13+ Cara Cek Website Down atau Tidak [Mudah & Lengkap]

362
Cara cek website down
9 min read

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, website memiliki peranan penting terutama bagi mereka yang menjalankan bisnis secara online. Akan tetapi, website terkadang mengalami kendala seperti website down

Oleh karena itu, pemilik atau pengelola website harus memastikan bahwa website mereka selalu berjalan dan mengetahui bagaimana cara cek website down.

Website down akan berdampak atau berpengaruh terhadap bisnis yang sedang dijalankan. Bagaimanapun juga, kepuasaan pelanggan adalah hal penting yang harus selalu dijaga. Itulah kenapa kamu tidak boleh membiarkan website down dan  menjadikan alasan bahwa backup website penting.

Jika penasaran dengan cara cek website down atau tidak, semoga artikel kali ini bisa membantu.

Penyebab Website Down

Sebelum mencari cara cek website down, alangkah lebih baik jika kamu juga tahu apa saja penyebab website down. Ada berbagai kondisi dan masalah yang kemudian berpengaruh pada kinerja website sehingga website down atau tidak bisa diakses.

Berikut adalah beberapa penyebab website down yang sering ditemui oleh para pemilik website.

  • Hosting yang kurang bagus
  • Serangan hacker
  • Serangan Distributed Denial of Service (DDoS)
  • Traffic website yang terlampau tinggi
  • Kesalahan dalam konfigurasi website
  • Listrik padam
  • Bencana alam

Guna memastikan website tetap bisa berjalan dengan baik sehingga pengunjung mendapatkan apa yang mereka cari, kamu juga harus meminimalisir berbagai kemungkinan yang menyebabkan website down. Misalnya, agar website tidak mudah diserang atau diretas oleh hacker, mulailah untuk meningkatkan keamanan website.

Cara Cek Website Down

Website down akan memengaruhi performa website. Kamu sudah berusaha untuk membuat website user-friendly dengan kecepatan loading yang optimal. Sayangnya, itu saja tidak cukup karena kamu harus melakukan pengecekan guna memastikan bahwa website tidak down

Artinya, website tetap berjalan dengan baik dan bisa diakses oleh pengunjung atau pengguna internet.

Lalu, bagaimana cara cek website down? Untuk mengecek apakah website down atau tidak, kamu bisa mencoba beberapa cara berikut namun pastikan perangkat kamu terhubung ke internet.

Google PageSpeed Insights

Cara Cek Website Down: Google Pagespeed Insights

Cara cek website down yang pertama adalah menggunakan tool yang dikembangkan oleh Google, yaitu Google PageSpeed Insights. Pada umumnya, tool ini digunakan untuk menganalisa website. Pengguna juga akan mendapatkan saran untuk mempercepat website.

Untuk mengecek apakah website down atau tidak, caranya sangat mudah yaitu hanya dengan menempelkan URL di kolom yang tersedia. Kemudian, kamu bisa langsung klik tombol analisis (analyze). 

Jika kamu juga sekaligus ingin cek kecepatan website yang kamu kelola, kunjungi artikel satu ini.

Downforeveryoneorjustme.com

Cara Cek Website Down: Downforeveryoneorjustme.com

Tool lain yang bisa kamu gunakan untuk cek website down atau tidak adalah Downforeveryoneorjustme.com. Tool ini hadir dengan tampilan sederhana namun dapat menampilkan informasi apakah sebuah website sedang down atau tidak.

Untuk melakukannya, silakan kunjungi website Downforeveryoneorjustme.com dan kemudian ketikkan URL website di kolom yang tersedia. Selanjutnya, tekan tombol “or just me” dan tunggu hingga hasil ditampilkan di layar komputer.

Baca Juga  5+ Cara Cek IP Hosting Website dengan Mudah dan Cepat

GTmetrix

Cara Cek Website Down: GTmetrix

Cara cek website down selanjutnya adalah menggunakan GTmetrix. Sebenarnya, tool online satu ini hampir sama dengan Google PageSpeed Insights yang memungkinkan penggunanya untuk menganalisa performa website.

Seperti tool untuk cek website down pada umumnya, kamu hanya perlu memasukkan nama URL website di kolom yang ada dan klik tombol Go. Apabila GTmetrix tidak bisa mengakses website, kamu akan mendapatkan pesan analisa error yang berarti bahwa website tidak dapat diakses. 

Ikuti panduan cara menggunakan GTMetrix secara lengkap pada artikel berikut.

IsitDownRightNow

Cara Cek Website Down: IsitDownRightNow

IsitDownRightNow adalah website terbaik lainnya yang harus kamu coba untuk memantau status website. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya untuk mengecek apakah website down atau tidak. 

Website tersebut sangat mudah digunakan, di mana kamu hanya perlu menempelkan URL di kolom pencarian dan kemudian klik tombol Check.

Apabila website sedang down, IsitDownRightNow akan menampilkan informasi terkait sehingga kamu bisa segera mencari cara untuk mengatasinya. Sebagai upaya pencegahan, kamu bisa mulai melakukan back up data yang ada di website. Sudah tahu bagaimana cara backup website?

DownNotifier

Cara Cek Website Down: DownNotifier

Menggunakan DownNotifier bisa menjadi cara cek website down yang patut dicoba. Hal menarik dari website ini adalah DownNotifier dapat memindai website kamu per 10 menit yang bisa kamu dapatkan secara gratis. Namun apabila menggunakan versi berbayar, website akan dipindai setiap 6 detik sekali.

Tool ini akan sangat membantu sehingga kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengecek apakah website down atau tidak. Notifikasi pemindaian website akan dikirim hanya dengan memasukkan nama domain website dan email.

Isitdown.us

Cara Cek Website Down: Isitdown.us

Masih butuh referensi website atau tool online untuk cek website down? Jika demikian, kamu bisa mencoba mengakses Isitdown.us. Cara pengecekan yang mudah memungkinkan kamu dan pengguna lain untuk mengetahui apakah website down hanya dengan memasukkan alamat website di kolom yang tersedia. 

Selanjutnya, tekan tombol is it down? Dan website akan menampilkan informasi terkait hasil pengecekan website.

Host-tracker.com

Cara Cek Website Down: Host-tracker.com

Ada begitu banyak cara untuk cek website down, dan Host-tracker.com hadir sebagai salah satunya. Tool ini menyediakan fitur yang terbilang lengkap, salah satunya adalah pengecekan status website berdasarkan lokasi server yang berada di seluruh dunia.

Untuk menggunakan tool ini, kamu hanya perlu mengunjungi websitenya dan pilih Web (http). Masukkan URL website yang ingin diperiksa dan tunggu hingga hasil proses pengecekan ditampilkan.

Down.com

Cara Cek Website Down: Down.com

Untuk kamu yang masih penasaran dengan cara cepat dan mudah cek website down, mengapa tidak menggunakan Down.com? Tampilan website ini lebih modern dengan UI atau User Interface yang bagus. 

Untuk menggunakan tools ini, masukkan nama domain di kolom yang ada dan klik tombol Check Now.

Site24x7 

Cara Cek Website Down: Site24x7

Cara cek apakah website down atau tidak lainnya yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan layanan dari Site24x7. Website ini memungkinkan  kamu untuk memantau ketersediaan website dari berbagai lokasi di dunia termasuk China, London, dan Sydney.

Baca Juga  8 Tanda Kamu Harus Pindah Ke Dedicated Server

Di website tersebut, kamu akan menemukan kotak untuk mengetikkan nama domain website. Kemudian pilih Test Now dan tunggu hingga Site24x7 menampilkan informasi terkait pengecekan yang kamu lakukan.

Websiteplanet.com

Cara Cek Website Down: Websiteplanet.com

Website dengan tagline Home for all your website solution bisa kamu andalkan saat hendak cek website down. Di Websiteplanet.com, kamu bahkan bisa menemukan berbagai layanan termasuk tool gratis seperti webmaster tools dan operational tools

Apabila kamu hendak mengecek website down, kamu bisa memilih menu performance tools dan kemudian pilih website down or no. Masukkan alamat URL domain di kolom your website URL dan klik tombol Check

Apabila website tidak memiliki kendala apapun, maka kamu bisa melihat tampilan website kamu setelah hasil pencarian ditampilkan.

Uptrends

Cara Cek Website Down: Uptrends

Uptrends merupakan salah satu website terbaik yang bisa kamu gunakan untuk cek website down atau tidak. Website ini dikembangkan untuk webmaster yang berfungsi untuk membantu mereka mengetahui apakah website down secara global atau hanya di beberapa wilayah saja. 

Masukkan URL website di kolom I want to test dan kemudian pilih from all checkpoints. Selanjutnya, kamu bisa langsung klik Start test untuk mendapatkan hasil pengecekan.

Selain website down, kamu juga akan mendapatkan informasi tambahan seperti IP address, waktu respon, kode respon, dan status layanan.

Downinspector.com

Cara Cek Website Down: Downinspector

Downinspector.com adalah website yang bisa kamu tambahkan ke daftar tool untuk cek website down. Website ini tidak hanya akan mengecek apakah website sedang down, tetapi juga akan menyertakan riwayat status website satu jam terakhir.

Untuk menggunakan tool tersebut, masukkan alamat website yang hendak kamu periksa dan kemudian pilih tombol Check.

Pingdom

Cara Cek Website Down: Pingdom

Pada dasarnya, Pingdom merupakan website untuk mengecek kecepatan internet. Ya, website ini sangat populer di kalangan blogger. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu memasukkan URL website dan Pingdom akan menganalisa website tersebut. 

Jika website down untuk semua orang, maka Pingdom akan menampilkan pesan seperti unable to fetch results atau few web errors.

Sitechecker.pro

Cara Cek Website Down: Sitechecker.pro

Untuk cek server website, Sitechecker.pro bisa menjadi alternatif pilihan lain. Tool sederhana ini akan menampilkan informasi umum seperti status website serta waktu respon. Isi alamat website yang ingin kamu cek di kolom yang tersedia di website Sitechecker.pro

Kesimpulan

Website down bisa terjadi karena beberapa penyebab termasuk traffic website yang tinggi. Untuk mencegah website down, kamu bisa beralih ke VPS server sehingga bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya masalah tersebut. Dengan begitu, website tetap bisa diakses oleh para pengunjung atau pengguna internet.

Menggunakan server yang sesuai kebutuhan dapat membantu mencegah berbagai masalah yang bisa timbul kapan saja, termasuk website down. Namun, jika hal tersebut sudah terlanjur terjadi, maka temukan cara cek website yang tepat.

Jadi, apakah tertarik untuk menggunakan VPS murah Indonesia? Untuk mendapatkan layanan tersebut, kamu hanya perlu menghubungi Exabytes. Tunggu apalagi?

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments