Promo WordPress Hosting
3 min read

Tidak hanya bisnis besar dan perusahaan yang saja yang membutuhkan manajemen keuangan yang baik, tapi Kamu juga harus memulai kebiasaan mengatur keuangan bisnis mu dengan baik sejak bisnis mu baru mulai tumbuh. Salah satu manajemen keuangan yang harus diperhatikan dengan baik adalah manajemen cash flow atau yang biasa dikenal dengan arus keluar masuknya uang cash. Dengan pengelolaan cash flow yang baik, UMKM dapat menganalisa dengan baik jumlah uang yang masuk dan keluar dan apakah budget sudah dialokasikan dengan tepat sasaran. Hal ini penting, karena bisa jadi bisnis Kamu lambat berkembang karena pengaturan cash flow yang buruk.

Kamu pernah ga sih kehabisan uang cash untuk keperluan operasional bisnis kamu padahal kalau dihitung-hitung keuntungan bisnis mu cukup besar? Jika kamu pernah mengalaminya berarti kamu harus buruan mengatur cash flow perusahaan mu, berikut 4 Tips Mengatur cash flow untuk UMKM:

Beli dan Jual Barang secara Tunai

Promo EEC Promo

Tips pertama yang dapat Kamu lakukan untuk menjaga cash flow kamu agar tetap positif adalah dengan melakukan pembelian barang dari supplier secara tunai dan juga menjual nya kembali kepada pelanggan secara tunai. Jangan membiarkan pelanggan kamu melakukan pembelian dengan cicilan karena bisa saja pelanggan terlambat membayar dan akan mengacaukan perencanaan cash flow kamu.

Buat Perencanaan Keuangan dengan Tepat

Sebagai pebisnis, kamu harus membuat susunan perencanaan keuangan yang baik sebelum menjalankan bisnismu agar cashflow mu tetap terkontrol dan usahamu dapat berkembang dengan cepat. Pertama-tama pastikan kamu memiliki modal yang cukup untuk mengembangkan bisnismu, kemudian pastikan kamu mengalokasikan dana dengan efektif seperti operasional, gaji karyawan, biaya produksi dan lain-lain.

Nah, tugas kamu pastikan kamu menghitung dana yang telah kamu alokasikan dengan tepat agar tidak merusak perencanaan keuangan mu yaaa. Kamu juga dapat mencoba aplikasi laporan keuangan instan dan real time, Jurnal.id agar kamu dapat mengelola laporan keuangan perusahaan lebih mudah dan fokus dalam mengembangkan bisnis.

Pastikan Cash In Lebih Besar Daripada Cash Out

Lakukan pengawasan ketat mengenai jumlah cash yang masuk dari modal dan keuntungan maupun cash yang keluar untuk keperluan pembelian barang/investasi/budget gaji karyawan/budget iklan atau keperluan yang lainnya. Pastikan jumlah cash out tidak lebih besar dari cash in karena usaha kamu pasti akan mengalami kerugian. Kamu juga dapat membuat budgeting sheet di aplikasi Jurnal untuk me-list down pengeluaran dan pemasukan, dan dapat memilih apa yang menjadi prioritas untuk dibeli terlebih dahulu agar kondisi cash flow tetap terkontrol dengan baik.

Alokasikan Keuntungan dengan Baik

Keuntungan dari bisnis yang Kamu dapatkan tentunya tidak dapat kamu miliki 100%, Kamu masih harus memutar dana tersebut untuk memenuhi berbagai kebutuhan operasional, gaji karyawan, modal promosi, dll. Sebagai contoh, dari 100% keuntungan yang didapat, 20% untuk ditabung atau diinvestasikan, 20% biaya cadangan jika sewaktu-waktu dibutuhkan dan 60% lagi untuk biaya operasional.

Sekian mengenai tips mengatur cashflow  untuk UMKM, jangan lupa bahwa sekarang Kamu dapat mengatur cashflow bisnis mu dengan mudah menggunakan aplikasi Jurnal.id dimana kamu dapat membuat laporan keuangan instan dan real time dan lebih fokus dalam mengembangkan bisnis kamu.

Oya, Untuk Kamu yang ingin belajar secara langsung mengenai cashflow management dengan Jurnal.id, Silahkan hadiri Exabytes Digital Day Roadshow di kota-kota yang tertera dibawah ini ya! Event nya Gratis!

  1. Pendaftaran EDD Bandung
  2. Pendaftaran EDD Semarang
  3. Pendaftaran EDD Jogja
  4. Pendaftaran EDD Solo
  5. Pendaftaran EDD Surabaya
  6. Pendaftaran EDD Bali
  7. Pendaftaran EDD Medan
Promo EEC Promo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here