9 Cara Membuat Facebook Ads untuk Bisnismu, Mudah dan Cepat!

0
2335

Beriklan di Facebook merupakan salah satu cara untuk mempromosikan dan memasarkan brand atau produk. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mencapai tujuan bisnis. Sudah tahu cara membuat Facebook Ads?

Bagi kamu yang tertarik untuk membuat Facebook Ads, simak informasinya berikut ini.

Sekilas tentang Facebook Ads

Mengenal apa itu facebook ads
Facebook Ads memungkinkan kamu menjangkau lebih banyak audiens dan mencapai tujuan bisnis yang ditentukan. (Sumber: shutterstock)

Apa itu Facebook Ads? Jika dilihat dari namanya, kita bisa menyimpulkan kalau Facebook Ads adalah media iklan melalui platform Facebook. Artinya, target audiens dari iklan atau ads tersebut adalah para pengguna Facebook. Adapun untuk penempatannya, umumnya berada di beranda atau sidebar.

Facebook mempunyai beberapa kategori ads berdasarkan tujuannya yaitu traffic, impression, lead, dan lain sebagainnya.

Jika ini kali pertama kamu tahu kalau Facebook Ads bisa membantu bisnis untuk berkembang melalui audiens yang lebih luas, yuk coba belajar Facebook Ads mulai dari sekarang.

Kelebihan Facebook Ads

Platform media sosial menjadi salah satu tempat atau media beriklan yang efektif. Mungkin ini juga yang menjadi salah satu alasan yang mendasari kenapa saat ini banyak perusahaan yang menawarkan layanan Facebook Ads

Tingginya peminat jenis iklan tersebut tentunya membuat perusahaan digital marketing melihat hal tersebut sebagai kesempatan untuk menawarkan layanan jasa beriklan di Facebook.

Sebenarnya, setiap pebisnis atau marketer memiliki kebebasan dalam menentukan keputusan beriklan di Facebook. Mereka bisa menjalankan iklan sendiri atau dengan menyewa layanan untuk kebutuhan tersebut. Semua tentunya kembali pada kebutuhan masing-masing, bukan?

Berbicara tentang Facebook Ads, pastinya kamu penasaran kenapa media beriklan secara digital satu ini banyak diminati. Berikut adalah beberapa kelebihan dari Facebook Ads:

Jumlah Pengguna Aktif yang Tinggi

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Facebook Ads kenyataan kalau platform media sosial Facebook memiliki jumlah pengguna aktif yang tinggi. Di Indonesia sendiri, Facebook masuk dalam daftar lima besar media sosial yang paling sering digunakan.

Ini tentunya menjadi peluang bagi para pebisnis atau marketer untuk mengiklankan serta mempromosikan produk atau jasa mereka agar sampai kepada audiens yang lebih banyak.

Penargetan yang Efektif

Dalam memasarkan dan mempromosikan sebuah brand atau produk, seorang pebisnis atau marketer tentunya harus memiliki target baik itu target audiens maupun target yang hendak dicapai melalui strategi marketing yang mereka terapkan. Ternyata, iklan di Facebook bisa kamu sesuaikan berdasarkan target bisnis.

Target tersebut bisa kamu buat sesuai usia, jenis kelamin, lokasi, minat, dan lainnya. Dengan begitu, iklan akan lebih efektif karena memang dibuat sesuai dengan pasar yang lebih spesifik. Belum pernah mencoba Facebook Ads sebelumnya?

Mendukung Jangkauan Organik Facebook

Sudah punya fanpage bisnis di Facebook dengan jumlah follower yang banyak tetapi masih sepi pengunjung? Mungkin kamu belum tahu kalau Facebook menerapkan sistem timeline non liner. Hal tersebut dapat menyebabkan followers terlambat atau bahkan sama sekali tidak melihat penawaran menarik yang kamu bagikan di fanpage tersebut.

Guna mendukung jangkauan organik Facebook agar promosi berjalan lebih efektif dan maksimal, kamu perlu memanfaatkan Facebook Ads. 

Efektif untuk Berbagai Tujuan Marketing

Saat ingin memaksimalkan hasil dari digital marketing yang dibuat, berapa banyak strategi yang sudah kamu lakukan? Jika belum memanfaatkan keberadaan dan popularitas Facebook sebagai media sosial, kamu bisa mencoba peruntungan dari iklan Facebook. 

Ternyata, Facebook Ads dinilai efektif untuk mencapai tujuan marketing sebuah bisnis atau perusahaan. Ini tentunya semakin menambah deretan manfaat beriklan di Facebook yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

Biaya yang Terjangkau

Pada dasarnya, setiap pengusaha atau pebisnis ingin mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dengan pengeluaran yang seminimal mungkin. Jika kamu berfokus pada pemasaran secara digital, Facebook Ads menawarkan biaya yang terjangkau. 

Bahkan channel iklan satu ini dinilai lebih murah dibandingkan channel lainnya. Hanya dengan Rp 10 ribu pun, kamu bisa beriklan melalui Facebook Ads.

Selain itu, ada juga fitur pengoptimalan anggaran iklan. Meski memiliki budget yang terbatas, pengguna Facebook Ads tetap bisa memaksimalkan jangkauan iklan. Dengan pengalaman dan keahlian dalam memilih audiens, Facebook menawarkan harga atau biaya iklan yang sangat terjangkau.

Kenali juga perbedaaan Google Ads vs Facebook Ads agar bisa tahu kenapa kamu perlu Facebook Ads meski sudah menjalankan Google Ads sebagai salah satu cara memasarkan produk online.

Cara Membuat Facebook Ads

Cara membuat facebook ads
Membuat Facebook Ads itu mudah dan cepat. (Sumber: shutterstock)

Di Facebook, pengiklan bisa memilih jenis Facebook Ads yang sesuai dengan tujuan mereka. Tetapi, bagaimana cara membuat Facebook Ads agar nantinya bisa tepat sasaran?

Nah, berikut adalah langkah-langkah serta cara membuat Facebook Ads yang bisa mulai kamu pelajari agar nantinya bisa segera menjalankan iklan di platform sosmed satu ini:

Membuat Halaman Facebook

9 Cara Membuat Facebook Ads untuk Bisnismu, Mudah dan Cepat! - 2024

Jika sebelumnya bisnis atau perusahaan kamu belum memiliki page, maka terlebih dahulu harus membuatnya. Pastikan kamu login menggunakan akun yang akan digunakan untuk kebutuhan pemasaran dan promosi. Pilih menu halaman dan buat halaman baru.

Isi semua data yang diperlukan dan kemudian klik tombol Lanjutkan. Jika sudah, maka kamu sudah bisa membuat iklan sesuai kebutuhan bisnis. 

Buat Profil Melalui Facebook Ads Manager

Cara membuat Facebook Ads satu ini harus kamu lakukan. Agar bisa membuat profil, kamu harus membuka Facebook Ads manager. Caranya tergolong mudah yaitu mencari tombol Create pada halaman manager yang biasanya ada di bagian atas kiri laman.

Buat dan Tentukan Ads Campaign

9 Cara Membuat Facebook Ads untuk Bisnismu, Mudah dan Cepat! - 2024

Kampanye (campaign) apa yang hendak kamu buat? Dalam praktiknya, cara membuat Facebook Ads ada tiga yaitu campaign, ad, dan ad set. Campaign diperuntukan bagi kamu yang memiliki tujuan iklan yang spesifik. Dimana setiap campaign bisa berisikan satu atau beberapa ad sets.

Ad sets bisa terdiri dari lebih dari satu target audiens. Misalnya, ad set 1 berisikan audiens yang tinggal di Jakarta dan ad set 2 di kota lain misalnya Surabaya. Kemudian, untuk setiap iklan itu sendiri, kamu bisa menambahkan gambar, teks, atau tautan yang berbeda. 

Pilih Tujuan (Objective)

9 Cara Membuat Facebook Ads untuk Bisnismu, Mudah dan Cepat! - 2024

Langkah selanjutnya dalam membuat Facebook Ads adalah menentukan tujuan dimana ada sekitar 11 objectives yang bisa kamu pilih. Jadi pengiklan bisa memilih brand awareness, website traffic, reach, app installs, video views, conversions, catalog sales, engagement, lead generation, dan store traffic.

Nah, kira-kira, tujuan apa yang ingin kamu capai dengan beriklan di Facebook? Misalnya, untuk bisnis yang baru jalan, kamu perlu memperkenalkan brand atau produk kepada lebih banyak audiens. 

Dalam hal ini, objective yang sesuai adalah brand awareness. Namun, jika kamu ingin memiliki lebih banyak pengunjung website, kamu bisa memilih website traffic.

Setiap pilihan objective hadir untuk tujuan iklan yang hendak pengiklan capai.

Pilih Audiens

9 Cara Membuat Facebook Ads untuk Bisnismu, Mudah dan Cepat! - 2024

Lanjutkan dengan langkah berikutnya yaitu memilih audiens. Kesuksesan dalam beriklan di Facebook juga ditentukan oleh pemilihan audiens. Jika baru memulai iklan, tidak ada salahnya untuk bereksperimen agar tahu audiens seperti apa yang nantinya akan lebih cocok dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Jika ingin segera menjalankan iklan dengan peluang hasil yang optimal, mengapa tidak memanfatkan audience definition gauge? Yaitu alat yang akan membantu kamu menentukan audiens yang lebih potensial untuk menjadi target audiens bisnismu.

Pada umumnya, Facebook menggunakan menentukan audiens melalui beberapa hal yaitu tempat tinggal, bahasa, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, status, kondisi finansial, generasi, etnis, ketertarikan, perilaku, dan life events.

Bagi kamu yang sudah tahu seperti apa target yang tepat yaitu hanya orang-orang tertentu saja, kamu bisa menggunakan custom audiens. Sebagai sumber, kamu bisa menggunakan database perusahaan yang sudah ada.

Tentukan Ad Set

9 Cara Membuat Facebook Ads untuk Bisnismu, Mudah dan Cepat! - 2024

Ad set atau set iklan juga harus kamu tentukan. Di bagian tersebut , kamu bisa memilih tempat kamu ingin mendorong traffic jika pada objective kamu memilih website traffic.

Tentukan Anggaran (Budget)

9 Cara Membuat Facebook Ads untuk Bisnismu, Mudah dan Cepat! - 2024

Cara dan langkah membuat iklan di Facebook selanjutnya adalah menentukan anggaran atau budget. Setiap pengiklan termasuk kamu bisa menentukan apakah hendak menggunakan daily budget atau lifetime budget

Daily budget adalah budget iklan yang harus kamu keluarkan per hari. Sementara lifetime budget adalah budget yang bisa kamu sesuaikan dengan waktu tayang iklan. 

Buat Ads

9 Cara Membuat Facebook Ads untuk Bisnismu, Mudah dan Cepat! - 2024

Jika semua langkah diatas sudah dilakukan, kini saatnya untuk membuat ads atau iklan. Pengisian objective, audience, dan budget adalah untuk mempermudah dalam membuat iklan. Ingin membuat iklan link atau carousel?

Lakukan Pembayaran

9 Cara Membuat Facebook Ads untuk Bisnismu, Mudah dan Cepat! - 2024

Agar iklan di Facebook bisa berjalan sesuai tujuan dan kebutuhan, jangan sampai kamu melewatkan langkah penting ini. Ya, pembayaran merupakan langkah akhir dari cara membuat Facebook Ads yang harus kamu lakukan. Masukkan informasi yang diminta dengan benar dan kemudian pilih Lanjutkan.

Kesimpulan

Cara membuat Facebook Ads bisa kamu pelajari dengan mudah. Dengan begitu, kamu bisa segera beriklan dan menjangkau audiens yang sudah ditargetkan guna mencapai tujuan bisnis baik itu brand awareness, traffic, sales, atau lainnya. 

Perlu profesional dalam membuat dan mengatur kebutuhan iklan di Facebook? Tidak perlu khawatir karena Exabytes menawarkan jasa Facebook Ads yang bisa kamu pilih kapan saja. Jadi, iklan bisa berjalan tanpa mengharuskan kamu menghabiskan tenaga, energi, dan waktu untuk mengatur setiap langkah dalam pembuatan iklan di Facebook.

Tunggu apalagi? Hubungi Exabytes sekarang juga dan dapatkan hasil maksimal dari promosi dan iklan di platform media sosial pilihanmu!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments