Cara Mencegah Virus Ransomware (WannaCry)

Pasti sudah tahu berita mengenai virus yang sedang menjadi topik perbincangan hangat di berbagai media di internet. Bahkan, pada tanggal 15 Mei lalu banyak orang yang tidak berani menghubungkan komputer mereka ke internet karena desas-desus yang mengatakan pada tanggal itu virus akan menginfeksi setiap komputer yang terhubung ke internet.

Virus Ransomware WannaCry

WannaCrypt atau WannaCry secara besar-besaran diluncurkan pada tanggal 12 Mei dan telah menjangkiti banyak organisasi diseluruh dunia dengan tujuan untuk meminta uang tebusan. Virus ini menginfeksi dengan cara mengenkripsi (membuat isi file tidak dapat dibaca) kemudian meminta tebusan sebesar $300-600 untuk mengembalikan file-file tersebut (deskripsi).

Bagaimana Trojan WannaCry Ransomware bisa masuk ke komputer kamu?
Ada 2 cara yang umum terjadi, yaitu:
1. Melalui email phishing
2. Mengunjungi website yang terjangkit program jahat

Apa yang telah dilakukan Microsoft?

Virus ini hanya mampu menjangkiti sistem operasi Windows terutama Windows versi lama sepert Windows XP dan sebelumnya. Microsoft telah mengeluarkan update sistem terbaru (patch) khusus untuk virus ini dinamakan WannaCrypt Windows XP Patch.

Apa yang telah dilakukan Exabytes?

Jika kamu pelanggan Exabytes, jangan khawatir. Para Engineer kami telah memastikan semua server Windows kami sudah 100% di update, di patch dan mem-block port SMB (139,445) dari akses luar. Untuk pelanggan kami yang telah memiliki server sendiri, diharapkan melakukan update dan patch server-nya sendiri.

Cara pencegahan virus Ransomware WannaCry:

1. Update Software

Terutama untuk pengguna sistem operasi Windows versi lama (seperti Windows XP dan Windows Server 2003). Bukan cuma itu, pastikan juga anti virus yang kamu gunakan sudah terupdate. Kamu juga bisa menambahkan aplikasi tambahan seperti Website Application Firewall (WAF) seperti Sucuri.

2. Email

Salah satu cara penyebaran utama virus ini adalah melalui klik yang dilakukan oleh pengguna internet, terutama link yang dikirimkan dari email yang tidak dikenal atau men-download file attachment yang telah di pasang trojan.
Jangan sembarangan meng-klik link dari email yang tidak kamu kenal apalagi men-download file attachement-nya.

3. Backup, backup, backup

Mencegah lebih baik dari mengobati
Lakukan backup secara rutin setiap hari karena data-data yang hilang tidak tergantikan nilainya. Apalagi jika data yang hilang adalah data-data penting seperti informasi pelanggan atau informasi keuangan. Untuk mencegah kehilangan data, Exabytes Indonesia mempercayakan backup pada R1Soft, salah satu penyedia software backup terpercaya di dunia.

Banyak ahli yang mengatakan bahwa serangan virus WannaCry Ransomware kali ini baru awal, akan ada serangan-serangan lain dengan cara yang lebih berbahaya lagi. Untuk itu, disarankan untuk selalu waspada dengan melakukan 3 hal diatas ya 😉

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here