Penjelasan Bounce Rate (Pentalan) Secara Lengkap

0
2199

Apakah kamu tahu definisi bounce rate, apa itu bounce rate? Apa itu exit rate, penyebabnya, bagaimana cara menemukan dan menguranginya?

Kamu harus tahu bahwa metrik ini dapat menjadi penting untuk beberapa situs web karena dengan alat pengukuran rasio pentalan (bounce) ini memberi gambaran tentang kesan pertama pengunjung situs web kamu.

Kamu pasti sangat marah, bukan, jika seseorang datang ke rumah kamu dan tiba-tiba pergi tanpa mengucapkan sepatah kata pun. Benar! Ini memberi tahu kamu apakah halaman arahan kamu memenuhi harapan pengunjung yang pergi ke sana.

Juga, di antara berbagai jenis pengguna yang mengunjungi situs web kamu seperti yang kami jelaskan di atas, jika rasio pentalan atau bounce rate kamu tinggi, itu berarti informasi tersebut ditutup, memuat dari situs kamu lebih cepat.

Itu benar! Ini adalah tanda kemungkinan kerentanan dalam proses pemuatan situs web kamu.

Kamu mungkin curiga ada yang salah dengan halaman arahan atau sumber lalu lintas kamu.

Berkaitan dengan hal tersebut, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang penjelasan bounce rate secara lebih detail dan komprehensif.

Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Penjelasan Bounce Rate

Artinya rasio pentalan dalam bahasa Indonesia, bounce rate adalah sesi satu halaman dibagi dengan semua sesi atau persentase semua sesi di situs web kamu di mana pengguna hanya melihat satu halaman dan hanya memicu satu permintaan atau request ke server analytics berdasarkan temuan kami yang datang langsung dari deskripsi situs Google.

Pantulan adalah sesi satu halaman di situs kamu.

bounce rate

Di Google Analytics, bouncing secara khusus dihitung sebagai sesi yang memicu hanya satu permintaan ke server analytic, seperti saat pengguna membuka halaman di situs kamu dan kemudian pergi tanpa tidak memicu permintaan lain ke server analytic selama sesi ini.

Sesi pada satu halaman ini memiliki durasi sesi 0 detik karena tidak ada klik setelah klik pertama, memungkinkan analytics untuk menghitung durasi sesi.

Apa Itu Tingkat Rasio Pentalan?

Jadi apa sebenarnya tingkat rasio pentalan itu?

Selain definisi bounce rate di atas, untuk definisi “bounce rate”, menurut Google sendiri adalah persentase sesi pada suatu halaman, yaitu sesi di mana pengguna internet meninggalkan situs web dari halaman login tanpa berinteraksi dengan halaman.

Mari kita buat ini sedikit lebih sederhana.

Rasio pentalan didefinisikan sebagai persentase pengunjung situs web yang mengklik tombol kembali atau meninggalkan situs web kamu tanpa mengunjungi halaman lain selain halaman yang pertama kali mereka kunjungi.

Jika seseorang terpental, atau dalam hal ini “bounce” atau “memantul” (dalam arti bahwa pengunjung kamu meninggalkan situs kamu), itu tidak berarti mereka belum membaca konten kamu atau melihat apa yang ada di situs kamu.

Ini adalah salah satu kesalahpahaman terbesar tentang memahami rasio pentalan. Semua hal di atas berarti bahwa pengunjung hanya melihat halaman ini di situs kamu dan tidak pergi ke halaman lain.

Disebut “bouncing” hanya karena mereka dapat kembali (memental) kembali ke hasil pencarian atau hasil pencarian, untuk melihat opsi lain atau untuk menyaring penargetan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Jika pengunjung tiba di situs kamu melalui pencarian Google dan mengunjungi setidaknya satu halaman lagi sebelum mengklik tombol kembali browser, mereka akan dihitung ke metrik rasio pentalan, bukan rasio keluar.

Apa Itu Exit Rate?

Jadi apa yang dimaksud dengan tingkat exit rate? Ini adalah persentase tampilan halaman terakhir dalam sesi.

Ini mengatakan sesuatu tentang pengguna yang memutuskan untuk mengakhiri sesi mereka di situs kamu pada halaman tertentu.

Halaman dukungan Google memberikan contoh yang jelas tentang rasio tingkat keluar dan rasio pentalan, yang membuat perbedaan yang sangat jelas.

Menurut Google sendiri, exit rate atau rasio keluar dijelaskan sebagai berikut.

Misalnya, sebuah halaman web memiliki tiga halaman, bernama a, b, dan c. Dari Senin hingga Jumat, interaksi mungkin terlihat seperti ini:

Senin: Mengunjungi halaman b, c dan a
Selasa: Kunjungan halaman a
Rabu: Halaman a, c dan b
Kamis: Kunjungan halaman a
Jumat: Mengunjungi halaman a, b dan c

Persentase yang dihitung (%) dari rasio keluar yang ditunjukkan oleh Analytics adalah:

Halaman a memiliki tingkat pentalan 50% dan tingkat keluar 60%
Halaman b memiliki tingkat pentalan 0% dan tingkat keluar 20%
Halaman c memiliki tingkat pentalan 0% dan tingkat keluar 20%

Tingkat keluar yang tinggi dari halaman tertentu bisa menjadi pertanda baik.

Misalnya, dalam e-commerce, meninggalkan halaman setelah melakukan pembelian adalah pertanda baik karena menunjukkan hasil positif untuk suatu transaksi.

penjelasan bounce rate

Apa Penyebab Terjadinya Tinggi dan Rendahnya Bounce Rate?

Menentukan rasio pentalan rata-rata kamu bisa sangat rumit.

Ini sebagian besar karena rasio pentalan yang tinggi untuk beberapa halaman mungkin dianggap rendah untuk halaman lain.

Itu benar! Pada artikel ini, kami juga akan menjelaskan penyebab tingginya dan rendahnya rasio pentalan.

Ayo terus kita simak!

Bounce Rate Yang Tinggi

Jika bounce rate atau rasio pentalan kamu di atas 40%, hal itu mungkin tidak perlu dikhawatirkan secara langsung.

Mari kita lihat beberapa alasan dan penyebab, sebenarnya dari rasio pentalan yang tinggi sebelum membahas kemungkinan penyebabnya.

Pengunjung hanya ingin mencari informasi

Kamu pasti akan tahu bahwa menulis posting blog yang baik dapat mendatangkan banyak lalu lintas atau pengunjung.

Tapi, jika mereka hanya mencari informasi, maka hanya tamu dengan niat komersial yang kuat (untuk melakukan transaksi).

Jadi lalu lintas ini cenderung memiliki bounce rate yang lebih tinggi daripada lalu lintas di beranda kamu atau halaman utama lainnya di situs.

Traffic berbayar atau dari media sosial

Jika kamu mendapatkan persentase lalu lintas yang tinggi dari media sosial atau iklan berbayar, itu dapat memengaruhi bounce rate atau rasio pentalan rata-rata kamu karena pengunjung tersebut memiliki kemampuan untuk sering kembali.

Meskipun lalu lintas pencarian berbayar keluar pada tingkat yang lebih tinggi daripada lalu lintas organik atau lalu lintas.

Sering kali, iklan yang menarik lalu lintas yang tidak memenuhi syarat (mungkin menampilkan istilah yang tidak terkait dengan bisnis pengiklan) atau laman landas yang tidak efisien.

Banyaknya pengguna mobile

Pengunjung seluler terbukti lebih banyak terpental, jadi jika situs kamu mendapat persentase tinggi dari seluler atau smartphone, itu akan mempengaruhi rasio pentalan rata-rata kamu.

Bounce Rate Yang Rendah

Jadi apa yang menyebabkan bounce rate sangat rendah? Jika rendah di sini antara 40% dan 60% maka itu normal.

Namun jika rendah di sini adalah kisaran 0-30/40%, maka kamu harus khawatir! Karena kemungkinan besar bot jahat merayapi situs kamu!

Referral atau bot spam

Yang pertama adalah lalu lintas rujukan atau bot spam. Ya! Apalagi jika situs kamu secara teratur dirayapi oleh bot.

Beberapa baik dan ramah (Googlebot merayapi situs kamu untuk membaca konten kamu dan memutuskan di mana kamu berada), sementara beberapa buruk (beberapa bot mencari konten untuk diambil dan diletakkan di situs spam).

Aktivitas bot ini terkadang dapat dideteksi oleh Google Analytic dan benar-benar dapat mengubah bounce rate atau rasio pentalan kamu, karena lalu lintas bot seringkali memiliki rasio pentalan 0% atau bahkan 100% (paling banyak).

Kesalahan dalam konfigurasi

Berikut ini adalah karena kesalahan konfigurasi.

Suatu tindakan seperti kesalahan konfigurasi (engineering misconfiguration) dapat menyebabkan pemindaian menjadi sangat pendek atau bahkan panjang, sehingga pemindaian dihitung secara berlebihan oleh pemindaian.

Pada awalnya, jangan senang ketika kamu mengetahui lagi bahwa melihat lebih dekat pada riwayat Google Analytics kamu membuat bounce rate atau rasio pentalan kamu turun menjadi hanya beberapa persen.

Bagaimana Cara Mengetahui Bounce Rate?

Setelah mengetahui penjelasan tentang bounce rate di atas, kita juga perlu mengetahui bagaimana cara mengetahui bounce rate (rasio pentalan).

Kamu dapat menemukan rasio pentalan untuk situs kamu serta situs individual dengan membuka Google Analytics dan melihat informasi di bagian audiens, akuisisi, dan perilaku.

Cara terbaik untuk melihat informasi mendetail tentang bounce rate atau rasio pentalan situs kamu, misalnya, rasio pentalan halaman tertentu, yaitu untuk mengakses perilaku situs, konten, dan semua laman.

Dar layar tersebut kamu dapat menemukan atau menelusuri halaman yang ingin kamu lihat dan mengubah tanggal laporan untuk menemukan rasio pentalan rata-rata untuk halaman tersebut.

Lalu, Bagaimana Cara Menurunkan Bounce Rate Yang Benar?

Sekarang kita tahu apa yang dimaksud dan apa penyebab dari bounce rate atau rasio pentalan seperti yang telah kami jelaskan di atas.

Selanjutnya, mari kita lihat beberapa cara untuk mengurangi rasio pentalan dan meningkatkan keterlibatan dengan situs kamu.

Memanfaatkan Beranda Dengan Baik

Untuk mengelola prospek dan niat pengunjung kamu, anggap beranda kamu sebagai situs yang membantu kamu memesan hotel seperti di bawah ini.

  • Pengunjung menemukan reservasi dan membuat mereka betah (di sinilah saya harus pergi dan umumnya dikenal sebagai homepage).
  • Beri tahu mereka ke aman harus pergi selanjutnya, apakah itu kamar kamu, minuman, restoran, dan banyak lagi.

Memperbaiki Navigasi Website

Navigasi yang jelas membawa orang ke tempat yang mereka inginkan.

Tampilkan navigasi situs web yang jelas yang membawa orang ke tempat yang mereka inginkan, secepat mungkin, dan meminimalkan stres dan pemikiran.

Percepat Website

Menurut Kissmetrics, 47% orang mengharapkan halaman web dimuat dalam 2 (dua) detik, sementara 40% meninggalkan halaman web membutuhkan waktu lebih dari 3 (tiga) detik untuk dimuat.

Studi lain oleh para ahli dan pakar website, mereka menemukan bahwa satu detik tambahan waktu loading atau waktu pemuatan di seluler (smartphone) meningkatkan rasio pentalan atau bounce rate sebesar 56%.

Jadi saran pribadi kami, maksimalkan metode percepatan situs web kamu, seperti mengkompres gambar yang digunakan di situs kamu, mengecilkan dan mengkompres .js dan .css, dan pastikan server aktif dan berjalan.

Membuat Call To Action (CTA) Pada Setiap Halaman

Ingatlah bahwa orang tidak selalu masuk ke situs web kamu melalui berkamu, mereka biasanya melalui subhalaman kamu.

Kamu perlu membuat sesuatu seperti layar pop-up yang akan menampilkan suatu tindakan atau yang biasa disebut dengan good call to action atau ajakan bertindak yang menarik.

Maka pengunjung kamu akan merasa lebih nyaman melihat konten kamu.

Tombol Pop Up atau Obrolan

Cara yang bagus untuk membuat dan menggunakan pop-up adalah dengan mengatur waktu untuk muncul ketika seseorang akan meninggalkan situs kamu.

Ketika mereka memindahkan kursor menjauh dari jendela, popup atau tombol obrolan yang ditargetkan dengan baik memberimu satu kesempatan terakhir untuk menyimpan sesi dan membujuk mereka untuk kembali menjelajahi lebih banyak.

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah sudah cukup dijelaskan? Oke diatas adalah penjelasan dan pengertian dari bounce rate, apa itu bounce rate, penyebab, cara mengetahui dan menguranginya.

Berdasarkan diskusi ini, kita dapat menyimpulkan bahwa rasio pentalan adalah persentase orang yang mengunjungi situs web kamu, tetapi alih-alih menemukan lebih banyak, mereka meninggalkan situs kamu.

Ya! Pertahankan rasio pentalan atau rasio pentalan normal atau wajar. Rasio pentalan normal menunjukkan bahwa konten situs web kamu benar-benar dibaca oleh pengunjung situs web kamu.

Semoga materi ini dapat bermanfaat dan dapat memberikan wawasan bagi kita semua, khususnya pengetahuan tentang istilah-istilah teknologi dalam pembelajaran tentang teknologi informasi khususnya yang berkaitan dengan praktik pengembangan web hosting.

Silakan bagikan artikel dan artikel kami di sini jika kamu merasa bermanfaat untuk teman, kerabat, dan rekan kamu. Sekian dari saya, terima kasih.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments