504 Gateway Timeout Error: Definisi & Cara Mengatasi [Lengkap]

122
7 min read

Apakah Anda pernah mengunjungi website, alih-alih mendapatkan informasi yang Anda cari. Anda malah mendapatkan tampilan berupa 504 Gateway Timeout Error di halaman website. Tentu saja hal tersebut membuat Anda kesal bukan?

Salah satu dampak bagi Anda sebagai pengunjung adalah tidak mendapatkan informasi yang sedang Anda cari dan dampak buruk bagi pengelola website adalah kehilangan kepercayaan dan merusak reputasi secara permanen.

504 Gateway Timeout Error merupakan salah satu jenis dari beberapa kesalahan yang bisa berdampak buruk terhadap kualitas website. Untuk membantu Anda mengatasi masalah tersebut , sehingga Anda bisa mempertahankan kepercayaan pengunjung terhadap website.

Melalui artikel ini kami akan menjelaskan dengan tepat tentang 504 Gateway Timeout Error dari mulai penyebab dan cara mengatasinya secara umum.

​Apa itu 504 Gateway Timeout Error?

Kode error dengan diawali sebuah angka ‘5’ adalah error yang biasanya terjadi pada sisi server. Biasanya error ini akan muncul jika ada permintaan yang tidak bisa dipenuhi, sehingga memunculkan kesalahan komunikasi diantara beberapa server tersebut.

Terkait kemunculan 504 Gateway Timeout Error hal itu dikarenakan server tidak bisa menerima respons secara benar dari server lain yang memiliki peran sebagai gateway atau proxy. Penjelasan singkatnya yaitu server tidak bisa memenuhi permintaan Anda sesuai dengan waktu yang telah diberikan.

​Macam-Macam Tampilan 504 Gateway Timeout Error

Umumnya tampilan 504 Gateway Timeout Error akan dimunculkan di browser Anda dengan tampilan berikut ini:

504 gateway timeout

Akan tetapi ada beberapa tampilan umum lainnya yang memunculkan 504 Gateway Timeout Error, hal itu tergantung server, sistem operasi atau browser yang Anda gunakan.

​Tampilan Error 504 di Google Chrome

Jika Anda pengguna aplikasi browser Google Chrome, maka biasanya pesan error 504 akan muncul sebagai HTTP ERROR 504. Detail tampilannya adalah sebagai berikut:

504 Gateway Timeout Error: Definisi & Cara Mengatasi [Lengkap] - 2022

​Tampilan Error Dalam Program Berbasis Windows

Di dalam program berbasis Windows, biasanya kesalahan 504 akan muncul dengan tulisan ERROR 504, HTTP_STATUS_GATEWAY_TIMEOUT. Detailnya berikut adalah tampilan errornya:

504 Gateway Timeout Error: Definisi & Cara Mengatasi [Lengkap] - 2022

​Tampilan Error 504 Lainnya

Sedangkan di bagian sistem operasi, server web dan juga browser lainnya akan memiliki tampilan error yang berbeda-beda. Ternyata, tampilan 504 Giveaway Timeout Error ini bisa bermacam-macam. Tapi apa penyebab sebenarnya? Yuk kita cari tahu penyebabnya di bawah ini!

Baca Juga  17 Istilah dalam Dunia Hacking yang Wajib Anak IT Ketahui 

​Dampak Buruk Error 504 Gateway Timeout Terhadap SEO

Memang memperbaiki halaman error ini akan memakan waktu yang lumayan, akan tetapi hal tersebut sepadan dengan menyelamatkan website dari kemungkinan terburuk yang berkaitan dengan SEO.

Website yang mengalami error ini tidak hanya berdampak pada pengalaman pengguna saja, akan tetapi merusak kinerja SEO website Anda. Jika web crawler menelusuri website yang terdapat kesalahan tersebut, maka halaman tersebut mungkin saja akan diturunkan di hasil pencarian teratas.

Atau kemungkinan terburuk, search engine tidak akan mengindex kembali halaman yang menampilkan kesalahan tersebut.

​Penyebab 504 Gateway Timeout Error

Umumnya 504 Gateway Timeout tidak memberi tahu mengapa halaman tersebut error, sehingga kita sulit untuk mengetahui apa penyebabnya. Akan tetapi di bawah ini ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab terbesar error 504 Gateway Timeout terjadi.

Apa saja? Mari kita simak sama-sama!

​Server Mengalami Masalah Konektivitas

Banyak website yang bergantung pada penyedia hosting, baik itu web hosting Indonesia atau hosting dari luar negeri. Jika server hosting tersebut mengalami down dikarenakan beberapa alasan, maka website akan menampilkan halaman error 504 Gateway Timeout kepada pengunjungnya.

Maka dari itu, carilah hosting murah dan berkualitas. Sehingga hal tersebut bisa diminimalisir.

​Adanya Perubahan DNS

Terkadang kita memerlukan beberapa perubahan terhadap server atau memindahkan website ke alamat IP yang berbeda, nah hal itu seringkali menjadi salah satu penyebab situs website Anda menampilkan error 504 Gateway Timeout.

Website tidak akan kembali seperti semula sampai perubahan DNS ini selesai dilakukan, karena memang proses perubahan DNS ini memerlukan waktu beberapa jam.

​Konfigurasi Firewall yang Salah

Firewall memang sebuah penjaga gerbang untuk website Anda dan tugasnya adalah untuk melindungi website dari pengunjung jahat. Terkadang, sebuah konfigurasi firewall bisa menjadi salah satu penyebab permintaan jaringan yang mengakibatkan 504 Gateway Timeout Error.

​Ada Masalah di Konektivitas

Karena kesalahan 504 merupakan hasil dari batas waktu selama pemrosesan permintaan antara server, memang seringkali kesalahan terjadi bukan karena koneksi internet yang bermasalah. Akan tetapi, jika hanya ada satu pengguna yang melaporkan error tersebut.

Bisa jadi itu berhubungan dengan dengan koneksi internet atau ada beberapa perangkat internet yang mengalami masalah.

Karena beberapa alasan mungkin Anda bisa cek satu persatu dari penyebab error 504 Gateway Timeout ini muncul. Kami menemukan setidaknya beberapa solusi umum dan cukup efektif memperbaiki kesalahan tersebut.

Apa saja? Simak postingan ini sampai selesai ya, agar setiap solusi yang kami paparkan bisa membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

​Cara Mengatasi Error 504 Gateway Timeout

Kami merangkum 6 cara mengatasi error 504 Gateway Timeout secara umum yaitu sebagai berikut:

​Periksa Koneksi Server

Jika server yang Anda gunakan sedang mengalami down dikarenakan pemeliharaan atau masalah lainnya, maka besar kemungkinan website Anda akan memunculkan pesan error 504 Gateway Timeout.

Baca Juga  Langkah-Langkah PengamananWebsite Agar Tidak Mengalami Serangan DDoS

Cara mengatasi masalah ini adalah dengan menunggu server Anda menyelesaikan pemeliharaan atau mengatasi masalah yang menjadi penyebab error 504 Gateway Timeout muncul. Jika yang menjadi penyebabnya ada pada hosting yang sering down.

Mungkin hal itu tanda bahwa Anda sudah saatnya untuk berpindah ke layanan cPanel hosting yang lebih baik lagi.

​Periksa Apakah ada Perubahan DNS

Jika Anda baru saja mengubah penyedia hosting atau memindahkan website Anda ke alamat IP yang berbeda, maka biasanya server DNS Anda juga perlu diperbaharui. Proses perubahan tersebut memerlukan waktu beberapa jam, sehingga sementara website Anda akan menampilkan error 504 Gateway Timeout.

Satu-satunya solusi adalah menunggu proses perubahan DNS selesai dilakukan.

​Periksa Log Server

Jika masalahnya bukan di koneksi server maupun di perubahan DNS, maka Anda bisa memeriksa log server. Karena log ini akan memberikan Anda informasi detail tentang status server Anda apakah berada dalam kondisi terbaik atau tidak.

​Perbaiki Konfigurasi Real Time Protection

Cara lain yang bisa Anda lakukan ketika error 504 Gateway Timeout muncul adalah dengan memperbaiki konfigurasi real time protection yang salah. Bagi Anda pengguna windows caranya sangat mudah, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1: Search di pencarian menggunakan kata kunci Windows Security > Virus & Threat Protection.

504 Gateway Timeout Error: Definisi & Cara Mengatasi [Lengkap] - 2022
Windows Security
504 Gateway Timeout Error: Definisi & Cara Mengatasi [Lengkap] - 2022
Virus & Threat Protection

Langkah 2: Klik Manage Settings dan di halaman pengaturan tersebut, Anda bisa menonaktifkan real time protection.

504 Gateway Timeout Error: Definisi & Cara Mengatasi [Lengkap] - 2022
Manage Settings
504 Gateway Timeout Error: Definisi & Cara Mengatasi [Lengkap] - 2022
Real time protection

Setelah selesai menonaktifkan real time protection, jangan lupa untuk memeriksa apakah kesalahan 504 Gateway Timeout sudah teratasi atau belum. Jika sudah teratasi, jangan lupa untuk melakukan konfigurasi ulang terhadap program antivirus yang ada.

Jika tidak teratasi, jangan lupa untuk mengaktifkan kembali real time protection Anda sebelum Anda melanjutkan ke langkah selanjutnya.

​Cari Kemungkinan ada Bug di Website Anda

Kami menyarankan Anda untuk menelusuri barangkali Anda menemukan bug yang mengakibatkan error 504 Gateway Timeout. Dengan menelusuri kemungkinan ada bug, Anda bisa langsung memperbaikinya. Karena terkadang masalah error ini terjadi karena ada beberapa masalah di baris kode.

​Hubungi Penyedia Layanan Hosting

Jika masalah tidak kunjung selesai, jangan lupa untuk menghubungi penyedia layanan hosting Anda. Cara ini bisa Anda lakukan setelah Anda mencoba beberapa langkah di atas, technical support mungkin dapat membantu Anda memecahkan masalah.

​Selesaikan Error 504 Gateway Timeout Error Sekarang Juga!

Ketika error 504 Gateway Timeout muncul, tentu saja tidak ada cara mudah untuk mengatasinya. Akan tetapi beberapa langkah bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Dengan Anda memperbaiki dengan cepat error tersebut, maka Anda sudah memastikan bahwa pengunjung website bisa mendapatkan pengalaman lancar mengakses website Anda.

Terlebih error 504 Gateway Timeout ini sangat berdampak negatif untuk SEO website Anda, jadi yuk selesaikan sekarang juga!

Selamat mencoba!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments