Cukup 4 Langkah, Ini Cara Custom Domain WordPress.com!

269
4 langkah ini cara custom domain
13 min read

WordPress.com adalah salah satu platform blog yang bisa Anda gunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Cara penggunaannya sangat mudah yaitu hanya dengan membuat akun WordPress.com secara gratis, maka Anda sudah memiliki website yang bisa Anda gunakan.

Ketika Anda membuat akun WordPress.com versi gratis dan membuat website Anda sendiri dengan platform tersebut, maka alamat domain Anda akan menggunakan subdomain.

Sebagai contoh Anda membuat website tokosukses, sehingga WordPress.com akan menggunakan subdomain bawaan WordPress seperti tokosukses.wordpress.com. Jika kita perhatikan alamat domain tersebut, default subdomain terlalu panjang dan kurang profesional.

Berbeda dengan alamat domain seperti tokosukses.com, bagaimana menurut Anda? Lebih singkatdan menyakinkan bukan? Lalu, apakah ada cara menjadikan alamat subdomain di platform WordPress.com menjadi lebih singkat? Jawabannya adalah bisa yaitu dengan menggunakan custom domain.

Custom domain merupakan solusi yang tepat, dengan metode ini Anda bisa menyambungkan domain Anda sendiri ke website yang Anda buat di WordPress.com dan ini adalah salah satu kelebihan WordPress di mana bisa melakukan custom domain. Cara custom domain WordPress sangat mudah, Anda hanya perlu menerapkan beberapa langkah mudah saja.

Namun sebelum membahas teknikal cara custom domain WordPress, sebaiknya kita mengetahui mengapa harus menggunakan domain sendiri, selain agar domain menjadi terlihat lebih pendek. Apakah ada alasan lainnya?

Simak aja beberapa alasan di bawah ini!

Mengapa Anda Harus Menggunakan Custom Domain WordPress?

Mengapa Anda Harus Menggunakan Custom Domain WordPress?

Kami merangkum beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan custom domain di WordPress.com, di antaranya:

Meningkatkan Reputasi Website

Website yang menggunakan domain sendiri seperti domain .COM atau .NET, secara tidak langsung telah membangun reputasi website menjadi lebih baik dan terpercaya dibandingkan dengan menggunakan default subdomain bawaan platform WordPress.com.

Alasannya adalah karena dengan domain sendiri, website Anda akan terlihat lebih profesional serta menyakinkan dan reputasi website pun akan meningkat.

Dapat Meningkatkan Pengunjung

Salah satu cara agar pengunjung mau mendatangi website Anda adalah dengan menawarkan apa yang sedang mereka butuhkan. Akan tetapi jika website Anda menggunakan domain.wordpress.com, kebanyakan dari mereka biasanya akan meninggalkan website tersebut.

Kenapa? Karena sebuah website informasi dengan alamat subdomain akan memiliki kesan tidak meyakinkan mengenai keabsahan konten dan mereka akan ragu akan kebenaran konten yang Anda sajikan.

Kebanyakan pengunjung menganggap website dengan domain sendiri seperti .COM atau .NET lebih bisa dipercaya karena merupakan domain komersial yang dijalankan secara profesional. Sederhananya, menggunakan domain khusus milik sendiri telah menunjukan bahwa website tersebut dikerjakan secara serius dengan berinvestasi pada layanan domain.

Membangun Pengunjung Setia & Traffic

Setelah Anda berhasil memberikan kesan pertama yang baik kepada pengunjung website, kemudian mereka akan dengan senang hati membagikan konten website di akun media sosial mereka. Mereka juga akan kembali mengunjungi website Anda untuk mendapatkan informasi lainnya.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Hal itu karena mereka tahu bahwa konten yang mereka baca atau bagikan berasal dari otoritas yang valid, hal itu bisa terlihat dari domain yang digunakan.

Website yang menggunakan subdomain memiliki kemungkinan kecil untuk mendapatkan backlink dari website lain. Banyak orang memilih untuk tidak memberikan backlink terhadap sebuah website dengan subdomain.

