10+ Cara Mengatasi 502 Bad Gateway Dengan Mudah

0
1808

Apakah website Anda pernah mengalami error dan menampilkan pesan kesalahan 502 bad gateway? Jika Anda berada di artikel ini, tandanya Anda sedang mencari bagaimana cara mengatasi 502 bad gateway.

Benar, Anda berada di website yang tepat. Karena kami akan menjelaskan cara mengatasi 502 bad gateway dengan sangat detail, bahkan kami akan menjelaskan beberapa pemicu error tersebut bisa terjadi.

Jadi dalam artikel ini kami mencoba untuk membahas semua kemungkinan penyebab dan cara mengatasinya dengan mudah. Akan tetapi, pertama-tama kita pahami lebih dulu apa itu pesan error 502 bad gateway.

Apa itu 502 Bad Gateway?

10+ Cara Mengatasi 502 Bad Gateway Dengan Mudah - 2024

Pesan error 502 bad gateway adalah salah satu kode error yang umum terjadi ditemukan di website baik itu yang menggunakan platform WordPress, Shopify, Drupal dan yang lainnya. Error 502 bad gateway ini bisa terjadi karena server tidak dapat menyelesaikan permintaan yang diterima dari server lain yang bertindak sebagai gateway atau proxy.

Ini sering terjadi, ketika server gateway atau proxy tidak dapat terhubung dengan server yang diminta untuk menyelesaikan permintaan atau ketika server yang diminta tidak dapat memberikan respons yang diharapkan dalam waktu tertentu.

Jika Anda mengalami pesan kesalahan ini, maka Anda mungkin perlu menunggu beberapa saat sebelum mencoba mengakses website tersebut.

Jika Anda adalah pemilik website dan sedang mengalami error ini, mungkin bisa mengikuti cara mengatasi 502 bad gateway yang akan kami jelaskan di artikel ini.

Variasi Tampilan Pesan 502 Bad Gateway

Kita sudah tahu bahwa 502 Bad Gateway adalah pesan kesalahan yang ditampilkan oleh server web ketika server tersebut tidak dapat menyelesaikan permintaan yang diterima dari server lain yang bertindak sebagai gateway atau proxy.

Namun, terdapat beberapa variasi tampilan pesan 502 Bad Gateway yang dapat ditampilkan oleh server, di antaranya sebagai berikut:

  • 502 Bad Gateway.
  • Error 502 Bad Gateway.
  • 502 Proxy Error.
  • HTTP Error 502.
  • Bad Gateway.
  • Error 502.
  • HTTP 502.
  • 502 Server Error.
  • 502 Service Temporarily Overloaded.
  • Layar Blank Putih.
  • That’s an Error.

Kira-kira yang paling sering Anda temui pesan kesalahan yang mana?

Dampak Error 502 Bad Gateway Terhadap SEO Website

cara mengatasi 502 bad gateway

WARNING! Jika pesan kesalahan ini berulang kali muncul di website Anda, dampak pada reputasi website dan juga mesin pencari akan berakhir buruk. Karena akan memberikan pengalaman buruk pada pengunjung website, sehingga pengunjung meninggalkan website dan mesin pencari menganggap website tersebut tidak dikelola dengan benar.

Kemungkinan terburuknya, jika pesan kesalahan ini tetap terlalu lama muncul di website Anda. Resiko di deindex oleh mesin pencari semakin besar. Alasannya karena website Anda tidak menampilkan data apapun kepada pengunjungnya yang mengarah meningkatnya bounce rate dan penurunan peringkat website.

Lantas, apa penyebab umum error 502 bad gateway ini terjadi? Anda bisa mencari tahunya melalui penjelasan di bawah ini.

Penyebab Utama Error 502 Bad Gateway Terjadi

Ada beberapa penyebab utama kenapa error 502 bad gateway ini bisa terjadi, kami coba jelaskan beberapa kepada Anda untuk dipelajari.

Server Tidak Berfungsi

Salah satu penyebab website Anda mengalami error 502 bad gateway adalah karena server tidak berfungsi dengan baik. Sehingga akibatnya server tidak bisa diakses dan banyak sekali penyebab kenapa server tersebut tidak bisa diakses.

Salah satu diantaranya banyaknya penyebab adalah karena server sedang mengalami down atau adanya jumlah trafik yang tinggi di server tersebut. Jika memang sudah dipastikan bahwa penyebabnya adalah server, Anda bisa mengatasinya dengan memigrasikan website Anda ke web hosting yang handal.

Firewall

Firewall digunakan untuk memblokir transmisi di antara server dan cukup sering firewall menjadi penyebab error 502 bad gateway muncul. Jika Anda menggunakan WordPress, kemungkinan plugin jenis security yang menjadi sumber permasalahannya.

Karena plugin jenis ini biasanya memblokir komunikasi antar server bahkan bisa memblokir alamat IP dan ISP.

Kegagalan Server

Penyebab selanjutnya adalah kegagalan server, ini bisa terjadi karena sistem crash atau terkadang server offline beberapa saat karena maintenance. Kemungkinan lainnya adalah konten di dalamnya mungkin melanggar syarat dan ketentuan server.

Error di Browser yang Digunakan

Browser seperti Google Chrome biasanya memiliki ekstensi yang bisa ditambahkan oleh penggunanya. Terkadang beberapa ekstensi tersebut bisa menyebabkan kesalahan ini muncul, khususnya ekstensi AdBlock.

Tidak hanya itu, mungkin versi browser yang digunakan juga sudah usang atau belum di update ke versi terbaru.

Terus, Cara Mengatasi 502 Bad Gateway ini Bagaimana?

Ada banyak hal yang bisa Anda coba untuk mengatasi error ini. Bagi pengembang, sebagian besar kesalahan mungkin terjadi karena ada bug PHP atau konfigurasi server yang kurang tepat.

Di beberapa kasus juga, terutama bagi pengguna. Masalah error ini terjadi karena masalah di browser yang digunakan, ISP atau IP yang mungkin diblokir. Kami akan mencoba menjelaskan kepada Anda bagaimana cara mengatasi 502 bad gateway untuk pengguna dan pengembang website.

Anda dapat pelajari dan mencoba untuk menyelesaikan masalah error ini dengan cara di bawah ini:

Cara Mengatasi 502 Bad Gateway untuk Pengguna

cara meningkatkan domain authority

Refresh Halaman Website

Ketika Anda sebagai pengguna mengalami error 502 bad gateway, kemungkinan penyebabnya server overload atau kelebihan trafik yang masuk. Jika demikian, cara mengatasinya adalah dengan merefresh halaman website.

Caranya adalah dengan menekan tombol kombinasi Ctrl + R atau tekan F5 dan jika tetap mengalami error, mungkin Anda perlu mengunjungi website tersebut beberapa menit lagi.

Akses Website dengan Incognito Mode

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengakses website tersebut menggunakan mode incognito di browser yang Anda gunakan. Jika website masih tidak bisa berjalan dengan baik, kemungkinan browser yang Anda gunakan bermasalah.

Saran kami, Anda bisa mencoba browser lain atau lakukan update versi jika belum melakukan update, agar error dan masalah bisa diselesaikan.

Hapus Cache Browser

Cara yang pertama dan cara yang menurut kami lebih mudah adalah menghapus cache browser. Tentu saja cara ini bisa dilakukan jika Anda sebelumnya telah merefresh terlebih dahulu browser Anda tapi error 502 tetap saja muncul.

Langkah-langkahnya sangatlah mudah, ikuti saja ya!

Langkah 1: Di browser kesayangan Anda (disini kami menggunakan Google Chrome) buka menu Customize and Control Google Chrome.

Langkah 2: Klik Settings .

Apa saja penyebab hingga cara mengatasi error 502 bad gateway? Simak panduannya di sini

Langkah 3: Di halaman Advanced klik Privacy and Security > Clear Browsing Data > Clear Data.

Error 502 Bad Gateway: Penyebab & 10+ Cara Mengatasinya - 2022

Lalu bagaimana jika ternyata masalah terjadi karena websitenya bermasalah atau servernya yang bermasalah? Bagaimana cara pengembang website mengatasi hal ini? Anda bisa mengikuti saran kami di bawah ini.

Cara Mengatasi 502 Bad Gateway untuk Pengembang Website

10+ Cara Mengatasi 502 Bad Gateway Dengan Mudah - 2024

Jika Anda adalah seorang pengembang website atau manajer server, bagaimana Anda mengatasi masalah error 502 bad gateway? Karena kesalahan ini bisa menyerang siapa saja, terlebih jika masalahnya bukan di pengguna seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Kami sarankan Anda mencoba solusi yang kami jelaskan di bawah ini:

Periksa Hosting yang Anda Gunakan

Hosting yang Anda gunakan terkadang menjadi salah satu penyebab error 502 bad gateway muncul, misalnya saja dikarenakan website Anda terlalu banyak mendapatkan traffic atau query, sehingga website menjadi down.

Setelah observasi dan ternyata error 502 bad gateway yang Anda alami penyebabnya dari web hosting yang Anda gunakan, kami menyarankan Anda untuk segera beralih ke hosting server yang lebih handal.

Periksa Log Error

Anda juga bisa memeriksa log error server untuk memeriksa apakah masalah ini terjadi karena servernya atau bukan. Oh iya, bagi pengguna WordPress bisa tambahkan beberapa baris kode di file wp-config.php.

Cara menambahkannya adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Buka wp-config.php.

Langkah 2: Tambahkan beberapa kode di bawah ini ke file wp-config.php tersebut.

define( ‘WP_DEBUG’, true );

define( ‘WP_DEBUG_LOG’, true );

define( ‘WP_DEBUG_DISPLAY’, false );

Langkah 3: Akses file tersebut di https://www.domainanda.co.id/wp-contents/debug.log. Gunanya adalah untuk melihat perubahan entry yang terjadi.

Cek Plugin dan Tema yang Digunakan

Plugin dan tema bisa menjadi salah satu penyebab error 502 bad gateway muncul, terutama untuk pengguna WordPress. Biasanya masalah timbul karena script atau query mengalami masalah.

Sehingga server akan menghentikan plugin dan juga tema tersebut dan akhirnya error 502 bad gateway muncul. Cara mengatasinya adalah dengan menonaktifkan plugin atau tema yang digunakan, selanjutnya akses kembali website apakah sudah normal atau belum.

Sementara Nonaktifkan CDN

Jika website Anda menggunakan salah satu layanan seperti CloudFlare, maka Anda perlu mencoba untuk menonaktifkan sementara CDN tersebut untuk mengetahui apakah ada perubahan atau tidak. Cara melakukannya adalah arahkan name server CloudFlare ke nameserver hosting yang Anda gunakan.

Jika Anda mengalami kesulitan silahkan untuk meminta bantuan technical support Exabytes Indonesia.

Hubungi Penyedia Hosting yang Anda Gunakan

Jika error masih tidak bisa diatasi, Anda bisa menghubungi penyedia layanan hosting dan meminta bantuan mereka untuk mengatasi error 502 bad gateway.

Jelaskan secara detail apa saja masalah dan kronologi masalah tersebut muncul, sehingga pihak penyedia layanan bisa menganalisa penyebab dan membantu mengatasi masalah tersebut.

Namun, ternyata jika cara ini tidak berhasil atau pihak penyedia layanan tidak merespon pesan Anda. Maka Anda mungkin saatnya menggunakan cara terakhir yaitu migrasi ke layanan hosting yang baru.

Jika Anda pengguna WordPress, kami merekomendasikan Anda untuk bermigrasi ke layanan WordPress hosting yang lebih powerful.

Pecahkan Masalah Error 502 Bad Gateway Sekarang Juga!

Seperti yang Anda lihat pada pembahasan di atas, ada banyak cara mengatasi 502 bad gateway yang bisa Anda coba tergantung posisi Anda berada di pengguna atau pengembang website. Dengan bantuan penjelasan tadi, Anda bisa memecahkan masalah dan mencoba memperbaiki error 502 bad gateway.

Jika Anda memiliki cara lain mengatasi error ini, jangan ragu untuk berbagi informasi dengan kami melalui kolom komentar.

Selamat mencoba!

1 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments