Hanya Rp 10rb, Ini 10 Alasan Memilih Domain .MY.ID

154
10 min read

Bagi sebuah bisnis digital yang menjalankan kegiatan transaksi penjualan melalui internet, maka keberadaan website adalah hal krusial. Karena melalui website lalu lintas pengunjung internet dapat terfasilitasi dan mereka lebih mudah untuk melakukan kegiatan jual-beli. 

Nah, agar dapat menciptakan website yang andal dan unggul untuk keperluan bisnis, maka Exabytes Friends perlu terlebih dahulu untuk mempersiapkan layanan hosting dan domain. Layanan hosting berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan file-file penting yang ada di website. Sedangkan domain berfungsi sebagai alamat website yang akan mempermudah pengunjung internet untuk masuk ke website kalian.

domain .my.id
Domain sebagai alamat website untuk mempermudah pengunjung masuk ke sebuah situs. (Sumber: Shutterstock)

Membahas mengenai domain, maka tak afdhol rasanya jika tidak mengulik tentang berbagai macam ekstensi domain yang ada saat ini, mulai dari .COM, .ID, .NET, .EDU, .GO, .TECH, .INFO, hingga .MY.ID. Ekstensi domain yang saat ini paling banyak digunakan adalah .COM. dan .ID.

Bahkan menurut data yang dihimpun oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia), pada tahun 2019 saja jumlah website yang menggunakan ekstensi Domain ID mencapai 111.059 website. Sedangkan pada tahun 2021 jumlah website dengan domain ID telah meningkat menjadi 554.330. 

Oleh karena itu, sebaiknya Exabytes Friends mempertimbangkan untuk mencoba ekstensi domain yang tidak pasaran dan eksklusif guna meningkatkan brand identity dan brand awareness.

Nah, salah satu jenis ekstensi domain unik yang dapat kalian pilih adalah MY.ID. Apabila kalian masih kurang familiar dengan ekstensi domain tersebut, maka melalui artikel kali ini akan diperkenalkan domain MY.ID beserta alasan untuk memilihnya.

Apa Itu Domain MY.ID?

apa itu domain?

Struktur domain terbagi menjadi tiga level, yaitu Top Level Domain, Second Level Domain, dan Third Level Domain. Ekstensi domain seperti “MY.ID” digolongkan ke dalam Top Level Domain. Lalu, apa itu sebenarnya domain MY.ID? 

Domain MY.ID adalah salah satu dari jenis ekstensi domain .ID yang telah resmi diakui oleh Google dan dikelola oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) sejak 17 September 2019. Penyebutan “MY” pada ekstensi domain MY.ID mampu merepresentasikan kepentingan personal dari website yang diciptakan. Oleh karena itu, ekstensi ini kerap kali dimanfaatkan untuk kebutuhan pribadi, seperti blog pribadi, email pribadi, portofolio, website personal branding, atau lainnya.

Seiring dengan kemudahan di dunia digital yang terus berkembang, maka proses pendaftaran untuk domain MY.ID pun kian mudah. Kalian sudah tidak perlu lagi menyertakan KTP dan Paspor dalam tahap verifikasi. Yang diperlukan hanya verifikasi email saja.

Punggawa website yang menggunakan domain MY.ID pun sekarang semakin meningkat. Terbukti dari perbandingan angka penggunanya yang pada awal peluncuran hanya 207 pengguna sekarang menjadi 2.491 pengguna (terdapat kenaikan 10 kali lipat).

Alasan Memilih Domain MY.ID

Selain karena Domain MY.ID merupakan salah satu jenis ekstensi domain yang unik dan belum banyak digunakan oleh punggawa website, domain MY.ID juga memiliki beberapa kelebihan lain yang dapat menjadi alasan bagi kalian untuk mulai menggunakannya. Apa saja kelebihannya? Yuk simak pembahasan di bawah ini!

Penanda Asal Website

Salah satu kelebihan utama dari Domain MY.ID yaitu dapat digunakan sebagai penanda dan ciri dari mana sebuah website berasal. Ekstensi domain MY.ID mengandung kata “ID” yang sangat merepresentasikan “Indonesia”. Itulah mengapa domain MY.ID hanya khusus digunakan di Indonesia saja. 

Sehingga dengan menggunakan Domain MY.ID, diharapkan website yang dikelola oleh Exabytes Friends akan mempermudah pengunjung untuk secara sekilas mengetahui bahwa website yang akan mereka kunjungi menggunakan bahasa Indonesia dan berasal dari Indonesia.

Domain yang mampu menggambarkan asal website akan sangat menguntungkan pengunjung ketika mereka hanya ingin mengunjungi website yang berasal dari negara tertentu karena keterbatasan bahasa.

Baca Juga  Mengenal Lebih Jauh Domain ID, Macam, dan Kelebihannya

Kemudahan dalam Melakukan Optimasi SEO

Hanya Rp 10rb, Ini 10 Alasan Memilih Domain .MY.ID - 2022
Penggunaan Domain ID dapat meningkatkan optimasi SEO pada website. (Sumber: iStock Photo)

Ingin membangun website pribadi yang memiliki kekuatan SEO optimal? Maka penggunaan domain MY.ID adalah jawaban yang tepat. 

Salah satu kelebihan domain MY.ID yaitu mudah untuk melakukan optimasi SEO. Meskipun domain MY.ID khusus diperuntukkan bagi seseorang yang ingin menciptakan blog personal, tetapi ekstensi domain satu ini telah mendapatkan pengakuan dari Google. Sehingga pemilik website tidak perlu lagi melakukan optimasi manual seperti melalui webmaster tools.

Optimasi SEO pada website pun akan lebih mudah dilakukan karena telah diakui oleh Google dan terpercaya untuk dapat tembus pada ranking atas halaman pencarian. Optimasi SEO yang baik dapat pula menjadi salah satu tips memilih nama domain. Oleh karena itu, yuk langsung saja beralih menggunakan domain MY.ID!

Bukan Abal-Abal dan Terpercaya

Domain MY.ID merupakan domain otentik, orisinal, dan profesional karena hanya dapat digunakan secara berbayar bukan gratis. Domain MY.ID tidak dapat digunakan secara sembarangan. Hal tersebut mampu menunjukkan jika situs dengan domain MY.ID adalah bukan situs abal-abal melainkan situs yang terpercaya dan diakui. 

Sejauh ini, website dengan Domain MY.ID telah memiliki kredibilitas dan integritas yang tinggi untuk meyakinkan pengunjung bahwa website tersebut bukan bertujuan untuk menipu, skimming, atau mencuri data-data pribadi pengunjung. 

Menunjukkan Karakter Indonesia

Beberapa karakteristik yang menunjukkan sebuah website dinilai baik adalah memiliki desain situs yang user-friendly, pemilihan kata dan judul fitur yang informatif, memiliki nama domain yang tepat, keamanan terjamin, serta dapat menyediakan komunikasi dua arah bagi pengunjung melalui fitur “Live Chat” atau lainnya. 

Untuk memenuhi syarat penggunaan domain website yang tepat, maka Exabytes Friends dapat mencoba untuk menggunakan domain MY.ID. Meskipun ekstensi lain seperti .COM atau .NET sering pula dipakai oleh website Indonesia, tetapi Domain MY.ID lebih mampu menunjukkan karakter Indonesia pada website sehingga dianggap lebih efisien untuk menarik perhatian pengunjung internet.

Biaya Berlangganan yang Murah

Domain MY.ID menawarkan harga berlangganan yang sangat ramah di kantong. Untuk saat ini, biaya yang dipatok agar dapat menggunakan MY.ID berkisar antara Rp25.000 hingga Rp50.000 per bulan. Sangat ekonomis bukan?

Tetapi khusus bagi Exabytes Friends yang ingin mendapatkan penawaran harga paling murah untuk domain MY.ID, maka dapat langsung berlangganan di Exabytes. Karena Exabytes memasang biaya hanya Rp10.000 untuk per tahunnya. Wow, sangat murah dan menarik, bukan? 

So, tunggu apalagi? Yuk, langsung saja kunjungi laman Exabytes untuk mulai berlangganan domain murah dan hosting murah. 

Cocok Digunakan Untuk Merepresentasikan Website Personal 

Meskipun ekstensi domain MY.ID tetap cocok jika digunakan untuk website bisnis, tetapi memang secara khusus ekstensi domain satu ini ditujukan untuk website personal. Apabila dibaca sekilas, nama domain MY.ID mungkin dapat menginterpretasikan “My Identity”.

Bahkan PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) sendiri mengungkapkan jika ekstensi domain MY.ID dapat digunakan pula sebagai alamat blog dan email pribadi. Sehingga bagi Exabytes Friends yang saat ini ingin mulai membangun website atau blog pribadi untuk wadah branding diri serta identifikasi identitas diri di jagat digital, maka pemilihan domain MY.ID sangat disarankan.

Selain itu, pada website MY.ID, kalian juga dapat mengisi konten untuk kebutuhan portofolio karir demi meningkatkan personal branding. Seperti contoh sebuah website dengan domain MY.ID seperti di bawah ini.

Hanya Rp 10rb, Ini 10 Alasan Memilih Domain .MY.ID - 2022

Blog pribadi Azran.my.id berisi konten-konten mengenai informasi terkait teknologi digital, gadget, serta belajar pemrograman untuk website. Ia juga kerap kali mengunggah artikel tentang rekomendasi pekerjaan di bidang IT. 

Melalui tampilan website, isi konten, serta pemilihan nama domain, maka blog tersebut sangat merepresentasikan gambaran diri dan skill yang dimiliki oleh pemilik blog. 

Menyediakan Banyak Kuota untuk Nama Domain

Meskipun penggunaan ekstensi domain .COM atau .CO.ID lebih populer dan menjadi primadona dalam penamaan website, namun Exabytes Friends akan menemukan lebih banyak kesulitan dalam menentukan nama website.

Baca Juga  Mengenal Lebih Jauh Domain ID, Macam, dan Kelebihannya

Hal tersebut diakibatkan beberapa nama domain telah terlebih dahulu digunakan oleh pemilik website lainnya. Saat ini pun sudah ada terlalu banyak nama website dengan domain .COM dan .CO.ID yang digunakan. 

Sedangkan domain MY.ID memiliki lebih banyak kuota nama domain terutama jika kalian ingin menggunakan kata kunci potensial guna meningkatkan SEO website. Nah, sedikit tips bagi Exabytes Friends yang ingin mengecek ketersediaan nama domain di internet, maka dapat mengunjungi WHOIS domain.

Masa Berlaku Status Domain

Kelebihan domain MY.ID berikutnya yang juga patut untuk dipertimbangkan adalah berkaitan dengan masa berlaku status domain atau disebut Domain Life Cycle. Jika Exabytes Friends menggunakan ekstensi domain MY.ID dan masa berlaku domain telah habis, maka tidak serta merta website langsung di non-aktifkan begitu saja. 

Dikarenakan domain MY.ID adalah salah satu jenis dari domain .ID (ccTLD), maka aturan pembekuan website untuk MY.ID mengikuti aturan pada domain .ID. Domain ID memiliki beberapa proses dan tahapan sebelum website di non-aktifkan. Proses tersebut meliputi auto renewal period selama 35 hari, redemption period selama 30 hari, dan pending delete selama 7 hari.

Menghubungkan dengan Target Audiens Secara Mudah

Hanya Rp 10rb, Ini 10 Alasan Memilih Domain .MY.ID - 2022
Target audiens akan lebih mudah disasar apabila menggunakan nama domain yang spesifik seperti Domain ID. (Sumber: Shutterstock)

Dengan memilih ekstensi domain yang merupakan jati diri Indonesia (bagian dari domain ID), maka dapat membuat konten yang diterbitkan lebih tepat sasaran.

Karena biasanya para pengunjung internet yang berasal dari Indonesia lebih menginginkan untuk mendapat informasi dalam bahasa Indonesia. Nah, sehingga mereka akan lebih mengincar situs-situs asli dari Indonesia.

Oleh karena itu, website dengan domain MY.ID lebih mudah untuk mendapatkan sasaran audiens secara spesifik dari Indonesia saja.

Kecepatan Akses Lebih Stabil dan Cepat 

Alasan selanjutnya mengapa harus memilih domain MY.ID adalah karena ekstensi domain tersebut menawarkan kecepatan website yang lebih stabil dan cepat. Domain MY.ID merupakan bagian dari ekstensi domain ID, sehingga server yang digunakan pun berada di Indonesia. Penempatan server yang lebih dekat secara geografis terbukti mampu untuk membuat kecepatan akses dari website menjadi lebih cepat.

Selain itu, penggunaan domain MY.ID dapat menjamin trafik pengunjung website yang dipertimbangkan hanya dari Indonesia saja. Dibandingkan dengan trafik umum pada domain lain yang berasal dari seluruh dunia, load pada website dengan ekstensi domain MY.ID akan terasa jauh lebih stabil.

Kesimpulan

Nama domain dan hosting merupakan satu kesatuan penting yang sangat dibutuhkan jika Exabytes Friends memutuskan untuk membangun website. Seiring dengan semakin banyak jumlah website sehingga kebutuhan domain kian meningkat, maka jenis-jenis nama domain pun semakin beragam. Mulai dari .COM, .ID, .NET, .INFO, .SITE, .ORG, .SCH, dan masih banyak lagi lainnya. 

Salah satu jenis ekstensi domain yang patut dimasukkan ke dalam top list kalian dalam memilih nama domain adalah MY.ID. Domain MY.ID merupakan salah satu dari jenis ekstensi domain .ID yang telah resmi diakui oleh Google dan dikelola oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) sejak 17 September 2019. 

Domain MY.ID biasanya digunakan untuk kebutuhan pribadi, seperti blog pribadi, email pribadi, portofolio, website personal branding, atau lainnya. Pengguna untuk jenis domain satu ini telah meningkat sebesar 10 kali lipat semenjak pertama kali diresmikan. 

Beberapa kelebihan utama MY.ID sehingga patut dijadikan alasan untuk menggunakannya yaitu memiliki harga berlangganan yang murah hanya Rp10.000 saja per tahunnya, terpercaya dan tidak abal-abal, mempermudah dalam melakukan optimasi SEO, memiliki server tersendiri di Indonesia, hingga menjamin kecepatan website menjadi lebih cepat dan stabil.

Nah, cukup sekian pembahasan kali ini mengenai alasan memilih domain MY.ID. Semoga bermanfaat, ya!

Bagi kalian yang ingin membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai website dan tips pembuatan konten, maka dapat mengunjungi blog Exabytes. Selain itu, Exabytes juga menyediakan domain murah Indonesia dan promo domain, loh! Dan jangan lupa subscribe agar tak ketinggalan konten artikel up-to-date lainnya. Sampai jumpa!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments