Inilah 7 Cara Meningkatkan Penjualan Di Bulan Ramadhan

212
5 min read

Hi Exabytes Friends! Tidak terasa ya sedikit lagi kita akan memasuki bulan ramadhan. Ketika bulan Ramadhan ini banyak sekali bisnis atau perusahaan mulai menyusun strategi untuk penjualan.

Bisnis juga harus mempersiapkan cara dengan lebih matang supaya bisa memenuhi permintaan pasar karena di bulan Ramadhan perilaku konsumsen masyarakat akan cenderung berubah dan meningkat. Nah, Exabytes Friends penasaran nggak sih apa saja cara meningkatkan penjualan di bulan Ramadhan? Simak informasinya di bawah ini ya~

Cara Meningkatkan Penjualan Saat Ramadhan

Untuk meningkatkan penjualan di bulan Ramadhan ini, kamu harus mempersiapkan strategi dan cara meningkatkan penjualan dengan matang agar penjualan kamu mendapatkan permintaan pasar yang melonjak.

Rencanakan Bisnis Sesuai Dengan Bulan Ramadhan

Cara meningkatkan penjualan yang pertama adalah membuat perencananaan. Seperti yang kita ketahui, ketika bulan Ramadhan ini perilaku konsumsi masyarakat akan cenderung meningkat. Apalagi di saat pandemi seperti ini, masyarakat sangat aktif melihat produk di sosial media.

cara meningkatkan penjualan saat Ramadhan
Rencanakan apa yang ingin kamu bisniskan saat Ramadhan (Source: Adobe Stock Photo)

Kamu bisa membuat konten yang berhubungan atau selaras dengan bulan Ramadhan yang sifatnya menghibur. Dengan begitu pelanggan akan tertarik untuk melihat produk kamu bahkan sampai melakukan pembelian untuk produk kamu sekaligus meningkatkan Brand Awareness bisnis kamu.

Jika kamu bingung ingin berbisnis apa, kamu bisa intip ide bisnis Ramadhan di sini.

Buatlah Promo atau Paket Bundling Ramadhan

Kebanyakan pelanggan sangat tertarik dengan promo, entah itu promo gratis ongkir ataupun promo potongan harga. Kamu bisa memanfaatkan promo itu sebagai promo ramadhan. Di bulan Ramadhan ini, pelanggan gencar mencari promo yang murah.

Promo yang bisa kamu tawarkan misalnya seperti buy 1 get 1, cashback, promo bebas ongkos kirim, atau mendapatkan hadiah / voucher promo lainnya. Banyak penawaran yang bisa kamu buat karena mayoritas ketika bulan Ramadhan banyak orang ingin berbelanja banyak dengan harga terjangkau. Ini bisa menjadi strategi meningkatkan penjualan saat bulan puasa.

Baca Juga  Ketahui 7 Fakta Perilaku Konsumen Saat Ramadhan Untuk Meningkatkan Bisnis

Atau kamu bisa membuat paket promo bundling dengan menawarkan paket lengkap dengan harga yang lebih murah apabila membeli satuan dan bisa kamu tambahkan dengan greeting card agar lebih menarik.

Buatlah Giveaway

Nah, kamu juga bisa nih membuat giveaway di bulan Ramadhan ini. Tujuan giveaway adalah untuk engagement dengan pelanggan atau sosial media followers bisnismu. Hadiah giveaway pun bisa kamu berikan seperti potongan voucher diskon belanja atau hadiah lain berupa barang fisik atau saldo e-wallet.

Dengan begitu kamu bisa sekaligus berinteraksi dengan pelanggan secara langsung. Misalnya, konten giveaway yang kamu buat bisa seperti teka-teki atau hanya sekedar share konten yang kamu buat.

Giveaway ini juga selain untuk engagement juga bisa membantu untuk awareness lho karena orang-orang bisa melihat kontenmu yang sebelumnya nggak diketahui. Sehingga mengadakan giveaway ini bisa menjadi salah satu cara meningkatkan penjualan lho.

Menambah Jam Layanan

Menambah jam layanan juga bisa menjadi cara meningkatkan penjualan saat bulan puasa lho. Umumnya kamu hanya melayani pelanggan di jam kerja saja. Nah, kamu bisa memanfaatkan bulan Ramadhan ini dengan menambah jam layanan kamu di waktu yang berhubungan dengan Ramadhan.

mengubah jam bisnis dapat jadi cara meningkatkan penjualan saat bulan puasa
Mengubah jam bisnis saat sahur juga bisa dilakukan sebagai salah satu cara meningkatkan penjualan di Ramadhan (Source: Adobe Stock Photo)

Misalnya, ketika waktu sahur atau waktu istirahat jam kerja karena tidak ada jadwal makan siang, serta waktu menjelang berbuka puasa untuk mengalihkan rasa lapar. Inilah waktu-waktu yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan promosi atau melayani pelanggan.

Karena pada umumnya, perilaku konsumen kala Ramadhan itu berubah. Seperti orang berbelanja saat jam sahur atau ngabuburit sebelum berbuka. Kamu bisa manfaatkan waktu ini untuk meningkatkan penjualan.

Buatlah Produk Terbatas Khusus Spesial Ramadhan

Nah, dengan momen ini kamu bisa membuat produk baru atau promo baru. Misalnya, kamu bisa mempunyai bisnis makanan dan menyesuaikan dengan yang kira-kira cocok saat Ramadhan tiba.

Baca Juga  12 Bisnis Bulan Ramadhan Yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Kamu bisa membuat produk makanan khusus untuk hampers lebaran yang bisa dipesan mulai dari Ramadhan. Dengan begitu, calon pelanggan akan semakin tertarik untuk membeli produk tersebut. Kamu juga bisa memberitahu mereka, bahwa produknya hanya berlaku di bulan Ramadhan.

Inilah 7 Cara Meningkatkan Penjualan Di Bulan Ramadhan - 2022
Contoh promo dengan kata ‘limited’ (Source: Adobe Stock Photo)

Strategi ini dengan menggunakan kata waktu ‘terbatas’ atau ‘limited‘ akan menarik pelanggan dan memiliki urgensi untuk membeli secepat mungkin sebelum berakhir. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan penjualan.

Buatlah Kemasan Khusus Ramadhan

Di bulan Ramadhan ini, kamu bisa mencoba kemasan dengan tema khas Ramadhan. Konsumen sangat menyukai hal-hal yang unik dan memberi kesan yang eksklusif.

Inilah 7 Cara Meningkatkan Penjualan Di Bulan Ramadhan - 2022
Packaging produk dengan tema Ramadhan (Source: Adobe Stock Photo)

Kamu bisa menyesuaikan packaging dengan warna senada yang mewakilkan bulan puasa atau lebaran. Menambahkan kartu ucapan untuk orang tersayang juga bisa untuk diberikan menjadi hadiah atau hampers.

Dengan begitu, kamu bisa menjual produk dengan harga yang sedikit lebih tinggi daripada dengan kemasan biasanya karena adanya special packaging ini.

Persiapkan Modal Untuk Bisnis Kamu

Cara terakhir untuk meningkatkan penjualan adalah kamu harus mempersiapkan modal yang lebih besar dari hari-hari biasanya. Karena di bulan Ramadhan ini peluang pembeli pun akan semakin ramai.

Nah, pastikan kamu sudah mempersiapkan modal yang cukup untuk melakukan strategi yang telah disebutkan di atas. Dengan begitu, kamu bisa menerapkan cara-cara di atas dan juga update stock produk kamu agar konsumen bisa melakukan pembelian tanpa harus adanya sistem PO atau Pre-Order.

Kesimpulan


Nah, itulah cara meningkatkan penjualan yang bisa Exabytes Friends terapkan di bulan Ramadhan ini. Tips meningkatkan penjualan di bulan Ramadan harus dipersiapkan dengan matang agar bisnis kamu dapat mencapai target penjualannya. Dengan mencoba strategi di atas kamu bisa mencapai target yang kamu inginkan.

Yuk, coba bareng mimin strateginya terus komen di bawah ya kalau kamu sudah coba dan berhasil~

Selamat Menyambut Bulan Ramadhan Exabytes Friends, Dengan Exabytes Wujudkan Mimpi mu!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments