Cara Membuat WordPress Bagi Pemula (Tutorial Lengkap)

304
Membuat WordPress
20 min read

Cara membuat website user friendly menggunakan WordPress sangatlah mudah. Nah pada artikel ini kami akan membahas selengkap mungkin cara membuat WordPress lengkap dengan optimasi website WordPress setelah website tersebut bisa digunakan.

Sudah siap untuk belajar tentang cara membuat WordPress website? Namun, sebelum ke pembahasan teknikal, tidak salahnya Anda mengetahui tentang WordPress itu sendiri. Termasuk beberapa varian WordPress, seperti WordPress.com dan WordPress.org.

Detailnya simak pembahasannya di bawah ini ya!

Saat ini platform yang dapat membantu Anda dalam membuat website dengan mudah dan murah adalah WordPress. CMS ini awal mula terciptanya yaitu untuk platform blogging dan saat ini telah berkembang menjadi platform CMS yang serbaguna, Anda bisa membuat beragam jenis website dengan WordPress.

Kepopuleran WordPress saat ini dicapai berkat kemampuannya yang dapat memberikan kemudahan untuk para penggunanya. Tidak hanya itu saja, pengguna juga bebas memilih dari dua jenis WordPress berbeda yaitu WordPress.com dan WordPress.org.

Keduanya memiliki keunggulan masing-masing dan pengguna bisa menyesuaikan sendiri sesuai dengan kebutuhan mereka.

Jenis-Jenis WordPress

Ada dua jenis varian WordPress dan keduanya bisa Anda gunakan untuk membuat website WordPress. Varian pertama adalah WordPress.com yang merupakan layanan yang menyediakan pembuatan website dengan hosting dan juga domain yang sudah disediakan oleh pihak WordPress.

Layanan WordPress.com memiliki dua layanan, gratis dan berbayar. Tentu saja versi gratis memiliki beberapa keterbatasan berbeda dengan versi berbayar.

Varian kedua adalah WordPress.org atau banyak orang mengenalnya dengan WordPress self-hosted. Untuk jenis varian kedua ini Anda perlu menyiapkan domain dan juga hosting sendiri. Keduanya memiliki perbedaan, terutama dalam proses pembuatan.

Proses pembuatan WordPress.com cukup dengan membuat akun saja dan pengguna dapat s mengisi formulir berisikan informasi website serta nama domain. Website pun sudah bisa Anda gunakan.

Berbeda dengan WordPress.org, jika Anda ingin membuat website maka Anda perlu mendownload terlebih dahulu CMS WordPress di laman WordPress.org dan upload ke hosting. Lalu ikuti setiap instruksi yang diberikan dan yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah tentang cara membuat WordPress website versi varian kedua yaitu WordPress.org.

Tapi, Kenapa Menggunakan WordPress?

Mungkin sekarang muncul pertanyaan, kenapa menggunakan WordPress? Kenapa tidak menggunakan framework seperti Codeigniter dan lain sebagainya? Tentu saja Anda harus mengetahui secara jelas mengapa Anda menggunakan WordPress sebagai platform utama dalam membuat website.

Beberapa alasan berikut mungkin bisa menyakinkan diri Anda untuk menggunakan WordPress sekarang juga!

Gratis dan Tersedia Untuk Siapapun

WordPress adalah perangkat lunak CMS yang gratis dan tersedia untuk siapapun. Semua orang bisa membuat website dengan menggunakan CMS WordPress ini, Anda juga bisa melakukan modifikasi sesuai dengan kebutuhan.

Tidak hanya itu saja, WordPress juga memberikan keleluasaan kepada penggunanya untuk melaporkan setiap bug agar segera diperbaiki masalahnya. Komunitas WordPress bisa dibilang sudah besar dan hampir ada di setiap negara.

Pembuatan Website Super Mudah

WordPress sangat ramah bagi pengguna pemula, bahkan WordPress dikenal dengan istilah five minutes installation wizard. Artinya dalam proses pembuatan website bisa diselesaikan hanya dalam waktu lima menit saja.

Karena kemudahannya, Anda yang tidak memiliki basic programming bisa dengan mudah membuat website seperti layaknya profesional developer website. Cukup hanya beberapa klik saja, website impian Anda sudah bisa Anda gunakan.

Salah satu penyedia seperti Exabytes Indonesia menawarkan satu klik untuk instalasi WordPress, satu tombol dan Anda cukup memasukkan beberapa informasi. Website pun sudah selesai dibuat!

CMS yang Serbaguna

Awal kemunculannya, WordPress diciptakan untuk blogging. Namun berbeda dengan sekarang, kini WordPress  sudah berevolusi dari penciptaan awalnya. WordPress sudah bisa membangun beragam jenis website dengan sangat mudah.

Beberapa jenis website tersebut adalah toko online, forum, news, portofolio, blog dan masih banyak jenis website lainnya.

Ramah SEO

WordPress memiliki beberapa plugin menarik yang bisa Anda pasang untuk membantu meningkatkan SEO, kita tahu bahwa mengabaikan SEO akan berakibat buruk pada trafik. Hal ini berlaku untuk website bisnis maupun personal.

Semua orang yang memiliki website, pastinya ingin menjangkau sebanyak mungkin pengunjung dan hal tersebut tidak bisa Anda dapatkan jika Anda cuek dengan SEO. Untuk membantu SEO menjadi lebih baik lagi, Anda bisa memasang Yoast SEO untuk memaksimalkan kualitas SEO.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu melakukan optimasi gambar, optimasi permalink dan beberapa langkah optimasi lainnya yang nanti akan kami bahas di artikel ini.

Keamanan

Faktor terpenting dari sebuah website adalah keamanan. Seperti rumah, Anda pastinya tidak ingin rumah Anda tersebut kemasukkan maling bukan? Nah hal ini juga berlaku kepada website, maka penting untuk menggunakan platform yang bisa menjamin keamanannya.

WordPress merupakan salah satu platform yang memiliki keamanan yang cukup mumpuni, tim WordPress selalu bekerja keras dalam menjaga platform ini tetap aman. Anda juga bisa melindungi WordPress dengan keamanan berlapis menggunakan bantuan plugin.

Sehingga Anda tidak hanya mengandalkan keamanan internal saja, beberapa plugin keamanan tersebut adalah akismet yang efektif melakukan filter terhadap spam komentar yang berbahaya dan ada plugin sucuri security yang sangat berguna untuk memindai malware, daftar hitam dan firewall.

Baca Juga  Tetap Kreatif Walaupun #DirumahAja dengan WordPress Hosting

Nah itu beberapa alasan mengapa Anda perlu menggunakan WordPress dan karena alasan tersebut juga, kami membuat tutorial cara membuat WordPress website. Agar Anda juga dapat merasakan keseluruhan manfaat dari platform terbaik yang satu ini.

Cara Membuat Website di WordPress

Setelah Anda mengetahui jenis-jenis WordPress dan manfaat menggunakan WordPress. Sekarang kita akan melanjutkan pembahasan ke pembahasan utamanya yaitu cara membuat WordPress website.

Langkah-langkahnya sangat mudah, pertama Anda beli domain terlebih dahulu dan berlangganan WordPress hosting di Exabytes Indonesia. Setelah kedua hal tersebut dipersiapkan, lanjutkan dengan mengikuti beberapa langkah cara membuat WordPress website berikut ini:

Instal WordPress di Hosting

Metode instalasi yang kami ketahui ada dua, otomatis dan manual. Jika manual Anda harus download terlebih dahulu CMS WordPress di WordPress.org. Sedangkan dengan cara otomatis Anda tidak perlu melakukan download, melainkan hanya klik tombol instal WordPress di hosting Anda dan secara otomatis WordPress melakukan instalasi di hosting.

Cara otomatis ini adalah cara paling mudah dan sederhana, maka dari itu dalam tutorial cara membuat WordPress website kami menggunakan cara kedua tersebut.

Langkah 1: Login ke member area Exabytes Indonesia terlebih dahulu.

Langkah 2: Setelah masuk klik Layanan.

Setelah masuk klik Layanan.

Langkah 3: Di halaman produk saya & layanan, klik salah satu layanan hosting yang Anda gunakan. Misal dalam demo ini kami memilih WP 12 Beginner dan klik Atur produk.

Pada halaman Produk saya & Layanan klik tombol Atur Produk pada salah satu layanan yang Anda gunakan.

Langkah 4: Scroll dan temukan tombol My Manage Hosting, klik tombol tersebut.

Langkah 5: Scroll dan temukan tombol Manage my hosting, kemudian klik tombol tersebut.

Langkah 5: Setelah masuk ke halaman control panel hosting Anda (di sini kami menggunakan plesk) cari tombol Instal WordPress, control panel hosting plesk tombol instal WordPress berada di menu WordPress > WordPress Toolkit > Install. Namun sebelum klik tombol Instal, jangan lupa ceklis domain yang akan dipasang WordPress.

Tombol Instalasi
Tombol Instalasi
Ceklis salah satu domain yang akan dipasang WordPress
Ceklis salah satu domain yang akan dipasang WordPress

Langkah 6: Isi semua data yang diminta dari mulai instalation path, website title, plugin/theme set, WordPress Administrator. Sebagai contoh kami mengisinya sebagai berikut:

Isi semua data yang diminta dari mulai instalation path, website title, plugin/theme set, WordPress Administrator. Sebagai contoh kami mengisinya sebagai berikut:
Contoh Pengisian
Contoh Pengisian WordPress Administrator dan Database
Contoh Pengisian WordPress Administrator dan Database

Catatan: Untuk akun website Administrator dan Database (ditandai dengan kotak hitam), bagian username, password dan database name serta database password bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

Setelah selesai pengisian, klik tombol Install.

Setelah selesai pengisian, klik tombol Install.

Langkah 7: Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi berhasil.

Langkah 7: Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi berhasil.

Jika muncul tulisan WordPress was installed, itu tandanya instalasi telah berhasil.

Jika muncul tulisan WordPress was installed, itu tandanya instalasi telah berhasil.

Login ke Halaman Dashboard WordPress

Setelah berhasil melakukan instalasi WordPress, langkah berikutnya adalah login ke halaman dashboard WordPress. Di halaman dashboard tersebut Anda bisa mengelola website dari mulai menambahkan plugin, tema, halaman dan menerbitkan postingan.

Cara untuk login ke halaman dashboard WordPress sangat mudah, ikuti saja setiap langkah-langkahnya!

Langkah 1: Akses URL domainanda.com/wp-admin, misalnya domain Anda menggunakan nama domain catatanku.com artinya URL untuk login adalah catatanku/wp-admin dan nanti akan muncul halaman login seperti di bawah ini:

Cara membuat wordpress: Akses URL domainanda.com/wp-admin, misalnya domain Anda menggunakan nama domain catatanku.com artinya URL untuk login adalah catatanku/wp-admin dan nanti akan muncul halaman login seperti di bawah ini:

Langkah 2: Masukkan username dan password yang sebelumnya Anda pernah buat ketika instalasi WordPress dan klik tombol Login.

Jika berhasil akan muncul gambar seperti di bawah ini:

Masukkan username dan password yang sebelumnya Anda pernah buat ketika instalasi WordPress dan klik tombol Login.

Itu adalah halaman dashboard WordPress dan di sanalah Anda mengelola website. Nah, jika kita lihat dashboard WordPress tersebut ada bagian-bagiannya dan kami mengelompokan tiga bagian utama di antaranya adalah (1) toolbar, (2) menu dan (3) area kerja.

Itu adalah halaman dashboard WordPress dan di sanalah Anda mengelola website. Nah, jika kita lihat dashboard WordPress tersebut ada bagian-bagiannya dan kami mengelompokan tiga bagian utama di antaranya adalah (1) toolbar, (2) menu dan (3) area kerja.

Penjelasan tiga bagian tersebut adalah sebagai berikut:

Tiga Bagian Utama Dashboard WordPressFungsi
ToolbarToolbar merupakan tempat Anda mengelola profil yang letaknya berada di bagian pojok kanan. Tidak hanya itu saja, Anda juga biasanya akan mendapatkan notifikasi tentang banyaknya komentar yang Anda dapatkan.
MenuBagian kedua sebagai tempat untuk segala aktivitas ketika Anda mengelola WordPress. Bagian menu ini bisa Anda gunakan untuk menerbitkan postingan, memasang plugin, memasang/mengganti tema sampai ke pengaturan lanjutan WordPress semuanya ada di bagian menu ini.
Area KerjaArea kerja memiliki empat elemen utama di antaranya adalah:
At a Glance: Elemen ini menampilkan jumlah postingan, halaman, versi WordPress dan komentar.
Activity: Menampilkan Informasi secara singkat tentang postingan maupun komentar terbaru.
Quick Draft: Bisa Anda gunakan untuk menulis ide artikel dengan lebih cepat. Tapi, jika ingin diterbitkan harus melalui menu utama seperti biasanya.

Instal Tema di WordPress

Setelah mengetahui tentang bagian-bagian yang ada di halaman dashboard WordPress, kita lanjutkan ke langkah cara membuat WordPress website berikutnya yaitu instal tema di WordPress.

Langkah 1: Di halaman dashboard cari menu Appearance > theme.

Di halaman dashboard cari menu Appearance > theme.

Langkah 2: Kemudian untuk mengganti tema atau template WordPress, Anda hanya perlu klik menu Add New.

Kemudian untuk mengganti tema atau template WordPress, Anda hanya perlu klik menu Add New.

Langkah 3: Nanti akan masuk ke halaman kumpulan tema, di halaman tersebut Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa kategori yang tersedia seperti kategori Featured, Popular dan Latest.

Nanti akan masuk ke halaman kumpulan tema, di halaman tersebut Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa kategori yang tersedia seperti kategori Featured, Popular dan Latest.

Langkah 4: Instal salah satu tema pilihan Anda, dalam demo ini kami memilih tema Hello Elementor.

Langkah 4: Instal salah satu tema pilihan Anda, dalam demo ini kami memilih tema Hello Elementor.

Langkah 5: Setelah berhasil Anda download dan instal tema pilihan Anda, klik menu Active.

Setelah berhasil Anda download dan instal tema pilihan Anda, klik menu Active.

Selesai, Anda sudah melakukan pemasangan tema di website WordPress, sekarang kita lanjutkan langkah cara membuat WordPress berikutnya ya.

Rekomendasi Plugin

Setelah pemasangan tema selesai dilakukan, Anda perlu memasang plugin untuk membantu meningkatkan kinerja website WordPress. Plugin yang bisa membantu Anda mengelola website ada banyak.

Namun dari banyaknya plugin yang harus Anda gunakan, hanya beberapa saja yang menurut kami wajib Anda terapkan di website. Apa saja? Berikut adalah plugin yang harus ada di website Anda:

Google XML Sitemaps

Plugin yang satu ini sangat berguna untuk membuat sitemap website Anda, fungsi dari sitemap adalah untuk mempermudah mesin pencari dalam melakukan crawl konten yang ada di website Anda.

User interface yang dimiliki plugin Google XML Sitemaps sangat mudah dimengerti, sehingga pemula sekalipun bisa memahami bagaimana cara menggunakan plugin tersebut.

All In One Pack SEO

Plugin ini menawarkan berbagai fitur SEO yang sangat diperlukan website, plugin All In Pack SEO merupakan salah satu plugin terbaik yang dapat membuat konten website menjadi lebih disukai oleh mesin pencari seperti Google.

Baca Juga  10 Daftar Tema WordPress Terbaik Tahun 2020

Hal ini karena plugin ini dilengkapi dengan fitur SEO yang sudah disesuaikan dengan standar Google dan mesin pencari lainnya. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa cek kinerja konten yang Anda miliki lewat tools seperti Google Analytics, Google Search Console dan beberapa tools lainnya yang disupport oleh plugin ini.

Elementor Builder

Plugin terakhir adalah Elementor, plugin ini merupakan salah satu plugin WordPress terbaik saat ini yang berfungsi untuk membuat halaman dengan mudah. Anda bisa mendesain dan juga mengubah tampilan website hanya menggunakan plugin ini dan tanpa pengetahuan koding UI sama sekali.

Fitur yang ditawarkan plugin ini sangat banyak, misalnya saja background overlays, hover effects, animations, box shadows dan masih banyak fitur lainnya. Pada intinya, plugin ini bisa membantu Anda mengubah halaman website tanpa pengetahuan PHP maupun HTML.

Jika Anda kebingungan bagaimana cara menggunakan plugin ini, tenang saja Exabytes Indonesia telah membuat postingan khusus tentang panduan menggunakan elementor.

Nah, itu dia beberapa plugin WordPress yang dapat Anda gunakan untuk optimalisasi website. WordPress juga menawarkan berbagai pilihan plugin WordPress terbaik lainnya yang dapat Anda temukan pada artikel ini.

Bagaimana Cara Memasang Plugin Tersebut?

Cara memasang plugin-plugin tersebut cukup mudah, cukup Anda ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini:

Langkah 1: Masuk ke halaman dashboard/admin WordPress Anda.

Langkah 2: Klik Plugin > Add New yang berada di sisi kiri.

Klik Plugin > Add New yang berada di sisi kiri.

Langkah 3: Lakukan pencarian plugin yang Anda butuhkan di kolom pencarian yang disediakan, dalam demo kali ini kami mencontohkan mencari plugin XML Sitemap & Google News.

Lakukan pencarian plugin yang Anda butuhkan di kolom pencarian yang disediakan, dalam demo kali ini kami mencontohkan mencari plugin XML Sitemap & Google News.

Langkah 4: Klik tombol Install Now untuk memulai instalasi plugin pilihan Anda.

Klik tombol Install Now untuk memulai instalasi plugin pilihan Anda.

Langkah 5: Setelah berhasil di instal, tekan tombol Activate. Di mana tombol tersebut akan muncul setelah melakukan instalasi.

Setelah berhasil di instal, tekan tombol Activate. Di mana tombol tersebut akan muncul setelah melakukan instalasi.

Selesai, pemasangan plugin sudah selesai dilakukan. Pembahasan kita lanjutkan ke langkah cara membuat WordPress berikutnya.

Buat Postingan Pertama Anda di WordPress

Setelah Anda instal WordPress, kini saatnya menentukan tema yang akan digunakan dan instal plugin yang diperlukan. Langkah selanjutnya adalah membuat postingan artikel pertama Anda di WordPress, bagaimana caranya?

Langkah 1: Di halaman dashboard klik Posts > Add New.

Di halaman dashboard klik Posts > Add New.

Langkah 2: Nantinya akan muncul berbagai fitur dan di halaman postingan tersebut masukkan judul terlebih dahulu.

Nantinya akan muncul berbagai fitur dan di halaman postingan tersebut masukkan judul terlebih dahulu.

Langkah 3: Isi konten atau artikel Anda di halaman bagian konten post area, di sana juga Anda bisa memformat teks menggunakan opsi toolbar yang tersedia.

Toolbar tersebut sebenarnya hampir sama dengan toolbar yang ada di aplikasi pengolah kata seperti LibreeWriter atau MS Word. Jika kita lihat bagian sisi kanan halaman tersebut ada semacam meta box dan setiap meta box memiliki fungsi khusus di antaranya.

Toolbar tersebut sebenarnya hampir sama dengan toolbar yang ada di aplikasi pengolah kata seperti LibreeWriter atau MS Word. Jika kita lihat bagian sisi kanan halaman tersebut ada semacam meta box dan setiap meta box memiliki fungsi khusus di antaranya.
Meta BoxFungsi
PublishDi bagian ini Anda bisa mengubah status dan juga visibilitas postingan, Anda bisa membuat penjadwalan. Jika postingan ingin segera dipublikasikan, Anda bisa klik tombol Publish dan jika ingin menghapusnya, klik tombol Move to Trash.
CategoriesDi box ini, Anda dapat menemukan kategori post yang telah Anda buat secara spesifik. Cara membuat kategori baru adalah dengan klik tombol Add New Category.
TagsBagian box tags adalah untuk menambahkan tag baru atau tag yang sudah ada untuk ditampilkan di postingan yang telah Anda buat.
Featured ImageFitur ini adalah tempat untuk memasukkan gambar utama untuk postingan. Featured Image adalah gambar yang nantinya akan muncul di bagian atas artikel.

Setelah Anda membuat postingan pertama Anda, apakah website sudah selesai? Jawabannya adalah tidak, cara membuat WordPress website tidak berhenti di membuat postingan pertama. Masih ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan, yuk kita lanjutkan!

Buat Halaman Pertama Anda

Halaman di WordPress merupakan konten yang sifatnya statis dan tidak bisa dijadwalkan, biasanya bagian ini bertujuan untuk membuat halaman statis berupa About, Contact Us dan lain sebagainya. Perbedaan post dan pages ini sangat jelas, dimana pages/halaman tidak memiliki category dan tag.

Lantas, bagaimana cara membuatnya?

Langkah 1: Klik Pages > Add New.

Klik Pages > Add New.

Langkah 2: Isi konten yang ingin ditampilkan nantinya dan klik Publish jika sudah selesai.

 Isi konten yang ingin ditampilkan nantinya dan klik Publish jika sudah selesai.

Selesai, Anda sudah berhasil membuat halaman pertama Anda. Apakah langkah-langkah cara membuat website di WordPress sudah selesai? Jawabannya adalah Ya, sekarang Anda sudah memiliki website yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.

Hanya mungkin ada beberapa fitur khas website yang belum ditambahkan seperti membuat menu dan landing page. Tapi tenang, kami sudah memiliki dokumentasi yang lengkap terkait cara membuat menu di WordPress dan cara membuat landing page di WordPress.

Langsung pelajari panduan tersebut atau bisa lanjutkan terlebih dahulu ke langkah tambahan lainnya seperti optimasi website dan melakukan pengamanan website WordPress Anda, dan untuk membuat menu setelah melakukan optimasi dan pengamanan.

Optimasi Website WordPress

Pada dasarnya, Anda sudah berhasil membuat website. Sedangkan untuk optimasi website adalah langkah yang perlu Anda lakukan setelah website berhasil dibuat.

Dengan Anda mengetahui bagaimana cara mengoptimasi website, setiap postingan atau konten yang Anda buat nantinya akan selalu berada di posisi atas pencarian Google. Dibawah ini adalah cara optimasi website WordPress yang perlu Anda lakukan:

Install Plugin Caching

Di poin sebelumnya ada beberapa plugin yang kami rekomendasikan dan salah satunya adalah plugin SEO yaitu All In One Pack SEO. Nah kali ini plugin yang perlu Anda instal adalah plugin caching.

Cara instal plugin caching sama dengan proses instalasi plugin lainnya atau jika Anda lupa dengan caranya bisa cek kembali di langkah selanjutnya yang membahas tentang cara instal plugin.

Permalink bawaan dari WordPress biasanya cukup panjang. Misalnya seperti https://domainanda/2022/01/10/judul-postingan.

Google lebih menyukai permalink yang ada judul, keyword dan permalink yang lebih pendek. Ketika melakukan optimasi permalink, kami menyarankan Anda untuk menggunakan jenis Post Name.

Misalnya saja https://domainanda/judul-postingan cara merubahnya bagaimana? Ikuti saja langkah-langkahnya!

Langkah 1: Di halaman dashboard klik menu Settings > Permalinks.

Di halaman dashboard klik menu Settings > Permalinks.

Langkah 2: Pilih radio button Post Name, seperti yang ditunjukan pada gambar di atas dan klik tombol save changes.

Optimasi Gambar

Optimasi gambar juga tidak kalah penting, tujuannya adalah untuk menghasilkan website yang cepat ketika loading. Dengan mengoptimasi gambar akan memperkecil ukuran gambar yang Anda unggah ke website, namun kualitas tetap sama.

Website yang cepat tentu saja akan disukai Google dan menempatkan website Anda di posisi paling tinggi hasil pencarian Google.

Buat Website WordPress Sekarang!

Cara membuat WordPress website mudah bukan? Anda bisa membuat website profesional tanpa kemampuan koding dengan menggunakan WordPress. Jenis website yang Anda buat bisa disesuaikan dari mulai landing page, toko online, forum atau hanya sekedar blog.

Jadi, jangan sampai ada alasan lagi untuk tidak membuat website ya! Karena sekarang Anda sudah mengetahui cara membuat WordPress website dengan mudah melalui artikel ini, bahkan tidak hanya membuatnya saja.

Anda sudah mengetahui bagaimana melakukan optimasi dasar seperti memasang plugin caching, optimasi permalink dan optimasi gambar. Oh iya! Tidak kalah penting, jangan lupa untuk melakukan maintenance WordPress, seperti cek update-an plugin, tema dan core WordPress. 

Sekarang saatnya Anda membuat website Anda sendiri, selamat mencoba cara membuat WordPress website!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments