Tips & Rekomendasi 20+ Website Belajar Coding Online Pemula

375
15 min read

Perkembangan teknologi telah melesat jauh beberapa tahun terakhir. Salah satu yang paling terasa adalah munculnya berbagai aplikasi di tengah masyarakat. Mulai dari mempermudah aktivitas, memfasilitasi kegiatan edukasi hingga menyediakan hiburan. Tanpa disadari, aplikasi-aplikasi ini pun menjadi semakin lekat dan mulai menyatu dengan kehidupan sehari-hari.

Tidak heran bila saat ini peran programmer menjadi begitu dibutuhkan. Secara sederhana, programmer adalah sebutan untuk orang yang menyusun kode-kode tertentu untuk menciptakan sebuah aplikasi maupun software. Profesi ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang karena kode pemrograman bukanlah hal yang mudah untuk dipelajari.

Namun, tidak perlu berkecil hati. Berkat adanya kemajuan internet dan teknologi saat ini ada berbagai sumber informasi yang bisa diakses dengan mudah, termasuk cara belajar coding untuk pemula. Kamu bisa mulai mencari tahu apa itu coding, belajar coding dasar dan melakukan beberapa praktik percobaan. Nah, supaya belajarmu semakin terarah dan jelas, yuk simak tips dan rekomendasi 20+ website belajar coding online pemula berikut ini!

Apa Itu Coding?

Coding adalah kegiatan menyusun instruksi step-by-step dalam bahasa pemrograman untuk memasukkan perintah yang dapat dipahami oleh komputer. Kode-kode inilah yang memungkinkan sebuah aplikasi, game maupun software dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan fungsinya.

Ketelitian, kemampuan menyusun logika serta memecahkan masalah adalah hal esensial yang penting dimiliki oleh seorang programmer. Selain itu skill set yang mumpuni juga diperlukan dalam membuat sebuah program yang maksimal dan dapat menjawab kebutuhan para penggunanya.

Manfaat Belajar Coding

Pada dasarnya belajar merupakan salah satu kegiatan investasi pada diri sendiri. Memang kamu tidak akan mendapatkan keuntungan secara instan. Namun, kamu dapat memanfaatkan ilmu yang kamu peroleh lewat belajar dengan tekun untuk mendapatkan keuntungan. Hal ini berlaku juga dalam belajar coding pemula. Meskipun masih pemula, belajar coding juga dapat mendatangkan beberapa manfaat berikut ini.

Mengasah Kemampuan Berpikir Kritis dan Solutif

Kode-kode yang ditulis oleh seorang programmer akan diimplementasikan ke dalam sebuah program yang nantinya akan digunakan oleh banyak orang. Karena itu, kode-kode ini harus rinci dan presisi.

Tidak jarang juga kode-kode yang dimasukkan bersifat sebab akibat dan pemecahan masalah atas kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi. Nah, lama kelamaan pola pikir kritis dan solutif yang dilakukan saat bekerja ini dapat ikut terbawa juga ke dalam kehidupan sehari-hari.

Meningkatkan Karir

Semakin meningkatnya tren penggunaan aplikasi ditengah masyarakat serta meningkatnya kebutuhan software dalam berbagai bidang pekerjaan membuat profesi programmer semakin diminati. Dengan belajar coding kamu dapat mengambil peluang ini untuk meningkatkan karirmu dalam dunia programmer.

Menghasilkan Income yang Lebih Baik

Programmer merupakan bidang dengan prospek karir cemerlang. Semakin handal seorang programmer, semakin besar pula income yang dapat dihasilkan. Dengan belajar coding sejak kini, kamu bisa meningkatkan skill dan pengalaman yang dapat digunakan sebagai modal untuk melakukan negosiasi gaji yang lebih baik di kemudian hari.

Tips Mulai Belajar Coding

Bagi beberapa orang coding merupakan hal yang sulit dan memusingkan, khususnya bagi mereka yang baru belajar coding dasar. Bila kamu masih pemula dan ingin mulai belajar coding otodidak kamu bisa melakukan beberapa tips berikut ini agar kegiatan belajarmu menjadi lebih terarah dan konsisten.

Fokus Memahami Fundamental Coding

Materi mungkin merupakan hal yang membosankan bagi sebagian orang, namun materi merupakan hal yang penting dalam belajar coding untuk pemula. Sebagai orang awam kamu perlu mengetahui dasar-dasar coding serta memahami betul materi fundamental dalam dunia coding.

Bertanya Pada Orang yang Lebih Ahli

Jangan ragu untuk mencari mentor dan orang-orang yang lebih ahli. Manfaatkanlah sosial media dan internet untuk menemukan para programmer handal dan jangan ragu untuk mulai membangun koneksi dan bertanya pada mereka mengenai hal-hal yang tidak kamu pahami.

Praktikkan Hasil Belajar dan Buat Portfolio

Setelah mendapatkan pemahaman fundamental yang kokoh, sekarang kamu bisa mulai mempraktikkan pengetahuan yang kamu miliki. Melakukan sendiri coding merupakan cara belajar coding yang efektif untuk meningkatkan skill dan memperdalam pemahamanmu. Meskipun belum menghasilkan rupiah, hasil praktik dapat kamu jadikan portfolio yang bisa menjadi nilai tambah.

Ikut Bootcamp atau Kelas Online Coding

Apabila kamu ingin belajar coding lebih fokus, kamu juga bisa mengikuti bootcamp maupun kelas online coding. Belajar coding online bukanlah hal yang buruk, carilah website belajar coding yang menyediakan fasilitas dan program belajar yang sesuai dengan levelmu supaya kamu lebih mudah memahami materi dan tugas yang diberikan.

Baca Juga  10 Hal Ini Perlu Diperhatikan Ketika Membuat Website E-Commerce

Rekomendasi Website Belajar Coding Online

Mencari kelas coding online di internet bukanlah hal yang sulit. Kamu bisa menemukan banyak situs belajar coding bahkan beberapa diantaranya diberikan secara gratis. Nah, supaya lebih mudah mencari kelas yang kamu mau, kamu bisa mencoba mengecek beberapa rekomendasi website belajar coding online berikut ini.

Codecademy

Tips & Rekomendasi 20+ Website Belajar Coding Online Pemula - 2022

Situs belajar coding online yang satu ini termasuk salah satu yang cukup populer. Codecademy menerapkan sistem belajar praktikal yang akan membawa kamu langsung mempraktekkan materi yang sudah kamu pelajari dan melihat hasilnya. Apabila kamu masih ragu memutuskan kelas apa yang akan kamu ambil, kamu juga bisa mengikuti quiz singkat yang mereka sediakan pada halaman awal.

FreeCodeCamp

rekomendasi website belajar coding online: freecodecamp

FreeCodeCamp adalah sekolah coding online yang didirikan oleh Quincy Larson. Di sini kamu akan mempelajari coding dengan kurikulum yang jelas dan terarah layaknya sebuah kursus resmi. Tidak hanya itu, kamu juga akan mengerjakan project non-profit secara langsung untuk mengasah kemampuan sekaligus membangun portfolio. Meskipun FreeCodeCamp menawarkan belajar coding gratis, namun setelah menyelesaikan kursus nantinya kamu juga akan mendapatkan sertifikat lho.

Udemy

rekomendasi website belajar coding online:  udemy

Udemy merupakan situs belajar online dengan berbagai topik termasuk coding. Udemy menyediakan kelas gratis dan berbayar, kamu bisa menggunakan filter untuk menelusuri kelas gratis yang tersedia. Namun perlu diingat, bahwa siapapun bisa membuka kelas di Udemy. Karena itu penting untuk selalu melakukan review sebelum memilih, pastikan kamu mengikuti tutor dengan review baik dan reputasi yang jelas agar ilmu yang kamu pelajari benar-benar kredibel.

Coursera

rekomendasi website belajar coding online:  coursera

Coursera merupakan website belajar online yang berkolaborasi dengan universitas dan institusi pendidikan ternama di dunia. Berbagai konsentrasi ilmu bisa kamu temukan di Coursera termasuk coding. Serunya, kamu bisa belajar coding gratis dari praktisi dan tutor dari berbagai universitas dunia. Bahkan setelah menyelesaikan kursus yang kamu pilih, nantinya kamu juga akan mendapatkan sertifikat elektronik lho.

W3School

rekomendasi website belajar coding online:  w3school

Masih dari jajaran situs belajar coding terbaik, ada W3School yang siap membantu kamu mempelajari berbagai hal tentang web developer. Di sini kamu bisa mengakses tutorial coding dan materi referensi secara cuma-cuma. Kamu juga bisa memanfaatkan quiz dan online editor yang tersedia untuk mengasah kemampuanmu.

Github

rekomendasi website belajar coding online:  github

Github merupakan salah satu tempat belajar coding online gratis terbaik. Kamu bisa mempelajari lebih dari 80 bahasa pemrograman serta mengakses berbagai ebooks mengenai coding secara gratis disini. Github juga menyediakan fasilitas community dimana kamu bisa bertanya dan berdiskusi dengan para pelajar dan programmer lainnya.

edX

rekomendasi website belajar coding online:  edX

Belajar coding dari profesor universitas dunia dari rumah bukan lagi hal yang mustahil. Di edX kamu bisa mengakses berbagai kursus yang dibawakan oleh professor dan tutor dari universitas top dunia. Bingung karena banyaknya pilihan kelas? Tenang, kamu bisa mulai dengan mencari kelas-kelas coding basic untuk belajar coding dasar di edX secara gratis.

Codewars

rekomendasi website belajar coding online:  codewars

Coding terkenal sebagai ilmu yang rumit dan memusingkan, namun Codewars menawarkan cara belajar yang berbeda. Codewars akan membawamu belajar coding dengan cara yang menyenangkan. Kamu akan diajak menyelesaikan tantangan yang disebut “kata”, tantangan ini tentu berisi pelajaran seputar coding. Bila kamu berhasil, progress-mu akan bertambah dan naik rank ke level yang lebih tinggi. Kamu yang mudah bosan dan kurang motivasi mungkin bisa mencoba cara belajar yang disediakan oleh Codewars ini.

GA Dash

rekomendasi website belajar coding online:  GA Dash

Jika kamu termasuk tipe pembelajar yang lebih suka praktek langsung, GA Dash mungkin akan jadi tempat belajar favoritmu. GA Dash merupakan situs belajar coding online yang lebih condong pada praktek langsung dengan panduan step-by-step. Hal ini dapat membantu kamu lebih memahami alur pengerjaan proyek dari awal sampai selesai. Selain itu disini, kamu juga bisa belajar membuat tema Tumblr dengan code resource gratis yang mereka sediakan lho. Benar-benar tempat yang tepat untuk mengasah kemampuan bukan?

Khan Academy

rekomendasi website belajar coding online:  Khan Academy

Khan Academy merupakan organisasi non-profit asal Amerika yang menyediakan situs belajar online gratis. Situs ini memang lebih fokus menyediakan pembelajaran untuk anak-anak. Tapi jangan salah, Khan Academy mengemas materi dan informasi yang diberikan dengan jelas dan terstruktur. Hal ini merupakan nilai tambah yang membuat Khan Academy menjadi tempat yang tepat bagi pemula yang mau mulai belajar coding dasar dari nol.

The Odin Project

rekomendasi website belajar coding online:  The Odin Project

The Odin Project merupakan situs belajar coding online yang siap membantu kamu belajar coding gratis. The Odin Project menyediakan kurikulum pembelajaran yang sepenuhnya online, jadi dimanapun kamu berada, kamu bisa belajar coding tanpa batasan tempat dan waktu. Serunya lagi, berbeda dengan beberapa website lain yang hanya mengandalkan video satu arah, disini kamu bisa bertanya dan terkoneksi dengan komunitas The Odin Project lewat online chat grup.

Code Conquest

rekomendasi website belajar coding online:  code conquest

Code Conquest adalah tempat yang tepat untuk belajar coding otodidak. Belajar coding otodidak membutuhkan banyak sumber materi serta latihan yang kredibel. Kredibilitas merupakan hal yang penting apabila kamu ingin mulai belajar secara mandiri.

Tidak adanya tutor yang mengarahkan menjadi kelemahan gaya belajar ini, sehingga kamu harus memastikan seluruh informasi yang kamu pelajari benar dan valid agar usahamu tidak menjadi sia-sia. Nah, Code Conquest menyediakan berbagai materi, tutorial, cheat sheet hingga quizzes untuk menguji kemampuanmu. Sebuah paket lengkap untuk belajar coding otodidak bukan?

Baca Juga  13+ Cara Cek Website Down atau Tidak [Mudah & Lengkap]

Coderbyte

rekomendasi website belajar coding online:  Coderbyte

Coderbyte merupakan salah satu situs belajar coding online terbaik. Coderbyte mengusung konsep pembelajaran learning by doing. Di sini, kamu bisa mempelajari materi basic dari berbagai bahasa pemrograman populer serta mengembangkan kemampuanmu dengan memanfaatkan lebih dari 300 koleksi tantangan praktik coding.

Code Gym

rekomendasi website belajar coding online:  Code gym

Apabila kamu ingin fokus mempelajari pemrograman Java, kamu bisa langsung masuk ke situs belajar coding online yang satu ini. Code Gym menerapkan sistem belajar praktikal di mana 80% kursus mereka mengharuskanmu menulis kode secara langsung, bahkan sejak awal kursus. Tidak hanya itu Code Gym juga menyediakan 1200+ programming task yang bisa kamu kerjakan dan langsung lihat hasilnya sebagai bahan berlatih.

Sololearn

rekomendasi website belajar coding online:  Sololearn

Berbeda dengan situs belajar coding online lainnya yang perlu diakses lewat web, Sololearn dapat kamu buka menggunakan device apapun, termasuk smartphone. Tidak hanya itu, Sololearn juga menyusun materi, quiz dan latihan coding dalam kelas-kelas kecil yang bisa kamu pelajari dengan cepat. Dengan begitu tidak ada lagi alasan malas, karena kini kamu bisa belajar coding dengan mudah dan menyenangkan bersama Sololearn.

Bento.io

rekomendasi website belajar coding online:  bento.io

Bento.io memiliki misi menginspirasi orang-orang untuk menjadi programmer dengan menyediakan akses belajar coding yang menyenangkan dan terjangkau. Karena itu, tidak heran bila Bento.io menjadi salah satu situs belajar coding online yang dapat kamu andalkan. Disini kamu bisa memilih lebih dari 200 topik seputar coding dan teknologi. Tenang, materi-materi yang disediakan Bento.io bisa kamu akses secara cuma-cuma untuk membantumu memperluas wawasan dan belajar coding dasar.

Code.org

rekomendasi website belajar coding online:   code.org

Bagi sebagian orang awam, belajar coding mungkin terkesan sulit dan membingungkan. Namun, sebenarnya ada cara belajar coding yang tepat dan efektif. Bagi kamu yang masih sangat pemula, kamu bisa mencoba kelas-kelas Code.org. Meskipun situs yang satu ini sebenarnya ditujukan untuk anak-anak, tapi kamu bisa memanfaatkan kelas gratis mereka untuk belajar coding dasar. Penyampaian materi yang lebih sederhana juga bisa membantu kamu memahami materi dengan lebih mudah dan cepat.

Hackr.io

rekomendasi website belajar coding online:  hackr.io

Hackr.io lebih dari sekedar situs belajar coding biasa, melainkan sebuah komunitas resources programming yang luar biasa. Kamu cukup mengetikkan bahasa pemrograman yang ingin kamu pelajari pada kolom pencarian, lalu kamu akan langsung mendapatkan pilihan kelas online, tutorial dan buku yang direkomendasikan oleh para programmer

Google Developer

rekomendasi website belajar coding online:  google developer

Bagi kamu sudah menguasai dasar-dasar coding, kamu bisa memanfaatkan Google Developer untuk mengasah skill dan kemampuanmu. Situs yang disediakan oleh Google ini memang ditujukan untuk level intermediate dan advance. Disini kamu bisa mempelajari struktur paths, mendalami berbagai topik spesifik hingga berlatih membuat aplikasi dengan panduan di Codelabs.

MIT OpenCourseWare

rekomendasi website belajar coding online:  MIT OpencourseWare

MIT OpenCourseWare adalah situs belajar coding online yang didirikan oleh Massachusetts Institution of Technology. Disini kamu bisa mempelajari berbagai materi yang diajarkan di institusi tersebut tanpa perlu mendaftar. Terdapat lebih dari 30 kursus sarjana dan pascasarjana mengenai bahasa pemrograman, sistem operasi, komputer sains, software design and engineering, graphics and visualization serta data mining yang bisa kamu ikuti. Tanpa biaya dan jadwal mengikat, kamu bisa mengikuti kelas dengan gratis dan menyelesaikannya kapanpun kamu mau.

Edabit

rekomendasi website belajar coding online:  Edabit

Edabit merupakan website belajar coding yang tepat bagi pemula. Edabit menyediakan beginner tutorial yang simple dan mudah dimengerti sehingga kamu yang tidak tahu apa-apa bisa mulai belajar coding dasar disini. Selain itu, tema dan layout website Edabit juga clean, simple dan terorganisir dengan baik, sehingga pemula tidak merasa bingung dalam memilih menu dan melakukan navigasi. Edabit juga memberikan mini challenges untuk mengasah kemampuanmu dan perlahan-lahan membawamu semakin menguasai materi yang kamu pelajari.

Envato Tuts+

rekomendasi website belajar coding online:  Envato tuts+

Envato Tuts+ menyediakan berbagai artikel tutorial dan video belajar coding untuk pemula. Jenis materi yang diberikan berupa project-based dengan instruksi yang jelas dan dapat kamu ikuti dengan lancar. Meski tidak menyediakan materi lengkap secara keseluruhan, namun website belajar coding yang satu ini tetap bisa diandalkan sebagai sumber latihan untuk mengasah kemampuan coding kamu.

Penutup

Belajar coding bukan lagi jadi hal yang mustahil untuk dilakukan. Fasilitas belajar yang semakin mudah diakses seharusnya membuat kamu semakin semangat dalam belajar coding. Tentunya, kamu bisa saja mengalami kesulitan atau kehilangan motivasi di tengah proses belajar. Tapi jangan menyerah, tetap tekun dan konsisten sampai kamu berhasil menguasai coding ya.

Jangan lupa untuk membuat portfolio dan membangun personal branding supaya orang-orang bisa melihat kemampuanmu dan tertarik untuk bekerja sama. Apabila kamu membutuhkan domain dan hosting untuk project yang sedang kamu kerjakan, Exabytes siap membantu kamu lho. Kamu bisa cek domain dan mendapatkan hosting Indonesia dengan kualitas nomor satu dan harga yang kompetitif.

Nah, itu dia Rekomendasi 20+ Website Belajar Coding Online Pemula, semoga bisa menjadi referensi belajar yang berguna untukmu ya!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments