10 Strategi Melakukan Social Media Marketing Yang Jitu Untuk Bisnismu

0
2385

Bagi kamu yang ingin memaksimalkan pemasaran dan promosi produk atau jasa, apakah sudah yakin untuk menerapkan strategi melakukan social media marketing? Cari tahu yuk apa saja strategi yang jitu untuk bisnis kamu dalam melakukan pemasaran di media sosial populer saat ini.

Sekilas tentang Social Media Marketing

Strategi Melakukan Social Media Marketing

Karena digital marketing mampu memberikan hasil yang menjanjikan, tidak sedikit bisnis atau perusahaan yang kini beralih memasarkan produk secara digital. Alhasil, social media marketing bisa menjadi salah satu strategi pemasaran yang tepat.

Social media marketing adalah strategi memasarkan produk atau marketing melalui platform media sosial. Saat ini, ada banyak pilihan platform media sosial yang bisa kamu manfaatkan dan maksimalkan untuk kebutuhan promosi dan pemasaran seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya.

Hadir sebagai salah satu strategi marketing yang kian populer, social media marketing dapat menjangkau audiens atau target pasar secara lebih luas dengan efektif. Bahkan, pemasaran melalui media sosial banyak digunakan sebagai cara membangun brand dan reputasi agar bisa lebih dekat dengan konsumen.

Meski demikian, social media marketing bukanlah satu-satunya strategi pemasaran digital. Ada banyak jenis digital marketing yang bisa kamu andalkan agar bisa memasarkan produk atau jasa dengan lebih maksimal sehingga dapat mencapai tujuan.

Tujuan Menggunakan Social Media Marketing

Strategi Melakukan Social Media Marketing

Meski dapat memberikan hasil terbaik, namun masih banyak brand yang ragu untuk melakukan strategi social media marketing. Sebenarnya, tujuan dari penerapan social media marketing itu jelas dan nyata.

Adapun tujuannya dari social media marketing adalah sebagai berikut:

Meningkatkan Brand Awareness

Membangun brand memang bukanlah hal yang mudah. Namun, hal tersebut bisa kamu lakukan melalui berbagai jenis pemasaran digital termasuk strategi social media marketing. Tujuan dari pemasaran satu ini adalah untuk meningkatkan brand awareness yang bisa dilakukan dengan memilih jasa digital marketing yang tepat.

Semakin hari, pengguna media sosial semakin meningkat. Oleh sebab itu, kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk atau jasa. Terlebih dengan semakin banyaknya pilihan platform media sosial mulai dari Facebook hingga TikTok yang sedang populer.

Melalui strategi melakukan social media marketing, pengguna media sosial akan mengenali perusahaan atau brand bisnis kamu. Sehingga akan lebih mudah untuk meningkatkan brand awareness

Cari tahu bagaimana cara melakukan branding untuk bisnismu!

Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan dan Calon Pelanggan

Tujuan lain dari penerapan strategi melakukan social media marketing adalah membangun hubungan baik dengan pelanggan maupun calon pelanggan. Bisnis atau brand harus bisa menarik perhatian audiens agar nantinya mereka tertarik untuk memilih produk atau jasa yang ditawarkan. Oleh sebab itu, penting bagi sebuah bisnis untuk membangun hubungan baik.

Tidak hanya dengan calon pelanggan potensial, hubungan baik juga harus dibangun dan tetap terjaga antara bisnis dan pelanggan setia. Sehingga mereka akan dengan senang hati kembali memilih bisnis tersebut untuk mendapatkan kebutuhannya berupa produk atau jasa.

Meningkatkan Trafik Website dan Penjualan

Strategi melakukan social media marketing juga bertujuan untuk meningkatkan trafik website dan penjualan. Keberadaan website dan penggunaan media sosial untuk pemasaran dan promosi tentunya menjadi salah satu pembeda antara pemasaran tradisional dengan pemasaran digital.

Kamu bisa membaca artikel satu ini untuk mengetahui perbedaan traditional marketing vs digital marketing.

Seiring dengan meningkatnya popularitas produk di kalangan pengguna media sosial termasuk Facebook dan platform lainnya, akan semakin mudah mengarahkan pengguna internet untuk mengunjungi website bisnis milikmu. Alhasil, akan semakin banyak pengunjung website yang juga berpotensi meningkatkan konversi website.

Hal tersebut akan memberikan dampak baik terhadap tingkat penjualan. Artinya, kamu bisa mencapai bahkan melebihi target penjualan yang ditentukan. Jadi, kenapa harus ragu untuk mencoba strategi melakukan social media marketing?

Efisiensi Biaya Pemasaran 

Tujuan lain dari strategi melakukan social media marketing yang kini banyak dilakukan bisnis besar maupun kecil adalah efisiensi biaya pemasaran. Penggunaan media sosial sebagai media pemasaran akan berkontribusi dalam menurunkan biaya pemasaran dan operasional.

Strategi Social Media Marketing

Strategi Melakukan Social Media Marketing

Karena social media marketing bukan lagi hal baru bagi para pebisnis terutama mereka yang menekuni dunia online, strategi melakukan social media marketing mungkin sudah begitu familiar, terutama bagi yang sudah tahu besarnya manfaat pemasaran melalui media sosial.

Namun, bagi kamu yang kali pertama melakukannya, coba terapkan beberapa strategi melakukan social media marketing berikut ini:

Tentukan Tujuan Marketing

Strategi melakukan social media marketing yang pertama adalah menentukan tujuan. Setiap strategi yang hendak diterapkan baik dalam pemasaran konvensional maupun digital haruslah memiliki tujuan. 

Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mengukur hasil. Juga akan membantu mengamati sejauh mana pengaruh dari marketing yang dilakukan terhadap penjualan dan pendapatan.

Tujuan dari strategi social media marketing harus masuk akal agar biaya pemasaran yang kamu keluarkan tidak sia-sia. Setiap pebisnis tentu memiliki tujuan yang berbeda seperti menambah jumlah followers, branding, atau menghemat biaya pemasaran. 

Apapun tujuannya, pastikan kalau semua hal yang ingin kamu capai selaras dengan rencana serta tujuan bisnis secara keseluruhan. Yaitu perkembangan dan peningkatan bisnis dan bagaimana bisnis tersebut mampu bertahan sepanjang masa. 

Kenali Audiens atau Target Pasar

Sebelum memutuskan untuk menerapkan strategi pemasaran melalui media sosial apapun, pastikan kalau kamu sudah mengenali siapa target pasar atau audiens brand kamu. Tujuannya adalah untuk memastikan kalau strategi dalam melakukan social media marketing akan tercapai dan tidak salah sasaran. 

Bayangkan jika kamu terus melakukan pemasaran digital melalui berbagai platform media sosial, namun tidak tepat sasar. Selain membuang waktu, tenaga, dan biaya, akan sulit untuk mencapai tujuan seperti meningkatkan penjualan (sales) dan pendapatan. 

Dengan mengenali target audiens, kamu bisa menentukan tindakan apa yang sesuai dengan pemasaran yang dilakukan. Untuk hal tersebut, kamu bisa memperhatikan beberapa hal dengan menggunakan konsep 5w dan 1h seperti berikut:

  • Tentukan siapa yang akan menjadi target pasar atau audiens (who)
  • Cari tahu apa yang mereka minati atau ingin dapatkan saat mencari produk melalui internet atau media sosial (what)
  • Dimana mereka biasanya mencari produk atau jasa, artinya platform media sosial mana yang lebih sering digunakan untuk tujuan tersebut (where)
  • Kapan mereka mencari apa yang dibutuhkan dari konten yang biasa dinikmati, apakah di pagi, siang, atau malam hari (when)
  • Mengapa mereka mencari produk atau jasa yang kamu tawarkan (why)
  • Cari tahu bagaimana mereka melihat atau menikmati konten di media sosial yang kamu bagikan apakah melalui postingan berupa foto, video, atau lainnya (how)

Pelajari Strategi Para Kompetitor

Saat terjun ke dunia digital atau bisnis online, pastinya kamu tidak sendiri. Artinya, akan semakin banyak kompetitor yang juga menawarkan produk atau jasa seperti yang kamu tawarkan. Oleh sebab itu, kamu harus mulai mempelajari strategi yang para kompetitor gunakan.

Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan strategi melakukan social media marketing melalui inovasi dan sentuhan yang membuat konten kamu lebih menarik dibandingkan kompetitor.

Pilih Platform Media Sosial yang Akan Digunakan

Dengan begitu banyaknya platform media sosial saat ini, apakah kamu sanggup menggunakan semua pilihan tersebut sebagai media dalam memasarkan produk secara maksimal? Untuk langkah awal, sebaiknya memilih platform media sosial yang kamu nilai dapat memberikan hasil yang lebih baik.

Selain Facebook, platform media sosial yang bisa kamu manfaatkan untuk memasarkan produk atau jasa adalah Instagram, Twitter, Tiktok, dan lain sebagainya. Pemilihan platform sosmed bisa kamu sesuaikan dengan target audiens bisnis.

Misalnya, jika sebagian besar dari mereka menggunakan Facebook, maka kamu bisa mulai melakukan marketing di Facebook. Selain dengan mengunggah konten menarik, tidak ada salahnya untuk mencoba Facebook Ads yang merupakan bentuk promosi dan iklan agar semakin banyak orang yang mencari produk yang kamu tawarkan.

Namun, jika sebagian besar audiens merupakan pengguna aktif Instagram, artinya platform tersebut adalah pilihan yang tepat. Terlebih jika bisnis atau brand kamu sudah memiliki jumlah followers yang tinggi. Namun, kamu juga bisa memilih lebih dari satu platform media sosial selama bisa mengaturnya dengan baik.

Buat Konten yang Unik dan Menarik

Sudah punya strategi melakukan social media marketing? Sayangnya, berada di dunia digital dan media sosial saja tidak cukup. Bagaimana brand atau bisnis dapat menarik perhatian pengguna media sosial apabila konten yang kamu bagikan terlihat membosankan?

Jadi, saat memutuskan untuk menerapkan strategi social media marketing, kamu harus siap dengan tantangan dalam membuat dan membagikan konten yang tidak hanya unik tetapi juga menarik. Sehingga akan membuat pengguna atau audiens penasaran dan mencari tahu lebih jauh siapa kamu dan apa yang kamu tawarkan.

Atur Jadwal Konten

Punya konten menarik namun bukan berarti kamu terus-terusan mempostingnya tanpa jeda waktu. Saat memulai strategi melakukan social media marketing, kamu harus mengatur jadwal konten. Pastikan konten kamu posting atau unggah di waktu pengguna sosial media aktif atau menghabiskan waktu seperti di waktu istirahat kerja atau di malam hari.

Setiap platform media sosial memiliki jadwal tayang terbaik masing-masing. Jadi, pastikan kamu mengetahui hal tersebut agar strategi yang dilakukan bisa tepat sasaran dan tujuan. Sehingga memberikan hal yang maksimal. 

Manfaatkan Fitur Live

Fitur live di platform media sosial bisa kamu pertimbangkan untuk memaksimalkan strategi yang kamu lakukan. Melakukan live artinya kamu bisa menjangkau lebih banyak pengguna sembari berinteraksi dengan mereka. Dimana kamu bisa menjawab pertanyaan dari mereka maupun memberikan informasi seputar produk atau jasa. 

Tidak sedikit pula bisnis atau brand yang bahkan memanfaatkan fitur live untuk berjualan.

Berinteraksi dengan Audiens

Saat memasarkan produk atau jasa melalui media sosial, strategi lain yang bisa kamu lakukan adalah berinteraksi dengan audiens. Audiens tidak harus selalu menjadi pengikut (followers). Siapapun yang kamu targetkan melihat konten promosi, mereka adalah audiens yang harus kamu sambut dengan baik.

Interaksi dengan audiens bisa kamu lakukan dengan berbagai cara seperti membalas pesan yang masuk melalui direct message atau merespon komentar mereka. Bisa juga dengan meninggalkan komentar pada postingan audiens yang muncul di feed medsos kamu.

Bekerjasama dengan Micro Influencer

Strategi melakukan social media marketing selanjutnya adalah bekerjasama dengan micro influencer. Influencer satu ini umumnya akan lebih fokus dalam kategori yang terbatas sesuai dengan keahlian di bidang masing-masing.

Dengan bantuan micro influencer, kamu bisa memfokuskan pemasaran sesuai dengan jenis produk atau jasa yang ditawarkan. Akan tetapi, pastikan untuk memilih influencer yang tepat dan kredibel sehingga bisa kamu percaya untuk mencapai tujuan social media marketing yang sudah kamu rancang.

Lakukan Analisis dan Evaluasi Rutin

Apapun strategi social media marketing yang kamu terapkan, pastikan untuk selalu menganalisis dan mengevaluasinya secara rutin. Dengan demikian, kamu bisa melihat capaian yang diharapkan. 

Kamu juga bisa mencari tahu apa saja kelemahan dari strategi yang digunakan dan inovasi apa yang harus dilakukan agar hasilnya lebih maksimal.

Kesimpulan

Jika sudah yakin dengan semua strategi melakukan social media marketing yang ada, artinya kamu siap dengan segala tantangan dan risikonya. Termasuk selalu berinovasi tanpa henti agar bisa memberikan konten-konten menarik yang berpotensi mendapatkan respon baik dari pengguna media sosial.

Selain itu, kamu juga tidak boleh berhenti melakukan perubahan dan inovasi pada setiap strategi yang dinilai kurang memberikan hasil yang baik.
Jangan ragu untuk menghubungi Exabytes agar mendapatkan jasa digital marketing untuk kebutuhan social media marketing bisnis atau brand kamu.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments