Bulan Ramadhan datang lagi. Di sebagian besar kota di Indonesia, atmosfir ketika memasuki bulan Ramadhan begitu terasa terlebih diakhir Ramadhan nanti ketika semua umat muslim bersiap-siap merayakan Idul Fitri.

Kalau kita perhatikan, biasanya ketika Ramadhan datang, terjadi peningkatan harga di beberapa produk seperti pangan dan pakaian.

Bagaimana kita melihat trend ini dan menjadikannya sebagai salah satu peluang untuk meningkatkan keuntungan?

Peluang bisnis di bulan Ramadhan

Salah satu cara paling mudah untuk mengetahui bisnis apa yang mengalami peningkatan yang signifikan, kamu bisa memanfaatkan Google Trends.

Cara menggunakan Google Trends

Berikut cara menggunakan Google Trends:
1. Buka Google Trends disini: Google Trends
2. Masukkan Negara, Rentan waktu, Kategori dan Jenis Pencarian

Google Trends
Google Trends

Pertama-tama, pilih pilihan yang umum yaitu Indonesia, Past 5 years, Shopping (tergantung ketertarikan kamu) dan Web Search.

Google Trends - Kategori Shopping
Kategori “shopping”

3. Dari data di atas, kamu bisa mendapatkan data lebih spesifik lagi, misalnya kamu ingin mengetahui lebih dalam lagi mengenai produk “Baju“. Klik “baju“.

Trend bisnis bulan Ramadhan adalah "baju"
Trend bisnis bulan Ramadhan adalah “baju”

Dari grafik di atas, kita bisa melihat bahwa lonjakan pencarian di Google terjadi cukup signifikan (hingga mencapai 2-3 kali lipat) pada bulan Juni dan Juli. Kita bisa mengira-ngira, lonjakan ini kemungkinan terjadi pada saat puasa dan lebaran. Pencarian terbanyak dilakukan dari Kalimantan Selatan.

Baca Juga  Kamu Mau Jualan Online? Perhatikan Dulu 5 Hal Ini Biar Gak Nyesel!

4. Produk yang lebih spesifik
Hasil yang kita dapat dari Google Trends masih belum spesifik. Kita masih belum tahu Baju apa yang banyak di cari orang. Untuk itu, kita bisa menggunakan Google Keyword Planner. Google Keyword Planner adalah salah satu tools analisis keyword gratis yang disediakan oleh Google. Untuk menggunakannya, kamu harus memiliki Gmail terlebih dahulu.

Cara menggunakan Google Keyword Planner

Untuk membuka Google Keyword Planner tanya memasukkan informasi billing, klik disini: Menggunakan Google Keyword Planner.

Google Keyword Planner
Google Keyword Planner
Search keyword "baju"
Search keyword “baju”

Klik “Search for new keywords using a phrase, website or category“. Kemudian isi produk atau service yang ingin kamu cari tahu, dalam hal ini “baju“. Selain itu, pilih target negara (Indonesia) dan Bahasa (Indonesia) dan Date Range (Juni 2016 sampai Juli 2016) supaya kita tahu “baju” apa yang paling laku ketika terjadi lonjakan grafik (seperti yang terlihat di Google Trends), selain itu, pemilihan bahasa dan lokasi dilakukan dengan tujuan untuk memastikan hasil pencarian yang berasal dari Indonesia karena kita men-target pembeli dari dalam negeri. Kemudian klik tombol “Get ideas“.

Hasil Pencarian Google Keyword Planner
Hasil Pencarian Google Keyword Planner

Dari hasil pencarian tadi, kamu bisa tahu bahwa “baju” yang sering dicari adalah baju muslim, baju gamis, baju anak, baju wanita, baju bayi dan seterusnya. Gunakan hasil pencarian ini sebagai “product or service” untuk mendapatkan pencarian yang lebih spesifik lagi.

Baca Juga  6 Jurus Social Media untuk Bisnis Kuliner

Selamat mencoba 😉

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here