMS Paling Populer
Data WordPress Menurut @W3Tech

Setiap harinya, pertumbuhan penggunaan Platform WordPress semakin melonjak tajam. Pasalnya, tercatat ada total 1.428 situs website yang menggunakan platform WordPress di setiap harinya. Dimana WordPress menjadi salah satu platform CMS paling tertinggi penggunaannya jika dibandingkan dengan CMS populer lainnya seperti WooCommerce dan Shopify yang pertumbuhan penggunaannya hanya mencapai kurang lebih 400 situs website setiap harinya.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak provider hosting yang menawarkan jasa atau layanan penyewaan WordPress hosting yang khusus diperuntukan untuk pengguna WordPress. Namun WordPress hosting yang menggunakan teknologi terkini seperti SSD masih jarang yang menawarkannya. SSD atau Solid State Drive merupakan sebuah teknologi terbaru yang digunakan sebagai media penyimpanan data atau informasi seperti halnya hardisk (HDD), namun strukturnya seperti USB Flash Drive yang bertumpuk dari sejumlah atau serangkaian IC sebagai suatu memori.

Exabytes Network Indonesia menjadi salah satu provider hosting pertama di Indonesia yang menawarkan layanan penyewaan hosting WordPress berbasis SSD yang memberikan jaminan kinerja server yang lebih stabil dengan performa yang tinggi. Ada banyak manfaat yang diberikan oleh Hosting WordPress SSD pada situs website yang menggunakannya, memang terbilang cukup mahal apabila dibandingkan dengan hard disk drive pada umumnya, namun Hosting WordPress SSD lebih dapat diandalkan dari waktu ke waktu.

Berikut ini 5 (lima) keuntungan dari hosting WordPress SSD yang wajib kamu tahu adalah sebagai berikut:

Pemulihan

Tidak seperti halnya harddisk (HDD) yang sudah lebih dulu dikenal, dengan teknologi SSD kamu bisa memulihkan data yang hilang dengan sangat mudah apabila terjadi kegagalan sistem yang besar. Untuk pemulihan data yang hilang, HDD biaya yang harus dikeluarkan lebih mahal dan kurang terjamin serta jarang memberikan peringatan apabila terjadi kegagalan sistem. Berbeda dengan SSD yang selalu memberikan peringatan sebelum terjadinya kegagalan, yang memungkinkan perusahaan hosting dapat dengan mudah membuat perubahan sebelum terjadinya kegagalan tersebut. 

Kecepatan & Daya Tahan

Fungsi SSD ini adalah untuk meningkatkan kinerja situs website kamu agar dapat tetap stabil. Berbeda jauh dengan HDD yang selalu memperlambat kecepatan situs website dan meningkatkan kemungkinan kesalahan mekanik yang membuatnya fatal. Hosting WordPress SSD memiliki 4 (empat) kombinasi percepatan penyimpanan seperti 5x lebih cepat dengan ping atau latency kecil, 10X lebih cepat dengan metode SSD memori, 20X lebih cepat akses ke database, dan Auto backup harian.

Untuk membuka sebuah file berkapasitas besar, teknologi SSD dapat membuka 30% lebih cepat jika dibandingkan dengan HDD. Untuk melakukan reboot server pun, sistem operasi yang memiliki teknologi SSD hanya membutuhkan waktu sekitar 10-13 detik saja sedangkan HDD dapat memakan waktu lebih lama yaitu sekitar 30-40 detik. Memang perbedaannya tidak terlalu berdampak yang signifikan, namun untuk mereset server dan me-reboot server saja membutuhkan waktu selama 40 detik merupakan waktu yang cukup lama.

Apalagi jika hal tersebut terjadi pada tampilan situs website kamu, ketika pengunjung ingin mengunjungi situs website dan ternyata ketika diakses mengalami loading selama  empat detik atau bahkan lebih, apa yang akan pengunjung lakukan? Tentunya pengunjung tersebut akan merasa bosan karena menunggu terlalu lama sehingga akan langsung meninggalkan website kamu. Tidak mau mengalami hal yang demikian bukan?

Selain itu, search engine seperti Google pun akan menghukum keras terhadap situs website yang ketika diakses mengalami loading yang lambat karena dapat mempengaruhi peringkat di hasil pencarian mesin telusur. Hal ini tentunya akan berdampak juga terhadap penjualan di bisnis kamu nantinya. Oleh karena itu, dengan adanya teknologi SSD pada Hosting WordPress menjadi salah satu solusi terbaik untuk bisnis online kamu dengan jaminan anti lelet.

Dapat Diandalkan

Berbicara mengenai hosting WordPress SSD, faktor keandalan adalah salah satu faktor yang paling penting. Proses baca atau tulis SSD tidak menurun dan jarang mengalami masalah, sehingga SSD dapat mempertahankan integritas data selama lebih dari 200 tahun. Sedangkan HDD berbasis magnet sehingga degradasi akan terjadi sepanjang waktu, dimana HDD dapat mengalami masalah ketika mulai mengisi. Hal tersebut menyebabkan data menjadi terfragmentasi dan akan menimbulkan tekanan yang berat untuk kamu ketika ingin mempertimbangkan transaksi keuangan, keamanan data dan masih banyak lagi.

SSD sangat sedikit sekali terjadinya kesalahan meskipun ditulis dan dihapus beberapa kali, dimana memakan waktu hingga enam tahun lamanya untuk terjadinya kesalahan baca dan tulis. Selain itu, teknologi SSD memiliki alat pelacak yang digunakan untuk melacak kesehatan keseluruhan SSD. Peralihan yang dilakukan dari satu SSD ke SSD lainnya sangat sederhana.

Kekuatan

Dengan teknologi terbaiknya, SSD hanya membutuhkan lebih sedikit tenaga untuk beroperasi, dimana hal tersebut akan mengurangi gesekan dengan HDD. Hal ini tentunya membuat tagihan energi berkurang dan situs website dapat berjalan lebih efisien. Selain itu, biaya pemeliharaan utilitas pendinginan server akan tetap rendah. Karena dengan tetap mempertahankan biaya pendinginan dan menurunkan tagihan energi tentunya secara tidak langsung dapat mempengaruhi keuntungan yang akan bisnis kamu dapatkan.

Backup dan Kemudahan Migrasi

Hal yang bisa kamu pertimbangkan ketika memilih layanan hosting WordPress yaitu dalam hal melakukan proses backup (pencadangan) dan migrasinya.  Dimana migrasi dari HDD ke SSD atau migrasi dari SSD ke SSD dapat dilakukan dengan sangat sederhana. 

Seperti yang sudah mimin sampaikan sebelumnya, bahwa SSD ini dapat mempertahankan integritas data hingga 200 tahun yang membuat semua yang ditransfer akan menjadi solid dan dapat untuk diandalkan. Apabila SSD mengalami kegagalan dalam melakukan proses migrasi ataupun pencadangan, untuk berpindah ke yang baru dapat dilakukan dengan mudah. Hal yang sama juga berlaku untuk perpindahan dari HDD ke SSD atau sebaliknya.

Kesimpulan

Hosting WordPress SSD merupakan salah satu solusi terbaik untuk siapa saja yang menginginkan kemudahan dalam membuat situs website tanpa harus memiliki pengetahuan teknik dalam mengoperasikannya. Ketika kamu memilih hosting WordPress, secara otomatis platform WordPress akan langsung terinstall di dalam layanan hosting kamu. Yang perlu kamu lakukan adalah hanya tinggal masuk dan pada saat itu juga kamu sudah siap untuk membangun, mengedit dan mengelola situs website dengan sangat mudah. 

Dengan mengetahui 5 (lima) keuntungan yang didapat dari hosting WordPress SSD yang sudah mimin jabarkan tadi, semoga dapat memberikan pertimbangan terbaik kamu dalam memilih hosting WordPress yang tepat untuk bisnis kamu. 

Credit to: Machyuliyah (https://www.linkedin.com/in/machyuliyah-lia-54265699/)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here