Alasannya sama seperti sebelumnya yaitu jenis website dengan domain tersebut memberikan kesan tidak valid atau kurang dipercaya. Maka dari itu jika Anda menginginkan backlink gratis secara natural dari website lainnya, Anda harus menggunakan custom domain. Cara custom domain WordPress akan dijelaskan lengkap di bawah ya!

Meningkatkan SERP di Mesin Pencari

Semakin banyak orang membagikan postingan Anda di media sosial dan membookmark website Anda, maka search engine results page (SERP) semakin bertumbuh. Akan tetapi semua ini akan terjadi jika menggunakan domain sendiri, karena pengunjung sudah percaya akan kredibilitas website Anda.

Website Menjadi Lahan Bisnis

Setelah website Anda berhasil mendatangkan traffic tinggi dan menghadirkan pembaca setia, sudah saatnya Anda menawarkan jasa guest posting, review produk, sponsor iklan dan lain sebagainya.

Jika masih menggunakan subdomain, peluang bisnis tersebut tidak akan bisa Anda dapatkan, karena subdomain masih dipandang remeh oleh orang yang ingin memasang iklan di website Anda.

Biaya Terjangkau

Saat ini biaya untuk membeli domain sudah lebih terjangkau, bahkan mulai dari Rp10.000! Tapi bagaimana jika sudah membeli domain, apakah harus membeli kembali domain lainnya?

Jawabannya tentu saja tidak, agar tidak menambah pengeluaran. Anda bisa menggunakan domain yang sudah Anda miliki sebelumnya. Terkecuali jika Anda ingin berpindah layanan sebelumnya ke layanan yang baru, maka Anda perlu melakukan domain transfer.

Meskipun melakukan domain transfer, Anda tidak perlu membuat domain baru. Karena domain yang sudah Anda miliki tetap bisa digunakan, hanya berpindah layanan domain saja.

Namun jika nama domain Anda dinilai kurang profesional, maka kami sarankan untuk membeli domain baru dengan memperhatikan tips memilih nama domain agar domain bisa merepresentasikanwebsite Anda di mata pengunjung. Ingat kembali bahwa tujuan Anda menerapkan custom domain adalah agar terlihat profesional.

Setelah Anda menetapkan alasan kuat untuk melakukan custom domain, tiba saatnya untuk mengikuti cara custom domain WordPress dengan mudah.

Cara Mengganti Subdomain di WordPress.com dengan Custom Domain

Cara custom domain WordPress, bagaimana prosesnya? Caranya hanya 4 langkah saja mulai darimembeli domain, upgrade akun WordPress.com ke premium, mengarahkan domain Anda, dan mengganti nameserver.

Detail penjelasan tentang cara custom domain WordPress ada di bawah ini!

Membeli Domain Terlebih Dahulu

Langkah pertama adalah membeli domain yang Anda inginkan, jika sampai saat ini Anda belum memiliki domain sendiri. Anda bisa membelinya dengan harga yang sangat terjangkau di Exabytes Indonesia dengan berbagai ekstensi domain.

Langkah 1: Buka halaman website Exabytes Indonesia dan menu Domain.

Langkah 1 Cara custom domain wordpress: Buka halaman website Exabytes Indonesia dan menu Domain.

Langkah 2: Setelah klik menu Domain, Anda akan diarahkan ke halaman domain.

Setelah klik menu Domain, Anda kaan diarahkan ke halaman domain.

Exabytes menyediakan tiga pilihan domain di antaranya adalah Top Level Domains, Domain .ID dan Domain Premium, Anda bisa memilih salah satunya.

Langkah 3: Scrol dan pilih Top Level Domains, klik tombol Selengkapnya.

Scrol dan pilih Top Level Domains, klik tombol Selengkapnya.

Langkah 4: Di halaman berikutnya klik tombol Cek & Order Domain.

cek domain

Langkah 5: Masukkan nama domain Anda di kolom yang disediakan, setelah dimasukkan akan muncul daftar harga domain yang tersedia dari mulai .COM, .NET dan lain sebagainya.

Masukkan nama domain Anda di kolom yang disediakan, setelah dimasukkan akan muncul daftar harga domain yang tersedia dari mulai .COM, .NET dan lain sebagainya.

Langkah 6: Pilih salah satu ekstensi domain. Dalam demo ini kami memilih ekstensi domain .COM, lalu klik lanjutkan.

Pilih salah satu ekstensi domain. Dalam demo ini kami memilih ekstensi domain .COM, lalu klik lanjutkan.

Langkah 7: Scroll dan klik Lanjutkan kembali.

Scroll dan klik Lanjutkan kembali.

Langkah 8: Nantinya akan muncul halaman review & checkout, klik Bayar.

Nantinya akan muncul halaman review & checkout, klik Bayar.

Langkah 9: Halaman sign up akan muncul, isikan beberapa informasi pribadi Anda di kolom yang disediakan.

Halaman sign up akan muncul, isikan beberapa informasi pribadi Anda di kolom yang disediakan.

Catatan: Jika Anda sudah memiliki akun member Exabytes, langkah 9 bisa dilewati dan langsung ke langkah selanjutnya.

Langkah 10: Di halaman checkout, Anda akan melihat metode pembayaran. Pilih salah satu dan dalam demo ini kami memilih metode pembayaran via virtual account (Mandiri). Jangan lupa klik ceklis pada I have read and agree to the Terms of Service dan Kebijakan Privasi dan klik Complete Order.

Di halaman checkout, Anda akan melihat metode pembayaran. Pilih salah satu dan dalam demo ini kami memilih metode pembayaran via virtual account (Mandiri). Jangan lupa klik ceklis pada I have read and agree to the Terms of Service dan Kebijakan Privasi dan klik Complete Order.

Selesai, halaman pembayaran akan muncul sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih. Jika ingin segera aktif, lakukan pembayaran secepatnya dan lakukan konfirmasi di kolom yang sudah disediakan atau klik disini.

Upgrade Akun WordPress.com

Setelah berhasil membeli domain, sekarang kita lanjutkan ke langkah berikutnya yaitu melakukan updgrade akun WordPress.com yang Anda miliki. Jika Anda belum memiliki akun WordPress.com bisa daftar terlebih dahulu.

Kenapa Anda perlu upgrade akun ke WordPress premium? Alasannya adalah karena versi gratis tidak memperbolehkan penggunanya untuk mengganti subdomain yang digunakan. Bagaimana caranya? Tenang, caranya sangat mudah!

Langkah 1: Login ke WordPress.com terlebih dahulu.

 Login ke WordPress.com terlebih dahulu.

Langkah 2: Di halaman dashboard klik menu Updgrades > Plans tepat di bagian sidebar dashboard.

Di halaman dashboard klik menu Updgrades > Plans tepat di bagian sidebar dashboard.

Langkah 3: Di halaman berikutnya Anda akan dihadapkan dengan pilihan akun premium dan totalnya ada empat macam akun premium.

Jika Anda ingin mengetahui lebih detail dengan perbedaan dari jenis akun premium tersebut, Anda bisa mengunjungi halaman tentang harga akun premium WordPress.com.

Langkah 4: Dalam demo ini kami memilih jenis Personal, Anda bisa memilih salah satu sesuai kebutuhan ya! Nah dilanjutkan dengan klik tombol Upgrade yang letaknya tepat di bagian bawah.

Dalam demo ini kami memilih jenis Personal, Anda bisa memilih salah satu sesuai kebutuhan ya! Nah dilanjutkan dengan klik tombol Upgrade yang letaknya tepat di bagian bawah.

Langkah 5: Di halaman berikutnya Anda akan diminta untuk mengisi formulir kartu kredit atau debit yang digunakan untuk pembayaran akun premium WordPress.com. Jika sudah diisi klik tombol Pay tepat di bagian bawah halaman tersebut.

Mengarahkan Domain

Setelah melakukan pembayaran, masuk kembali ke halaman dashboard dan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Klik Upgrades > Domains > Add a domain.

Klik Upgrades > Domains > Add a domain.

Langkah 2: Klik Use a domain Own.

Klik Use a domain Own.

Langkah 3: Masukkan domain yang sebelumnya sudah Anda beli di Exabytes pada kolom yang telah disediakan dan klik tombol Next.

Masukkan domain yang sebelumnya sudah Anda beli di Exabytes pada kolom yang telah disediakan dan klik tombol Next.

Langkah 4: Pilih Connect your domain dan klik Select.

 Pilih Connect your domain dan klik Select.

Nantinya Anda akan diarahkan ke halaman checkout, tapi jika sudah updgrades ke layanan premium. Anda tinggal lanjutkan ke selanjutnya yaitu mengubah nameserver.

Ubah Nameserver

Agar domain bisa terhubung dengan website Anda di WordPress.com, Anda perlu melakukan satu langkah lagi yaitu mengubah nameserver.

Langkah 1: Login terlebih dahulu ke halaman member area Exabytes Indonesia.

Langkah 2: Klik menu Domain > My domain.

Klik menu Domain > My domain.

Langkah 3: Pilih salah satu nama domain yang ingin Anda ubah, klik icon obeng untuk masuk halaman manage domain.

Pilih salah satu nama domain yang ingin Anda ubah, klik icon obeng untuk masuk halaman manage domain

Langkah 4: Ketika halaman pengaturan domain sudah terbuka, pilih name server yang berada di bagian Manage.

Langkah 4: Ketika halaman pengaturan domain sudah terbuka, pilih name server yang berada di bagian Manage.

Langkah 5: Pilih Use custom nameservers (enter below) dan masukkan nameserver yang diberikan WordPress.com saat upgrade akun premium. Kurang lebih nameserver default dari WordPress.com adalah sebagai berikut:

 Pilih Use custom nameservers (enter below) dan masukkan nameserver yang diberikan WordPress.com saat upgrade akun premium. Kurang lebih nameserver default dari WordPress.com adalah sebagai berikut:
ns1.wordpress.com
ns2.wordpress.com
ns3.wordpress.com

Langkah 6: Klik tombol Update.

Perubahan name server ini biasanya akan memerlukan waktu beberapa jam, kurang lebih 2-4 jam ke depan. Jika ada masalah atau lebih dari 4 jam tidak tersambung dengan baik, Anda bisa menghubungi tim technical support kami melalui live chat atau email [email protected]

Mudah Bukan Cara Custom Domain WordPress?

Sekarang Anda sudah mengetahui cara custom domain WordPress, sehingga Anda bisa menggantinya sendiri. Yang perlu Anda lakukan hanya menyambungkan domain yang Anda miliki ke website WordPress, setelah itu mengganti nameserver di bagian halaman pengaturan domain.

Sebagian orang mungkin masih cukup dengan akun gratis dari WordPress.com, sehingga tidak perlu menerapkan cara custom domain WordPress di atas. Hanya saja bagi Anda yang mulai serius berbisnis melalui website, kami menyarankan untuk melakukan custom dan ikuti langkah-langkah cara custom domain WordPress tersebut.

Karena layanan gratis dari WordPress.com memiliki berbagai keterbatasan, seperti menggunakan subdomain yang dapat memberikan kesan tidak profesional kepada bisnis Anda nantinya. Bahkan jika Anda ingin leluasa mengelola website dari mulai penambahan fitur custom, yang perlu Anda lakukan adalah upgrade ke WordPress self-hosted.

Cara membuat website WordPress self-hosted sangat mudah, apalagi sekarang sudah banyak tersedia template wordpress gratis yang bisa Anda gunakan. Caranya Anda hanya perlu membeli hosting, instal WordPress & tema, lalu import konten dari WordPress.com ke website WordPress self-hosted Anda.

Selamat mencoba ya, good luck!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments