10+ Rekomendasi Website Cek Plagiarisme Gratis & Terbaik

367
blog exabytes indonesia
10 min read

Konten memiliki peran penting untuk setiap website terutama bagi website yang dioptimasi agar muncul di hasil pencarian teratas Google. Konten duplikat menjadi masalah yang harus dihindari agar hasil SEO maksimal. Untuk memastikan bahwa konten yang kamu buat bebas dari plagiarisme, gunakan website cek plagiarisme.

Plagiarisme bukanlah sesuatu yang bisa ditoleransi termasuk oleh mesin pencari seperti Google. Mesin pencari mungkin akan melakukan deindex pada konten tersebut. Untuk kamu yang baru di dunia Search Engine Optimization (SEO) dan penulisan konten website maupun blog, yuk cari tahu beberapa web untuk cek plagiarisme. 

Konten yang lolos cek plagiarisme bisa kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan di dunia digital seperti SEO dan content marketing. Kamu juga bisa mencari tahu pentingnya artikel pada website agar memastikan bahwa konten yang dibuat bukan hanya lolos plagiat tetapi juga berkualitas dan SEO-friendly.

Dampak Plagiarisme pada SEO

Konten plagiat atau duplikat bukanlah hal sepele. Apabila kamu membagikan konten dan Google menilainya sebagai konten plagiat, maka hal tersebut bisa berdampak pada teknis Search Engine Optimization atau SEO yang sedang kamu jalankan. 

Kamu mungkin sering mendengar bahwa content is king yang berarti bahwa konten memiliki peranan penting untuk setiap website. Jika konten yang kamu buat dan bagikan adalah hasil plagiat, ini juga bisa menjadi salah satu penyebab artikel tidak muncul di hasil pencarian Google.

Salah satu dampak buruk dari konten duplikat adalah kualitas konten yang menjadi rendah. Ini tentunya akan berpengaruh pada hasil SEO yang didapatkan. Ada banyak konten serupa yang berkompetisi untuk mendapatkan ranking di Google. Jika konten kamu memiliki kualitas rendah, maka kemungkinan untuk mendapatkan ranking juga rendah. 

Untuk meningkatkan peluang mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian atau yang juga dikenal dengan SERP (Search Engine Result Page), pastikan konten yang kamu buat menarik dan lolos plagiarisme. Dengan banyaknya web cek plagiarisme gratis, kamu bisa memastikan bahwa konten kamu murni dan bukan konten duplikat atau plagiat.

Jika penasaran dengan ranking website di Google, kamu bisa membaca artikel mengenai cara mengetahui ranking artikel

Rekomendasi Website Cek Plagiarisme

Agar pekerjaan kamu tidak sia-sia, coba cek setiap artikel atau konten yang dibuat menggunakan situs cek plagiarisme. Jika artikel dinyatakan lolos, maka kamu bisa menggunakannya untuk kebutuhan optimasi website

Berikut adalah beberapa rekomendasi website cek plagiarisme gratis dan terbaik yang bisa kamu coba. 

Dupli Checker

Duplichecker

Untuk kalian yang ingin mengecek keaslian konten, coba cara cek plagiarisme online menggunakan Dupli Checker. Website cek plagiarisme ini merupakan website gratis yang menyediakan berbagai fitur SEO dan konten berkualitas. 

Salah satu fitur yang bisa kamu gunakan adalah alat cek plagiat dengan akurasi hingga seratus persen yang ditampilkan dalam bentuk persentase.

Sayangnya, ada batas maksimal pengecekan gratis yaitu 1000 kata per pencarian jika kamu melakukan cek plagiarisme online tanpa menggunakan akun dan hanya bisa melakukannya satu kali dalam sehari. Sementara pengguna dengan akun bisa melakukan pencarian hingga 50 kali sehari. 

Website cek plagiarisme satu ini memiliki banyak keunggulan termasuk jaminan privasi. Tampilan hasil dalam persentase yang mudah dipahami merupakan keunggulan lain dari Dupli Checker

Untuk kamu yang ingin menggunakan website ini, ada 7 pilihan bahasa mulai dari Bahasa Indonesia, Belanda, Italia, Rusia, Spanyol, Portugis, hingga Arab.

One Text

onetext

One Text bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin cek plagiarisme gratis. Dengan kata lain, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk registrasi atau untuk topup saldo agar tetap bisa menggunakan layanan tersebut. 

Website satu ini cocok untuk berbagai pengguna seperti penulis artikel, pebisnis, dan akademisi. Kamu bisa menggunakan website cek plagiarisme ini sebagai tamu dengan batas pencarian maksimal dua ribu kata per hari. 

Jika ingin menggunakan layanan tersebut tanpa batas, kamu harus melakukan upgrade VIP dengan melakukan pendaftaran. 

Selain itu, kamu juga harus membayar biaya bulanan atau tahunan yang bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Sebagai seseorang yang mulai serius menekuni pekerjaan sebagai penulis artikel, kamu website ini wajib kamu coba. 

Untuk memastikan bahwa artikel yang kamu buat berkualitas dan menarik, ada beberapa tips membuat artikel yang bisa kamu coba.

Quetext

quetext

Saat ini, tidak ada lagi alasan untuk membuat konten duplikat karena ada banyak cara cek plagiarisme online dan bahkan gratis. Salah satu website yang bisa kamu coba untuk kebutuhan pengecekan artikel atau konten adalah Quetext yang memiliki tampilan situs yang sederhana.

Pengguna bisa mengecek hasil tulisan mereka secara gratis. Akan tetapi, website ini membatasi jumlah pengecekan yaitu hanya 500 kata saja. Tetapi, kamu bisa memanfaatkan layanan berbayar untuk mengecek kata yang lebih banyak yaitu hingga 100 ribu kata atau sekitar 200 halaman dokumen.

Grammarly

Grammarly - plagiarism checker

Siapa bilang jika Grammarly hanya bisa digunakan untuk pengecekan grammar Bahasa Inggris saja. Untuk kamu yang ingin mengecek plagiarisme sebuah tulisan seperti artikel atau konten untuk blog, website satu ini menawarkan layanan cek plagiarisme online.

Grammarly memiliki database yang lengkap dan akurat untuk melakukan pengecekan plagiarisme. Kamu bisa menggunakan website ini bahkan untuk mengecek plagiarisme pada dokumen atau tulisan berbahasa Indonesia. 

Small SEO Tool

small SEO tool

Rekomendasi tempat website cek plagiarisme akurat selanjutnya adalah Small SEO Tool. Terdapat banyak fitur yang bisa kamu gunakan secara gratis bahkan tanpa harus melakukan registrasi. Situs satu ini membatasi jumlah pencarian yaitu 1000 kata per pencarian. 

Salah satu hal yang menarik dari Small SEO Tool adalah pengguna bisa memeriksa plagiarisme melalui URL halaman website. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot untuk copy paste konten di halaman situs tertentu untuk melakukan pengecekan. 

Selain mengecek plagiasi, kamu juga bisa menggunakan website ini untuk mengecek grammar atau menghitung jumlah kata sebuah dokumen menggunakan fitur word counter yang ada. Kamu juga bisa memanfaatkan situs ini untuk kebutuhan SEO melalui fitur yang tersedia. 

Dalam praktiknya, SEO mengharuskan kamu memiliki website user-friendly agar hasil optimasi lebih maksimal.

Copyscape

website cek plagiarisme - Copyscape

Jika kalian masih mencari cara cek plagiarisme dengan hasil akurat, maka Copyscape bisa menjadi pilihan tepat. Aplikasi pengecekan plagiat di website ini gratis untuk mencari salinan dari halaman situs kamu secara online

Dengan begitu, kamu bisa mencegah pencurian serta penipuan konten. Caranya adalah dengan memasukkan URL website dan tool akan bekerja secara otomatis.

Mungkin tidak banyak yang tahu jika artikel yang sudah dipublikasikan dan kemudian disalin di website lain bisa menghancurkan reputasi serta akan berpengaruh pada peringkat konten di hasil pencarian Google.

Copyscape juga bisa kamu gunakan untuk mengecek dokumen dan memastikannya bebas plagiat. Namun, kamu harus memiliki akun dan saldo dalam bentuk US dollar ($) untuk melakukan pencarian. 

Biaya per pencarian sangat beragam tergantung pada jumlah kata pada dokumen yang hendak kamu cek plagiasinya namun terbilang cukup terjangkau.

Viper

Viper

Viper bisa kamu manfaatkan sebagai cara cek plagiarisme gratis. Berbeda dari kebanyakan tool pengecekan plagiasi, kamu harus terlebih dahulu mengunduh Viper agar bisa menggunakannya di perangkat komputer atau laptop. 

Cara pengecekan plagiat di tool ini sangat mudah yaitu hanya dengan mengupload dokumen dengan format Adobe atau Office file saja. Kemudian, kamu tinggal menunggu proses pengecekan berjalan hingga hasil ditampilkan. 

PlagiarismChecker

plagiarismchecker

Membuat konten memang tidak mudah karena ada berbagai hal yang harus kamu perhatikan termasuk plagiarisme. Tetapi kamu tidak perlu khawatir jika memang kamu menulis konten, bukan menyalinnya dari konten orang lain atau website lain. Untuk memastikannya, gunakan PlagiarismChecker

Pengecekan plagiarisme bisa dilakukan secara online dan langsung di website tersebut. Kamu hanya perlu menyalin dan menempelkan teks yang hendak diperiksa ke dalam kotak yang tersedia. Atau kamu juga bisa mengunggahnya dalam bentuk file

Selain layanan gratis, PlagiarismChecker juga menawarkan layanan berbayar dengan fitur yang lebih lengkap. Sehingga penggunanya bisa mengecek hingga 30 ribu kata dengan hasil yang lebih lengkap dan akurat serta bebas iklan. 

Writer Plagiarism Checker

Writer

Pilihan website cek plagiarisme lainnya adalah writer plagiarism checker. Website ini mungkin terlihat mirip dengan Grammarly namun mampu bersaing dalam hal pengecekan plagiarisme. 

Sebagai pengguna, kamu bisa memanfaatkan website ini untuk memastikan bahwa setiap kalimat pada konten atau tulisan kamu tidak bisa digunakan oleh orang lain.

Penggunaan website satu ini tidak jauh berbeda dengan website atau tool plagiarisme lainnya. Selain mudah untuk digunakan, writer plagiarism checker juga bisa kamu tambahkan sebagai ekstensi di Google Chrome

Plagiarisma

plagiarisma

Pilihan lain untuk kamu yang ingin mengecek tulisan atau dokumen agar bebas plagiat adalah Plagiarisma. Website ini mendukung lebih dari 190 bahasa sehingga cocok untuk digunakan di berbagai negara dengan berbagai bahasa. 

Plagiarisma mendukung berbagai format teks seperti TXT, DOC, XLS, dan lain sebagainya. Apabila terdapat kalimat plagiat pada teks yang diproses, website ini kaan menampilkannya dalam bentuk persentase. 

Dustball

dustball plagiarism checker

Apabila kamu mencari website cek plagiarisme yang sederhana, maka kamu bisa mengakses Dustball. Kamu bisa langsung mengetikkan atau menyalin teks di kolom yang tersedia dan langsung melakukan pengecekan plagiasi setelah kamu mengklik tombol Check the Paper

Karena layanan yang diberikan gratis, ada batasan yaitu hanya 1000 kata setiap harinya.

PlagScan

plagscan

Seperti website serupa lainnya, Plagscan menyediakan layanan cek plagiarisme secara online. Untuk mengecek keaslian dokumen atau tulisan, kamu bisa melakukannya hanya dalam beberapa klik saja. 

Meskipun target pengguna tool cek plagiarisme satu ini adalah orang-orang akademisi, tetapi kamu bisa menggunakan website ini untuk mengecek konten website atau blog sebelum kamu publikasikan. 

Kesimpulan

Sebenarnya, masih ada banyak website cek plagiarisme yang bisa kamu coba dan gunakan. Akan tetapi, semua website tersebut sebenarnya memiliki cara kerja yang sama. 

Pastikan kamu selalu membuat konten bebas duplikat sehingga konten kamu akan dinilai sebagai berkualitas terlebih jika digunakan untuk keperluan marketing dan optimasi website di mesin pencari.


Untuk kamu yang tidak mau repot membuat konten dan semua hal yang berhubungan dengan optimasi website di mesin pencari, mengapa tidak menggunakan layanan SEO? Exabytes dikenal sebagai salah penyedia jasa SEO Indonesia yang bisa dipercaya! Mulai sekarang!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments