15 Penyebab Website Lambat dan Cara Ampuh Mengatasinya

154
11 min read

Salah satu hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah kecepatan website, banyak para pengelola website yang bingung ketika website mereka lambat. Apakah Anda adalah salah satunya? Sekarang tidak perlu khawatir, karena pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan beberapa penyebab website lambat.

Tidak hanya penyebabnya saja yang akan kami bahas, melainkan kami juga akan membahas beberapa tips cara mengatasinya agar website lambat tidak Anda alami kembali. Namun sebelum itu, kita harus memahami terlebih dahulu mengapa website yang cepat sangat penting? Yuk kita cari tahu!

​Alasan Mengapa Website Cepat Sangat Penting

ketahui penyebab website lambat

Pentingnya kecepatan website ini telah disampaikan oleh Google sudah sejak lama, hal itu karena mesin pencari seperti Google sangat memperhatikan kecepatan website. Tapi selain untuk kebutuhan agar lebih disukai mesin pencari seperti Google, ada beberapa alasan lainnya yang menjadi alasan website harus cepat.

Meningkatkan Kredibilitas

Jika Anda memiliki website dengan kecepatan yang rendah, maka pengunjung website tidak hanya lari dari website. Tapi mereka juga akan mempertanyakan kredibilitas dari website yang Anda kelola tersebut, terlebih jika website tersebut adalah website perusahaan.

Bahkan, Neil Patel pernah mengatakan bahwa 79% pengguna online menyatakan bahwa mereka tidak akan kembali mengunjungi website yang pernah mengalami masalah loading di websitenya.

​Conversion Rate

Alasan lain yang menjadi fakta berikutnya adalah jika Anda memiliki website lambat, kemungkinan akan mengalami penurunan transaksi pembelian dan ini sangat merugikan. Karena tentu saja pengunjung menginginkan website yang cepat, agar mereka bisa mendapatkan apa yang mereka cari dengan cepat.

Ada sebuah survey dimana 67% konsumen yang ada di Inggris dan 51% yang ada di Amerika ini lebih memilih tidak jadi membeli produk di website yang mengalami kelambatan loading.

Jika pengunjung website harus menunggu lebih dari 3 detik, kami pastikan angka konversi website Anda akan rendah. Knowmad juga pernah mengatakan bahwa persentasenya bisa saja menjadi kurang dari 1%.

Jika hal tersebut terjadi, perusahaan akan mengalami kerugian dan bisnis mereka akan semakin menurun perkembangannya.

​Bounce Rate

Kecepatan website tidak hanya akan berdampak pada kredibilitas dan conversion rate saja, akan tetapi akan sangat mempengaruhi juga bounce rate-nya. Pengunjung website tidak mau bertahan lama berada di website Anda, jika website Anda memiliki kecepatan website yang buruk.

Hal tersebut akan meningkatkan bounce rate website dan pengunjung akan meninggalkan website tersebut begitu saja serta tidak kembali lagi.

​Dampak Jangka Panjang

Jika website yang Anda kelola memiliki kecepatan yang lambat dan belum ada perbaikan sama sekali, maka bisa memberikan dampak negatif jangka panjang. Jadi tidak hanya meningkatkan bounce rate dan menurunkan conversion rate saja ya, melainkan akan tampil tidak optimal di hasil pencarian Google. Sehingga lama-lama pelanggan setia akan berhenti menggunakan jasa atau produk dari Anda.

Maka mengoptimalkan loading website sangatlah penting dan mengetahui penyebab website lambat juga tidak kalah penting agar proses optimasi kecepatan semakin lebih mudah.

​Inilah Penyebab Website Lambat & Cara Mengatasinya

15 Penyebab Website Lambat dan Cara Ampuh Mengatasinya - 2022

Ada banyak hal yang bisa membuat website menjadi lambat. Mari kita bahas apa saja yang menjadi penyebab website lambat secara detail!

WordPress Masih Menggunakan Versi Lama

WordPress adalah salah satu CMS yang handal dan banyak orang yang menggunakannya untuk membangun website bisnis mereka. Namun tidak jarang yang menggunakan versi lama WordPress dan ini akan berakibat buruk terhadap website nantinya. Ini bisa menjadi alasan penyebab website lambat.

Salah satu akibat buruknya adalah menurunkan kecepatan website, karena biasanya di versi WordPress yang baru akan ada perbaikan yang bisa membuat website menjadi lebih cepat.

​Salah Melakukan Konfigurasi

Setelah website selesai dibuat, tentu saja Anda akan melakukan beberapa konfigurasi sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan website. Tujuannya adalah untuk meningkatkan performa website itu sendiri menjadi jauh lebih baik.

Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa kesalahan ketika konfigurasi bisa saja terjadi yang bisa mempengaruhi performa website yang justru menjadi lambat untuk diakses. Tidak hanya itu saja, kesalahan dalam melakukan konfigurasi bisa saja memunculkan error.

​Performa Server Buruk

Salah satu penyebab website lambat adalah performa server yang buruk. Server adalah salah satu faktor penting dalam mendukung kecepatan website. Karena server memiliki fungsi untuk menyimpan semua data website sekaligus melayani segala bentuk permintaan dari pengunjung website Anda.

Jika Anda menggunakan server yang memiliki kinerja buruk, hal itu akan mengakibatkan website menjadi lambat. Faktornya bisa apa saja dan kami seringkali menemukan salah satu dari dua faktor berikut.

Faktor pertama jenis server yang digunakan dan faktor kedua lokasi servernya yang terlalu jauh. Sampai saat ini jenis server Apache adalah salah satu server yang paling populer. Namun, perlu Anda ketahui bahwa jenis lain yaitu LiteSpeed justru yang memiliki performa lebih baik.

LiteSpeed memberikan hasil cukup bagus yaitu 84% lebih cepat dari Apache saat dilakukan uji coba kecepatan. Itu artinya server yang digunakan akan sangat mempengaruhi kecepatan website. Hal itu dari sisi jenis server yang digunakan, bagaimana dengan jarak server?

Nah, perlu Anda ketahui bahwa semakin jauh lokasi server yang digunakan dengan target pengunjung Anda. Maka prosesnya akan semakin lama dan menyebabkan website menjadi lambat. Kami menyarankan, jika target pengunjung website Anda mayoritas dari Indonesia, sebaiknya Anda memilih server yang lokasinya ada di Indonesia.

​Website Belum Menggunakan CDN

Penyebab website lambat selanjutnya adalah karena website belum menggunakan CDN. CDN memiliki manfaat yang sangat banyak dan salah satunya adalah membantu website menjadi jauh lebih cepat. Akan tetapi, masih ada saja website yang belum menggunakan CDN. Apakah mungkin mereka belum mengetahui apa itu CDN?

Baik, jika iya. Kami akan coba jelaskan sedikit ya!

CDN kepanjangan dari Content Delivery Network yang merupakan jaringan server global dna tersebar di berbagai negara. Jika Anda menggunakan CDN, maka setiap permintaan data akan dilayani oleh server yang terdekat dengan lokasi pengunjung website.

Jika Anda menggunakan server Amerika dan tidak menggunakan CDN, maka pengunjung website Anda yang berada di Indonesia akan merasakan lambatnya loading website Anda. Tidak hanya itu saja, akses yang banyak ke dalam satu server akan mempengaruhi performa server tersebut.

​Gambar Tidak Dioptimasi

Gambar menjadi pemanis agar sebuah konten di website menjadi lebih menarik, gambar juga berperan untuk memberikan ilustrasi sehingga pesan yang ingin disampaikan lebih tegas dan tergambar maksud dari pesan yang disampaikan di konten.

Karena pentingnya gambar untuk mendukung kualitas konten, banyak dari website menggunakan gambar dengan kualitas terbaik. Namun, terkadang tidak disadari bahwa gambar yang besar tersebut belum dioptimasi dan ini menjadi salah satu penyebab website menjadi lebih lambat.

Karena file gambar yang besar akan mengkonsumsi bandwidth yang besar dan tentu akan membebani server. Format gambar juga akan mempengaruhi kecepatan website, format gambar seperti GIF dan PNG bisa membuat website menjadi lambat.

Maka dari itu, kami menyarankan Anda untuk melakukan kompres untuk setiap gambar yang hendak di upload ke website. Tools terbaik untuk kompres gambar, Anda bisa menggunakan TinyPNG.

​Database Besar

Database yang terlalu besar akan mempengaruhi kecepatan website. Misalnya saja, ketika Anda memiliki banyak postingan di website dengan file yang berukuran besar. Bahkan, tidak jarang website memiliki banyak data yang tersimpan, padahal data tersebut sudah tidak dipakai lagi.

Misalnya saja data deleted post yang masih tersimpan rapi di trash atau beberapa plugin yang Anda nonaktifkan namun belum Anda hapus. Oleh karena itu, perhatikan penggunaan database agar tidak terlalu besar.

​Adanya Render Block dari JavaScript

Javascript sangat berguna untuk memberikan fungsi yang lebih interaktif. Bahkan, jika Anda menambahkan beberapa kode Javascript, akan membuat website lebih terlihat menarik. Namun, cara kerja dari Javascript ini bisa menimbulkan render block dan render block ini bisa menjadi penyebab website lambat.

​Caching Kurang Optimal

Caching merupakan proses penyimpanan file HTML, tujuannya agar halaman website menjadi lebih cepat. Nah dengan menggunakan cara ini, penggunaan bandwidth nantinya akan lebih minimal dan prosesnya menjadi lebih cepat.

Caching disini adalah server side caching dan server yang digunakan sangat mempengaruhi kerja dari server side caching tersebut. Namun, banyak pemilik website yang tidak melakukan optimasi dengan benar atau bahkan tidak memasang plugin caching dengan baik. Sehingga performa website menjadi menurun.

​Tema Berat

Penyebab website lambat berikutnya adalah penggunaan tema yang berat, memang tema yang indah dan manis sangat bisa menarik perhatian pengunjung. Akan tetapi, perlu Anda pahami bahwa kecepatan website adalah hal yang paling penting.

Jangan sampai Anda fokus ke tampilan yang indah dan menarik, namun melupakan kecepatan sehingga menggunakan tema yang berat. Salah satu yang menyebabkan tema berat karena memiliki banyak elemen tambahan, jadi gunakan tema simple tapi menarik hal itu bisa meningkatkan kecepatan website.

​Kebanyakan Iklan

Memang iklan adalah salah satu sumber penghasilan bagi website. Akan tetapi, terlalu banyak iklan juga tidak baik dan salah satu penyebab website lambat untuk diakses. Tidak hanya itu saja, iklan yang terlalu banyak akan mempengaruhi permintaan data ke server.

​Terlalu Banyak Penggunaan Plugin

Banyak dari pengelola website, tidak menyadari bahwa mereka telah menggunakan plugin yang terlalu banyak. Semakin banyak plugin yang Anda gunakan, itu artinya semakin banyak resource yang diperlukan.

Dan hal ini akan memperburuk kinerja website dan secara otomatis website akan terpengaruh kecepatannya. Terlalu banyak penggunaan plugin adalah salah satu penyebab website lambat yang jarang disadari oleh pemilik website.

​Banyak Spam

Memang kebanyakan spam biasanya ditujukan untuk email. Akan tetapi, saat ini spam sudah menyerang komentar website. Spam akan membuat pengunjung website Anda kurang nyaman dan tentu saja hal itu akan mempengaruhi terhadap kredibilitas website Anda.

Banyaknya spam juga akan mempengaruhi kinerja website dan kecepatan website pun akan menurun sehingga SEO pun akan terkena dampaknya juga.

​Server Hosting Sibuk

Ada saja seseorang yang menggunakan satu server untuk beberapa website dan hal ini akan membuat server menjadi sibuk, sehingga tidak bisa dihindarkan website akan menjadi lambat. Sebagai contoh, salah satu website Anda sedang banyak pembaca. Hal ini akan mempengaruhi website lainnya.

Jika Anda memang diharuskan untuk berbagi server, Anda membutuhkan server hosting yang memiliki kapasitas besar.

​Spesifikasi Server Lemah

Memilih menggunakan server dengan kualitas terbaik adalah pilihan cerdas, karena asal memilih server akan mempengaruhi kecepatan website. Jika Anda memilih spesifikasi server yang lemah, maka website Anda akan memiliki kinerja lambat.

Maka dari itu ada beberapa kriteria spesifikasi yang kami rekomendasikan diantaranya adalah perhatikan spesifikasi RAM dan Processor yang digunakan penyedia hosting. Jika Anda menggunakan layanan dengan spesifikasi RAM yang rendah, kemungkinan itu akan menjadi penyebab website lambat.

​Koneksi Internet Lemah

Terkadang memang penyebab website lambat bukan servernya yang bermasalah atau websitenya. Melainkan koneksi internet yang kita gunakan sedang mengalami gangguan atau memang lambat. Maka dari itu, kami menyarankan Anda untuk cek kembali apakah koneksi internet Anda stabil atau sedang mengalami gangguan.

Intinya pastikan tidak ada gangguan koneksi internet ketika sedang melakukan browsing di internet. Penyebab website lambat yang satu ini jangan sampai disepelekan karena terkait masalah pemilihan layanan jaringan internet.

​Cara Mudah Mengatasi Website Lambat

Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab website lambat, sekarang bagaimana cara mengatasinya?

​Cek Kecepatan Website Terlebih Dulu

15 Penyebab Website Lambat dan Cara Ampuh Mengatasinya - 2022

Sebelum Anda mencoba beberapa penanganan, pastikan cek kecepatan website dulu. Cara cek kecepatan website bisa menggunakan Pingdom, GTMetrix dan Web Page Analyzer bisa membantu Anda cek kecepatan website. Tujuan dari pengecekan kecepatan terlebih dulu adalah mendapatkan gambaran lebih baik tentang performa website.

​Cek Performa Server

Setelah selesai pengecekan kecepatan website dan terbukti website lambat, Anda bisa ke tahap berikutnya yaitu cek performa server, jika terbukti ternyata penyebabnya adalah server. Maka ganti dengan memilih server yang lebih baik.

​Optimasi Gambar Konten

15 Penyebab Website Lambat dan Cara Ampuh Mengatasinya - 2022

Jika memang Anda belum melakukan optimasi, maka kami sarankan untuk segera melakukan optimasi gambar untuk semua konten website. Anda bisa menggunakan TinyPNG atau IloveIMG untuk membantu optimasi lebih cepat dan mudah.

​Atasi Website Lambat Sekarang Juga!

Setelah memahami penyebab website lambat, kini Anda jadi tahu cara mengatasi website yang loading lama atau lola bukan?

Bagi Anda yang saat ini mengalami website yang lambat, sekarang sudah tidak perlu khawatir lagi. Karena dengan menerapkan cara mengatasi website lambat di atas website lambat akan dengan mudah teratasi.

Oh ya, jika Anda saat ini sedang berpikir untuk membuat toko online tanpa pusing memikirkan banyaknya kode Javascript atau plugin, kalian bisa mengunjungi Exabytes Indonesia karena kami juga menyediakan jasa pembuatan toko online untuk yang ingin mulai bisnis online.

Atau Anda bisa meminta jasa pembuatan website tersebut untuk tidak menggunakan plugin, kode javascript terlalu banyak di website Anda. Akan tetapi, seharusnya jasa pembuatan website profesional sudah mengetahui kriteria website lambat.

Selamat mencoba!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments