Kapan Harus Menggunakan Hosting VPS? Ini Jawabannya!

282
Kapan harus menggunakan Hosting VPS
11 min read

Exabytes Friends ingin membuat website? Sudah tahu apa saja hal yang perlu dipertimbangkan? Selain domain, hosting adalah hal penting yang patut untuk dipikirkan sebelum memutuskan untuk membangun website.

Kalian perlu berbangga hati karena saat ini hidup di masa modern di mana perkembangan digital melesat begitu cepat. Kebutuhan manusia pun kian dipermudah oleh segala inovasi kreatif teknologi. 

Pada zaman dahulu, hosting website hanya tersedia dengan server fisik sehingga membutuhkan perawatan yang lebih rumit dan harga yang relatif tinggi. Namun saat ini, telah hadir VPS Hosting yang telah menerapkan virtualisasi server (cloud). Sehingga keunggulan dari VPS adalah memiliki biaya berlangganan yang terjangkau dengan layanan yang disediakan sangat lengkap dan profesional. 

Nah, jika saat ini Exabytes Friends sedang mencari layanan hosting yang tepat untuk website kalian, maka simak selengkapnya pembahasan artikel berikut mengenai kapan harus menggunakan Hosting VPS. 

Apa Itu VPS?

Virtual Private Server (VPS) sebagai pilihan server hosting terbaik untuk menjaga privasi data website. Kapan harus menggunakan hosting VPS? (Sumber: Shutterstock)
Virtual Private Server (VPS) sebagai pilihan server hosting terbaik untuk menjaga privasi data website. (Sumber: Shutterstock)

Secara teoritikal, VPS adalah sebuah layanan server virtual (cloud) pada website untuk kebutuhan penyimpanan data, fitur, dan file penting yang ada di website. 

Berdasarkan layanan yang dimiliki serta data historis penggunanya, VPS sangat cocok digunakan pada website yang memiliki kapasitas besar sehingga membutuhkan sumber daya yang besar pula. 

Meskipun telah berbasis virtual, tetapi VPS memiliki sebuah server fisik yang berfungsi sebagai Data Center dengan kapasitas sangat besar. Kapasitas pada Data Center yang sangat besar tersebut selanjutnya dibagi sama rata kepada beberapa server virtual seperti VPS yang memiliki kapasitas lebih kecil.

Meskipun pengguna VPS sejatinya menggunakan Data Center yang sama, tetapi tidak akan saling terkoneksi satu sama lain sehingga privasi dan keamanan data tetap terjamin. Selain itu, kalian juga tidak perlu risau akan adanya kebocoran data atau pihak lain dapat mengakses data pribadi karena keamanan pada VPS sudah top level.

Untuk melengkapi pemahaman Exabytes Friends mengenai VPS, berikut akan diberikan sebuah analogi sederhana. Data Center dapat diumpamakan sebagai keseluruhan bangunan apartemen. Sedangkan VPS diibaratkan sebagai tiap-tiap kamar apartemen yang disewakan kepada masyarakat. 

Nah, tentu kalian paham bukan bahwa meskipun berada pada satu bangunan apartemen yang sama, tetapi masing-masing penghuni akan memiliki privasi yang cukup dan tidak akan mengusik aktivitas masing-masing di dalam kamar. Sehingga pengguna mendapatkan privasi yang terjaga namun tetap dapat menikmati fasilitas dengan nyaman.

Pentingnya VPS untuk website dapat ditilik melalui berbagai fungsi serta manfaat yang dimiliki oleh VPS. Jika Exabytes Friends memiliki website yang membutuhkan sumber daya besar dan harus tetap online setiap saat, maka VPS dapat membantu mencapai hal tersebut dengan mudah. 

Dalam dunia per-website-an, terdapat empat jenis VPS yaitu OpenVZ, Microsoft Hyper V, KVM (Kernel-based Virtual Machine), dan HVM (Hardware Virtual Machine). 

VPS sebagai salah satu jenis hosting yang sedang populer saat ini, memiliki beberapa keunggulan. Keunggulan pertama VPS adalah memiliki bandwidth dengan kapasitas maksimal serta cocok digunakan pada sistem operasi Windows dan Linux. 

Perbedaan VPS Windows dan VPS Linux dapat dilihat dari segi keamanannya. VPS Linux yang menggunakan sistem operasi berbasis UNIX diklaim lebih aman digunakan dan kebal terhadap serangan virus atau malware.

Kapan Harus Menggunakan Hosting VPS?

Apabila Exabytes Friends telah memahami pengertian VPS serta fungsi dan kedudukannya dalam pengembangan website, maka saatnya kita masuk ke pembahasan utama yaitu kapan harus menggunakan Hosting VPS. 

Mengapa perlu menentukan waktu yang tepat dalam menggunakan VPS? Karena tentu saja tidak semua situs website harus menggunakan VPS. Berikut akan dijabarkan beberapa pertimbangan yang dapat menjadi pandangan bagi Exabytes Friends sebelum memutuskan beralih ke VPS.

Baca Juga  15+ Tips Memilih VPS Terbaik Untuk Kebutuhan Website Anda

Kebutuhan Kustomisasi Server 

Pertimbangan pertama mengenai kapan harus menggunakan Hosting VPS adalah mengenai kebutuhan kustomisasi server. Karena sebelum memutuskan untuk menggunakan VPS, Exabytes Friends perlu mempertimbangkan tentang kebutuhan di masa depan. 

Apakah di masa yang akan datang website kalian memiliki pengguna yang lebih masif sehingga membutuhkan penambahan load server? Nah, hal tersebut harus dianalisis terlebih dahulu sebelum memilih layanan hosting.

Sebenarnya VPS menawarkan fleksibilitas dalam hal kustomisasi server agar dapat menyesuaikan terhadap perubahan jumlah pengguna dan load website di masa mendatang. Sehingga apabila kalian mencari layanan hosting yang juga menyediakan kustomisasi server, maka sudah saatnya kalian beralih ke VPS.

Trafik Website Semakin Tinggi

Virtual Private Server (VPS) sangat cocok digunakan bagi pemilik website dengan trafik tinggi. (Sumber: Shutterstock)
Virtual Private Server (VPS) sangat cocok digunakan bagi pemilik website dengan trafik tinggi. (Sumber: Shutterstock)

Kapan harus menggunakan Hosting VPS? Apabila website kalian merupakan e-commerce yang memiliki pengunjung begitu banyak di tiap harinya, maka VPS dapat menjadi pilihan layanan hosting yang sempurna.

Karena sejatinya VPS sangat cocok digunakan bagi pemilik website dengan trafik yang tinggi. Bandwidth dan resource yang disediakan oleh Virtual Private Server (VPS) memiliki kapasitas besar sehingga akan mengamankan load dan kecepatan website untuk tetap stabil. 

Kebutuhan Keamanan Data Pada Server

Memperhatikan kapasitas dan lokasi Data Center merupakan salah satu tips penting memilih VPS. (Sumber: iStock Photo)
Memperhatikan kapasitas dan lokasi Data Center merupakan salah satu tips penting memilih VPS. (Sumber: iStock Photo)

Kapan harus menggunakan Hosting VPS? Hal tersebut dapat terjawab apabila kalian menyimpan begitu banyak data yang bersifat konfidensial dan krusial pada website. VPS menawarkan tingkat keamanan data yang sangat canggih karena dilengkapi pula dengan protokol SSL.

Selain itu, layanan VPS memungkinkan kalian untuk memiliki kontrol penuh terhadap server sehingga lebih menjamin keamanan data. Bandwidth dan ruang memori pada VPS pun digunakan secara pribadi tanpa terbagi-bagi dengan pengguna lainnya. Hal tersebut juga berdampak pada kecepatan website yang lebih stabil. 

Untuk lebih menunjang keamanan data pada VPS, kalian dapat memilih untuk menggunakan sistem operasi Linux. Karena Linux adalah berbasis UNIX sehingga lebih ampuh dalam mengatasi serangan malware dan ransomware.

Jika website yang dikelola oleh Exabytes Friends adalah e-commerce dengan ribuan data konsumen tersimpan di dalamnya, maka sekarang adalah saat yang tepat untuk beralih pada VPS demi memberikan rasa aman dan nyaman kepada konsumen kalian.

Membutuhkan Akses Kontrol Penuh Pada Website 

Selain VPS, salah satu jenis hosting lainnya yang cukup populer adalah Shared Hosting. Namun, perbedaan antara Shared Hosting vs VPS cukup kentara sekali. Layanan Shared Hosting tidak memberikan fleksibilitas bagi penggunanya untuk melakukan kontrol penuh pada server website. 

Sehingga bagi Exabytes Friends yang merasa membutuhkan layanan hosting dengan fleksibilitas dalam melakukan kontrol terhadap server website, maka VPS sangat direkomendasikan.

Selain itu, melalui VPS kalian juga dapat memilih secara bebas jenis panel kontrol yang ingin digunakan, seperti VestaCP, Webuzo, cPanel, dan lainnya.

Memerlukan Kapasitas Penyimpanan Data yang Besar 

Alasan selanjutnya mengenai kapan harus menggunakan Hosting VPS adalah ketika website membutuhkan kapasitas penyimpanan data yang sangat besar. Harga VPS yang ditawarkan untuk kapasitas penyimpanan besar pun tergolong sangat murah. 

Exabytes memberikan penawaran menarik untuk VPS dengan kapasitas SSD hingga 80GB hanya dibanderol dengan harga Rp200.000 per bulan. Sehingga dengan menggunakan kapasitas SSD yang begitu besar pada VPS, kalian dapat dengan bebas menggunakan ruang penyimpanan yang tersedia dan tidak perlu berbagi dengan pengguna lainnya.

Memahami Kemampuan Dasar Dalam Mengelola VPS

VPS memiliki prinsip kerja self-managed. Sehingga penggunanya memiliki tanggungjawab penuh dalam melakukan konfigurasi server agar performa website terus stabil dan tidak down. 

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk beralih ke VPS, kalian harus memiliki pengetahuan yang cukup dalam mengelola VPS. Meskipun sebenarnya hal tersebut dapat dipelajari dengan mudah bahkan oleh pemula sekalipun, namun tidak ada salahnya bukan jika memiliki persiapan yang matang terlebih dahulu.

Layanan self-managed yang dimiliki oleh VPS memungkinkan para penggunanya untuk melakukan konfigurasi dan perawatan server secara mandiri. Jika tidak memiliki basic yang memadai, maka tentu saja kalian akan kebingungan ketika melakukannya.

Kelebihan dan Kekurangan VPS

Berikut disuguhkan beberapa kelebihan dan kekurangan VPS sebagai bahan pertimbangan Exabytes Friends dalam menentukan kapan harus menggunakan Hosting VPS. 

Baca Juga  Unik! Ternyata Gurita Lucu Ini Maskot Plesk
KelebihanKekurangan
Memiliki biaya berlangganan yang terjangkau.Membutuhkan keahlian khusus dalam hal konfigurasi VPS.
Dilengkapi dengan server fisik sehingga performa website bagus dan stabil.Pelanggan memiliki tanggungjawab terhadap perawatan, konfigurasi, serta keamanan VPS karena VPS bersifat self-managed.
Fleksibilitas dalam kustomisasi server. 
Memiliki sistem keamanan ganda (online dan offline). 
Memiliki resource, kapasitas penyimpanan, sumber daya, dan bandwidth yang besar. 

Tips Dalam Memilih VPS 

Setelah pada bagian sebelumnya kalian memahami tentang kapan harus menggunakan Hosting VPS, maka pada bagian kali ini akan dijabarkan beberapa tips utama dalam memilih jasa VPS. Yuk, simak selengkapnya!

Kapasitas Bandwidth

Bandwidth yang memadai akan mampu menjamin kecepatan koneksi VPS. (Sumber: Shutterstock)
Bandwidth yang memadai akan mampu menjamin kecepatan koneksi VPS. (Sumber: Shutterstock)

Bandwidth adalah kapasitas maksimum yang dapat digunakan pada jalur komunikasi. Oleh karena itu, apabila ingin lalu lintas trafik pada website lancar sehingga kecepatan dan load dapat stabil, maka kalian harus memastikan bahwa jasa VPS menawarkan bandwidth dengan kapasitas yang besar.

Bandwidth dengan kapasitas besar akan mempercepat proses pengiriman data melalui server website. Namun, saat ini banyak ditemukan para penyedia jasa VPS yang memasang batas tertentu pada penggunaan bandwidth untuk setiap bulannya.

Sehingga apabila penggunaan bandwidth melebihi batas bulanan, otomatis kecepatan akses VPS akan berkurang secara signifikan. Hal tersebut sangat mempengaruhi dan merugikan pengguna VPS.

Maka dari itu, sebelum memilih jasa VPS kalian harus memastikan bahwa penyedia jasa tidak mengenakan biaya tambahan ketika penggunaan bandwidth melebihi batas normal. 

Kapasitas RAM

Virtual Private Server (VPS) dengan kapasitas RAM 4GB adalah yang direkomendasikan. (Sumber: Shutterstock)
Virtual Private Server (VPS) dengan kapasitas RAM 4GB adalah yang direkomendasikan. (Sumber: Shutterstock)

Selain bandwidth, Exabytes Friends juga perlu memperhatikan kapasitas RAM yang disediakan oleh penyedia jasa VPS. Karena RAM memiliki andil besar dalam memastikan performa kecepatan VPS tetap stabil dan tidak mudah mengalami down. 

Secara rata-rata, kapasitas RAM yang ideal digunakan pada VPS adalah 4GB. Namun jika website yang kalian kelola adalah  e-commerce dengan jumlah data konsumen yang melimpah, maka sebaiknya mencari VPS dengan kapasitas RAM lebih tinggi yaitu 8GB. 

Kapasitas CPU 

Tips selanjutnya dalam memilih layanan VPS yang tepat adalah mempertimbangkan kapasitas CPU. Jenis CPU yang sangat direkomendasikan untuk VPS adalah Intel E5 dan E7 Xeon server serta memiliki arsitektur CPU seperti Broadwell atau Haswell.

Selain itu, untuk performa VPS yang lebih baik, disarankan mempertimbangkan pemilihan prosesor jenis 14nm dengan multi-core yang bagus untuk multitasking.

Kapasitas Penyimpanan 

Selaras dengan  CPU, bandwidth, dan RAM yang memiliki andil penting dalam memastikan kecepatan VPS selalu stabil dan lancar, maka kapasitas penyimpanan (memori) juga memiliki pengaruh yang besar pada performa serta kinerja VPS.

Jenis memori penyimpanan pada VPS terbagi menjadi dua yaitu SSD (Solid-state Drive) dan Hard Disk. SSD lebih direkomendasikan untuk digunakan pada VPS karena memiliki performa booting yang lebih cepat dibandingkan dengan Hard Disk yang merupakan penyimpanan tradisional.

Selain itu, SSD jauh lebih awet dan tidak mudah rusak sehingga tentunya akan menghemat anggaran biaya kalian. SSD pun dapat menjamin website tetap stabil meskipun terjadi kegagalan power atau permasalahan lainnya yang mungkin menimpa VPS.

Layanan Backup

Tips memilih VPS berikutnya yaitu memastikan bahwa jasa VPS yang dipilih menyediakan layanan backup untuk semua data dan dokumen penting yang tersimpan pada server. 

Sangat penting bagi kalian untuk menanyakan terlebih dahulu mengenai ketersediaan layanan back up. Karena apabila kalian sudah terlanjur menandatangani kontrak berlangganan tetapi ternyata penyedia jasa VPS tidak memiliki layanan back up, maka akan berdampak fatal terhadap keamanan data-data apabila website mengalami down atau serangan malware secara tiba-tiba terjadi.

Kesimpulan

VPS adalah pilihan hosting yang tepat untuk menjamin keamanan dan privasi data. (Sumber: iStock Photo)
VPS adalah pilihan hosting yang tepat untuk menjamin keamanan dan privasi data. (Sumber: iStock Photo)

VPS merupakan salah satu jenis layanan hosting yang sangat populer di kalangan punggawa website saat ini. Namun kalian tidak bisa serta-merta ingin ikut-ikutan saja menggunakan VPS tanpa paham kebutuhan dan goals dari website.

Sebelum memutuskan beralih menggunakan VPS, Exabytes Friends perlu memahami kapan harus menggunakan Hosting VPS. Apabila website kalian memiliki trafik yang terlalu tinggi, membutuhkan kustomisasi server, kapasitas penyimpanan data yang besar, serta server yang lebih aman, maka kalian sudah berada pada waktu yang tepat untuk beralih ke VPS.

Nah, cukup sekian pembahasan kali ini mengenai kapan harus menggunakan Hosting VPS. Semoga bermanfaat, ya! Bagi Exabytes Friends yang ingin membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai website dan tips pembuatan konten, maka dapat mengunjungi blog Exabytes. Selain itu, Exabytes juga menyediakan VPS murah dan terbaik, loh! Dan jangan lupa subscribe agar tak ketinggalan konten artikel up-to-date lainnya. Sampai jumpa!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments