12+ Command Perintah Linux Yang Berguna dan Fungsinya Yang Harus Kamu Ketahui

0
2283

Command atau perintah adalah sebuah instruksi yang diberikan kepada sistem operasi untuk menjalankan suatu tugas atau aktivitas tertentu. Di sistem operasi Linux, Anda dapat menggunakan command line atau terminal untuk menjalankan berbagai macam perintah yang tersedia. 

Di command line tersebut Anda bisa menggunakan perintah tertentu untuk melakukan berbagai macam tugas, seperti menjalankan program, mengakses file dan folder, mengelola proses, dan lain sebagainya.

Beberapa contoh perintah Linux yang sering digunakan adalah ls yang digunakan untuk melihat daftar file, membuat daftar dan folder di direktori yang sedang dibuka, sedangkan cd untuk mengubah direktori dan masih banyak perintah lainnya.

Selain ls dan cd, kami akan jelaskan beberapa command perintah linux yang berguna bagi pengguna sistem operasi linux.

Command Perintah Linux yang Berguna Bagi Pengguna Linux

Command perintah linux yang berguna

Command perintah linux yang berguna di bawah ini sering digunakan oleh pengguna linux, jadi untuk Anda yang sekarang sedang membiasakan diri dengan sistem operasi linux wajib tahu nih 50 command perintah yang berguna ini.

Perintah ls di Linux

Perintah ls di Linux adalah perintah yang digunakan untuk menampilkan daftar file dan direktori di dalam direktori yang sedang dibuka. Dengan menggunakan perintah ini, Anda dapat melihat nama-nama file dan direktori yang ada di dalam direktori yang sedang Anda akses.

Di samping itu, perintah ls juga memiliki banyak opsi yang dapat memodifikasi bagaimana daftar file dan direktori ditampilkan. Misalnya, Anda dapat menggunakan opsi –l untuk menampilkan informasi lengkap tentang setiap file dan direktori, seperti hak akses, ukuran file, dan tanggal pembuatan. 

12+ Command Perintah Linux Yang Berguna dan Fungsinya Yang Harus Kamu Ketahui - 2024

Anda juga dapat menggunakan opsi –a untuk menampilkan file yang biasanya tersembunyi, seperti file yang namanya dimulai dengan tanda titik (.).

Baca juga: Perintah SSH Linux untuk Mengelola VPS

Di samping itu, perintah ls juga dapat digunakan bersama dengan nama direktori lain sebagai argumen, sehingga Anda dapat menampilkan daftar file dan direktori di dalam direktori tersebut. Misalnya, ls /etc akan menampilkan daftar file dan direktori di dalam direktori /etc.

Perintah pwd di Linux

Perintah pwd (stands for “print working directory“) adalah perintah yang digunakan untuk menampilkan nama direktori aktual atau tempat Anda sedang berada di dalam file system. Perintah berguna jika Anda ingin tahu di mana Anda sedang berada di dalam filesystem, atau jika Anda ingin menggunakan path absolut saat menjalankan perintah lain.

Perintah pwd tidak memiliki opsi atau argumen tambahan. Anda hanya perlu mengetikkan pwd di terminal dan tekan enter untuk menjalankannya. Setelah perintah ini dijalankan, nama direktori aktual akan ditampilkan di terminal.

command perintah linux yang berguna

Perintah cd di Linux

Perintah cd di Linux adalah perintah yang digunakan untuk menavigasi direktori di terminal. Dengan menggunakan perintah ini, Anda dapat berpindah ke direktori lain di dalam filesystem untuk menjalankan perintah lain atau untuk mengakses file dan direktori di dalam direktori tersebut.

Perintah mkdir di Linux

Perintah mkdir (“make directory“) adalah perintah yang digunakan untuk membuat direktori baru di dalam filesystem. Anda dapat menggunakan perintah ini dengan menyertakan nama direktori yang ingin dibuat sebagai argumennya. Misalnya, mkdir exabytes akan membuat direktori baru bernama exabytes di direktori tersebut.

Perintah cp di Linux

Perintah cp (“copy“) adalah perintah yang digunakan untuk menyalin file atau direktori dari satu lokasi ke lokasi lain. Anda dapat menggunakan perintah ini dengan menyertakan nama file atau direktori sumber dan nama file atau direktori tujuan sebagai argumennya.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Linux

Misalnya, cp file1.txt file2.txt akan menyalin file file1.txt ke file file2.txt, sedangkan cp -r dir1 dir2 akan menyalin direktori dir1 ke direktori dir2, termasuk semua file dan direktori di dalamnya.

Perintah mp di Linux

Perintah mv ( move“) adalah perintah yang digunakan untuk memindahkan file atau direktori dari satu lokasi ke lokasi lain. Ini mirip dengan perintah cp, namun perintah mv akan menghapus file atau direktori sumber setelah disalin ke lokasi tujuan.

Perintah rm di Linux

Perintah rm (“remove”) adalah perintah yang digunakan untuk menghapus file atau direktori dari filesystem. Anda dapat menggunakan perintah ini dengan menyertakan nama file atau direktori yang ingin dihapus sebagai argumennya. 

Perintah Touch di Linux

Perintah touch adalah perintah yang digunakan untuk membuat file baru atau mengubah tanggal modifikasi file yang sudah ada. Jika file yang ditentukan dalam perintah ini tidak ada, maka touch akan membuat file baru dengan nama tersebut. 

Perintah ln di Linux

Perintah ln (“link”) adalah perintah yang digunakan untuk membuat symbolic link atau hard link di dalam filesystem. Symbolic link adalah file yang merujuk ke file atau direktori lain di dalam filesystem, sedangkan hard link adalah file yang merujuk ke inode file yang sama di dalam filesystem.

Perintah cat di Linux

Perintah cat (stands for “concatenate”) adalah perintah yang digunakan untuk menampilkan isi file di terminal atau menggabungkan beberapa file menjadi satu. Anda dapat menggunakan perintah ini dengan menyertakan nama file yang ingin ditampilkan sebagai argumennya. 

Misalnya, cat file.txt akan menampilkan isi file bernama file.txt di terminal.

Perintah echo di Linux

Perintah echo adalah perintah yang digunakan untuk menampilkan string atau variabel ke terminal. Anda dapat menggunakan perintah ini dengan menyertakan string yang ingin ditampilkan sebagai argumennya. Misalnya, echo “Exabytes, Indonesia!” akan menampilkan string “Exabytes, Indonesia!” di terminal.

command perintah linux yang berguna

Perintah less di Linux

Perintah less adalah perintah yang digunakan untuk menampilkan isi file secara paginated di terminal. Ini berguna jika file terlalu besar untuk ditampilkan sekaligus di terminal, sehingga Anda dapat menelusuri isi file secara per page.

Perintah uname di Linux

Perintah uname adalah perintah yang digunakan untuk menampilkan informasi sistem operasi di Linux. Anda dapat menggunakan perintah ini dengan menyertakan opsi yang menentukan informasi apa yang ingin ditampilkan.

Perintah whoami di Linux

Perintah whoami adalah perintah yang digunakan untuk menampilkan nama user yang sedang login di sistem. Perintah ini berguna untuk mengetahui nama user yang sedang aktif saat ini atau untuk memverifikasi user yang sedang login di sistem.

Anda dapat menjalankan perintah whoami dengan mengetikkan whoami di terminal dan menekan tombol enter. Perintah ini tidak memiliki opsi tambahan.

Misalnya, komputer yang kami gunakan sedang login ke sistem dengan nama user eriga, maka perintah whoami akan menampilkan eriga. 

12+ Command Perintah Linux Yang Berguna dan Fungsinya Yang Harus Kamu Ketahui - 2024

Perintah man di Linux

Perintah man ( “manual“) adalah perintah yang digunakan untuk menampilkan manual pages dari perintah atau library di Linux. Manual pages merupakan dokumentasi dari perintah atau library yang menjelaskan cara menggunakan perintah tersebut dan opsi yang tersedia.

Anda dapat menggunakan perintah man dengan menyertakan nama perintah atau library yang ingin ditampilkan manual pages-nya sebagai argumennya. Misalnya, man ls akan menampilkan manual pages dari perintah ls,

12+ Command Perintah Linux Yang Berguna dan Fungsinya Yang Harus Kamu Ketahui - 2024

Perintah Linux Lainnya

Beberapa perintah lainnya yang berguna untuk pengguna linux adalah sebagai berikut:

  • tar – Perintah untuk mengekstrak dan mengkompres file di Linux
  • grep – Cari string di dalam output
  • head – Mengembalikan jumlah garis yang ditentukan dari atas
  • ekor – Mengembalikan jumlah garis yang ditentukan dari bawah
  • diff – Temukan perbedaan antara dua file
  • cmp – Memungkinkan Anda untuk memeriksa apakah dua file identik
  • comm – Menggabungkan fungsionalitas diff dan cmp
  • sort – Perintah Linux untuk mengurutkan konten file
  • ekspor – Ekspor variabel
  • zip – File zip di Linux
  • unzip – Buka zip file di Linux
  • ssh – Perintah Secure Shell di Linux
  • service – Perintah Linux untuk memulai dan menghentikan layanan
  • ps – Menampilkan proses aktif
  • df – Menampilkan informasi sistem file disk
  • mount – Pasang sistem file di Linux
  • chmod – Perintah untuk mengubah izin file
  • chown – Perintah untuk memberikan kepemilikan file atau folder
  • ifconfig – Menampilkan antarmuka jaringan dan alamat IP
  • traceroute – Lacak semua lompatan jaringan untuk mencapai tujuan
  • wget – Unduh langsung file dari internet
  • ufw – Perintah firewall
  • iptables – Firewall dasar untuk semua utilitas firewall lainnya untuk berinteraksi
  • sudo – Perintah untuk meningkatkan hak istimewa di Linux
  • cal – Melihat kalender baris perintah
  • alias – Buat pintasan khusus untuk perintah yang biasa Anda gunakan
  • dd – Sebagian besar digunakan untuk membuat stik USB yang dapat di-boot
  • whereis – Temukan halaman biner, sumber, dan manual untuk sebuah perintah
  • whatis – Temukan untuk apa perintah digunakan
  • top – Melihat proses aktif secara langsung dengan penggunaan sistemnya
  • passwd – Buat atau perbarui kata sandi untuk pengguna yang ada

Detail penjelasan tentang perintah di atas bisa Anda temukan dengan menggunakan perintah man, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Penutup

Itulah beberapa command perintah linux yang berguna bagi pengguna sistem operasi linux. Semoga artikel ini bisa menjadi sesuatu yang Anda rujuk ketika diperlukan.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dinilai bermanfaat.

Selamat mencoba ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments