Artikel ini ditulis dengan asumsi bahwa kamu sudah memiliki hosting yang kamu beli dari Exabytes Indonesia karena beda perusahaan hosting, ada kemungkinan berbeda konfigurasi. Di Exabytes, kami menggunakan cPanel (sebagai Control Panel) karena telah digunakan oleh banyak pengguna web hosting dan karena sangat mudah digunakan.

Banyak dari penjual online di Facebook, Instagram atau Wix berkeinginan untuk memiliki website sendiri tanpa embel-embel merk lain seperti tokobaju.wix.com atau www.facebook.com/blog-cerita-anak/. Banyak keuntungan mempunyai website sendiri, diantaranya meningkatkan kepercayaan penjual kepada pembeli, meningkatkan nama brand dari barang atau jasa yang dijual dan yang paling penting 100% kontrol terhadap website atau blog.

Banyak dari para penjual toko online yang belum memiliki website atau blog sendiri dikarenakan sulitnya dan mahalnya membangun website atau blog. Pola pikir tersebut benar 5 tahun yang lalu. Saat ini sudah banyak sekali Content Management System (CMS) yang ditujukan untuk membantu orang-orang awam (non teknis) yang tidak memiliki kemampuan pemrograman web dalam membangun website atau blog mereka sendiri dengan cepat dalam hitungan menit.

Salah satu CMS untuk eCommerce adalah AbanteCart. Platform eCommerce gratis ini sudah banyak digunakan dan mempunyai tampilan yang sederhana sehingga tidak membingungkan untuk para pemula tetapi modern. Kamu bisa mencoba demo AbanteCart disini. Alternative lainnya kalau kamu tidak suka dengan AbanteCart adalah LiteCart. Ada lebih dari 30 eCommerce platform yang kami sediakan kalau ke 2 eCommerce itu tidak sesuai dengan keinginan kamu.

abante website
Halaman Abante Cart – Daftar Barang

Berikut step by step cara instalasi AbanteCart:

  1. Login cPanel
Baca Juga  8 Kesalahan Landing Page yang Menyebabkan Tingkat Konversi Rendah

Buka di browser kamu {nama domain}/cpanel. Misal tokobaju.com/cpanel. Setelah itu kamu akan menjumpai halaman ini.

cpanel login detail

  1. Masukkan username dan password

Setelah itu kamu akan melihat halaman ini.

cPanel dashboard

  1. Install Abantecart

Scroll ke bawah. Kamu akan menemukan kategori “SOFTACULOUS APPS INSTALLER” di bagian paling bawah. Kemudian klik “E-commerce”.

click e-commerce from softaculous

Kemudian pilih kategori E-commerce > klik AbentCart dan kamu akan melihat tampilan seperti dibawah ini. Kemudian klik “Install Now”

install Abante cart via Softaculous

Kemudian isi username dan password yang akan kamu gunakan untuk login AbanCart nantinya. Isikan juga email kamu di bagian “Email installation details to” supaya detail informasi mengenai instalasi ini dikirimkan ke email kamu setelah selesai instalasi AbanteCart.

AbanteCart installation

Setelah itu, klik “Install”. Proses instalasi selesai jika kamu sudah melihat halaman seperti dibawah ini.

AbanteCart installation complete

Gampang bukan? Nggak ada alasan nggak punya toko online sendiri karena alasan biaya atau kemampuan pemrograman web :). Selamat berjualan online!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here