Cara Membuat Menu & Sub Menu di WordPress [Terlengkap]

0
3887

Apakah Anda ingin membuat menu dan sub menu lalu menambahkannya ke website WordPress Anda? Anda berada di artikel yang tepat, karena di artikel ini akan dijelaskan secara detail tentang cara membuat menu di WordPress dan cara membuat sub menu di WordPress.

Cara membuat menu di WordPress dan cara membuat sub menu di WordPress yang akan dijelaskan ini cukup mudah. Bahkan tidak hanya menambahkannya saja, Anda bisa dengan mudah mengatur maupun mengubah menu sesuai dengan kebutuhan. Karena WordPress adalah salah satu CMS yang paling mudah digunakan, terbukti dengan banyaknya jumlah pengguna yang menggunakannya.

Cara membuat menu di WordPress dan cara membuat sub menu di WordPress ini hanya memerlukan beberapa persiapan saja, seperti memahami menu apa saja yang akan Anda buat. Nah, di artikel ini kami akan memandu Anda membuat menu di WordPress dengan mudah.

Yuk simak pembahasan cara membuat menu dan cara membuat sub menu di WordPress!

Mengapa Membuat Menu & Submenu di WordPress Sangat Penting?

CMS WordPress hadir dengan sistem manajemen menu bawaan yang bisa memungkinkan Anda menambahkan menu dan submenu sebagai navigasi yang mempermudah pengunjung website Anda, Menu tersebut merupakan tautan yang terhubung ke halaman tertentu.

Menu biasanya muncul di bagian atas setelah header yang berisikan sebuah logo website atau terkadang muncul juga di bagian atas header sebelum logo dengan susunan baris menu horizontal.

Cara Membuat Menu & Sub Menu di WordPress [Terlengkap] - 2024
Contoh menu pada website

Keberadaan menu pada sebuah website sangat penting yaitu untuk mempermudah pengunjung website dalam menemukan kategori yang sedang ia cari, tanpa harus bersusah payah mencarinya.

Berdasarkan hal tersebut kami memutuskan untuk membuat pembahasan tentang cara membuat menu dan cara membuat sub menu di WordPress. Jadi simak sampai selesai ya!

Jika Anda membuat blog atau halaman website hanya dengan beberapa halaman saja, maka Anda dapat menambahkan menu dalam satu baris saja tanpa adanya submenu.

Berbeda jika Anda membuat website gratis yang memiliki banyak halaman/kategori, Anda perlu menambahkan submenu.

Manfaat Menggunakan Menu dan Sub Menu Pada Website

Tentu saja adanya menu dan sub menu dapat memberikan manfaat tersendiri untuk sebuah website.

Apa aja? Berikut beberapa di antaranya:

Mendapatkan Sitelink dengan Cepat

Sitelink adalah hyperlink yang menghubungkan beberapa halaman dari website Anda dan dimunculkan di bawah daftar Google, manfaat dari sitelink ini adalah dapat mempermudah pengguna menavigasi situs website.

Sitelink tersebut menunjukkan bahwa konten yang kita buat telah disukai mesin pencari. Biasanya, mesin pencari akan memberikan sitelink pada halaman yang saling memiliki relevansi. Berikut merupakan contoh sitelink:

Mendapatkan Sitelink dengan Cepat

Adanya menu dan submenu dapat mempercepat peluang Anda mendapatkan sitelink, karena sebagian dari beberapa sitelink tersebut biasanya berasal dari menu dan submenu website yang Anda buat.

Website Menjadi Lebih Profesional

Kenapa bisa dinilai sebagai website yang profesional? Karena dengan menambahkan menu dan submenu, susunan konten di dalamnya tersusun dengan sangat rapi. Pengunjung website Anda pun akan lebih mudah mengakses konten.

Bahkan dengan susunan menu yang rapi, pengunjung website bisa mengetahui perbedaan post dan page di WordPress. Karena biasanya tautan menu untuk post dan page akan dibuat berbeda dan terpisah sehingga website Anda akan terlihat lebih profesional dan user friendly

Akan Lebih Disukai Mesin Pencari

Para pemilik website pastinya ingin website mereka disukai oleh mesin pencari seperti Google, dengan Anda belajar cara membuat sub menu di WordPress. Maka Anda bisa dengan mudah membuat sub menu yang sangat disukai mesin pencari tersebut.

Sehingga Google akan menilai lebih pada website Anda, karena Google melihat website Anda profesional dan memanjakan pengunjungnya.

Memahami Lokasi Penempatan Menu di Website

Sebelum membahas cara membuat menu di WordPress dan cara membuat sub menu di WordPress, sebaiknya kita memahami terlebih dahulu lokasi penempatan menu di WordPress. Perlu Anda ketahui juga bahwa setiap tema yang digunakan di WordPress memiliki penempatan menu yang berbeda.

Ada yang menyediakan penempatan sebanyak 2 penempatan dan ada juga yang menyediakan 5 penempatan. Pada pembahasan cara membuat menu di WordPress ini terdapat 3 penempatan menu yaitu Primary Menu, Secondary Menu dan Footer Menu.

Primary Menu: Merupakan menu utama yang pertama kali Anda buat dan menu ini biasanya letaknya dekat dengan logo website.

Secondary Menu: Apakah Anda pernah melihat salah satu website media nasional? Misalnya adalah sebagai berikut:

Cara Membuat Menu & Sub Menu di WordPress [Terlengkap] - 2024


Jika dilihat berdasarkan gambar terdapat dua menu berbeda di header. Secondary menu ini digunakan ketika website memerlukan 2 menu berbeda di dalam header.

Footer menu: Menu berikut terletak di bagian footer website. nanti ini ss in footer exabytes ya kak

Tips Membuat Menu dan Submenu

Sudah sangat jelas dari pembahasan di atas, bahwa menu dan submenu sangat penting untuk memudahkan pengunjung menemukan konten yang sedang mereka cari. Jadi pastikan Anda membuat menu yang mudah untuk ditemukan pengunjung.

 

Maka dari itu sebelum masuk ke pembahasan teknis tentang cara membuat menu di WordPress dan cara membuat sub menu di WordPress. Anda perlu tahu mengenai beberapa tips dalam membuat menu dan sub menu yang mudah ditemukan pengunjung.

Jangan Terlalu Menampilkan Banyak Menu

Tips pertama yang perlu Anda perhatikan adalah jangan terlalu menampilkan banyak menu.Menu yang terlalu banyak dapat menyulitkan pengunjung dan membuat mereka tidak nyaman.

Membuat menu secukupnya juga berlaku untuk sub menu ya, batasi menu dan sub menu maksimal tujuh.

Tentu saja hal ini berdasarkan salah satu teori psikologi yang cukup terkenal dari George Miller yang dibuat pada tahun 1956. Dalam teori tersebut, George Miller menyarankan untuk membatasi menu dengan maksimal tujuh. Hal ini karena memori jangka pendek manusia terbatas hanya di tujuh item yang mereka ingat.

Tambahkan Logo di Dekat Menu Utama

Sebuah website pastinya memiliki sebuah logo sebagai identitas, pastikan pada logo tersebut terdapat tautan yang mengarahkannya ke halaman utama. Hal ini tentu saja dapat membantu pengunjung ketika akan menuju ke konten lain yang ada di website Anda sertamenjadi alternatif agar menu tidak terlalu banyak.

Pastikan MenuResponsif

Agar menu yang Anda buat bisa diakses dengan baik di perangkat mobile maupun desktop, maka pastikan website Anda responsif. Agar bisa responsif, gunakan template yang dirancang responsif. Berikut beberapa template WordPress gratis yang responsif yang bisa Anda jadikan referensi.

Cara Membuat Menu di WordPress dengan Mudah

Sebelum kita membuat menunya, terlebih dahulu Anda login ke halaman dashboard WordPress. Kemudian pastikan bahwa Anda memiliki halaman untuk menu yang akan dibuat nantinya. Detail cara membuat menu di WordPress adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Klik menu Appearance > Menus.

cara membuat menu di wordpress. Klik menu Appearance > Menus.

Langkah 2: Klik create a new menu dan pada kolom Menu Name dan klik tombol Create Menu.

Klik create a new menu dan pada kolom Menu Name dan klik tombol Create Menu.
Create a new menu
Klik create a new menu dan pada kolom Menu Name dan klik tombol Create Menu.
Menu name

Langkah 3: Tentukan lokasi menu yang akan ditampilkan, ada tiga pilihan lokasi seperti primary, secondary dan social.

Tentukan lokasi menu yang akan ditampilkan, ada tiga pilihan lokasi seperti primary, secondary dan social.

Langkah 4: Bagian Pages, silahkan dicentang halaman yang ingin Anda tambahkan pada menu yang dibuat, misal page Tulisan lain. dan klik tombol Add to Menu.

Bagian Pages, silahkan dicentang halaman yang ingin Anda tambahkan pada menu yang dibuat, misal page Tulisan lain. dan klik tombol Add to Menu.

Langkah 5: Setelah Anda menambahkan halaman pada menu, pilih lokasi menu yang akan ditampilkan. Misalnya kami memilih lokasi Primary dan klik tombol Save Menu.

Setelah Anda menambahkan halaman pada menu, pilih lokasi menu yang akan ditampilkan. Misalnya kami memilih lokasi Primary dan klik tombol Save Menu.

Setelah melewati langkah sebelumnya, kurang lebih Anda sudah bisa melihat perubahannya cek langsung di website Anda.

Selesai, Anda sudah berhasil membuat menu di WordPress. Cara membuat menu di WordPress sangat mudah bukan? Sekarang kita lanjutkan ke pembahasan cara membuat menu dropdown di WordPress.

Cara Membuat Menu Dropdown (Sub Menu) di WordPress

Menu dropdown atau sub menu merupakan menu turunan dari menu utama. Misalnya saja seperti gambar di bawah ini:

cara membuat sub menu di wordpress

Dalam gambar terlihat sub menu dari menu utama Marketing adalah Content Marketing, Digital Marketing, Panduan Bisnis Online dan Search Engine Optimization. Sekarang kami akan tunjukan kepada Anda bagaimana cara membuat sub menu di WordPress.

Langkah 1: Masuk terlebih dahulu ke bagian editor menu dengan klik menu Appearance > Menus.

klik menu Appearance > Menus.

Langkah 2: Klik create a new menu dan isi pada kolom menu Name dan klik tombol Create Menu.

Klik create a new menu dan isi pada kolom menu Name dan klik tombol Create Menu.

Langkah 3: Ubah item menu yang sudah dibuat menjadi sub menu dengan cara klik dan tahan, kemudian tarik ke bawah item menu utama dan klik save menu.

Ubah item menu yang sudah dibuat menjadi sub menu dengan cara klik dan tahan, kemudian tarik ke bawah item menu utama dan klik save menu.
Demo menambahan sub menu
Ubah item menu yang sudah dibuat menjadi sub menu dengan cara klik dan tahan, kemudian tarik ke bawah item menu utama dan klik save menu.
Contoh sub menu

Catatan: Posisi sub menu tidak sejajar dengan menu utama.

Selesai, sekarang Anda sudah berhasil membuat sub menu di WordPress dan lakukan langkah-langkah tersebut secara berulang jika Anda ingin menambahkan sub menu lebih dari satu.

Cara Edit Menu & Sub Menu

Terkadang ada nama menu maupun sub menu yang ingin dirubah atau memang ada kesalahan, maka Anda bisa dengan mudah mengeditnya. Caranya bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1: Login terlebih dahulu ke halaman admin/dashboard website WordPress Anda.

Langkah 2: Klik menu Appearance > Menus.

Langkah 3: Klik icon panah ke bawah pada item menu yang ingin Anda rubah.

Klik icon panah ke bawah pada item menu yang ingin Anda rubah.

Langkah 4: Selanjutnya klik simpan menu dan cek perubahannya.

Selesai, sekarang Anda sudah berhasil mengedit label atau nama menu. Mengedit nama sub menu juga caranya sama dengan menu utama.

Sekarang bagaimana jika ada menu yang ingin dihapus karena sudah tidak diperlukan? Gampang, Anda bisa mengikuti caranya di bawah ini:

Cara Menghapus Menu & Sub Menu

Langkah 1: Untuk menghapus menu maupun sub menu, klik saja icon panah kebawah dan setelah klik icon panah kebawah, klik remove.

Untuk menghapus menu maupun sub menu, klik saja icon panah kebawah dan setelah klik icon panah kebawah, klik remove.

Lalu bagaimana jika ingin menghapus menu secara keseluruhan? Klik hapus menu dan simpan perubahannya.

delete menu

Saatnya Buat Menu Sekarang Juga!

Cara membuat menu di WordPress dan cara membuat sub menu di WordPress sebenarnya memiliki cara yang sama saja, perbedaannya hanya pada meletakkannya. Posisi item untuk sub menu berada di bawah menu utama.

Oh iya, untuk setiap template WordPress yang digunakan kemungkinan akan menghasilkan tampilan menu yang berbeda, namun caranya tidak jauh berbeda.

Setelah Anda membuat menu dan sub menu dengan cara di atas, Anda bisa melakukan pengaturan menu di bagian menu Appearance > Customize. Melalui menu tersebut, Anda bisa melihat secara langsung perubahannya setelah menambahkan menu.

Dengan Anda membuat menu di WordPress, pengunjung website Anda akan lebih mudah melakukan navigasi di website tersebut. Dan hal ini ternyata bisa meningkatkan SEO website, apalagi jika Anda menggunakan WordPress hosting yang tepat.

Kami menyarankan dalam pembuatan menu tidak  terlalu banyak dan menggunakan logo yang ditautkan ke halaman utama serta desain website yang Anda gunakan juga pastikan sudah responsif dengan berbagai macam perangkat.

Jika Anda ingin meningkatkan performa SEO website Anda, Anda bisa menggunakan hosting WordPress Indonesia dengan keamanan yang berlapis di Exabytes Indonesia.

Selamat mencoba!

4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments