11+ Distro Linux Terbaik dan Paling Populer Tahun 2021

51
Distro Linux
14 min read

Linux menjadi sistem operasi populer bersamaan dengan Windows dan Mac sejak 1991. Tentunya setiap sistem operasi mempunyai keunikan hingga kelebihan tersendiri. Di Linux contohnya, sistem operasi atau operating system (OS) ini mempunyai banyak distro Linux terbaik yang bisa kamu pilih disesuaikan dengan kebutuhan,

Sebelum melihat apa saja daftar distro Linux terbaik dan paling populer, mari ketahui dulu tentang Linux dan distribusi/distro Linux.

Sekilas Tentang Linux

Maskot Linux.
Tux, simbol umum Linux. (Source: Shutterstock)

Linux adalah keluarga sistem operasi yang free dan open-source, dibangun di atas kernel Linux. Dengan lisensi free serta open-source, Lisensi Publik Umum GNU, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Banyak perangkat seperti infrastruktur internet hingga perangkat keamanan, CCTV, Smart TV hingga handphone Android menggunakan Linux. Sistem operasi Linux menjembatani antara hardware dengan perangkat lunak (software) untuk bisa digunakan.

OS Linux lebih banyak digunakan oleh seorang developer, IT, programmer untuk sistem yang lebih lancar, hemat biaya, dan mudah dimanage. Linux juga bisa digunakan sebagai server, contohnya server VPS Linux yang terkenal akan kecepatannya. 

Apa Itu Distro Linux?

Jika kamu menggunakan OS Linux, maka kamu akan berhadapan dengan yang namanya distribusi atau distro Linux. 

Distro Linux adalah sistem-sistem operasi Linux yang dibangun berdasarkan kernel Linux, ditambah dengan komponen dari sistem manajemen paket. komponen ini berasal dari dan bercirikan GNU. Termasuk pula didalamnya adalah display atau tampilan server serta lingkungan desktopnya, untuk digunakan di sistem operasi desktop biasa. 

Linux juga didirikan di atas pengembangan perangkat lunak atau software yang bersifat open source. Distribusi Linux muncul di bawah ketentuan copyleft dari Free Software Foundation, yang berasal dari GNU General Public License (GPL). Copyleft menyatakan bahwa software apa pun yang diambil secara gratis dan diubah harus didistribusikan secara gratis pula. 

Mengapa Ada Banyak Distro Linux?

Distro Linux tidak hanya ada satu atau disebarkan oleh sebuah organisasi yang mengaturnya. Masih ingat kan salah satu sifat OS Linux adalah bersifat gratis dan open-source atau sumber terbuka?

Ya, karena sifat open-source membuat Linux bisa dipelajari oleh semua orang. Banyak yang kemudian menciptakan berbagai layanan sistem, program grafis hingga perintah terminal dan didistribusikan dalam bentuk source code.

Kamu juga bisa membuat paket OS Linux sendiri dengan mengambil source code untuk masing-masing kebutuhan yang harus ada dalam suatu paket OS linux, mulai dari kernel linux, utilitas shell GNU, server X dll sekaligus menyesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan kamu.

Paket OS LInux berisikan kernel Linux (inti dari sistem operasi), utilitas shell GNU (antarmuka terminal dan banyak perintah yang Anda gunakan), server X (yang menghasilkan desktop grafis), lingkungan desktop (yang berjalan pada X server untuk menyediakan desktop grafis), dan banyak lagi seperti font, web browser dan software

Nah, para distro Linux inilah yang memudahkan untuk kamu, mereka yang mengcompile banyaknya source code, file, dan sudah menjadikannya dalam satu paket untuk kamu langsung gunakan tanpa memakan banyak waktu.

Para pengembang yang mengeluarkan distro Linux juga memasukkan sistem manajemen paket untuk kamu bisa menginstal, uninstal hingga memanage paket software yang tersedia. Bisa juga sebagai untuk upgrade otomatis software.

Karena semua orang bisa menciptakan OS Linux versi mereka sendiri dan mendistribusikannya ke publik secara gratis, hingga kini terdapat ratusan distro Linux tersedia yang bisa kamu pilih.

Daftar Distro Linux Terbaik

Hingga kini, terdapat sejumlah ratusan distro Linux bahkan katanya mencapai jumlah 600. Dari sekian banyak distro Linux, mimin akan memberikan daftar distro Linux terbaik dan juga paling populer untuk kamu pilih.

Ubuntu

Ubuntu adalah distro Linux populer yang diabangun berdasarkan arsitektur Debian, dalah satu distro LinuX tertua dan terpopuler juga. Distro Linux terbaik ini cocok untuk kamu yang baru mulai belajar OS Linux.

Ubuntu didistribusikan dengan lingkungan pengembangan GNOME yang menyertainya dengan aplikasi sehari-hari seperti Firefox, Libreoffice, aplikasi edit gambar GIMP, penyetel musik dan video seperti Audacious dan Rhythmbox.

Kamu bisa menginstal Ubuntu dengan mudah, panduannya pun terdiri dari beberapa bahasa dan sederhana. Konsep sederhana pun juga berada pada tampilan Ubuntu karena penggunaan interface yang bernama Unity, terdapat shortcut aplikasi produktif favorit kamu di dock yang berada di sebelah kiri.

Karena Ubuntu yang user-friendly terutama untuk pemula, dengan tampilan UI sederhana namun elegan, distro Linux terbaik Ubuntu ini juga ideal digunakan di desktop. Selain digunakan untuk desktop, Ubuntu juga menawarkan edisi lain yaitu Ubuntu untuk server dan cloud computing sera Ubuntu Core.

Kelebihan Ubuntu diantaranya yaitu, banyak software populer yang tersedia, terdapat forum yang luas karena Ubuntu merupakan distro Linux populer sehingga kamu bisa mencari support jika ada masalah dan mudah dipakai terutama pengguna baru.

Baca Juga  #WFH Bangun Aplikasi & Website Lebih Efisien dengan VPS Server
Tampilan Distro Linux terbaik, Debian.
Tampilan distro Linux Ubuntu.

Kamu bisa melihat versi terkini Ubuntu yaitu Ubuntu 21.04 (Hirsute Hippo) yang dirilis pada 22 April 2021 lalu di website Ubuntu. 

Debian

Debian merupakan salah satu distro linux terbesar dan tertua, diperkenalkan ke publik pada September 1993.

OS Debian merupakan gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel Linux, sehingga populer dengan nama Debian GNU/Linux. 

Distro Linux terbaik Debian melahirkan distro turunannya yang juga terkenal yaitu Ubuntu. Sama seperti Ubuntu, Debian juga memberikan kamu kemudahan dalam menginstal. 

Bedanya, jika Ubuntu populer digunakan untuk kalangan pemula belajar Linux, Debian lebih banyak dan cocok digunakan untuk programmer, karena semua alat yang dibutuhkan untuk kegiatan programming ada di Debian GNU/Linux.

Debian terkenal menawarkan  layanan yang bisa untuk diuji secara teratur, stabil serta fokus pada keamanan dan juga kokoh untuk kegiatan pengembangan. 

Fitur Debian lainnya adalah memuat lebih dari 29000 software, sistem manajemen APT yang menawarkan 60.000 paket siap didistribusikan dengan akses ke repositori, kebijakan paket juga ketat sehingga kualitas selalu terjaga.

Debian menggunakan lingkungan desktop GNOME. Termasuk di dalamnya program OpenOffice.org, Iceweasel, Evolution, program penulisan CD/DVD, player musik dan video, penyunting, perangkat lunak pembaca dokumen.

Tampilan Distro Linux terbaik, Ubuntu.
Tampilan distro Linux Debian.

Kamu bisa melihat Debian 10 Buster versi terbaru yang Debian 10.9 di website Debian.

Linux Mint

Linux Mint merupakan distro Linux berbasis Debian-Ubuntu, yang mempunyai tujuan untuk membuat sistem operasi yang modern,elegan, nyaman serta kuat dan mudah dipakai. Distro Linux Mint ini banyak digunakan pula untuk pemula Linux dan bisa bekerja untuk desktop.

Salah satu ciri khusus dari Linux Mint ialah desktop cinnamon yang membuat pengguna mudah mengakses aplikasi sesuai dengan kategori masing masing  yang menjadi alasan mengapa Linux Mint menjadi distro Linux terbaik untuk pemula. 

Fitur Linux Mint memngukinkan kamu menggunakan alat-alat produktif keseharian dengan cepat dan stabil, mendengarkan musik, menonton video hingga bermain game. 

Linux Mint juga mempunyai komunitas besar dimana kamu bisa menemukan support jika terjadi masalah hingga akses repositori ke software Ubuntu yang tentunya juga aman karena telah melalui tahap pengecekkan hingga tidak mengalami crash.

Tampilan Linux Mint.
Tampilan distro Linux Mint.

Versi Linux Mint terbaru ialah Linux Mint 20.1 Ulyssa yang dirilis pada 8 Januari 2021 dan akan berlangsung hingga 2025.

elementary OS

Distro Linux lainnya dari turunan Ubuntu dan juga populer ialah elementary OS. Distro Linux ini dikenal akan keindahan tampilannya. Tampilan distro Linux elementary OS ini menggunakan konsep desain UI yang terlihat elegan, sekilas mirip perpaduan Mac OS dan Windows.

Tampilan elementary OS.
Tampilan distro Linux elementary OS.

Tidak hanya tampilannya yang disenangi, tetapi juga kinerjanya yang baik, menawarkan banyak aplikasi software Ubuntu yang terintegrasi dengan aplikasi seperti Plank (sebuah dock-bar berbasiskan Docky), Epiphany hingga Scratch (teks editor yang sederhana), lingkungan pengembangan berbasis GNOME, menggunakan desktop manager sendiri yang bernama Pantheon.

Distro Linux terbaik elementary OS dengan desktop yang ringan, tampilan yang indah, interface yang smooth cocok untuk melakukan tugas sehari-hari. Versi terbaru dari elementary OS yaitu 5.1 Hera yang bisa kamu dapatkan di websitenya. 

Fedora

Distro linux terbaik lainnya adalah Fedora, yang dibangun oleh komunitas Fedora project dan didukung oleh perusahaan amerika di bidang software open-source juga, Red Hat.

Fitur penting di Fedora adalah fitur keamanan bersama Security-Enchance Linux yang mengimplementasikan kebijaksanaan keamanan Linux, termasuk pengawasan akses perintah, melalui modul keamanan Linux pada Linux kernel.

Menggunakan lingkungan pengembangan GNOME, Distro Linux Fedora bisa digunakan untuk semua kalangan menggunakan desktop PC atau laptop, melakukan kegiatan bermain game, desain hingga scientific computing dan robotics.

Selain Fedora Workstation, mereka juga memiliki kategori Fedora Server yaitu jaringan cloud berbasis server Linux dan Fedora IoT.

Tampilan Fedora.
Tampilan distro Linux Fedora.

Kini versi terbaru dari distro linux Fedora ialah versi Fedora 34 yang dirilis 27 Oktober 2020. 

CentOS

Distro Linux terbaik selanjutnya adalah CentOS (Community Enterprise Operating System) , merupakan distribusi Linux yang menyediakan platform komputasi berkelas enterprise yang memiliki kompatibilitas kode sepenuhnya berasal dari Red Hat Enterprise Linux, distro Linux yang berbayar dari Red Hat.

Distro Linux CentOS juga bisa digunakan sebagai server. CentOS mempunyai stabilitas yang mumpuni dan reliabilitas sekelas RHEL yang berbayar, keamanan yang terjaga dan update-update fitur, forum komunitas yang lumayan luas sehingga bisa mendapat support meskipun layanan ini gratis.

Tampilan CentOS.
Tampilan distro Linux CentOS.

Versi CentOs terakhir adalah versi 8.3 yang dirilis pada Desember 2020 lalu. 

Slackware

Slackware merupakan distribusi Linux terbaik yang mempunyai tujuan utama untuk mudah digunakan dan stabilitas. Muncul pada tahun 1991, menjadikan Slackware yang mirip dengan Unix ini menjadi salah satu distro Linux tertua dan banyak digunakan para developer di dunia. 

Slackware mudah digunakan karena menyediakan fitur lengkap bagi pemula ataupun yang berpengalaman. Slackware dilengkapi untuk melayani dalam kapasitas apapun, dari desktop hingga serven ruang mesin.

Baca Juga  Panduan Mudah Instalasi Python 3 di Windows, Linux dan Mac

Web server, FTP, email juga bisa kamu gunakan dari lingkungan desktop Slackware. Disediakan pula alat-alat pendukung kegiatan development, editor, pustaka jika pengguna developer ingin mengembangan atau menyusun software tambahan.

Tampilan Slackware.
Tampilan distro Linux Slackware.

Sistem manajemen paket dari Slackware mampu melakukan instal, upgrade hingga menghapus. Versi terakhir dari slackware dirilis pada 2016 yaitu Slackware 14.2

openSUSE

Distro Linux terbaik selanjutnya adalah openSUSE yang mempunyai tiga tujuan utama yaitu membuat openSUSE menjadi Linux yang mudah diakses oleh semua orang, menjadi lingkungan desktop dan distro Linux yang berguna untuk pengguna Linux baru dan yang terakhir menyederhanakan proses development sehingga menjadikan openSUSE platform pilihan bagi para developer Linux dan vendor software 

openSUSE terdiri dari dua proyek. Projek SUSE Leap yang menargetkan pengguna desktop dan juga pengembang enterprise untuk kepentingan testin dan yang kedua SUSE Tumbleweed yang merilis distribusi paket software terkini. 

Tampilan openSUSE.
Tampilan distro Linux openSUSE.

openSUSE bergantung pada manajer paket Yast untuk memanage paket softwarenya yang juga recomended bagi para developer dan administrasi sistem. Versi terkini openSUSE dirilis pada Juli 2020 yaitu openSUSE 15.2.

Kali Linux

Kali Linux, distro Linux turunan dari Debian, juga merupakan salah satu distro Linux terbaik yang terkenal khususnya untuk meretas dengan cara etis dan penetration testing atau penetrasi pada jaringan hingga melakukan kegiatan digital forensik. 

Kali Linux memiliki tampilan sederhana dan tidak terlalu mencolok dan penggunaannya pun tergolong cukup mudah, sehingga sangat baik untuk para pemula dalam melakukan penetrasi pada jaringan.

Di dalam distro Kali Linux menawarkan keamanan yang terus terupdate untuk penetration testing, 600 pre-install tools atau program untuk penetration testing, support arsitektur ARM sebagai lingkungan desktop populer dan menerapkan model rolling release sehingga setiap tool yang ada di distro dalam keadaan up-to-date.

Tampilan Kali Linux.
Tampilan distro Kali Linux.

Sebagian besar paket distro di Kali Linux juga diimpor dari repositori Debian. Kelebihan Kali

Linux lainnya adalah adanya alat peretas etis yang bisa kamu ujicoba. Versi terkini Kali Linux ialah versi Kali Linux 2021.1 pada Februari 2021. 

Gentoo Linux

Selanjutnya ada Gentoo Linux, distro Linux yang dibangun untuk kegunaan profesional dan untuk developer yang berpengaman. Termasuk juga administrator sistem dan jaringan yang ingin memperdalam tentang OS Linux.

Tampilan Gentoo Linux.
Tampilan distro Gentoo Linux.

Gentoo Linux mempunyai sistem paket manajemen yang advance bernama Portage.Tidak seperti distribusi Linux OS biasanya, source code di Gentoo Linux dikumpulkan secara lokal berdasarkan preferensi pengguna dan dioptimasi pada jenis komputer khusus.  

Paket manajemen Gentoo Linux didesain untuk menjadi modular (mudah ditambah), portable (dapat di port ke distro lain), mudah ditata dan fleksibel.

Manjaro

Distro Linux populer lainnya yaitu Manjaro dibangun menggunakan Arch Linux. Manjaro berorientasi pada desktop namun bisa user-friendly sehingga mudah digunakan untuk pemula meskipun Arch Linux didesain untuk pengguna advance,

Fitur utama Manjaro yaitu intuitive proses penginstalan, otomatis mendeteksi hardware, model rolling release sehingga pengguna tidak perlu mengupgrade atau menginstal kembali keseluruhan sistem untuk tetap menjaga ke up-to-dateannya dengan rilisan terbaru, bisa menginstal beberapa kernel, spesial Bash skrip untuk memanage grafis driver dan konfigurasi desktop yang luas.

Antarmuka pengguna cukup baik dan menawarkan banyak aplikasi GUI bawaan  yang berguna untuk konfigurasi bahasa, driver, kernel. Arsitektur Manjaro adalah CLI net installer yang memperbolehkan pengguna memilih driver, kernel, dan lingkungan desktop mereka sendiri selama proses penginstalan

Tampilan Manjaro.
Tampilan distro Linux Manjaro.

Selain itu Manjaro juga berperforma cepat dan ringan. Versi terbaru dari Manjaro adalah Ornara 21.03 dirilis pada 28 April 2021.

Arch Linux

Terakhir, Distro Linux terbaik yang bisa kamu pilih ialah Arch Linux yang dibuat untuk komputer dengan prosesor x86-64. Arch Linux ini sangat ringan  dan fleksibel untuk pengguna berpengalaman Linux yang peduli pada apa yang diinstal dan bagaimana layanan berjalan.

Tampilan Arch Linux.
Tampilan distro Arch Linux.

Arch Linux memberikan pengguna kebebasan untuk mengkonfigurasi sistem berdasarkan preferesi mereka. Jadi, Arch Linux cocok untuk yang sudah mengetahui dan bekerja dengan linux.

Arch Linux juga menggunakan model rolling release yang terus mengupdate versi terkini dan yang perlu kamu lakukan hanya mengupdate paketnya di terminal. Arch Linux menggunakan Pacman sebagai manajer paket dan memanfaatkan AUR (Arch User Repository) yang merupakan komunitas untuk menginstal paket software.

Kesimpulan

Exabytes Friends, itulah daftar distro Linux terbaik dan juga paling populer yang bisa kamu gunakan, sesuai dengan fitur apa yang kamu sukai dari masing-masing distro Linux.

Distro Linux, selain sifatnya yang open-source dan mudah dipelajari siapapun juga banyak didesain untuk mudah dan cepat digunakan. Bahkan selain Distro Linux yang bersifat Workstation beberapa distro Linux bisa juga dijadikan untuk server Linux.

Begitu juga dengan VPS Linux SSD Exabytes yang meningkatkan kecepatan menjadi 10x serta garansi uptime yang baik sehingga website kamu berjalan tidak hanya stabil namun juga cepat dan membuat pengalaman user yang baik di website.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments