Apa Itu Unique Selling Proposition? Pelajari Cara Membuatnya!

1507

Dalam menjalankan bisnis, berada di dalam persaingan merupakan hal yang wajar. Namun, apa yang harus kamu lakukan agar terlihat berbeda, unik, dan menonjol? Bukankah kamu harus memiliki nilai yang berbeda yang juga dikenal sebagai unique selling proposition?

Jika kamu belum tahu apa itu unique selling proposition, ini adalah waktu yang tepat untuk memulai pencarian tentang USP dimulai dari artikel satu ini.

Kenali Apa Itu Unique Selling Proposition

Kenali Apa Itu Unique Selling Proposition

Unique selling proposition (USP) adalah faktor kunci yang membedakan produk, layanan, atau merek dari pesaing di pasar. USP juga merupakan karakteristik unik atau manfaat yang ditawarkan oleh produk atau layanan yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. 

USP memberikan alasan kepada konsumen untuk memilih suatu produk atau layanan daripada produk atau layanan serupa lain. Apa itu unique selling point bisa berupa fitur unik, kualitas khusus, nilai tambah yang menonjol, atau pengalaman pelanggan yang berbeda dan unik. 

Agar bisa mendapatkan manfaat dari USP, tentu kamu harus membuat USP yang jelas, menarik, dan relevan dengan kebutuhan atau keinginan target konsumen. Dengan menonjolkan USP, sebuah bisnis dapat membedakan dirinya di pasar, menarik perhatian pelanggan, dan membangun citra merek yang kuat.

Yuk pelajari cara membangun brand awareness di website agar bisnis online semakin banyak dilirik banyak orang!

Pentingnya Unique Selling Proposition

Masih bertanya-tanya mengapa unique selling proposition itu penting padahal sudah mengetahui pengertian dari apa itu unique selling proposition itu sendiri?

USP mempunyai manfaat yang dapat memberikan keuntungan bagi bisnis yang menerapkannya. Dengan USP yang tepat, yang selalu melekat di ingatan target audiens atau konsumen, bukankah hal tersebut akan mempermudah proses branding?

Terdapat beberapa alasan di balik pentingnya USP, yaitu:

Branding

Branding adalah upaya membentuk persepsi yang timbul dari pengalaman konsumen membeli atau menggunakan produk atau layanan yang kamu tawarkan. Dalam hal ini, USP dapat membuat persepsi yang berkesan di benak konsumen.

Penjualan

Mengapa USP penting tentunya secara spontan pun kamu bisa menjawab bahwa hal tersebut berdampak pada penjualan. Unique selling proposition dapat membantu perusahaan atau bisnis mencapai target penjualan atau bahkan meningkatkan penjualan.

Nilai jual yang unik berpengaruh terhadap kesadaran konsumen akan sebuah produk atau jasa. Jadi, USP bisa menarik calon konsumen baru sehingga mereka akan melakukan pembelian.

Kompetisi

Unique selling proposition adalah alasan yang membuat produk Anda unik dan menarik bagi pelanggan potensial. Dengan USP yang jelas dan menarik, bisnis dapat menonjol di antara pesaing, menarik perhatian pelanggan, dan membangun hubungan yang kuat dengan konsumen. 

Dengan mengidentifikasi dan menonjolkan USP, sebuah bisnis dapat meraih kesuksesan dan keunggulan di pasar yang kompetitif.

Membantu dalam Pemasaran

USP yang jelas dan menarik membuat pesan pemasaran lebih efektif. Ini memungkinkan pebisnis untuk menargetkan audiens yang tepat dengan pesan yang relevan, sehingga meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran.

Manfaat Unique Selling Proposition

Manfaat Unique Selling Proposition

Jadi, apakah kamu sudah bisa memahami apa itu unique selling proposition dari penjelasan di atas? Dengan berbekal gambaran tersebut, kamu juga bisa mengenali apa saja manfaat USP. USP mampu membentuk identitas yang unik namun juga menawarkan manfaat lain, termasuk:

  • Membedakan produk sehingga tampak unik dan berbeda dari produk yang ditawarkan kompetitor
  • Menanamkan nilai produk yang kuat sehingga akan terus diingat oleh konsumen
  • Memungkinkan terjadinya peningkatan jumlah pembelian produk
  • Membantu meningkatkan pendapatan
  • Meningkatkan loyalitas konsumen
  • Menentukan fokus yang jelas
  • Memahami pelanggan dengan lebih baik

Karakteristik Unique Selling Proposition

Dengan berbekal pengetahuan tentang apa itu unique selling proposition, kamu bisa mulai membuatnya. Tentunya dengan mempertimbangkan beberapa karakteristik USP, yaitu:

Visualisasi yang Menarik

Salah satu karakteristik USP adalah visualisasi yang menarik. Lebih dari 80 persen pelanggan menyukai gambaran visual sehingga bisa dijadikan sebagai daya tarik utama saat melakukan kampanye pemasaran.

Oleh sebab itu, saat membuat USP, pastikan USP tersebut menarik sehingga bisa menggaet lebih banyak calon pelanggan. Namun, kamu juga harus terlebih dahulu melakukan riset pasar agar produk kamu tampak unik dan bisa diterima khalayak.

Tujuan yang Jelas

Unique selling proposition juga harus memiliki tujuan yang jelas. Jadi, audiens atau target pasar akan merasa bahwa produk yang kamu tawarkan sesuai dengan apa yang mereka cari dan butuhkan. Kesuksesan sebuah USP dinilai dari bagaimana target konsumen dapat memahami produk dengan cepat.

Pastikan Simpel

Karakteristik lain dari apa itu unique selling proposition adalah dibuat dengan simpel dan sederhana. Jadi, gunakan jargon yang sederhana namun jelas. Yaitu dengan satu frasa atau kalimat yang mudah diingat sehingga akan menjadi nilai brand.

Kenali apa itu branding dan manfaatnya untuk bisnis untuk memaksimalkan penggunaan USP yang sudah kamu buat.

Tonjolkan Kelebihan Produk

Selain beberapa hal di atas, USP juga sudah seharusnya mampu menonjolkan kelebihan produk yang akan dijual. Sampaikan kelebihan dan manfaat pada calon pembeli sehingga mereka tidak akan ragu untuk membeli produk kamu.

Kelebihan dan manfaat tersebut harus bisa menjadi pembeda produk kamu dengan para kompetitor sehingga akan membuatnya tampak unik dan berbeda.

Cara Menentukan Unique Selling Proposition

Semakin yakin untuk segera menentukan USP setelah mengetahui apa itu unique selling proposition dan mengapa hal tersebut penting dalam menjalankan bisnis?

Agar bisa menentukan USP dengan tepat, berikut adalah beberapa langkah yang tidak boleh kamu lewatkan:

Pahami Target Audiens

Mulailah dengan memahami siapa target pasar Anda. Siapa pelanggan potensial? Apa kebutuhan, keinginan, dan masalah mereka? Memahami demografi, perilaku, dan preferensi pelanggan akan membantu Anda menentukan apa yang membuat mereka tertarik.

Kenali Keunggulan Produk atau Layanan

Selain mengenali target audiens atau calon konsumen, sebagai pebisnis yang akan menentukan apa itu unique selling proposition, kamu juga harus mengenali produk atau layanan secara menyeluruh. 

Apa yang membuatnya unik? Apa manfaat utama yang ditawarkan kepada pelanggan? Apakah ada fitur khusus, kualitas yang unggul, atau keunggulan lainnya yang membedakan produk atau layanan Anda dari yang lain?

Analisis Target Audiens atau Target Konsumen

Dalam hal ini, kamu bisa meneliti pesaing. Apa yang mereka tawarkan kepada pelanggan mereka? Apakah ada celah di pasar yang belum dipenuhi atau area di mana pesaing tidak berkinerja dengan baik? 

Identifikasi kekurangan atau kelemahan dalam penawaran pesaing dapat membantu menemukan peluang untuk menonjol.

Temukan Nilai Tambah yang Unik

Berdasarkan pemahaman Anda tentang target pasar dan keunggulan produk atau layanan, cari nilai tambah yang unik yang hanya kamu yang bisa menawarkan. 

Bisa berupa fitur produk yang belum ada di pasar, pendekatan layanan pelanggan yang inovatif, kebijakan harga yang menarik, atau nilai tambah lainnya yang membuat kamu berbeda.

Sesuaikan dengan Kebutuhan Pasar

Pastikan USP relevan dengan kebutuhan dan keinginan target pasar Anda. Ini harus menjadi solusi yang signifikan untuk masalah atau kebutuhan pelanggan potensial. Sehingga mereka melihat nilai yang jelas dalam memilih kamu daripada pesaing.

Lakukan Uji dan Perbaikan

Setelah menentukan USP, uji reaksi pasar. Bagaimana tanggapan pelanggan terhadap USP? Apakah mereka melihatnya sebagai nilai tambah yang signifikan? Gunakan umpan balik pelanggan untuk memperbaiki dan menyempurnakan USP Anda sesuai kebutuhan.

Komunikasikan dengan Jelas

Setelah menentukan USP yang kuat, komunikasikan dengan jelas kepada pelanggan melalui berbagai saluran pemasaran, seperti situs web, materi promosi, iklan, dan lainnya. Pastikan bahwa pesan kamu menyoroti keunggulan dan keunikan produk serta menginspirasi kepercayaan dan minat dari target pasar.

Nah, apabila perlu jasa digital marketing untuk kebutuhan pemasaran, mengapa tidak segera menghubungi Exabytes?

Kesimpulan

Dengan apa itu unique selling proposition, produk atau brand akan terlihat berbeda di mata konsumen. Jadi, mereka akan tertarik untuk memilih produk atau brand tersebut meski berada di antara persaingan yang ketat. 

Jadi, sekarang kamu tahu kan mengapa USP itu penting bagi bisnis, terutama bagi yang akan menjalankan bisnis online saat ini? Untuk bisa menjangkau lebih banyak target konsumen yang melakukan aktivitas secara online, kamu bisa memulainya dengan membangun situs web.Cara mudahnya adalah dengan menghubungi Exabytes untuk mendapatkan jasa pembuatan website profesional dari ahli yang sudah berpengalaman.

web hosting murah terbaik blog banner