Bandwidth Pada Hosting Adalah Aspek Penting untuk Website

0
1975

Saat kamu membeli paket web hosting, salah satu faktor penting yang harus kamu pertimbangkan adalah bandwidth pada hosting. Saat bandwidth memadai, maka performa website akan jadi lebih optimal.

Singkatnya, kapasitas bandwidth akan mempengaruhi performa website. Semakin padat traffic website, pastikan menggunakan bandwidth tinggi.

Tapi, apa itu bandwidth pada web hosting? Mengapa bandwidth pada hosting dianggap sebagai faktor penting?

Apa itu Bandwidth Pada Hosting Web?

Secara umum, bandwidth pada hosting adalah kapasitas transfer data maksimal yang bisa dilakukan oleh suatu media transmisi dalam jangka waktu tertentu.

Dengan kata lain, bandwidth pada web hosting adalah jumlah besaran traffic yang keluar masuk dari suatu network ke hosting.

Nah, konsumsi transfer data ini diukur dengan satuan bps (bit per second). Banyak yang mengira bahwa bandwirdth dianggap sebagai kecepatan internet. Padahal kenyataannya bukan seperti itu.

Pada dasarnya, seluruh hal yang berkaitan dengan akses ke website seperti penggunaan email hingga database membutuhkan bandwidth. 

Bandwidth bisa dianalogikan seperti jalan raya. Jalan raya memiliki ukuran lebar tertentu. Saat jalan raya dilintasi oleh kendaraan yang hanya sedikit, maka jalanan akan lebih lengang.

Kendaraan bisa berjalan dengan cepat. Sebaliknya, saat jalan raya dilalui oleh banyak kendaraan, yang terjadi adalah macet. Laju kendaraan akan lebih lambat dan jalanan jadi padat.

Agar jalan raya bisa menampung banyak kendaraan dengan laju yang tetap lancar, maka ukuran jalannya harus dilebarkan.

Nah, begitu pun bandwidth. Bandwidth bisa dianalogikan sebagai jalan raya. Data transfer dapat diibaratkan dengan banyaknya kendaraan yang sedang melaju di jalan raya tadi.

Sementara kecepatan internet atau kecepatan transfer data bisa diibaratkan dengan kecepatan laju kendaraan. Sedangkan kendaraan adalah data itu sendiri.

Agar transfer data bisa berjalan dengan cepat dan lancar walaupun saat jumlahnya sangat banyak, maka perlu ditambah bandwidth-nya. Maka. kalau kamu ingin membuat website sangat perlu mempertimbangkan bandwidth pada hosting yang digunakan.

bandwidth pada web hosting

Fungsi Bandwidth Pada Hosting Adalah

Sebagai media transmisi data

Fungsi utama bandwidth yaitu sebagai media transmisi data ke seluruh jaringan. Tugas bandwidth menjadi jalur komunikasi data antara dua komputer melalui jaringan tertentu, seperti fungsi LAN yang menghubungkannya kepada perangkat yang digunakan.

Bandwidth juga menghubungkan komputer dengan jaringan supaya tetap terhubung dan bisa terjadi proses penukaran data.

Mengatur kapasitas data transfer

Bandwidth pada web hosting berfungsi sebagai pengatur besarnya data yang dapat ditransfer. Saat banyak orang secara bersamaan mengakses website, maka membuat jumlah data transfer semakin tinggi.

Apabila tidak ada pembatasan bandwidth, maka server bisa mengalami kendala atau down. Untuk itu, biasanya penyedia layanan web hosting akan mengatur bandwidth untuk memastikan server stabil dan website bisa bekerja dengan optimal. 

Misalnya, penyedia layanan web hosting yang kamu pakai memberikan kapasitas bandwidth sebesar 1 GB per bulan. Artinya, kamu hanya bisa melakukan transfer data melalui website sebanyak 1 GB setiap bulannya.

Sebesar apapun kecepatan aksesnya atau berapa pun perangkat yang mengakses website kamu, kapasitas data transfer yang bisa digunakan maksimal adalah 1 GB per bulan.

Meningkatkan kecepatan data transfer

Aktivitas yang dilakukan oleh pengunjung suatu website akan berpengaruh pada banyaknya bandwidth yang digunakan. Termasuk konten yang mereka akses hingga lamanya mereka berada di website.

Misalnya, ada pengunjung yang menonton live streaming di website selama 2 jam penuh. Maka, dari keseluruhan bandwidth yang dimiliki, akan lebih banyak digunakan oleh pengguna tersebut.

Hal ini tentu berpengaruh pada kualitas konten yang diakses dan kenyamanan pengguna lain yang juga sedang mengunjungi website tersebut.

Maka dari itu, bandwidth mampu membagi dan melakukan pembatasan kecepatan transfer data pada masing-masing pengguna berdasarkan paket data. 

Penyedia layanan web hosting akan membagi kapasitas bandwidth sama besar untuk pengguna website. Maka dari itu, kecepatan mengakses website oleh masing-masing pengguna akan cenderung lebih stabil dan tidak lambat.

Bahkan, bandwidth juga bisa meningkatkan kecepatan data transfer pada web hosting. Bandwidth akan membagi kecepatan transfer data secara merata ke semua server. Hal ini dilakukan agar pengguna tidak saling berebut bandwidth. 

bandwidth pada web hosting

Mengapa Bandwidth Penting?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kapasitas bandwidth berkaitan langsung dengan performa website. Sedangkan performa website akan menentukan kepuasan pengunjung ke website. Berikut beberapa alasan pentingnya bandwidth pada website:

Load website lebih cepat

Performa website salah satunya ditentukan oleh kecepatan load. Kapasitas bandwidth yang tepat akan menjaga load website agar tetap stabil. Website dengan waktu load yang cepat maka akan lebih dinikmati oleh pengunjung.

Selain itu, website dengan load yang cepat juga bisa mendongkrak SEO karena Google sangat mempertimbangkan kecepatan load dalam algoritmanya.

Memungkinkan untuk menampung pengunjung dalam jumlah banyak

Misalnya, saat website yang kamu kelola sebenarnya bisa diakses hingga 5.000 pengunjung, namun bandwidth yang kamu gunakan rendah. Dengan bandwidth tersebut, website-mu hanya mampu menampung pengunjung hingga 1.000 dalam satu bulan.

Akhirnya, website tidak bisa bekerja dengan optimal karena banyak potensi pengunjung yang terbuang. Dengan menggunakan bandwidth yang lebih tinggi, maka memungkinkan website untuk menampung pengunjung dalam jumlah lebih banyak.

Banyak pengunjung berarti bisnismu semakin baik.

Lebih leluasa untuk menghadirkan konten visual

Semakin beragam atau banyak konten yang dihadirkan dalam sebuah website, maka semakin besar pula ukurannya. Terutama jika memuat konten visual seperti banyak gambar, video, dan animasi. Ukurannya pasti jauh lebih besar.

Maka dari itu, website tersebut membutuhkan bandwidth tinggi. Dengan bandwidth yang tinggi, kamu lebih leluasa untuk menghadirkan elemen-elemen media pada konten yang ingin kamu muat di website-mu. 

Memungkinkan pengunjung untuk membuka lebih banyak halaman

Untuk pemilik bisnis online, hal ini tentu sangat penting. Pengunjung akan lebih puas ketika bisa membuka lebih banyak halaman untuk mempertimbangkan pilihan mereka sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk yang kamu jual. 

Saat halaman baru dibuka, maka akan menambah data transfer. Nah, apabila bandwidth yang kamu gunakan tidak cukup tinggi, maka hal ini tidak akan terakomodasi dengan baik.

Maka dari itu, bandwidth yang cukup tinggi akan membuat lebih banyak halaman terbuka dengan cepat. Dengan begitu, pengunjung akan lebih puas dengan halaman website-mu.

Tapi perlu diingat, menggunakan paket layanan hosting dengan bandwidth yang lebih besar akan memakan biaya yang cukup banyak juga.

Penyebab Penggunaan Bandwidth Menjadi Besar

Banyaknya akses ke website

Banyaknya pengguna yang mengakses website akan berpengaruh pada traffic. Jumlah traffic ini biasanya juga dianggap sebagai sukses tidaknya sebuah website.

Saat traffic padat, maka jumlah pengguna atau pengunjung website tinggi. Dengan begitu, banyaknya orang yang mengakses website menjadi hal penting yang harus dipertimbangkan secara matang.

Jangan sampai website kamu mengalami down saat terjadi lonjakan traffic yang tinggi hanya karena keterbatasan bandwidth maksimum yang kamu miliki.

Proses upload dan download

Hal yang mempengaruhi penggunaan bandwidth menjadi besar selanjutnya adalah proses upload dan download. Proses upload dan download yang dilakukan website akan berpengaruh pada bandwidth yang digunakan.

Semakin banyak dan sering kamu melakukan upload, maka akan semakin besar juga traffic yang digunakan. Maka dari itu, bandwidth juga akan jadi semakin banyak.

Pengembangan kualitas website

Pertumbuhan traffic akan berbanding lurus dengan kualitas layanan yang disajikan oleh website. Semakin bagus layanan yang diberikan website, maka pengunjung akan puas dan pertumbuhan traffic akan semakin tinggi.

Misalnya, tampilan halaman yang dibuat dengan menarik, jumlah halaman yang dimiliki, dan keberagaman konten yang disajikan. Untuk melakukan hal ini, maka dibutuhkan kuota bandwidth yang lebih besar di luar kebutuhan utama seperti traffic pengunjung.

Nah, dengan begitu, besarnya bandwidth yang akan digunakan harus dipertimbangkan.

Kesimpulan

Nah, setelah memahami apa itu bandwidth pada web hosting, kamu bisa mempertimbangkan besaran bandwidth yang kamu gunakan sesuai kebutuhan website kamu.

Memilih bandwidth yang tepat akan berpengaruh pada performa website. Saat website kamu memiliki traffic yang tinggi, maka lebih baik juga menggunakan bandwidth yang tinggi agar tidak terjadi kendala ketika orang mengakses website. Selamat mencoba!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments