2 min read

Hi, Exabytes Friends!

Permasalahan Apa yang Paling Sering Meghambat UMKM Indonesia?

Berdasarkan data OJK, terdapat kebutuhan kredit bagi UMKM sebesar Rp1.700 triliun per tahun di Indonesia sedangkan hanya sekitar Rp.700 triliun yang dapat dipenuhi oleh lembaga peminjaman. Artinya ada sekitar Rp.1000 triliun dana yang tidak mampu diterpenuhi. ini merupakan salah satu masalah yang kerap terjadi bagi pendanaan UMKM.

Banyak UMKM kesulitan untuk mendapatkan pinjaman modal untuk biaya pengelolaan usaha membuat banyaknya pemilik UMKM gulung tikar karena modal yang berasal dari kantong sendiri sudah habis diawal usaha berjalan, lalu bagaimana proses keberlangsungan usahanya? Yang lebih buruk lagi, permasalahan pendanaan UMKM ini secara tidak langsung ini mengganggu perekonomian negara Indonesia

Ada beberapa kesulitan yang dihadapi oleh para UMKM dalam mendapatkan pinjaman modal yaitu persyaratan yang tidak mampu dipenuhi oleh pemilik usaha, seperti proses peminjaman yang terbelit-belit, memakan waktu yang lama, tidak adanya layanan kredit peminjaman dibawah Rp. 25 juta (kredit mikro), dan persentase bunga pinjaman yang terlalu besar.

Nah, buat Exabytes Friends yang sedang menghadapi masalah yang sama, jangan khawatir karena Exabytes dengar ada sebuah platform yang dapat kamu andalkan untuk mengatasi masalah pendanaan usahamu, salah satunya KoinWorks. Check it out ya!

Solusi Pendanaan UMKM

KoinWorks merupakan suatu wadah yang dapat mempertemukan antara pendana dengan peminjam yang membutuhkan uang. KoinWorks menerapkan sistem Peer to Peer Lending yang merupakan metode peminjaman online sehingga dapat mempermudah akses pendana & peminjam, menjangkau dengan baik para pendana & peminjam.

Yang lebih menarik lagi, kamu dapat memilih sendiri kepada siapa dana yang Kamu miliki dapat disalurkan/dipinjamkan. Oleh karena itu gak perlu takut dan ragu lagi untuk melakukan pendanaan. Jadi siapa bilang UMKM nggak bisa naik kelas?

Sekian informasi dari Exabytes, semoga artikel ini cukup membantu untuk mengatasi masalah teman-teman UMKM ya!

Untuk Kamu yang ingin belajar secara langsung dengan KoinWorks, Silahkan hadiri Exabytes Digital Day Roadshow di kota-kota yang tertera dibawah ini ya! Event nya Gratis!

  1. Pendaftaran EDD Bandung
  2. Pendaftaran EDD Semarang
  3. Pendaftaran EDD Jogja
  4. Pendaftaran EDD Solo
  5. Pendaftaran EDD Surabaya
  6. Pendaftaran EDD Bali
  7. Pendaftaran EDD Medan

(Credit to: Salma Fairuzzia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here