Penjelasan Web Crawler, Cara Kerja Hingga Fungsinya Lengkap

0
1934

Web crawler adalah alat yang sangat penting dan memungkinkan mesin pencari menampilkan informasi (artikel, gambar, audio, dan video) dengan cepat dan akurat.

Dalam SEO, penjelasan web crawler memiliki efek meningkatkan peringkat situs web karena semakin cepat konten situs web muncul di mesin pencari, semakin besar kemungkinan situs web itu muncul di halaman pertama mesin pencarian.

Jika crawler tidak ada, mesin pencari mungkin tidak dapat berfungsi secara optimal karena konten yang dicari pengguna tidak dapat ditampilkan dengan cara yang relevan.

Exabytes friends, jika kamu memiliki blog dan ingin mendapatkan banyak pengunjung, konten kamu harus diakses oleh crawler untuk ditampilkan di mesin pencari.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui cara kerjanya agar dapat menggunakannya secara efektif.

Artikel ini akan membahas penjelasan web crawler, apa itu web crawler dan bagaimana cara kerjanya, dan kemudian kamu akan mempelajari pentingnya web crawler ini terutama untuk pengelola situs web.

Apa Itu Web Crawler?

Web crawler adalah bot yang dapat mengindeks semua konten situs web di internet, sehingga dapat ditampilkan di halaman hasil mesin pencari atau search engine result page (SERP).

Istilah “crawler” sendiri mengacu pada aktivitas bot yang merayapi internet untuk menemukan dan mempelajari semua konten situs web. Inilah sebabnya mengapa web crawler sering disebut sebagai crawler.

Perbedaannya adalah jika laba-laba merayapi di jaringnya, web crawler merayapi World Wide Web (WWW).

Penjelasan Web Crawler, Cara Kerja Hingga Fungsinya Lengkap - 2024

Web crawler adalah jenis bot yang cukup aktif karena hampir selalu dieksploitasi oleh mesin pencari. Setelah bot merayapi setiap konten situs web dan mengindeksnya.

Mesin pencari menggunakan data ini untuk menampilkan halaman web yang relevan saat kamu memasukkan kata kunci ke dalam mesin pencari.

Web crawler yang digunakan oleh banyak mesin pencari seperti Google Bot untuk Google, Yahoo! Slurp untuk Yahoo! Search, DuckDuckbot untuk DuckDuckGo, dan banyak lagi.

Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari?

Sebelum mengetahui lebih dalam tentang cara kerja robot crawler, pertama-tama mari kita tentukan bagaimana melanjutkan proses penelitian mesin telusur hingga pengguna mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang mereka ajukan.

Misalnya, jika kamu mencari “web hosting murah” dan menekan tombol enter, mesin pencari akan menampilkan daftar halaman terkait. Biasanya, mesin pencari melakukan langkah-langkah berikut sebelum menampilkan informasi kepada pengguna:

  • Web crawler akan merayapi konten yang terdapat di website.
  • Kemudian halaman tersebut akan terindeks di mesin pencari.
  • Algoritma pencarian memberi peringkat halaman yang paling relevan.

Bagaimana Cara Kerja Web Crawler?

Ada banyak mesin pencari yang bisa kamu pilih. Kamu juga dapat membaca artikel tentang browser terbaik dan tercepat di sini untuk mempelajari beberapa diantaranya. Masing-masing mesin pencari ini sebenarnya menggunakan crawler aktif untuk mengindeks halaman.

Biasanya mereka akan memulai proses crawling dengan memulai dari situs-situs populer. Tujuan dari web crawler ini sendiri adalah untuk menyampaikan esensi dari konten setiap halaman.

Jadi web crawler mencari kata-kata di halaman itu dan kemudian membuat daftar yang nantinya akan digunakan oleh mesin pencari ketika pengguna ingin mencari informasi tentang kueri situs.

Semua halaman di internet ditautkan oleh hyperlink, sehingga web crawler dapat menemukan tautan ini dan mengikutinya ke halaman berikutnya. Inilah sebabnya mengapa tautan internal situs web sangat penting untuk memudahkan bot mengindeks setiap halaman situs web.

Web crawler kemudian mengirimkan informasi yang mereka kumpulkan sebagai indeks pencarian, yang disimpan di server di seluruh dunia.

Crawling tidak berhenti setelah pengindeksan halaman. Mesin pencari secara berkala menggunakan web crawler untuk melihat apakah ada perubahan pada halaman. Jika ada perubahan, indeks mesin pencari akan memperbaruinya.

Apa Saja Jenis-Jenis Web Crawler?

Sekarang kamu tahu apa itu web crawler. Web crawler tidak terbatas pada spider bot mesin telusur. Ada beberapa jenis web crawling yang juga harus kamu tahu, antara lain:

News Crawling

Dengan munculnya internet, berita dari berbagai belahan dunia dapat diakses dengan cepat. Mengambil data ini dari situs web yang berbeda pasti bisa lepas kendali.

Banyak web crawler dapat mengatasi masalah ini. Perayap mengambil data dari konten berita baru, lama, dan diarsipkan untuk membaca umpan RSS. Bot ini mencari informasi seperti tanggal publikasi, nama penulis, paragraf utama, judul utama, dan bahasa konten berita.

Email Crawling

Email crawling sangat berguna untuk mendapatkan prospek karena jenis perayapan ini membantu dalam menganalisis alamat email. Namun, perlu dicatat bahwa jenis ini bisa ilegal karena melanggar privasi dan tidak dapat digunakan tanpa izin pengguna.

Social Media Crawling

Tidak semua media sosial mengizinkan crawling, karena beberapa jenis crawling bisa ilegal dan melanggar privasi data. Namun, beberapa penyedia platform media sosial sudah siap untuk ini, seperti Twitter dan Pinterest.

Mereka mengizinkan spider untuk memindai halaman jika tidak mengungkapkan informasi pribadi apa pun.

Image Crawling

Jenis ini diterapkan pada gambar. Internet penuh dengan berbagai gambar visual. Dengan demikian, jenis bot ini membantu pengguna menemukan gambar yang relevan di antara jutaan gambar yang ditemukan di mesin pencari.

Video Crawling

Menonton video jauh lebih mudah daripada membaca banyak konten sekaligus. Jika kamu menyematkan YouTube, Soundcloud, atau konten video lainnya di situs web kamu, konten tersebut mungkin juga di indeks oleh beberapa web crawler.

Apa Contoh Web Crawler Yang Ada?

Setiap mesin pencari internet memiliki robot pengindeksan sendiri. Oleh karena itu, jika kamu mencari dengan kata kunci yang sama di mesin pencari lain, itu akan memberikan hasil yang berbeda.

Beberapa web crawler selain Googlebot adalah:

  • Bingbot dari Bing
  • Slurp Bot dari Yahoo!
  • DuckDuckBot dari DuckDuckGO
  • Exabot dari Exalead
  • Alexa Crawler dari Amazon
  • Yandex Bot dari Yandex
  • Baiduspider dari Baidu
  • Sogou Spider dari Sogou

penjelasan web crawler

Apa Pengaruh Web Crawler Untuk SEO?

Web crawler adalah robot yang mengindeks halaman web dan menampilkannya di SERP. Jika situs kamu tidak dirayapi oleh bot ini, konten situs web kamu tidak akan masuk ke SERP dan calon pengunjung tidak akan dapat menemukannya.

Akibatnya, beberapa elemen pengoptimalan konten di Search Engine Optimization (SEO) dirancang agar ramah web crawler. Seperti harus membangun tautan yang kuat dll.

Kemudian, semakin banyak web crawler mengunjungi situs kamu, semakin mudah konten situs kamu di indeks dan ditempatkan di hasil pencarian teratas.

Bagaimana Cara Memblokir Web Crawler?

Seperti disebutkan di atas, kamu dapat memblokir atau melarang web crawler merayapi menggunakan robots.txt.

Mengapa diblokir? Sebab, dalam kondisi tertentu, ada konten yang tidak perlu di indeks. Salah satu contohnya adalah duplikat konten. Konten duplikat ini benar-benar dapat membuat situs kamu dihapus dari indeks.

Oleh karena itu, lebih baik konten duplikat ini tidak di indeks oleh web crawler.

Kesimpulan Dari Penjelasan Web Crawler

Web crawler adalah bagian penting dari mesin telusur yang digunakan untuk mengindeks dan menemukan konten. Banyak perusahaan mesin pencari memiliki bot mereka sendiri, seperti Googlebot yang didukung oleh Google dan Bingbot yang didukung oleh Microsoft.

Selain itu, ada beberapa jenis crawling yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna seperti crawling dalam bentuk video, gambar, hingga jejaring sosial.

Memiliki situs yang bagus dengan kecepatan yang optimal jelas menjadi salah satu faktor yang memudahkan crawler untuk meng-crawl kontennya. Kamu dapat menggunakan domain dan web hosting Exabytes.

Tidak hanya menawarkan peningkatan kecepatan, tetapi juga menyediakan dukungan teknis profesional sepanjang waktu yang dapat membantu kamu memperbaiki masalah apa pun yang kamu hadapi.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments