Semakin hari semakin banyak bisnis yang bertransisi dari pasar fisik ke pasar digital. Betul memang, pasar fisik masih memiliki tempat di hati beberapa pembeli konvensional Indonesia. Namun, kita tidak boleh lupa ini adalah era digital, dimana pangsa pasar didominasi oleh anak muda yang mengutamakan kemudahan dan efisiensi waktu.

Semakin hari, wabah  bisnis online semakin tak terelakkan lagi, maka jika mau bertahan, para pebisnis indonesia harus berlapang dada untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman dan ikut melek digital agar dapat ikut berkompetisi dengan para pendatang baru yang gencar memasarkan dirinya di pasar digital.

Sebagian dari kamu mungkin masih bingung memilih platform berbisnis di pasar digital karena banyaknya desas desus yang mengatakan salah satu platform lebih baik dari yang lainnya.

Berikut beberapa  fakta mengenai berbisnis di marketplace vs toko online yang dapat kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan.

Berbisnis di Toko Online Sendiri

  1. Jika kamu memiliki website atau toko online sendiri untuk bisnismu, kamu akan memiliki kontrol sepenuhnya terhadap websitemu. Kamu bisa membuat program promo apa saja dan bisa mendesign website sesuai dengan selera Kamu.
  2. Kamu akan memerlukan nama domain untuk website toko onlinemu. Disini, nama domain akan menjadi identitas dari toko online mu, di saat yang sama akan membantu branding bisnismu di ranah online.
  3. Berjualan melalui toko online juga membantu pelanggan untuk mengenali dan mengingat toko online mu, sehingga akan mempermudah pelanggan untuk melakukan pembelian selanjutnya
  4. Dengan memiliki website, pelanggan akan lebih percaya dan merasa aman berbelanja di toko online mu.
  5. Berbeda dengan berjualan di marketplace, Kamu tidak ada kompetitor lain di toko online sehingga tidak akan terjadi perang harga. Selain itu, pelanggan Kamu juga tidak akan ‘nyasar’ ke toko online lain yang menjual produk serupa dengan Kamu.
  6. Dengan menggunakan website toko online, Kamu akan lebih mudah untuk melakukan “nurturing customer” atau memberikan ‘special treatment’ seperti mempermudah proses pembayaran, memberikan promo atau diskon spesial, dan ini akan mempermudah Kamu untuk menyenangkan hati pelanggan Kamu dan mendapatkan lebih banyak lagi loyal customer.
Baca Juga  Berburu Penghasilan Lebih Menjelang Lebaran

Berbisnis di Marketplace

  1. Marketplace layaknya sebuah pasar, dimana sudah tersedia pembeli/market, sehingga kamu akan lebih mudah untuk berjualan
  2. Selain pembeli, marketplace juga menyediakan sistem dan prasarana yang sudah solid, sehingga penjual dapat dengan mudah memulai berjualan, Kamu hanya perlu membuat akun, mengupload foto dan menulis keterangan produk.
  3. Berjualan melalui marketplace terbilang lebih kompetitif dikarenakan banyaknya penjual yang menawarkan produk serupa, sehingga Kamu harus mempersiapkan diri untuk perang harga
  4. Biasanya marketplace sudah menyediakan strategi marketing seperti blogpost article, Facebook ads, Instagram ads, google ads dan lainnya secara rutin, sehingga penjual di marketplace tidak perlu repot-repot memasang iklan atau melakukan strategi marketing yang lainnya.
  5. Kamu tidak perlu memikirkan sistem pengiriman karena semua sudah disediakan oleh marketplace
  6. Dalam moment-moment tertentu, marketplace biasanya akan menyiapkan program diskon/promo, sehingga Kamu tidak perlu repot-repot dan menguras budget untuk memberikan promo tambahan

Sekian fakta mengenai berbisnis di Toko Online dan Marketplace. Masing-masing dari platform ini memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Kalo boleh Exabytes sarankan, Kamu bisa mulai dengan menjual produkmu di marketplace, di saat bersamaan kamu juga bisa membuat website untuk toko online mu. Manfaatkan platform marketplace untuk mempromosikan website toko onlinemu dengan menyertakan link websitemu dalam keterangan detail produk di marketplace untuk membuat pelanggan mengingat nama toko onlinemu.

Baca Juga  Tips Foto Produk Bisnis Online dengan Kamera Ponsel

Tidak hanya itu, Kamu juga bisa menyertakan voucher diskon di marketplace yang berlaku untuk pembelian produk melalui website bisnis onlinemu untuk mendirect pelanggan agar berbelanja di website toko onlinemu.

Selamat mencoba ya, Exabytes Friends!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here