6 Cara Meningkatkan Domain Authority Website Anda

0
1930

Sampai saat ini, domain authority masih dinilai sebagai salah satu faktor website Anda bisa muncul di halaman pertama Google. Akan tetapi, apakah Anda sudah mengetahui bagaimana cara meningkatkan domain authority?

Nah jika Anda belum mengetahui caranya, Anda berada di artikel yang tepat. Karena kami akan menjelaskan cara meningkatkan domain authority. Namun sebelum itu, Anda perlu tahu apa itu domain authority dan berapa score ideal domain authority untuk website Anda.

Apa itu Domain Authority?

macam-macam nama domain

Domain Authority atau kita lebih mengenalnya dengan singkatan DA merupakan skor yang dikembangkan oleh perusahaan analisis SEO yaitu Moz, untuk mengukur kemampuan sebuah situs web untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari. 

Moz mencoba menilai domain authority dengan menghitung jumlah dan kualitas backlink ke situs web, serta struktur kata kunci yang tersebar secara alami yang memiliki bobot tertentu.

Domain Authority seringkali digunakan sebagai indikator kinerja SEO dan kemampuan situs web untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari. Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa Domain Authority hanyalah salah satu faktor yang mempengaruhi peringkat di mesin pencari dan tidak selalu merupakan indikator yang tepat untuk kinerja SEO.

Kenapa Domain Authority Begitu Penting?

cara meningkatkan domain authority

Meskipun domain authority bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi peringkat website di mesin pencari. Tapi dalam praktiknya, domain authority ternyata sangat penting. Tapi kenapa? Menemukan hubungan antara domain authority dan SERP, seperti yang ditulis oleh Ahrefs.

Hasil penelitian Ahrefs menyarankan untuk meningkatkan domain authority agar bisa membantu meningkatkan peringkat SEO website Anda di mesin pencari. Akan tetapi perlu waktu dan cara untuk meningkatkan score domain authority.

Tenang, kami akan menjelaskan cara meningkatkan domain authority,. Namun sebelum itu, kita cari tahu terlebih dahulu berapa score terbaik untuk domain authority? 

Berapa Score Terbaik untuk Domain Authority?

Skor domain authority yang bisa didapatkan website antara 1 – 100. Semakin tinggi skor domain authority yang dimiliki, kemungkinan besar website Anda akan berada di peringkat tertinggi SERP. 

Ketika Anda baru saja selesai membuat website dan mempublikasikannya, maka skor domain authority website Anda adalah 1. Biasanya Moz akan menaikan skor seiring ada banyak backlink yang masuk ke website Anda.

Namun, skor domain authority tidak bisa dijadikan penilaian absolut. Akan tetapi, skor DA bisa digunakan sebagai indikator relatif dari kekuatan domain dibandingkan dengan domain lainnya.

Lantas, bagaimana cara meningkatkan domain authority? 

Cara Meningkatkan Domain Authority

6 Cara Meningkatkan Domain Authority Website Anda - 2024

Perlu Anda ketahui bahwa meningkatkan domain authority adalah proses yang panjang, jadi berpikir dalam waktu semalam domain authority website Anda langsung bisa meningkat. Ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan.

Gunakan Nama Domain yang Tepat

pengertian domain

Jika Anda baru memulai, maka ini langkah pertama yang harus Anda lakukan. Anda bisa langsung ke langkah selanjutnya jika sudah memiliki website. 

Nama domain yang tepat bisa membantu Anda mendapatkan skor domain authority terbaik, domain Anda juga harus mudah diingat oleh pengunjung website, sehingga pengunjung tidak akan kesulitan jika ingin kembali ke website Anda.

Anda bisa cek ketersediaan domain di layanan pembelian domain, kami sarankan untuk membeli domain selama 3-5 tahun agar dalam waktu dekat domain tidak habis masa aktifnya. 

Cek lebih lanjut tentang tips memilih nama domain yang unik dan tepat, agar Anda bisa mendapatkan nama domain yang sesuai.

Internal Link

6 Cara Meningkatkan Domain Authority Website Anda - 2024

Banyak website yang terlalu fokus membangun eksternal link atau kita lebih mengenalnya dengan backlink. Tapi perlu Anda ketahui, bahwa internal link juga sangat berguna untuk meningkatkan domain authority.

Pengunjung website akan sangat senang, jika artikel yang ia cari dapat ditemukan dengan mudah berkat bantuan internal link, internal link berfungsi untuk mengarahkan pengunjung ke halaman yang relevan.

Dengan internal link dapat memberikan pengunjung website akses ke alternatif bacaan lainnya dan Anda juga bisa mempromosikan artikel lainnya dengan menggunakan internal link. Internal link dapat membantu pengunjung website untuk terlibat lebih lama dengan website Anda.

Internal link juga dapat membantu mesin pencari untuk merayapi keseluruhan website, sehingga berpeluang untuk muncul di hasil pencarian teratas lebih besar. 

Sekarang, kita lanjutkan ke cara meningkatkan domain authority berikutnya.

Membangun Backlink Berkualitas

6 Cara Meningkatkan Domain Authority Website Anda - 2024

Setelah Anda membangun internal link, Anda juga perlu membangun backlink berkualitas. Dan proses membantun backlink berkualitas tinggi, merupakan proses yang sangat menantang. Anda memerlukan strategi khusus untuk menghasilkan backlink yang berkualitas.

Diluaran sana banyak website membangun backlink dengan cara yang kurang tepat, mereka menghasilkan backlink dari website yang tidak berkualitas, sehingga menghasilkan backlink yang buruk.

Akibatnya tidak heran jika website mereka akhirnya turun ke peringkat terbawah di hasil penelusuran mesin pencari.

Jika Anda ingin menaikkan domain authority, Anda perlu mencari backlink berkualitas dari website bereputasi baik. Di bawah ini ada beberapa tips cerdas membantun backlink berkualitas tinggi:

  • Blog post di blog populer dan arahkan backlink ke website Anda di salah satu postingan yang relevan dengan website Anda.
  • Share setiap artikel Anda di platform media sosial.
  • Buat Ebook dan upload ke website untuk dibagikan secara gratis.
  • Dan masih banyak yang lainnya.

Tingkatkan Kualitas SEO On-Page

Salah satu komponen penting lainnya untuk meningkatkan domain authority adalah SEO On Page. Berikan perhatian secara khusus untuk meningkatkan kualitas SEO On Page, untuk melakukannya bisa perhatikan hal berikut ini:

Buatlah Konten Berkualitas Tinggi

tips membuat judul konten yang menarik pembacanya

Konten yang unik dan berkualitas sangat diperlukan untuk meningkatkan SEO On Page dan juga Off Page, konten yang berkualitas adalah salah satu faktor yang bisa membantu domain authority meningkat pesat.

Dalam konten yang Anda buat setiap harinya, pastikan di dalamnya terdapat kata kunci yang sesuai dan hindari memasukkan kata kunci terlalu banyak, alih-alih ingin menghasilkan konten berkualitas justru pengunjung akan lari karena kontennya tidak enak dibaca.

Keterbacaan adalah faktor penting dalam pembuatan konten yang berkualitas. Oh iya tambahan lainnya, gunakan konten visual yang relevan dan sudah dioptimasi, kami sudah membuat panduan optimasi konten visual untuk Anda pelajari.

Gunakan Subjudul

Cara meningkatkan domain authority berikutnya adalah menggunakan sub judul di dalam konten, penting sekali untuk memperhatikan susunan konten dengan menambahkan sub judul, gunakan H2 atau H3 dan seterusnya untuk menambahkan subjudul.

Adanya subjudul akan memudahkan pembaca untuk mencari informasi lainnya, terutama untuk konten yang panjang.

Tingkatkan SEO Teknis

6 Cara Meningkatkan Domain Authority Website Anda - 2024

Cek kembali SEO teknis dan perbaiki jika ada komponen SEO teknis yang bermasalah, karena SEO teknis sangat berpengaruh untuk membantu meningkatkan score domain authority website Anda. Di bawah ini ada parameter SEO yang penting untuk Anda periksa lebih lanjut:

  • Apakah website Anda sudah terdaftar di Google Search Console dan Bing Webmaster?
  • Apakah website Anda sudah memiliki sitemap dan sudah di submit ke Google?
  • Periksa bagian file robots.txt dan memanfaatkan Google Fetch as a Google tool untuk menjamin bahwa mesin pencari Google tidak kesulitan menelusuri website Anda.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan HTTPS dibandingkan dengan HTTP, tujuannya adalah untuk membantu mesin pencari konteks website dan dinilai website Anda juga tidak mengandung ancaman keamanan.
  • Pastikan bahwa setiap gambar sudah memiliki ukuran yang tepat.
  • Gunakan tema website yang mendukung tata letak responsif.
  • Gunakan plugin terbaru.
  • Gunakan font yang user friendly.

Tingkatkan Page Speed Website

Loading website yang terlalu lama bisa menurunkan score domain authority kamu loh! Karena dengan lambatnya websitemu membuat pengguna tidak senang dan Google akan menilai bahwa websitemu memiliki user experience yang buruk.

Ada banyak cara untuk meningkatkan kecepatan websitemu, seperti:

  • Mengeliminasi render blocking time
  • Mengecilkan file css dan javascript website
  • menghapus file css dan javascript yang tidak digunakan
  • memperkecil ukuran gambar

semuanya bisa dilakukan dengan plugin yang tersedia di WordPress.

Yuk Tingkatkan Domain Authority Sekarang Juga!

Sekarang Anda sudah mengetahui alasan mengapa Anda perlu meningkatkan domain authority website. Dengan domain authority memiliki potensi untuk membantu mendatangkan lebih banyak trafik secara organik.

Domain authority juga bisa Anda gunakan sebagai faktor pembanding dengan website kompetitor, sehingga Anda tau apa yang perlu Anda lakukan untuk bisa mengalahkan kompetitor. 

Dalam artikel ini kami telah membahas cara meningkatkan domain authority website, Anda bisa segera mencobanya.

Jangan lupa gunakan hosting WordPress yang tepat, karena penggunaan hosting server akan mempengaruhi juga terhadap kecepatan website dan kecepatan website akan mempengaruhi skor domain authority Anda.

Selamat mencoba, good luck!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments