Cara Download File Backup Website di cPanel Dengan Mudah

0
596

Ikuti panduan praktis ini untuk dengan mudah cara download file backup website di cPanel dengan mudah.

Melakukan  backup data secara berkala sangat diperlukan untuk mencegah kehilangan data secara permanen. Terlebih jika hal data tersebut berkaitan dengan website, maka penting sekali mengetahui bagaimana cara download file backup website di  cPanel dengan mudah.

Melakukan backup data bertujuan untuk jaga-jaga jika suatu saat terjadi masalah atau server mengalami kerusakan, hal itu bisa teratasi karena Anda memiliki salinannya. 

Meskipun layanan hosting bisa melakukan backup namun Anda tetap perlu melakukan backup sendiri untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Di bawah ini adalah tiga cara yang bisa Anda ikuti untuk backup file website di cPanel. 

Jenis-Jenis Backup

backup dan restore

Melakukan backup pada akun cPanel hosting bisa melalui tiga cara yaitu manual website backup, automatic full account backup, dan automatic home directory backup. 

Manual website backup merupakan fitur yang berfungsi untuk menyimpan file website yang relevan dan tidak akan mengunduh file lain sehingga ukuran file yang di backup kecil. 

Automatic full account backup merupakan fitur bawaan yang ada di dalam sistem cPanel. Fitur ini biasanya ada di CMS seperti home directory website, MySQL pengaturan DNS dan email. 

Automatic home direktori backup merupakan fitur yang memungkinkan Anda untuk memiliki file backup dengan ukuran kecil karena hasil unduhan hanya berupa file website dan email. 

Cara Download File Backup Website  cPanel

cara download file backup website di cpanel

Sebelum melakukan backup file pertama-tama Anda pastikan dulu telah memiliki akses ke cPanel dari akun layanan hosting

Manual Website Backup

Manual website backup mungkinkan Anda untuk melakukan backup file website dengan ukuran file yang kecil karena melalui perintah ini file yang disimpan hanya file yang benar-benar relevan saja. 

  • Untuk melakukan manual website backup pertama-tama Anda harus memilih letak file yang ingin di backup ketika proses dimulai
  • Selanjutnya pilihlah menu file manager yang ada di bagian member area
  • Melalui halaman utama pilih folder root yang ada di website Anda. Folder root merupakan tempat letak file website disimpan.

Biasanya file ini ada di bagian public_html jika website belum diinstal pada subdomain, addon domain atau sub folder

  • Berikutnya klik kanan di folder utama website dan pilih compres di menu popup yang muncul
  • Pilih dan klik compression type yang diinginkan. Selain itu di bagian ini Anda juga bisa mengedit nama file yang di backup
  • Jika sudah selesai klik tombol compress files
  • Tunggu sampai muncul popup yang menunjukkan status backup, jika sudah selesai maka Anda bisa menutup popup tersebut
  • Setelah menutup popup klik download file backup website agar pengunduhan dimulai

Automatic Full Account Backup

Automatic full account backup memungkinkan Anda untuk melakukan backup secara keseluruhan karena backup yang satu ini merupakan fitur bawaan yang ada di sistem cPanel. 

Hasil unduhan nantinya meliputi directory website, email, database MySQL, hingga pengaturan DNS. 

Jadi pilihan ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin mentransfer akun sepenuhnya karena akan berpindah ke layanan hosting lain menggunakan cPanel. 

Berikut ini adalah cara download file backup website  cPanel melalui automatic full account backup:

  • Masuk ke bagian member area hosting Anda lalu klik pada bagian kelola layanan
  • Carilah menu quick shortcut ke cPanel
  • Pada bagian ini pilih dan klik files
  • Setelah itu klik menu backup
  • Setelah masuk ke halaman berikutnya pilih dan klik tombol download a full account backup
  • Selanjutnya pilih dan klik home directory yang bisa Anda temukan pada menu drop down. Jika ingin mendapatkan notifikasi setelah proses pengunduhan selesai Anda bisa mengisi kolom email address
  • Selanjutnya pilih dan klik tombol generate backup
  • Jika proses sudah dimulai Anda akan melihat pesan bahwa proses backup sedang berlangsung. Untuk mengetahui apakah proses backup sudah selesai Anda bisa menekan tombol go back
  • Pada bagian backup available for download Anda dapat memeriksa nama file yang dicadangkan. Eksistensinya adalah .tar.gz diikuti dengan informasi mengenai waktu backup

Jika statusnya masih in progres maka bermakna bahwa proses backup belum selesai dan masih berlangsung

Automatic Home Direktori Backup

Selanjutnya kami akan membahas tentang cara download file backup website  cPanel melalui automatic home direktori backup. 

Automatic home direktori backup sangat cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan hasil download dengan ukuran file backup yang lebih kecil karena di dalamnya hanya berupa email dan file backup website. 

  • Melalui halaman cPanel Anda bisa memilih menu backup yang ada pada bagian files
  • Masuk ke halaman selanjutnya dan scroll ke bawah sampai pada menu partial backup
  • Pada bagian download a home directory backup Anda bisa menekan tombol home directory
  • Selanjutnya proses pengunduhan file backup website secara otomatis akan berlangsung
  • Tunggu sampai proses tersebut selesai dan Anda bisa memiliki file backup secara lengkap

Manfaat Melakukan Backup Website

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa melakukan backup file website biasanya bertujuan untuk jaga-jaga jika kedepannya ada masalah atau server mengalami kerusakan. 

backup dan restore pada vps

Selain itu ada beberapa manfaat lain melakukan backup website secara berkala  melalui cPanel. Berikut ini adalah beberapa manfaat backup file website. 

Mencegah Kehilangan Data

Melakukan backup file secara berkala bisa mencegah Anda kehilangan data akibat kesalahan teknis, serangan malware, maupun masalah yang tidak terduga lainnya. 

Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti kerusakan pada website yang Anda kelola maka Anda bisa memulihkan website tersebut melalui data backup dengan cara yang mudah. 

Mempermudah Proses Migrasi

Backup file website akan memudahkan Anda saat ingin berpindah dari satu server ke server lainnya. Dengan melakukan backup secara berkala maka Anda bisa memindahkan data dari server yang lama ke server yang baru dengan mudah dan cepat. 

Menjaga Keamanan Data

Melakukan backup file website secara rutin adalah salah satu langkah penting untuk menjaga keamanan data Anda. Terkadang sebagai manusia Anda secara tidak sengaja bisa melakukan kesalahan. 

Contohnya yaitu menghapus file yang penting tanpa disengaja. Backup yang dilakukan secara berkala memungkinkan Anda untuk mengatasi masalah tersebut dengan mengembalikan file yang hilang. 

Menyediakan Cadangan Data

Data backup yang sudah di download akan sangat berguna jika suatu saat dibutuhkan dalam kondisi mendesak. Karena memiliki cadangan data file website Anda tidak perlu khawatir terhadap kehilangan data yang penting. 

Memenuhi Syarat Regulasi

Ada beberapa organisasi maupun industri yang perlu memenuhi syarat regulasi tertentu untuk urusan pemulihan dan penyimpanan data. 

Dengan melakukan backup file website maka Anda bisa memenuhi persyaratan tersebut dan melakukan pemulihan data secara cepat. 

Dari panduan cara download file backup website di cPanel dengan mudah di atas, dapat disimpulkan bahwa melakukan backup data secara berkala sangat penting dalam menjaga keamanan dan keutuhan data website Anda. Backup data bertujuan untuk mencegah kehilangan data akibat masalah teknis, serangan malware, atau kesalahan tak terduga lainnya.

Penting untuk Melakukan Backup Website di cPanel!

Panduan ini menyajikan tiga cara yang dapat Anda ikuti untuk melakukan backup file website di cPanel, yaitu manual website backup, automatic full account backup, dan automatic home directory backup. 

Masing-masing cara memiliki kelebihan dan manfaatnya sendiri, tergantung pada kebutuhan dan preferensi pengguna.

Backup file website sangat penting karena dapat mempermudah proses migrasi ke server lain, menjaga keamanan data, menyediakan cadangan data dalam kondisi mendesak, serta memenuhi syarat regulasi tertentu untuk pemulihan dan penyimpanan data. 

Dengan melakukan backup secara rutin, Anda dapat merasa lebih aman dan siap menghadapi berbagai situasi darurat yang mungkin terjadi.

Pastikan Anda menyimpan file backup di tempat yang aman dan terlindung dari akses yang tidak sah. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah mengembalikan data website jika terjadi masalah atau kehilangan data.

Melalui panduan ini, Anda diharapkan dapat lebih memahami pentingnya melakukan backup data dan dapat melakukan proses download file backup website di cPanel dengan mudah untuk menjaga keamanan dan kelancaran bisnis atau proyek online Anda.

Jika Anda menggunakan layanan hosting cPanel dari Exabytes Indonesia dan tidak ada waktu untuk melakukan backup website, Anda bisa meminta bantuan technical support kami untuk melakukan backup secara rutin.

Apabila Anda belum menggunakan layanan hosting dari Exabytes, yuk segera migrasi hosting ke Exabytes karena layanan kami sudah memiliki sertifikat ISO 27001. Sertifikasi ini menandakan bahwa penyedia hosting telah mematuhi standar internasional dalam mengelola keamanan informasi dan data.

Selamat mencoba ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments