Potensi Pasar Indonesia

E-commerce sales growth in Indonesia
Images from: microad.co.jp

Indonesia saat ini menjadi salah satu negara di Asia (bukan lagi sebatas Asia Tenggara) yang sejak beberapa tahun belakangan. Indonesia sebagai “Sexy Market” seperti gula yang menarik semut datang, berbagai investor dari belahan dunia berbondong-bondong mengucurkan dananya di berbagai sektor terutama di pasar online dengan perkiraan pada tahun 2020 sebesar 130 milyar dolar, setelah Cina dan India, dengan perkiraan pertumbuhan sekitar 50% pertahun.

Lihat saja Facebook. Rata-rata pengguna dari Indonesia sebesar 63 juta di tahun 2015 hanya dari perangkat mobile saja belum yang online dari desktop. Itulah mengapa pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, mau repot-report berkunjung ke Indonesia beberapa tahun yang lalu. Lihat juga raksasa e-commerce seperti Alibaba yang mengakuisisi Lazada, salah satu e-commerce terbesar di Asia Tenggara, dan perusahaan besar lainnya seperti GrabBike, Tokopedia, Zalora dan masih banyak lagi, yang di danai dari investor luar negeri.

Karena begitu besarnya potensi pasar di Indonesia, kamu harus mulai punya website karena biaya membuat usaha online jauh lebih murah dibandingkan usaha non-online karena kamu harus punya toko, punya barang dan sebagainya. Buat kamu yang sudah punya website, saatnya fokus supaya website kamu lebih dikenal dan perluasan pasar.

Berikut beberapa alasan lain supaya kamu termotivasi untuk berbisnis online sesegera mungkin.

Baca Juga  3 Aplikasi Foto & Video Editing untuk Pemasaran Media Sosial

Ide Usaha

Ide ada dimana-mana. Untuk cari ide, Google menjadi salah satu aset berharga. Kamu juga bisa cari ide di Amazon.com atau Alibaba. Kalau belum ketemu juga, coba cari di forum jual-beli kaskus atau kalau kamu hobi menulis, mulailah menulis tentang sesuatu yang kamu sukai. Aturan mendasar yang banyak dipakai orang ketika memulai usaha adalah “semakin banyak kompetitor, semakin besar potensi pasarnya”. Segerakan ide kamu sebelum didahului orang lain.

Website Builder

Website builder adalah suatu fitur yang bisa kamu jumpai saat kamu membeli hosting dari Exabytes Indonesia. Dengan fitur ini, kamu bisa membuat website hanya dalam hitungan menit! Ada banyak pilihan CMS (Content Management System) mulai dari website e-commerce, blog, forum, gallery (photo album, music atau video) hingga CRM (Customer Relationship Management) bisa kamu buat di hosting kami tanpa perlu keahlian khusus seperti programming. Jadi nggak ada lagi alasan nggak punya website karena tidak bisa programming, semua cuma tinggal klik saja. Ada ratusan pilihan CMS untuk semua kebutuhan website yang kamu inginkan.

Investor

Nggak punya modal? Jangan khawatir, kalau kamu bisa buktikan kalau rencana bisnis kamu akan menguntungkan, banyak investor diluar sana yang masih bingung mau mengucurkan dananya, dengan kata lain, kamu mempunyai peluang untuk mendapatkan pendanaan. Akan lebih mudah kalau website kamu sudah berjalan dan kamu bisa menunjukkan kepada calon investor kalau dari data, website kamu terus meningkat baik dari segi pengunjung atau transaksi. Ada beberapa cara untuk mendapatkan pendanaan, bisa dari Angle Investor, CSR (Corporate Social Responsibility) misalnya pinjaman modal Telkom bunga rendah, program pemerintah seperti Wirausahan Muda dari Kementrian Koperasi, lomba kewirausahaan yang sering diadakan setiap tahunnya dan masih banyak lagi. Jadi, setiap tahunnya selalu ada wirausahawan-wirausahawan muda yang baru hasil dari kegiatan tersebut.

Baca Juga  10 Ide Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dari Internet (Bagian 2)

Waktu

Meskipun terdengar mudah dan murah, membangun website yang menghasilkan uang tidak secepat membalikkan telapak tangan. Buat kita yang mau memulai dari kocek kantong sendiri, butuh berbulan-bulan untuk bisa dapat 1 pembeli pertama. Semakin lama kamu menunda untuk punya website, semakin lama kamu menunda untuk mendapatkan penghasilan. Selain itu, website dengan umur domain yang lebih lama, akan mempengaruhi posisi peringkat di mesin pencari. Domain yang dibeli di tahun 2000 akan lebih baik dari domain yang di beli pada tahun 2017. Jadi tunggu apa lagi, pesan domain sekarang!

Adapt or Die

Salah satu contohnya “Adaptasi atau Mati” adalah Taksi konvensional VS Taksi online. Pendapatan para pengemudi taksi konvensional saat ini menurun drastis, bahkan kabarnya lebih dari 50% dari sebelum ada taksi online seperti Uber, Grab dan Gojek. Di luar negeri, sudah banyak toko konvensional yang menyewa tempat di mall atau ruko terpaksa harus menutup usahanya karena tidak kompetitif lagi karena saat ini orang lebih suka berbelanja online. Oleh karena itu, buat kamu yang sudah punya usaha tetapi masih menganggap jualan online sebelah mata atau bahkan belum punya website, maka mulai sekarang fokuskan untuk membangun pasar dan pelanggan online sebelum terlambat.

Seperti komitmen yang selalu kami jaga “Grow Your Business Online”, kami ingin tumbuh dan sukses bersama para pelanggan kami. Jadi jangan tunggu lebih lama lagi, ayo bangun bisnis online!

Baca Juga  6 Jurus Social Media untuk Bisnis Kuliner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here