Apa Itu CDN: Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya

359
blog exabytes indonesia
5 min read

Kecepatan loading sebuah website saat ini menjadi salah satu perhatian utama para webmaster, pasalnya kecepatan loading menjadi salah satu faktor kunci untuk mendapatkan peringkat terbaik di SERP. Untuk mencapai itu, berbagai cara dapat dilakukan, salah satunya adalah menggunakan layanan CDN atau content delivery network.

CDN sendiri umumnya dipakai oleh website yang sudah memiliki banyak pengunjung, meskipun tidak menutup kemungkinan website apapun bisa menggunakannya. Secara sederhana, CDN bisa disebut sebagai sebuah jaringan distribusi. Salah satu contoh CDN yaitu CloudFlare.

Namun jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang apa itu CDN, cara kerja dan manfaatnya, kami akan menjelaskannya lebih rinci di bawah. Mari disimak!

Apa Itu CDN (Content Delivery Network)?

Content Delivery Network atau CDN dapat mempercepat proses loading website.
Content Delivery Network dapat mempercepat proses loading website. (Sumber: Shutterstock)

CDN atau Content Delivery Network adalah jaringan atau kumpulan server yang ditempatkan di berbagai lokasi terpisah yang berfungsi untuk mengirimkan konten dari server ke suatu website.

Lokasi adalah faktor penting yang dapat mempengaruhi seberapa cepat sebuah website dimuat. Penjelasannya begini, server hosting umumnya berada pada satu lokasi atau geografi khusus, sebagai contoh server yang berlokasi di Indonesia.

Website yang dibuat dengan server berlokasi di Indonesia tentu dapat diakses dengan baik oleh pengunjung dari lokasi yang sama, tapi tidak jika pengunjung berada di luar negeri.

Jarak lokasi server dengan lokasi pengunjung yang jauh membuat data website ditransfer dengan lebih lambat. Pengunjung atau pengguna tentu akan mendapatkan pengalaman yang buruk.

Di saat itulah, CDN bisa digunakan untuk membuat proses pengiriman data website menjadi lebih cepat. Untuk lebih lengkapnya, kami akan jelaskan cara kerja dari CDN di bawah.

Cara Kerja CDN (Content Delivery Network)

Berdasarkan apa yang dijelaskan sebelumnya, agaknya Anda sudah paham mengenai cara kerja CDN secara sepintas, bukan?

CDN dibangun dengan jaringan server yang berada di berbagai lokasi berbeda. Ketika menggunakan CDN, server CDN meminta (request) berkas statis seperti Javascript, CSS serta gambar dari server website Anda untuk disimpan di dalam server CDN dengan teknologi cache.

Ketika seorang pengguna mengunjungi website Anda, server CDN terdekat akan meminta berkas statis dari server dan mengirimkan berkas-berkas tersebut pada browser pengunjung. Ketika pengguna melakukan kunjungan pada website Anda untuk kedua kali atau seterusnya, CDN akan mengirimkan data yang sudah tersimpan sehingga proses loading akan lebih cepat.

Adanya CDN juga akan mengurangi beban server karena banyaknya kunjungan di waktu yang sama. Sebab data website dikirim dari server CDN terdekat dengan lokasi pengguna, bukan dari server website secara langsung.

Manfaat Menggunakan CDN (Content Delivery Network)

CDN atau Content Delivery Network memiliki beragam manfaat yang dapat digunakan penggunanya.
CDN atau Content Delivery Network memiliki beragam manfaat yang dapat digunakan penggunanya. (Sumber: iStock)

Berdasarkan penjelasan-penjelasan sebelumnya, tentu Anda sudah tahu apa itu CDN dan cara kerjanya. Adapun manfaatnya, sebenarnya juga sudah cukup tergambar. Namun agar lebih jelas, berikut beberapa manfaat dari CDN bagi website.

Memungkinkan Akses Secara Global

Letak geografis sebuah server seringkali menjadi kendala saat sebuah website diakses dari negara lain. Hal itu barangkali akan tambah buruk jika jenis server adalah shared hosting dan sejenisnya. Adanya CDN dapat memberikan kemudahan bagi pengunjung dari negara lain untuk mengakses sebuah website meskipun menggunakan hosting di satu negara tertentu.

Meringankan Kerja Server

Setiap kali pengunjung datang, server website mengirimkan berkas-berkas agar bisa dimuat di browser pengunjung. Pada saat itu, sumber daya hosting terpakai dan bisa terkuras jika trafik tinggi. Keberadaan CDN bisa meringankan kerja server karena server tidak mengirim data langsung kepada pengunjung, melainkan pada server CDN. Server CDN kemudian meneruskannya pada pengguna.

Mengurangi Bandwidth

Manfaat CDN bagi website juga bisa mengurangi bandwidth yang digunakan karena server tidak harus mengulang pegiriman berkas setiap kali ada pengunjung yang datang. Pengurangan bandwidth juga dapat mengurangi biaya yang harus dikeluarkan webmaster pada hosting dengan jumlah bandwidth yang terbatas.

Mempercepat Loading

CDN juga dapat membantu mempercepat loading sebuah website karena berkas-berkas statis sudah disimpan di server CDN sebagai cache. Setiap kali pengunjung mengakses website dengan CDN, maka CDN akan mengirimkan berkas yang telah tersimpan sehingga tidak perlu meminta ulang pada server. Hosting Indonesia Kami mendukung penggunaan CDN ataupun CloudFlare.

Meningkatkan Keamanan

Selain manfaat-manfaat yang sudah disebutkan di atas, CDN juga dapat meningkatkan keamanan dari sebuah website. Tepatnya membantu melindungi website dari serangan DDoS (Distributed Denial of Service). Hal ini dikarenakan penyedia layanan CDN telah menambahkan proteksi atau keamanan kelas atas pada server mereka untuk menangkal serangan DDoS tersebut.

Kesimpulan

Content Delivery Network (CDN) adalah salah satu teknologi penting yang bisa digunakan oleh webmaster untuk meningkatkan performa dari website mereka. Selain memungkinkan pengguna internet lintas geografis untuk mengunjungi website Anda, CDN juga akan membantu membuat website lebih ringan atau cepat dimuat.

Kecepatan loading sebuah website adalah salah satu ranking factor dalam SEO. Google sendiri juga menjadikan kecepatan pemuatan sebagai bagian dari web core vitals yang sangat berpengaruh terhadap posisi sebuah website di SERP.

Nah apakah Anda tertarik untuk menggunakan layanan CDN? jika iya, pastikan juga server hosting website Anda adalah hosting terbaik agar kinerja website bisa maksimal dan memberikan user experience terbaik bagi pengunjung website Anda.

Kami sarankan untuk menggunakan Hosting Indonesia SSD. Tanpa CDN pun website tersebut memiliki kecepatan yang sangat bisa diandalkan, apalagi jika Anda menggunakan CDN. Rasakan kecepatannya sekarang!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments