Cara Membuat Website Multi Bahasa dengan Mudah, Yuk Coba!

87
8 min read

Ketika Anda berada di artikel ini, pastinya Anda sedang mencari cara membuat website multi bahasa bukan? Kita memang berada di dunia multibahasa, membuat website dalam berbagai bahasa adalah cara yang bagus untuk mengembangkan bisnis.

Sebuah riset mengatakan bahwa 75% konsumen global lebih menyukai sebuah produk yang disajikan dalam bahasa yang mereka gunakan. Menarik bukan? Jika Anda bisa membuat website multibahasa, tentu saja bisnis Anda akan lebih berpeluang untuk berkembang.

Akan tetapi, membuat website multi bahasa adalah pekerjaan yang lumayan rumit. Anda perlu keuletan dan teliti untuk membuat setiap bagian website dalam pilihan bahasa yang berbeda. Tapi, tenang saja karena dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara membuat website multi bahasa secara otomatis ketika di akses di negara berbeda.

Cara Membuat Website Multi Bahasa
Banyak website yang kini menerapkan multi bahasa (Sumber: Unsplash).

Apakah Semua Website Harus Menerapkan Multi Bahasa?

Pada paragraf pembuka dikatakan bahwa 75% konsumen global lebih suka sebuah produk disajikan dengan bahasa yang mereka gunakan. Mungkin dari riset tersebut memunculkan pertanyaan “apakah semua website harus menerapkan multi bahasa?”

Sebelum Anda membuat, mungkin ada beberapa hal yang perlu Anda pastikan terlebih dahulu. Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu sebelum menerapkan multi bahasa pada website, agar kualitas website tetap dalam keadaan baik.

Cek Audiens Website Anda Terlebih Dahulu

Bagaimana cara ceknya? Sangat mudah, hanya menggunakan Google Analytics. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

Langkah 1: Login ke Google Analytics yang sudah terhubung ke website Anda.

Cara Membuat Website Multi Bahasa dengan Mudah, Yuk Coba! - 2022

Langkah 2: Setelah berhasil log in, selanjutnya Klik Audiences > Geo > Language.

Cara Membuat Website Multi Bahasa dengan Mudah, Yuk Coba! - 2022

Langkah 3: Anda juga bisa cek audiens Anda berasal dari mana dengan klik Audiences > Geo > Location.

Cara Membuat Website Multi Bahasa dengan Mudah, Yuk Coba! - 2022

Cek Time On Site

Mengetahui lokasi dan juga bahasa yang digunakan audiens tidaklah cukup untuk memutuskan apakah perlu menerapkan website multi bahasa atau tidak. Maka dari itu, Anda perlu tahu berapa lama durasi pengunjung menghabiskan waktu di website Anda? Nah cari itu hal itu, Anda bisa mendapatkan datanya juga melalui tools analytics seperti Google Analytics.

Cek Engagement

Engagement adalah data penting berbentuk likes, share dan komentar dan data ini bisa menjadi patokan Anda apakah perlu membuat website multibahasa atau tidak. Jangan sampai, pengunjung website Anda ternyata 100% warga Indonesia dan Anda menerapkan multi bahasa dari berbagai bahasa yang ada dunia, tentu ini tidak relevan.

Conversion Rate

Anda mungkin sudah tahu bahwa conversion rate adalah jumlah pengunjung yang melakukan transaksi dalam bentuk persentase dan data ini sangat penting untuk Anda melihat pengunjung yang bertransaksi berasal dari mana.

Baca Juga  17 Istilah dalam Dunia Hacking yang Wajib Anak IT Ketahui 

Jika empat hal tersebut menunjukan ke arah yang positif, maka itu pertanda bahwa Anda harus segera membuat website multi bahasa. Beberapa website di bawah ini telah berhasil menerapkan multi bahasa yang bisa Anda jadikan inspirasi, apa saja? Yuk kita cari tahu!

Contoh Website yang Berhasil Menerapkan Multibahasa

Melihat contoh website multi bahasa adalah cara yang bagus untuk membangun website multi bahasa yang sukses. Maka dari itu, kami mengajak Anda untuk melihat contoh website yang berhasil menerapkan multi bahasa.

WordPress.org

Cara Membuat Website Multi Bahasa dengan Mudah, Yuk Coba! - 2022

WordPress.org adalah situs resmi dari CMS WordPress, pastinya Anda sudah mengenal bagaimana cara membuat WordPress bukan? Memang sudah banyak diakui bahwa CMS WordPress ini telah mempermudah untuk membuat website, termasuk membuat website multi bahasa.

WordPress adalah proyek CMS global yang telah banyak digunakan developer di seluruh dunia, sehingga situs mereka diterjemahkan ke dalam hampir semua bahasa populer, tujuannya untuk membantu pengunjung websitenya dalam memahami konten di dalamnya.

Etsy

Cara Membuat Website Multi Bahasa dengan Mudah, Yuk Coba! - 2022

Contoh website multi bahasa berikutnya adalah Etsy, website yang satu ini telah memberikan kita contoh bagaimana website multi bahasa bisa sangat bagus untuk meningkatkan SEO bagi toko e-commerce mereka.

Tidak hanya itu saja, Etsy juga menawarkan beberapa opsi lainnya seperti memungkinkan pengunjung memilih wilayah, bahasa dan mata uang.

Mengapa WordPress Menjadi Platform Terbaik untuk Membuat Web Multi Bahasa?

Di pembahasa contoh tadi dinyatakan bahwa CMS WordPres adalah platform terbaik untuk membuat website. Mengapa? Pertama, karena memang CMS tersebut populer sehingga semakin banyak dokumentasi untuk cara penggunaanya.

Kedua, WordPress sendiri setiap waktu selalu menawarkan berbagai fitur yang dibutuhkan para developernya, termasuk tools untuk menerjemahkan situs website ke dalam bahasa yang berbeda dengan cepat dan mudah.

Alasan spesifik mengapa kami merekomendasikan WordPress adalah sebagai berikut:

  • WordPress 100% gratis.
  • Banyak plugin gratis dan berbayar.
  • Ramah SEO.
  • Memiliki banyak pilihan tema gratis dan berbayar, sehingga lebih mudah membuat website user friendly.
  • Aman dan dilengkapi dengan banyak plugin keamanan.

Bagaimana apakah cukup beberapa alasan spesifik di atas? Sekarang mari kita bahas cara membuat website multi bahasa.

Cara Membuat Website Multi Bahasa

Kami akan memberitahu cara membuat website multi bahasa dengan mudah yaitu dengan bantuan plugin. Berikut langkah-langkahnya!

Siapkan Website WordPress Anda

Pertama-tama Anda harus menyiapkan website WordPress, Anda bisa menemukan cara membuat website di blog Exabytes Indonesia. Jika Anda sudah memiliki website WordPress, langkah ini bisa Anda lewati dan langsung ke langkah berikutnya.

Jika yang belum memiliki website, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1: Pilih web hosting untuk WordPress terlebih dahulu, Anda bisa menggunakan salah satu layanan hosting Indonesia dari Exabytes yang cocok untuk WordPress. Ada banyak promo hosting yang tersedia disana.

Baca Juga  Website Tidak Bisa Diakses? Ini 15 Cara Mengatasinya!
Cara Membuat Website Multi Bahasa dengan Mudah, Yuk Coba! - 2022

Langkah 2: Beli nama domain, Anda bisa membeli nama domain ketika beli hosting di layanan web hosting Indonesia seperti Exabytes.

Cara Membuat Website Multi Bahasa dengan Mudah, Yuk Coba! - 2022

Langkah 3: Instal WordPress di hosting yang sudah Anda siapkan dan pilih tema WordPress sesuai dengan kebutuhan.

Sekarang Anda telah selesai menyiapkan website, detail pembahasan tentang cara membuat website di WordPress bisa cek di postingan blog kami sebelumnya.

Instal Plugin Transposh dan Pilih Bahasa

Transposh adalah plugin yang bisa melakukan translasi sampai ke 117 bahasa dan termasuk di dalamnya bahasa Indonesia dan bahasa Jawa. Plugin ini cocok untuk membantun website multi bahasa dalam waktu singkat.

Anda juga bisa melakukan penyuntingan jika dinilai ada yang kurang sesuai, di dalamnya juga terdapat One Hour Translation yang bisa membantu Anda jika Anda ingin hasil bahasa yang profesional.

Dengan adanya jasa translate profesional tersebut, Anda tidak perlu direpotkan dengan memeriksa hasil translasi secara manual. Langkah-langkah untuk menggunakannya adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Instal dan aktifkan plugin Transposh terlebih dahulu.

Langkah 2: Setelah proses instalasi selesai, klik menu Transposh > tab Languages (untuk memilih bahasa apa saja yang akan Anda masukkan ke website multi bahasa nantinya).

Langkah 3: Setelah memilih bahasa yang diinginkan, klik hingga berwarna hijau.

Catatan: Agar tidak error dan hasil translasinya optimal. Kami menyarankan untuk melakukannya bertahap, artinya pilih tiga sampai lima bahasa terlebih dahulu untuk sekali proses.

Langkah 4: Dilanjutkan dengan klik tab Settings dan pastikan seperti yang ada di bawah ini tidak di centang.

Langkah 5: Simpan pengaturan dengan klik Save Changes yang berada di bagian bawah.

Langkah 6: Klik tab Utilities > Translate All now. Konfigurasi ini hanya perlu dilakukan sekali saja dan selanjutnya nanti akan dilakukan secara otomatis untuk pengalihan bahasa di halaman, post dan komentar website Anda.

Bagaimana ternyata mudah bukan cara membuat website multi bahasa?

Rilis Website Multi Bahasa Anda Sekarang Juga!

Seperti dalam pembahasan di awal, Anda perlu melakukan pengecekan beberapa hal seperti statistik audiens, time on site, engagement dan conversion rate. Setelah Anda memastikan dan ternyata perlu membuat website multi bahasa.

Jangan ragu untuk menerapkan cara membuat website multi bahasa yang kami jelaskan ini, bagi Anda yang masih ragu. Kami telah tunjukkan kepada Anda beberapa contoh website multi bahasa yang sukses. Karena memang website multi bahasa adalah salah satu investasi untuk membuat website lebih sukses dan mudah diakses pengunjung dari seluruh dunia.

Semoga pembahasan kali ini bisa membantu Anda mengetahui cara membuat website multi bahasa, silahkan ikuti terus artikel kami di Exabytes Blog.

Sampai jumpa kembali!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments