Panduan Cara Membuat Rich Snippets WordPress – Exabytes

0
1675

Apakah Anda pernah mendengar tentang rich snippets? Jika Anda sudah lama mempelajari SEO, mungkin sudah tidak asing tentang istilah tersebut. Tapi bagi pemula, istilah tersebut mungkin kurang familiar.

Lantas apa sebenarnya rich snippets? Apakah rich snippets penting untuk SEO dan bagaimana cara membuat rich snippets WordPress? Kita akan mencari tahu sama-sama pada pembahasan berikut ini:

Apa itu Rich Snippets?

Singkatnya rich snippets adalah sebuah tampilan yang menampilkan informasi tambahan tentang halaman website di hasil pencarian mesin seperti Google. Bentuk tampilannya berupa meta deskripsi, rating, tanggal, gambar, dll. 

Rich snippets membantu meningkatkan tampilan hasil pencarian dan membuatnya lebih menarik bagi pengguna, sehingga membantu meningkatkan peluang klik dan trafik ke situs. 

Rich snippets dianggap sebagai tampilan yang lebih menarik secara visual, biasanya informasi yang ditampilkan adalah hasil pencarian informational-intent seperti pencarian resep, tokoh dan lainnya.

Agar lebih jelas di bawah ini ada contoh tampilan dari Rich Snippets.

 cara membuat rich snippets WordPress

Tampilan lain rich snippets yang menggunakan carousel ada di bawah ini:

 cara membuat rich snippets WordPress

Sedangkan tampilan normal (no rich snippets) ada di bawah ini:

Panduan Cara Membuat Rich Snippets WordPress - Exabytes - 2024

Bagaimana terlihat berbeda bukan? Kira-kira mana yang lebih menarik perhatian? Tentu yang versi rich snippets, karena menampilkan informasi tambahan seperti rating, review dan lainnya.

Mengapa Rich Snippets Begitu Penting dalam SEO?

Tips Trik htaccess WordPress

Sekarang Setelah Anda mengetahui apa itu rich snippets, mari kita bahas mengapa rich snippets begitu penting dalam SEO. Kita tahu bahwa rich snippets dapat memberikan informasi tambahan dalam hasil pencarian, seperti ulasan, harga, rating bintang, dan gambar. Informasi tersebut membuat situs web tampil lebih menarik dan informatif bagi pengguna. 

Hal ini bagus untuk  membantu meningkatkan eksposur website dan visibilitas website Anda serta dapat meningkatkan rasio klik-tayang (CTR).

Jika rasio klik-tayang (CTR) meningkat, website Anda akan mendapatkan lebih banyak trafik dari hasil pencarian di mesin pencari. Karena banyak orang yang tertarik untuk mengklik website Anda, hal itu akan membuat website lebih relevan dan membantu meningkatkan peringkat SEO dalam jangka panjang.

Cara Membuat Rich Snippets WordPress, Bagaimana?

Rich snippets bisa Anda gunakan untuk website acara, produk, tokoh terkenal, video, aplikasi, artikel dan lain sebagainya. 

Sekarang, mari kita pelajari sama-sama bagaimana cara membuat rich snippets WordPress.

Membuat Rich Snippets WordPress dengan Plugin 

Menerapkan cara membuat rich snippets WordPress secara manual bagi sebagian orang mungkin akan menyulitkan. Tenang saja, karena salah satu kelebihan WordPress adalah plugin jadi Anda bisa memanfaatkan plugin yang berfungsi untuk membuat rich snippets.

Salah satu plugin yang banyak digunakan adalah All In One Schema Rich Snippets, bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini!

Langkah 1: Login ke WordPress Dashboard.

Langkah 2: Klik tombol Plugins > Add New.

Panduan Cara Membuat Rich Snippets WordPress - Exabytes - 2024

Langkah 3: Cari plugin All In One Schema Rich Snippets dan install.

Panduan Cara Membuat Rich Snippets WordPress - Exabytes - 2024

Langkah 4: Setelah berhasil di instal, segera aktifkan plugin tersebut.

Langkah 5: Lakukan konfigurasi dengan cara klik Rich Snippets > Configuration.

Panduan Cara Membuat Rich Snippets WordPress - Exabytes - 2024

Langkah 6: Lakukan beberapa konfigurasi di halaman tersebut. 

Langkah 7: Selanjutnya coba Anda buat postingan dan lihat dibagian bawah apakah ada elemen baru rich snippets? Perhatikan gambar di bawah ini:

Panduan Cara Membuat Rich Snippets WordPress - Exabytes - 2024

Di elemen tersebut setelah Anda membuat postingan, Anda bisa pilih jenis rich snippet yang ingin dibuat (misalnya: ulasan, event, produk, dll.). Dalam demo ini kami mencoba menggunakan Item Review dan jangan lupa isi semua informasi yang diperlukan.

cara membuat rich snippets WordPress

Langkah 8: Terakhir publikasikan halaman/post yang sudah dibuat rich snippet dan nantinya rich snippet akan otomatis ditampilkan di hasil pencarian Google.

Catatan: Cara di atas bisa Anda terapkan untuk artikel yang sudah ada di website, tinggal edit dan tambahkan rich snippets.

Itu adalah langkah-langkah dasar untuk membuat Rich Snippet dengan plugin All In One Schema Rich Snippets di WordPress. Pastikan untuk mengikuti pedoman Rich Snippet Google untuk memastikan Rich Snippet yang dibuat sesuai dengan standar ya.

Cara Membuat Rich Snippets WordPress Secara Manual

Kami tidak menyarankan untuk menggunakan cara ini jika Anda tidak terbiasa melakukannya, terlebih jika Anda masih pemula menggunakan WordPress. Jika Anda ingin mempelajarinya untuk pengetahuan, yuk kita pelajari sama-sama.

Cara memasang rich snippets WordPress secara manual yang ditulis dalam tiga kosa kata seperti microdata, JSON-LD dan RDFa. Dari tiga kosa kata tersebut, Anda bisa menggunakan salah satunya saja.

Akan tetapi pengguna WordPress lebih sering menggunakan RDF, karena lebih mudah untuk dipahami. Ketika proses pembuatannya nanti, setiap jenis konten memiliki beberapa karakter khusus yang perlu didefinisikan.

Nah, schema.org adalah organisasi yang bisa membantu Anda mengelola standar pada jenis konten yang berbeda, disana Anda bisa menemukan dokumentasi yang sangat lengkap dan contoh tipe konten di dalamnya.

Ketika membuatnya, Anda perlu menggunakan aplikasi Text Editor agar bisa menulis dengan markup yang diperlukan. Anda juga perlu berdasarkan sumber daya data terstruktur pada pengembangan Google untuk memahami sifat yang diperlukan di setiap konten.

Uji Rich Snippets yang Sudah Dibuat

Setelah Anda berhasil membuat rich snippets, saatnya melakukan pengujian caranya Anda bisa menggunakan salah satu dari beberapa alat berikut:

  • Google Structured Data Testing Tool: Anda bisa menggunakan alat ini untuk memindai halaman web dan memberikan laporan tentang bagaimana data struktur diterjemahkan oleh mesin pencari seperti Google.
  • Schema Markup Generator: Alat ini akan membantu Anda membuat kode markup schema yang benar, yang kemudian dapat diuji menggunakan alat seperti Google Structured Data Testing Tool.

Pastikan bahwa kode markup Anda benar dan valid sebelum menguji Rich Snippet. Jika terdapat kesalahan, perbaiki sebelum menguji kembali.

Rich Snippets Sangat Penting untuk Meningkatkan Visibilitas Website!

Saat ini mengetahui cara membuat rich snippets sangat penting dimiliki oleh pengelola website. Karena rich snippets sangat penting untuk meningkatkan ketertarikan pengunjung yang sedang mencari informasi melalui mesin pencari.

Karena dengan rich snippets membuat hasil pencarian lebih terlihat mencolok di SERP google, karena mengandung informasi tambahan yang berguna. Cara membuat rich snippets WordPress di atas bisa Anda segera implementasikan, sehingga dapat meningkatkan visibilitas website Anda.

Selamat mencoba!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments