Inilah 11 Kelebihan WordPress yang Bisa Kamu Dapatkan

426
kelebihan WordPress yang wajib diketahui
8 min read

Mereka yang sudah terbiasa menggunakan website tentu sudah tahu apa itu WordPress. WordPress menjadi salah satu website builder yang paling populer di dunia. Hal tersebut tidak lantas membuat kita heran karena ada begitu banyak kelebihan WordPress yang bisa pengguna dapatkan.

Tahukah kamu jika saat ini ada begitu banyak website dibuat di WordPress? Nah, jika kamu ingin membuat website baik untuk blog pribadi, portofolio, atau toko online, kamu bisa menggunakan platform yang satu ini. Selain bersifat open source, WordPress juga memberikan layanan gratis.

Meski demikian, website yang dihasilkan tidak terbatas. Faktanya, perusahaan perusahaan besar juga menggunakan platform CMS satu ini.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang WordPress dan apa saja kelebihan WordPress yang bisa kamu dapatkan, mari kita bahas bersama di artikel ini.

Apa Itu WordPress

Apa itu wordpress
Apa Itu WordPress (sumber: Pixabay – StockSnap)

Semakin hari semakin banyak pengguna WordPress. Apakah kamu penasaran apa itu WordPress? WordPress adalah salah satu platform berbasis PHP dan MySQL yang banyak digunakan untuk membuat blog dan website dengan berbagai fungsinya. WordPress juga sering disebut sebagai Content Management System (CMS), dimana para pengembang website tidak harus ambil pusing dengan masalah teknis seperti pengaturan front end dan back end.

Pengguna CMS satu ini tidak harus perlu lagi memahami teknis bahasa pemrograman. Ini menjadi keunggulan dan poin dari WordPress sehingga para pemula merasa terbantu. Mereka bahkan bisa membuat website dengan mudah dan cepat bahkan hanya dalam hitungan menit saja. Termasuk di dalamnya mengedit, mempublikasikan, serta mengatur user pada website. Menarik bukan?

Sejarah WordPress

Sejarah wordpress
Sejarah WordPress yang patut kamu ketahui. (Sumber: Pixabay)

Tidak banyak yang tahu jika pengembangan pertama WordPress dilakukan di awal tahun 2003 oleh Matt Mullenweg dan Mike Little. Mereka memulainya saat merasa resa dalam publishing secara online. Kondisi tersebut semakin parah setelah dihentikannya fitur B2 dan Cafeblog. WordPress pertama kali rilis di tahun 2004 dengan tampilan yang sangat sederhana namun fitur-fiturnya masih bisa kita gunakan hingga sekarang.

Saat ini, ada dua alamat WordPress yang berbeda yaitu WordPress.com dan WordPress.org dengan fungsi masing-masing yang berbeda. Jika kamu ingin membuat blog dengan cepat dan mudah, kamu bisa menggunakan opsi pertama yaitu WordPress.com. Sedangkan jika kamu harus melakukan kustomisasi pada website, maka WordPress.org adalah pilihan yang tepat.

Fitur-Fitur WordPress

WordPress selalu mengubah dan menyesuaikan fitur-fiturnya agar bisa memenuhi kebutuhan para penggunanya. Karena mendapatkan respon yang baik dari para penggunanya, sungguh tidak heran jika WordPress mampu menjadi CMS paling populer di dunia. Sebagai salah satu penggunanya, kamu bisa merasakan beberapa fitur termasuk:

  • Post
  • Pages
  • Media
  • Comment
  • Appearance
  • Plugins
  • Tools
  • Users
  • Settings

Kelebihan WordPress

Meski semakin banyak pilihan platform serupa, tapi tidak membuat WordPress kehilangan popularitasnya. Dengan banyaknya kelebihan WordPress yang ditawarkan, maka tidak heran ada banyak website WordPress di luar sana.

Kamu yang tidak sabar ingin memiliki website atau blog, coba tahan sebentar agar semakin yakin untuk memilih platform satu ini dengan segudang kelebihan yang bisa kamu rasakan selama menggunakan WordPress.

Fleksibel

Pada mulanya WordPress memang dibuat untuk mendukung kegiatan blogging dan semua jenis penerbitan online. Akan tetapi, platform ini juga bisa kamu gunakan untuk website dengan tujuan lain. Ada juga yang menggunakan WordPress untuk menjalankan website yang cukup kompleks atau mengelola bisnis kecil.

Website WordPress bahkan bisa berisi toko e-commerce dengan layanan penuh atau bisa juga menjadi jaringan sosial. Ya, semuanya sangat mungkin dan bisa tergantung dari kebutuhan masing-masing penggunanya. Kamu memiliki kebebasan untuk memilih plugins basic maupun premium yang sangat cocok untuk website yang akan kamu launching.

Tidak hanya sampai di situ, WordPress juga bisa beradaptasi dengan kebutuhan perusahaan atau organisasi yang mungkin saja berubah dari waktu ke waktu. Ini membuktikan jika platform satu ini memang benar-benar fleksibel.

Gratis

Salah satu kelebihan WordPress yang juga menjadi alasan mengapa banyak yang memilih platform CMS ini adalah karena gratis. Siapapun bisa menggunakannya tanpa harus mengeluarkan uang untuk membeli sebuah lisensi. Bahkan ada ribuan tema dan plugin yang bisa kamu gunakan secara gratis. Ini akan semakin membuat kamu tidak sabar menggunakan WordPress.

User-friendly

Kamu ingin memiliki blog WordPress namun masih seorang pemula? Jangan khawatir karena WordPress ini sangat ramah pengguna (user-friendly). Kamu bisa memasang dan menjalankan platform ini hanya dalam hitungan menit bahkan tanpa harus memiliki kemampuan teknikal. Yang kamu perlukan hanya sebuah nama domain yang tercatat di Whois Record agar tidak ada orang lain yang akan menggunakan domain tersebut serta akun web hosting.

Untuk memasang WordPress secara gratis, kamu bisa melakukannya melalui penyedia hosting WordPress atau menguploadnya secara langsung dari WordPress.org. Dari sana, kamu bisa menggunakan dashboard admin yang sangat mudah dikelola yang juga menyediakan berbagai fitur yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan website termasuk heading dan layout dalam membuat halaman (page) dan post baru.

Ramah SEO dan Mesin Pencari

Wordpress Ramah SEO dan mesin pencari
WordPress merupakan salah satu CMS yang ramah SEO dan mesin pencari (Sumber: Pixabay)

Search Engine Optimization (SEO) sangat menyukai website WordPress. Mengapa demikian? Karena kode dibalik WordPress sangat mudah dan bersih, search engine atau mesin pencari bisa membaca serta mengindex konten website dengan mudah. Setiap halaman, post, dan gambar juga memiliki keyword meta tag, deskripsi, dan judulnya masing-masing dan akan dioptimasi untuk keyword tertentu.

Ini memungkinkan optimasi mesin pencari yang sangat tepat. Kamu juga bisa menggunakan tag sebagai usaha meningkatkan hasil dari optimasi mesin pencari tersebut. Dengan menggunakan WordPress, kamu bisa mendapatkan trafik dari search engine yang lebih banyak dalam jangka waktu yang lama. Bukankah kelebihan WordPress yang satu ini sangat menguntungkan?

Desain Website yang Responsif

Kamu membutuhkan website yang responsif di berbagai device yang berbeda. Tidak ada pemilik website yang ingin tampilan website mereka terlihat jelek di satu device namun terlihat menarik di device lainnya.

Pada dasarnya, kamu pasti ingin website terlihat keren dan menarik di semua perangkat yang pengunjung website gunakan bahkan di sebuah tablet atau smartphone jenis tertentu. Untungnya WordPress bisa merealisasikan mimpi tersebut dengan desain website yang responsif serta tema yang ada di platform tersebut.

Mobile-Friendly

WordPress adalah CMS yang Mobile-friendly
CMS satu ini juga dianggap sangat mobile-friendly (Sumber: Flickr)

Salah satu hal yang harus kamu perhatikan ketika membuat sebuah website adalah bagaimana website kamu terlihat di perangkat seluler atau smartphone. Website tersebut harus mobile-friendly mengingat orang-orang zaman sekarang lebih sering menggunakan smartphone untuk mengakses website atau blog.

Sekadar informasi, lebih dari 50 persen trafik internet saat ini datang dari perangkat mobile. Itulah kenapa website harus mobile-friendly dan bisa digunakan oleh pengguna smartphone dengan mudah.

Ini berarti bahwa website kamu utamanya dinilai oleh search engine melalui versi selulernya. Mobile usability website yang jelek juga akan berpengaruh pada ranking yang jelek. Oleh karena itu, baik pengalaman pengguna di front end dan komponen teknikal di back end sebuah website harus menjadi pertimbangan agar website benar-benar user-friendly. Simak juga artikel alasan website harus mobile friendly berikut untuk informasi selengkapnya.

WordPress memahami hal tersebut dengan baik sehingga memberikan pilihan tema yang mobile-friendly.

Keamanan Website

Keamanan Website pada WordPress sangat baik sehingga menjadi kelebihan WordPress yang digemari oleh penggunanya.
Keamanan Website tentu harus diperhatikan oleh pemilik website (Sumber: Pixabay)

Dari sekian banyak plugin yang tersedia di WordPress, ada plugins keamanan yang akan meningkatkan keamanan website kamu dari serangan hacker, kerentanan, dan lain sebagainya. Meskipun WordPress hadir dengan keamanan website terbaik, kamu mungkin membutuhkan plugin keamanan lainnya.

Alhasil kamu akan merasa lebih lega saat kamu tahu bahwa website kamu tidak mudah dibobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kecepatan dan Kenyamanan

Kelebihan WordPress lainnya adalah kecepatan dan kenyamanan dalam membuat atau melakukan perubahan pada website. Fleksibilitas dan fungsionalitas dari platform ini memungkinkan pengguna termasuk kamu untuk membuat website dengan lebih cepat. Bahkan kau juga bisa membuat perubahan serta optimasi dengan segera.

Bersifat Open Source

Open source berarti bahwa basis kode WordPress bersifat publik sehingga para developer bisa membuat perubahannya sendiri. Bukankah ini sangat luar biasa? Upaya kolaboratif dari para ahli di dunia menggabungkan keahlian mereka sehingga bisa memberikan platform content management terbaik.

Tidak ada HTML dan Tidak Perlu Mengedit Kode

WordPress dibuat dengan mempertimbangkan para pemula. Jadi tidak memerlukan perubahan pada kode dalam membuat website. WordPress bisa menjadi pilihan tepat dan kamu bisa menjadi bagian dari mereka yang senang menggunakan platform ini.

Tidak perlu pengetahuan coding tapi mereka bisa membuat website bahkan dari awal. Dengan demikian, WordPress juga minim hambatan saat melakukan pembuatan dan pengembangan website.

ukungan dari Komunitas

Karena WordPress gratis dan bersifat open source, maka platform ini memiliki tempat tersendiri di hati penggemarnya. Komunitas WordPress ada di seluruh dunia yang siap memberikan dukungan bagi setiap pengguna lainnya yang mengalami kesulitan atau butuh bantuan dalam penggunaan WordPress.

Kesimpulan

Dengan banyaknya kelebihan WordPress, kamu tentu tidak akan lagi ragu memilih platform content management satu ini. Dengan kemampuan coding yang seadanya pun kamu tetap bisa membuat website atau blog yang bisa diterima dan di index oleh mesin pencari.

Sudah siap membuat website? Eits, kamu tidak boleh lupa jika hosting dan nama domain harus kamu persiapkan dengan baik. Untuk mendapatkan keduanya dengan cepat dan tanpa ribet, hubungi Exabytes yang menawarkan layanan hosting WordPress Indonesia terbaik. Tak hanya menawarkan layanan yang optimal dan kinerja terbaik, Exabytes juga siap hadir 24 jam untuk mengatasi kendala yang kamu hadapi terkait website yang kamu kelola.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat membangung branding secara online melalui website!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments