Domain GO ID : Pengertian, Fungsi dan Aturannya

0
2201

Domain go id – Perlu Exabytes friends ketahui bahwa setiap website memerlukan nama domain dan ekstensi domain agar dapat diakses oleh para pengguna internet.

Nah, ada berbagai ekstensi domain yang bisa digunakan untuk menghasilkan alamat website dan salah satunya adalah domain go id.

Apakah kamu tahu apa itu domain go id? Jenis website apa saja yang dapat digunakan oleh domain .go.id? Bisakah orang biasa seperti kita menggunakan ekstensi tersebut?

Yuk, langsung saja simak artikel berikut dan temukan penjelasan lengkapnya!

Penjelasan Domain .go.id

Ekstensi nama domain go id adalah singkatan dari government Indonesia, ekstensi ini digunakan oleh semua website resmi lembaga administrasi negara kesatuan Republik Indonesia, baik pusat maupun daerah.

Yang termasuk dalam badan administrasi negara meliputi:

  1. Kelembagaan Pemerintah
  2. Kegiatan Resmi Pemerintahan
  3. Pelayanan Publik

domain .go.id

Tujuan penggunaan ekstensi domain go id adalah untuk mendukung pengembangan dan penerapan e-government (electronic government) di Indonesia.

Karena ini adalah ekstensi nama domain khusus untuk website resmi Instansi Penyelenggara Negara, itu tidak dapat digunakan oleh masyarakat umum.

Pendaftaran tidak dapat dilakukan di registrar manapun.

Sedangkan untuk ekstensi domain go id, pendaftarannya adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) melalui Direktorat e-Government. Menurut website resmi domain .go.id, saat ini sudah ada 3.338 instansi pemerintah yang telah mendaftarkan websitenya dengan ekstensi domain ini.

Sedangkan untuk organisasi pemerintahan desa digunakan ekstensi domain .desa.id.

Fungsi Dari Domain go id

Nama domain biasanya bertindak sebagai alat untuk mengidentifikasi website yang dihosting di server web. Saat pengguna memasukkan nama domain, pencarian data halaman web di server web tujuan dilakukan, yang disesuaikan dengan identitas alamat IP yang digunakan.

Misalnya, ketika kamu mengunjungi website pemerintah daerah tertentu, website tersebut akan dengan mudah muncul tanpa mengetahui alamat IP-nya. Kamu tidak perlu khawatir salah memasukkan alamat, karena ketika semua informasi yang kamu masukkan sudah benar maka data yang ditampilkan akan sesuai. Mengapa? Karena tidak semua orang bisa menggunakan beberapa domain dengan cara yang sama.

Bagaimana hal itu terjadi? Ini karena ada sebuah organisasi khusus bernama ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) yang bertugas menghosting semua nama domain di dunia. Saat kamu ingin mendaftarkan nama domain, sistem ICANN akan memeriksa ketersediaan nama domain yang akan kamu gunakan.

Manfaat Ekstensi .go.id Untuk Pemerintahan

Era digital yang komprehensif seperti saat ini tentunya akan mendorong aktivitas manusia yang semakin maju, termasuk dalam pengiriman dan penerimaan informasi. Instansi pemerintahlah yang perlu memiliki website agar informasi dapat disebarluaskan dengan mudah dan murah.

Manfaat website pemerintah sangat besar, baik untuk kepentingan instansi tertentu maupun untuk kepentingan masyarakat luas. Pemerintah dapat menginformasikan kepada masyarakat tentang visi dan misi pemerintah, tugas yang dilakukan, dll. Transparansi ini dilakukan untuk kepentingan pemerintah dan rakyat. Secara umum, keuntungan mengembangkan website pemerintah adalah:

Memberikan Informasi Secara Detail

Tidak seperti cara lain untuk menyampaikan informasi visual dan audio, halaman web dianggap lebih efisien dan detail. Informasi yang diberikan juga lebih interaktif, terkait dengan asesmen informasi dan perkembangan wilayah yang sedang berlangsung di wilayah tertentu.

Terpercaya

Dibandingkan dengan informasi yang dikutip media lain, website pernikahan dinilai lebih terpercaya karena dijalankan oleh pemerintah. Untuk membuat informasi yang ada menjadi lebih valid dan real-time tanpa perlu pihak ketiga mengemas kembali informasi tersebut. Migran selalu dapat mengikuti daerah mereka melalui media sosial jika situs pemerintah daerah tetap up to date.

Transparan

Pemberian informasi di website juga lebih transparan karena data yang diberikan lebih detail mengenai waktu dan rencana. Segala informasi dapat disajikan, baik potensi daerah maupun segala aspek kehidupan pemerintahan yang terkait langsung dengan transparansi kepada publik.

Media Sosialisasi

Adanya website, pengelolaan yang baik dan pemutakhiran website secara terus-menerus dapat menjadi sarana sosialisasi kebijakan atau program pemerintah kepada masyarakat, terutama bagi mereka yang telah memiliki akses melalui internet. Media ini dianggap efektif karena masyarakat juga bisa berbagi pendapat dan memberikan saran yang membangun tentang politik.

Media Feedback

Kemudahan yang didapat masyarakat dari memberikan komentar dan saran merupakan feedback yang baik bagi pemerintah. Website ini nantinya akan menjadi satu-satunya portal yang menyediakan informasi, ulasan, dan potensi daerah yang lebih komprehensif dan terintegrasi kepada masyarakat.

Media Alternatif

Fungsi website ini selanjutnya dalam pemerintahan dapat menjadi sarana alternatif peningkatan pembangunan daerah. Melakukan di berbagai forum interaktif seperti:

  • Forum perdagangan
  • UMKM
  • Forum peningkatan agribisnis
  • Kemitraan/internship
  • Forum lapangan pekerjaan dan usaha

Implementasi Pemerintah Daerah

Adanya pengelolaan website di pemerintahan merupakan salah satu langkah awal untuk mencapai implementasi tersebut. Lebih transparan, lebih interaktif dan mampu menjadi wahana pengembangan suatu daerah dan potensinya. Masyarakat juga mengetahui siapa pemimpinnya dan seberapa aktif pemerintah dalam berbagai kegiatan.

Wadah Menyampaikan Aspirasi

Seperti disebutkan sebelumnya, penggunaan situs web ini menghormati prinsip transparansi. Sehingga masyarakat bisa langsung menyampaikan keinginannya disini tanpa takut dikritik dll.

Keberadaan website tidak hanya menguntungkan masyarakat, tetapi semua pihak mendapatkan keuntungan. Memang, organisasi berbasis IT akan tumbuh dengan tersedianya alat bantu seperti komputer. Website dengan domain go id telah menjadi fitur website pemerintah di Indonesia. Terwujudnya web yang dinamis diharapkan dapat menjadi sumber informasi yang optimal antara pemerintah dengan masyarakat, begitu pula sebaliknya. Tentunya akan terbentuk sense of community dan kebutuhan masyarakat terhadap situs-situs pemerintahan tersebut akan meningkat.

Untuk alasan ini, sangat penting untuk membuat tampilan dan nuansa situs web dan kontennya menarik. Hal ini bertujuan agar mudah dibaca juga, dan terutama untuk menggunakan nama domain yang sesuai untuk wilayah tersebut.

domain go id

Syarat Untuk Mendaftar Domain .go.id

Beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh instansi pemerintah yang ingin mendaftarkan websitenya dengan ekstensi domain go id yaitu:

  1. Nama domain yang diusulkan harus memenuhi kriteria penamaan.
  2. Nama domain harus menghormati dan tidak bertentangan dengan HAKI, IPR, Hak Paten/Merek.
  3. Apabila dianggap perlu, PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia) akan meminta klarifikasi dalam bentuk surat pernyataan/keterangan/penjelasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 23 ayat 2 UU No.11/2008 tentang ITE.

Kemudian ada beberapa dokumen resmi yang perlu disiapkan, yaitu:

  1. Kartu PNS, kartu anggota TNI, kartu anggota Polri atau kartu identitas diri yang masih berlaku.
  2. Surat permintaan nama domain instansi dari sekretaris instansi kepada Menteri Komunikasi dan Informatika.
  3. Surat kuasa.
  4. Peraturan perundang-undangan yang menjadi dasar untuk pembentukan badan terdaftar.

Kesimpulan

Oleh karena itu, dapat kita simpulkan bersama bahwa ekstensi nama domain go id adalah singkatan dari Government of Indonesia atau Pemerintah Indonesia, yang hanya dapat digunakan oleh lembaga resmi pemerintah di Indonesia.

Untuk mendaftarkannya, kamu memerlukan berbagai dokumen resmi seperti PNS, TNI, Polri atau kartu pegawai tetap. Peraturan penggunaan dan pendaftaran ekstensi domain go id tertuang dalam Permen Nomor 5 Tahun 2015.

Sekian artikel dari Exabytes tentang ekstensi domain .go.id, terima kasih sudah membaca.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments