Daftar 5+ Browser Terbaik dan Tercepat 2021

357
daftar-browser-terbaik-dan-tercepat
6 min read

Menggunakan internet atau browsing sudah merupakan salah satu kegiatan yang termasuk di daily lifestyle setiap orang saat ini. Banyak milenial dan Gen Z bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk terus berselancar di internet dan oleh karena itu, memilih browser yang tepat adalah salah satu keputusan yang penting. 

Dari sekian banyak browser yang tersedia, memilih browser yang aman namun tetap cepat agar bisa mendukung kenyamanan di saat browsing bisa sangat membingungkan karena tidak tahu deskripsi dan detail-detail tertentu. Di dalam artikel ini akan dikupas tuntas 5 browser terbaik untuk berselancar di internet supaya kamu bisa memilih browser paling ideal untuk digunakan!

Yuk, langsung aja simak di bawah ini!

5+ Browser Terbaik dan Tercepat 

Pada artikel ini, semua browser akan dinilai dalam segi keamanan, kecepatan, performa dan juga elemen serta fitur tambahan yang dimiliki. Dengan demikian, inilah daftar 6 browser terbaik dan tercepat yang bisa kamu perhatikan untuk mendukung kenyamanan browsing

Google Chrome 

browser terbaik
Google Chrome (Sumber: Adobe Photostock)

Pertama ada browser yang paling terkenal dan sering digunakan yaitu; Google Chrome. Google Chrome ini dibuat oleh Google pada tahun 2008. Google chrome merupakan salah satu browser terbaik karena banyak fitur tambahan dan desain yang membuat pengalaman berselancar di internet menjadi lebih nyaman. 

Google Chrome memiliki desain yang menarik dan bisa memuat halaman dengan cepat. Ada beberapa fitur yang membuat Google Chrome menjadi opsi pertama seperti; kumpulan password, tampilan halaman yang sederhana, bookmark, dan menu dark mode untuk beberapa website. 

Karena Google Chrome menjadi salah satu browser yang sering dipakai, hal tersebut membuat chrome menjadi salah satu browser yang diincar oleh para hacker. Akan tetapi, chrome browser ini memiliki kapabilitas yang sangat tinggi dan memiliki keamanan yang bisa dipercaya. 

Opera 

Browser Opera sudah didirikan sejak tahun 1995 dan telah menjadi salah satu browser yang paling terpercaya karena telah melakukan beberapa inovasi seperti tabs, CSS, dan kolom pencarian. 

browser tercepat
Opera (Sumber: Adobe Photostock)

Salah satu kelebihan Opera adalah adanya fitur VPN yang sudah termasuk di dalam webnya. Dengan adanya fitur VPN, Opera menawarkan privasi yang lebih terjaga sehingga bisa melindungi data kamu sata menulusuri dunia maya. 

Opera juga menggunakan engine “Chromium page-rendering” sehingga kamu tidak akan mengalami ketidakcocokan dan performa akan cepat. Sebagai tambahan, Opera juga memiliki drive space yang lebih rendah sehingga tidak memuat banyak memori. 

Firefox

Berada di peringkat ketiga, ada Firefox yang merupakan hasil proyek open source dari Mozilla Foundation. Browser yang telah didirikan sebelum Google Chrome ini memiliki fitur yang tidak kalah baik juga seperti; fitur reading mode, PDF reader dan blokir iklan. 

Selain itu, seperti browser lainnya Firefox menawarkan berbagai macam ekstensi yang bisa digunakan oleh penggunanya. Adanya multi-account container extension bisa memungkinkan kamu untuk bisa melakukan beberapa login di halaman yang sama dengan tab yang berbeda. Kemudian, Firefox juga terus mengutamakan privasi online sehingga keamanan tidak perlu diragukan lagi. 

browser terbaik
Mozilla firefox (Sumber: Adobe Photostock)

Browser milik Mozilla ini bisa mendukung HTML5 serta kapabilitas CSS yang baru dan sekarang sedang menawarkan layanan manajemen password yang lengkap (Lockwise) dan bisa mengatur berbagai macam password yang sulit, sinkronisasi password antar device, dan mengamankan segalanya dibawah password master yang kuat. Selain itu kamu juga bisa membayar untuk membeli layanan VPN firefox. 

Safari 

Browser selanjutnya adalah Safari yang merupakan browser default untuk pengguna Mac dan iOS. Meskipun memiliki interface yang berbeda di mobile dan desktop, Safari telah maju di beberapa area untuk kapabilitas browser.

Contohnya, Safari merupakan browser pertama yang memiliki mode membaca yang bisa menghilangkan iklan atau video dari artikel web yang sedang kamu telusuri.

website tercepat
Safari (Sumber: Adobe Photostock)

Belakangan ini Safari juga telah menambahkan fitur baru yaitu proteksi fingerprint. Fitur tersebut bisa menghindari web tracker dari mengidentifikasikan sistem spec device kamu. Keuntungan lain yang didapatkan dari menggunakan browser Safari adalah apple pay dan sign in dengan fitur Apple untu menggantikan Facebook dan Google sebagai pemberi otorisasi. 

Microsoft Edge 

Browser terbaik di nomor 4 ada Microsoft Edge yang merupakan pembaruan dari browser legendaris sebelumnya; Internet Explorer. Microsoft Edge ini dibangun oleh Chromium dengan cara open source seperti Google Chrome dan Firefox. 

website terbaik
Microsoft Edge (Sumber: Adobe Photostock)

Secara fitur, Microsoft Edge memiliki fitur yang mirip dengan browser lain seperti; adanya kustomisasi, privasi, dan fitur keamanan. Secara performa, Microsoft Edge memiliki kapabilitas yang mirip dengan Firefox, namun dalam segi pengguna, Microsoft Edge memiliki jumlah pengguna yang lebih besar dibanding Mozilla Firefox.  

Vivaldi 

website terbaik
Vivaldi (Sumber: Google Photos)

Terakhir ada Vivaldi yang didirikan oleh para developer Opera. Seperti Opera, Vivaldi memiliki fitur yang berjalan berbeda dibanding browser lainnya. Segala dari Vivaldi bisa dikustomisasi; dari cara kerja navigasi sampai tampilan Interface

Vivaldi berada di bawah Chromiums dan berarti kamu bisa menggunakan ekstensi dan add-on chrome lainnya tapi dengan beberapa hal yang berbeda. Dengan Vivaldi, kamu bisa melakukan pin-site ke sidebar, menaruh toolbar dimanapun, menyesuaikan font dan skema warna untuk setiap halaman, menggunakan panel note, serta mengubah history dan bookmark sesuai keinginan.

Jadi, jika kamu merupakan pengguna yang suka mengubah interface, Vivaldi sangatlah cocok untuk kamu. 

Kesimpulan 

Pada akhirnya, privasi serta kecepatan adalah dua poin besar yang harus dipertimbangkan untuk memilih browser terbaik saat berselancar di internet. Dari sekian browser yang ada, beberapa darinya akan memuat memori dan data lebih banyak, sementara ada beberapa yang tidak terlalu memuat data. 

Ada beberapa browser yang menawarkan alat keamanan dengan lengkap untuk melindungi identitas kamu, tapi ada beberapa yang membolehkan cookies dan iklan untuk terus berjalan. Jadi, pastikan kamu memilih browser yang paling tepat dan cocok untuk penggunaan diri sendiri. 

Lima browser di atas hanyalah rekomendasi dari Exabytes, jadi tentunya masih ada banyak browser lain yang bisa dipertimbangkan. Jangan lupa juga untuk lindungi layanan komunikasi di website kamu dengan layanan SSL dari Exabytes, ya!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments