Cara Membangun Bisnis Digital Marketing Bagi Pemula

274
Ccara membangun bisnis digital marketing
11 min read

Digital marketing, online marketing, internet advertising…apapun sebutannya, memasarkan usaha kamu secara online adalah sesuatu hal yang besar sekarang ini. Bagaimanapun juga, penggunaan internet telah naik lebih dari dua kali lipat selama beberapa dekade belakangan ini dan perubahan ini telah secara masif mempengaruhi cara orang-orang membeli produk maupun melakukan interaksi bisnis secara umum.

Karena itu banyak orang yang mulai membangun bisnis digital marketing melihat prospek baik di masa akan mendatang. Jika kamu salah satu orang yang ingin membangun bisnis digital marketing, maka kamu harus membaca artikel ini.

Sebelum memulainya, kamu perlu mengetahui seluk beluk tentang digital marketing itu sendiri. Jadi, apakah definisi digital marketing? Digital marketing sama halnya dengan tipe pemasaran lainnya—yaitu sebuah cara untuk berhubungan dengan pelanggan dan meyakinkan pelanggan potensial kamu. Satu perbedaan yang jelas hanyalah, kamu melakukannya secara online.

Apa Itu Digital Marketing

Ilustrasi membangun bisnis digital marketing
Digital marketing kini bisa berada di “genggaman tanganmu.” (Sumber: Adobe Photo Images)

Pada dasarnya, digital marketing mengacu pada tiap upaya pemasaran dan aset pemasaran secara digital, yang membantu memperkenalkan orang dengan bisnismu dan meyakinkan mereka untuk melakukan pembelian (jasa atau produk kamu).

Jadi, apa saja kah upaya pemasaran dan aset pemasaran itu?

Upaya Pemasaran

Salah satu upaya atau strategi pemasaran yang populer saat ini adalah Search Engine Optimization (SEO) atau optimasi mesin pencarian, yaitu proses melakukan praktik terbaik agar memperoleh peringkat yang tinggi di algoritma mesin pencarian, yang akan menentukan seberapa atas urutan website atau situs bisnis kamu tertera di hasil pencarian.

Upaya lainnya yang serupa adalah Pemasaran di Sosial Media, perbedaannya dengan SEO hanyalah media yang digunakan, yaitu platform macam Facebook, Instagram atau Twitter. Diluar dari dua hal tersebut, tipe upaya atau strategi yang umum dilakukan, antara lain adalah Pemasaran Konten, Pemasaran lewat Email dan Pemasaran Afiliasi.

digital marketing, SEO
Upaya pemasaran yang ada saat ini sangat beragam pilihannya, mulai dari SEO, sosial media, dll. (Sumber: Adobe Photo Images)

Aset Pemasaran

Sementara itu, aset pemasaran meliputi:

  • Situs kamu, Aset Bermerek (termasuk logo, ikon, akronim, dll).
  • Konten Video (termasuk iklan video, demo produk, dll).
  • Gambar (termasuk infografis, foto produk, foto perusahaan, dll).
  • Konten Tertulis (termasuk posting blog, e-Book, deskripsi produk, testimonial, dll).
  • Produk atau Alat online (termasuk Software as a Service atau biasa disebut SaaS, kalkulator, konten interaktif, dll),
  • Ulasan (tentang bisnis dan produk kamu).

Persiapan Membangun Bisnis Digital Marketing

Nah, jika kamu sudah paham betul tentang apa itu digital marketing, upaya pemasaran dan aset pemasaran, lantas bagaimanakah cara membangun bisnis digital?

Kabar baiknya adalah, memulai digital marketing itu relatif mudah. Kebanyakan platform periklanan online itu dibuat sedemikian rupa agar gampang bagimu untuk mendaftar dan memulai usaha kamu.

Inti dari setiap digital marketing yang sukses, akan tetapi, bukanlah panduan. Terlepas dari strategi apa yang kamu pilih nantinya, inilah dua pertanyaan yang harus kamu tahu jawabannya sebelum memulai digital marketing:

Berapa Besar Modal Kamu? 

Untuk mengetahui seberapa besar modal yang perlu kamu keluarkan untuk digital marketing, kamu harus terlebih dahulu menentukan apa tujuan kamu. Caramu melakukan pendekatan untuk digital marketing bisa sedikit bervariasi, tergantung pada apakah tujuan akhir kamu adalah mendapatkan banyak klik; konversi atau prospek; penjualan; pendapatan; atau kah laba atas investasi (return on investment – ROI) tertentu.

Jika kamu benar-benar serius dalam hal ini, tujuan akhir dari setiap upaya pemasaran haruslah ROI. Lagi pula, jika pengeluaranmu untuk digital marketing tidak mampu menghasilkan pendapatan yang menguntungkan untuk bisnismu, apa gunanya memasarkannya secara online?

Klik dan bahkan konversi memang lah bagus, tapi perusahaan kamu tidak menghasilkan uang dari klik (pada kenyataannya, kamu justru mengeluarkan biaya untuk klik) atau konversi tersebut. Perusahaan itu pada dasarnya menghasilkan uang dari penjualan, bukan dari hal lain.

Dengan pemahaman tersebut, hal pertama yang perlu kamu tentukan sebelum memutuskan berapa besar anggaran digital marketing adalah memutuskan berapa banyak pendapatan yang ingin kamu hasilkan.

Setelah kamu mengetahuinya, kamu bisa menggunakan informasi tersebut untuk menentukan berapa banyak pengeluaran yang diperlukan untuk beriklan, guna mencapai target pendapatan tersebut.

Baca Juga  8 Kesalahan Digital Marketing yang Harus Kamu Hindari Beserta Tipsnya

Siapa Target Pelanggan dari Pemasaran Kamu?

Setelah kamu tahu berapa banyak uang yang ingin kamu hasilkan dari digital marketing, kamu perlu mengidentifikasi target pasar kamu. Ini penting, karena persona pelanggan yang berbeda memerlukan taktik pemasaran yang berbeda. Dan, yang lebih penting, persona pelanggan yang berbeda itu berarti bahwa mereka adalah jenis pelanggan yang juga berbeda.

Coba tebak? Jika kamu tidak memahami persona pelanggan kamu, maka kamu tidak akan bisa membuat strategi digital marketing yang efektif! 

Jika kamu memiliki tim penjualan, berkomunikasi dengan mereka bisa menjadi salah satu cara tercepat untuk memahami persona pelanggan dengan layak. Lagipula, merekalah yang paling sering berbicara dan berinteraksi dengan pelanggan, bukan?

Namun, kendati kamu telah berkomunikasi dengan tim penjualan kamu dan melakukan sedikit riset, hal ini tidaklah cukup untuk benar-benar mencapai tingkat detail yang kamu butuhkan untuk menyusun rencana digital marketing yang efektif. Untuk melakukan itu, kamu perlu menelepon dan menghubungi pelanggan kamu secara langsung.

Tanyakan bagaimana mereka menemukan kamu, mengapa mereka beralih ke kamu dan apa yang meyakinkan mereka untuk membayar kamu. Informasi ini akan memberimu banyak wawasan tentang proses pemasaran dan penjualan yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kinerja iklan dan memilih anggaran pemasaran yang tepat untuk kamu.

Cara Membangun Bisnis Digital Marketing

Strategi atau kampanye digital marketing adalah building blocks (hal-hal mendasar yang kamu kombinasikan untuk menciptakan sesuatu – untuk kasus ini yaitu bisnismu), dan tindakan dalam strategi digital marketing yang nantinya akan menggerakkanmu menuju tujuan akhir tertentu.

Misalkan, jika tujuan menyeluruh dari strategi digital marketing kamu adalah untuk menghasilkan lebih banyak prospek melalui sosial media, kamu bisa menjalankan kampanye digital marketing di Facebook, Instagram atau Twitter. Kamu bisa membagikan beberapa konten bisnis kamu, yang terjaga keamanannya, di sosial media tersebut, guna menghasilkan lebih banyak prospek lewat jalur tersebut.

Cara Membuat Strategi Digital Marketing

Bangun persona pembeli kamu

Pada dasarnya, kamu perlu menganalisis persona pasar kamu secara komprehensif. Kamu harus mengetahui lokasi, jenis kelamin, usia, pekerjaan, dan pendapatan pelanggan kamu. Selanjutnya kamu juga perlu mengetahui goals mereka, tantangan yang mereka hadapi, hobi dan ketertarikan mereka, serta apa yang jadi prioritas bagi mereka.

Identifikasi tujuan dan peralatan digital marketing yang diperlukan

Tujuan pemasaran kamu haruslah selalu dikaitkan dengan tujuan fundamental bisnis. Sementara itu, apapun tujuan digital marketing kamu, kamu harus dapat mengukur keberhasilan strategi ke depan dengan alat digital marketing yang tepat.

Evaluasi saluran dan aset digital yang kamu punya

Saat meninjau saluran dan aset digital marketing yang ada untuk menentukan apa yang harus dimasukkan ke dalam strategi kamu, sebaiknya pertimbangkan dulu gambaran besarnya – ini akan mencegahmu merasa kewalahan atau bingung.

Kumpulkan apa yang kamu miliki dan kategorikan setiap kendaraan atau aset dalam spreadsheet, jadi kamu punya gambaran yang jelas tentang media mana saja yang sudah menjadi milik, yang diperoleh dan yang berbayar.

Audit dan rencanakan kampanye media yang dimiliki

Inti dari digital marketing adalah media yang dimiliki – dan itu hampir selalu berbentuk konten. Hal ini karena hampir setiap pesan yang ditampilkan oleh merek kamu bisa dikategorikan sebagai konten, baik itu halaman situs About Us, deskripsi produk, posting blog, ebooks, infografis, podcast, atau postingan media sosial.

Konten membantu mengubah pengunjung situs web kamu menjadi prospek dan pelanggan, sambil meningkatkan kehadiran online merek kamu. Dan ketika konten ini dioptimalkan oleh SEO, ini dapat meningkatkan pencarian dan traffic organik kamu.

Apapun tujuan strategi digital marketing kamu, pasti kamu ingin memasukkan konten yang dimiliki. Untuk memulainya, tentukan konten apa yang akan membantumu mencapai tujuanmu.

Jika tujuanmu adalah menghasilkan 50% lebih banyak prospek melalui situs web dibandingkan tahun lalu, halaman About Us kemungkinan besar tidak akan disertakan dalam strategi kamu, kecuali jika halaman tersebut telah menjadi mesin penghasil prospek di masa lalu.

Audit dan planning juga kampanye media yang kamu peroleh

Mengevaluasi media yang kamu peroleh sebelumnya terhadap tujuan kamu saat ini bisa membantumu mendapatkan gambaran tentang di mana harus memfokuskan waktu kamu. Lihat dari mana traffic dan prospek kamu berasal (jika itu sasaran kamu) dan beri peringkat tiap sumber media yang diperoleh dari yang paling efektif hingga paling tidak efektif.

Kamu mungkin menemukan bahwa artikel tertentu yang kamu kontribusikan ke industri pers ternyata mendorong banyak traffic berkualitas ke situs web kamu, yang meningkatkan konversi. Atau, kamu mungkin mendapati bahwa LinkedIn adalah tempat orang kebanyakan untuk berbagi konten, yang meningkatkan traffic.

Idenya adalah untuk membangun gambaran tentang jenis media yang diperoleh yang akan membantu kamu mencapai tujuan kamu (dan apa yang tidak) berdasarkan data historis. Namun, jika ada sesuatu yang baru yang ingin kamu coba, jangan mengesampingkannya hanya karena hal itu belum pernah dilakukan sebelumnya oleh orang lain.

Baca Juga  Mengapa Digital Marketing Sangat Penting Bagi UMKM?


Jangan lupa audit dan rencanakan kampanye media berbayar milikmu

Proses ini melibatkan banyak proses yang berulang: kamu perlu mengevaluasi media berbayar kamu yang ada di setiap platform (misalnya Google AdWords, Facebook, Twitter, dan lainnya.), untuk mencari tahu apa yang paling mungkin membantumu memenuhi tujuan kamu saat ini.

Jika kamu telah mengeluarkan banyak uang untuk AdWords dan belum melihat hasil yang kamu harapkan, mungkin inilah saatnya untuk menyempurnakan tipe pendekatan kamu, atau membatalkannya sama sekali dan fokus pada platform lain saja, yang tampaknya bisa memberikan hasil yang lebih baik.

Di akhir proses, kamu harus memiliki gagasan yang jelas tentang platform media berbayar mana yang ingin kamu terus gunakan, dan mana (jika ada) yang ingin kamu hilangkan dari strategi kamu.

Satukan kampanye digital marketing kamu

Kamu telah melakukan perencanaan dan penelitian, dan sekarang kamu memiliki visi yang kuat tentang elemen-elemen yang akan membentuk strategi digital marketing kamu. Untuk meninjau itu, hal inilah yang harus kamu perkuat:

  • Profil jelas persona pembeli kamu
  • Satu atau beberapa sasaran khusus digital marketing
  • Inventaris media yang dimiliki, diperoleh, dan berbayar kamu yang ada saat ini
  • Audit media yang dimiliki, diperoleh, dan berbayar kamu yang ada saat ini
  • Rencana pembuatan konten atau daftar keinginan yang kamu miliki

Sekarang saatnya menyatukan semua ini untuk membentuk dokumen strategi pemasaran yang kohesif. Dokumen strategi harus memetakan rangkaian tindakan yang akan kamu lakukan untuk mencapai tujuanmu, berdasarkan penelitian yang kamu lakukan hingga saat ini.

Template Strategi Digital Marketing

rencana strategi, digital marketing
Bagaimana rencana strategi digital marketing yang jadi pilihanmu? (Sumber: Adobe Photo Images)

Meskipun spreadsheet dapat menjadi format yang efisien untuk memetakan strategi digital marketing kamu, pendekatan dengan cara ini bisa dengan cepat jadi berantakan dan membebanimu.

Untuk merencanakan strategi jangka panjang – biasanya antara 6 sampai 12 bulan, kamu memerlukan dokumen strategi digital marketing yang handal. Tapi, dari mana kamu memulainya?

Buatlah rencana tahunan, sehingga kamu dapat mengatur dan menentukan kapan kamu dan tim kamu akan melakukan tiap tindakan. Sebagai contoh:

  • Di bulan Januari, kamu akan memulai blog yang akan terus diperbarui seminggu sekali, di sepanjang tahun.
  • Di bulan Maret, kamu akan meluncurkan eBook baru, disertai dengan promosi berbayar.
  • Di bulan Juli, kamu akan mempersiapkan bulan bisnis terbesar kamu – apa yang ingin kamu amati pada saat ini yang akan mempengaruhi konten yang kamu untuk mendukungnya?
  • Di bulan September, kamu akan fokus pada perolehan media dalam bentuk PR, guna mengarahkan tugas tambahan selama persiapan.

Pendekatan ini memberikan garis waktu yang terstruktur untuk aktivitasmu, yang akan membantu dalam mengkomunikasikan rencana di antara para rekan kerja.

Dokumen strategi yang kamu miliki akan bersifat sangat personal untuk bisnismu, itulah sebabnya hampir tidak mungkin bagi kami untuk membuat satu macam template strategi digital marketing yang cocok untuk semua kalangan.

Ingat, tujuan dokumen strategi adalah untuk memetakan tindakan yang akan kamu lakukan untuk mencapai tujuan kamu selama periode waktu tertentu – selama dokumen tersebut mampu mengkomunikasikan hal itu, maka kamu telah membuat dasar-dasar pembuatan strategi digital marketing yang baik.

Penutup

Selesai sudah panduan dari Exabytes untuk cara membangun bisnis digital marketing bagi pemula. Semoga dari artikel ini membuat kamu merasa yakin dan siap untuk berkecimpung di bisnis digital marketing. Meskipun masih pemula tapi bukan berarti nggak mungkin lho.

Jika kamu saat ini membutuhkan jasa digital marketing, jasa SEO, Google Ads atau Facebook Ads bisa mengunjungi Exabytes Indonesia sekarang. Atau bila kamu ingin mendapatkan insight menarik seputar digital marketing khususnya untuk UMKM di Indonesia, boleh banget ikutan SME DigitalFest 2021.

SME DigitalFest 2021

SME DigitalFest 2021 merupakan event tahunan Exabytes dimana akan hadir para pakar yang berkompeten yang akan membagikan tren, strategi hingga solusi transformasi digital khususnya bidang digital marketing yang cocok untuk UMKM. Jangan lupa daftar SME DigitalFest 2021 ya pada tanggal 31 Juli mendatang!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments