Ketahui 7 Fakta Perilaku Konsumen Saat Ramadhan Untuk Meningkatkan Bisnis

186
7 min read

Tak terasa sebentar lagi kita akan menyambut bulan Ramadhan nih Exabytes Friends. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang tepat untuk melakukan bisnis karena perilaku konsumen saat Ramadhan ini berubah-ubah. Lebih tepatnya akan menjadi lebih konsumtif daripada biasanya.

Sebagai seorang pelaku bisnis, penting banget nih untuk mengetahui pola perubahan perilaku ini, agar nantinya dapat menentukan ide bisnis bulan ramadhan serta strategi cara meningkatkan penjualan saat Ramadhan.

Mengapa memahami perilaku konsumen di bulan suci Ramadhan ini menjadi penting bagi para pemilik bisnis dan perusahaan? Temukan jawabannya di artikel ini. Kali ini Exabytes akan membahas perilaku konsumen di Indonesia saat bulan Ramadhan agar kamu bisa mendapatkan gambaran tentang consumer behavior untuk bisnis mu. Penasaran? Yuk, pahami informasinya di bawah ini!


Apa itu Perilaku Konsumen?

Perilaku konsumen atau Consumer Behavior merupakan merupakan sebuah studi yang secara langsung terlibat kepada konsumen dengan mencari tahu bagaimana mereka memilih dan menggunakan produk atau layanan. Ini juga merupakan sebuah riset yang berkaitan dengan psikologi, motivasi, dan perilaku.

perilaku konsumen saat Ramadhan
Perilaku konsumen juga dikenal dengan consumer behavior (Sumber: Adobe Stock Photo)

Lalu, kenapa perilaku konsumen sangat penting untuk bisnis? Nah, perilaku konsumen ini telah menjadi aspek yang sangat penting karena dengan aspek ini, sebuah bisnis dapat memproduksi produk dan layanan yang sesuai dengan kemauan masyarakat. Maka dari itu mengetahui consumer behavior itu penting ya, Exabytes Friends!

Nah, karena saat ini bahasan kita adalah tentang perilaku konsumen di bulan Ramadhan kamu juga bisa nih mempelajari tentang perilaku konsumen di bulan ramadhan jangan lupa mampir ke blog Exabytes yaa~


Perilaku Konsumen Saat Ramadhan


Inilah 7 fakta perilaku konsumen di Indonesia yang bisa menjadi ide bisnis bulan Ramadhan:


Lebih Aktif di Media Sosial Saat Sahur dan Waktu Ngabuburit

Perilaku konsumen saat Ramadhan tiba yang paling pertama adalah perubahan best time untuk social media. Pada saat bulan puasa, kegiatan masyarakat akan semakin meningkat lebih aktif di sosial media.

Menurut Google, web traffic E-commerce Indonesia di antara pukul 3.00 dan 6.00 pagi naik sebanyak 152% di bulan Ramadhan. Lebih spesifiknya di waktu sahur ketika menunggu adzan subuh. Sehabis itu, traffic naik lagi di saat jam istirahat siang dan di waktu “ngabuburit” dimana mengalami kenaikkan sebanyak 12%.

scrolling social media
Banyak orang yang scrolling social media saat menunggu sahur atau ngabuburit

Dengan fakta tersebut, kamu harus bisa menyesuaikan strategi bisnis untuk meningkatkan penjualan saat bulan puasa. Untuk mencapai konsumen yang lebih banyak, bisnismu pun harus lebih aktif di sosial media daripada konsumen.

Baca Juga  Produktif Selama Ramadhan, Ikuti 10 Kegiatan Ini!

Maka dari itu, penting bagi pelaku bisnis untuk lebih sering memposting productnya agar lebih meningkatkan awareness dari audiens serta bisa menjadi peluang bisnis mu juga lho.


Giat Mencari Promo

Seperti yang kita ketahui promo bisa menjadi salah satu ide bisnis bulan ramadhan, kebanyakan orang sangat menyukai promo. Entah itu promo potongan harga product, promo bundling, maupun promo gratis ongkos kirim. Yang jelas promo selalu dicari-cari oleh para konsumen. Apalagi saat bulan Ramadhan, banyak orang yang mencari promo bundling special lebaran atau semacamnya.

Oh ya, promo ini juga tidak hanya untuk produk online saja. Kamu juga bisa melakukan promo offline lhoo.

Dengan mengetahui perilaku konsumen saat Ramadhan yaitu lebih aktif dan giat mencari promo, kamu bisa membuat promo menarik untuk bisnis yang kamu geluti saat ini.

Lebih Banyak Belanja

Nah, lebih banyak belanja juga merupakan salah satu consumer behavior saat Ramadhan. Hal ini dikarenakan banyak kebutuhan yang harus dipenuhi untuk diri sendiri hingga keluarga besar serta untuk dibagikan kepada sesama sebagai bentuk dari sedekah. Mulai dari makanan, pakaian dan keperluan lainnya.

Ketahui 7 Fakta Perilaku Konsumen Saat Ramadhan Untuk Meningkatkan Bisnis - 2022
Banyak orang belanja, salah satunya untuk memberikan hampers lebaran ke kerabat (Source: Adobe Stock Photo)

Karena itu, saat Ramadhan banyak sekali pelaku bisnis yang membuat promo pada produk mereka. Hal itulah yang membuat para konsumen tertarik hingga melakukan pembelian lebih banyak daripada biasanya.

Konsumen berpikir harga promo Ramadhan ini jauh lebih murah daripada harga biasanya. Karena itu konsumen akan gencar belaja di bulan puasa.


Lebih Peduli Dengan Orang Terdekat

Perilaku konsumen saat Ramadhan yang lainnya adalah mereka akan lebih peduli. Di bulan suci, masyarakat Indonesia akan lebih peduli dan memperhatikan orang terdekatnya, sehingga lebih banyak berbagi kepada keluarga dan teman. Hal ini dikarenakan dengan memberikan makanan hingga bersedekah akan dilipatgandakan pahalanya.

Ketahui 7 Fakta Perilaku Konsumen Saat Ramadhan Untuk Meningkatkan Bisnis - 2022
Ilustrasi memberi sesama di bulan Ramadhan (Sumber: Adobe Stock Photo)

Beda dengan bulan-bulan biasa, perilaku tersebut lebih sering terjadi di bulan Ramadhan karena kebanyakan masyarakat ingin berbagi. Entah itu memberikan hampers Ramadhan untuk kerabat, memberi makanan untuk berbuka puasa kepada orang yang membutuhkan hingga melakukan sedekah dan zakat.

Oleh karena itu, kamu bisa membuat ide bisnis bulan ramadhan dengan mengganti strategi packaging produk agar bisa terlihat lebih menarik untuk dibeli dan diberikan sebagai hadiah. Tetapi harus tetap berkaitan dengan bulan Ramadhan ya. Dengan begitu, produk kamu akan terus sukses di masa ramadhan. Kartu ucapan juga bisa kamu berikan karena konsumen menyukai hal yang menyentuh dan bersifat personal.


Intensitas Menonton Video Online Meningkat

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, pada saat bulan Ramadhan kegiatan masyarakat lebih aktif di Media Sosial. Salah satu aktifitas masyarakat yang dilakukan di Media Sosial yaitu menonton video online. Video online yang dimaksud bisa dari sosial media maupun platform tontonan seperti Netflix misalnya.

Baca Juga  12 Bisnis Bulan Ramadhan Yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Nah, sebagai pelaku bisnis kamu bisa nih membuat ide bisnis di bulan Ramadhan dengan konten video. Karena konten video ini juga bisa menjadi salah satu cara yang efektif lho untuk ide bisnis bulan ramadhan. Kamu bisa memanfaatkan Instagram Reels atau TikTok untuk memasarkan bisnismu.

Kamu bisa membuat video dengan backsound suara yang sedang trending atau mengikuti challenge yang sedang marak. Melalu konten video ini, para konsumen akan lebih mudah menemukan brand milikmu dan mudah mengingat produk yang kamu jual.

Sering Pesan Makanan Online

Point ini merupakan salah satu perubahan perilaku konsumen saat Ramadhan tiba. Ketika puasa pesanan makanan secara online pasti akan meningkat. Biasanya, masyarakat Indonesia lebih banyak memesan makanan online di jam menjelang buka puasa dan di malam hari untuk sahur ataupun ngemil malam.

Maka dari itu, untuk kamu yang mempunyai bisnis food and beverages ini bisa jadi peluang bisnis kamu lho saat Ramadhan atau point ini bisa menjadi ide bisnis bulan ramadhan.

Lebih Spiritual

Perubahan perilaku konsumen saat bulan Ramadhan yang terakhir adalah lebih spiritual. Konsumen akan lebih tertarik pada konten-konten yang berkaitan dengan Ramadhan. Misalnya seperti “Doa Buka Puasa” “Apa Saja Yang Membatalkan Puasa” “Perilaku Baik di Bulan Puasa” dan lain lain.

Nah, karena masyarakat akan lebih spiritual alangkah baiknya kamu sebagai pelaku bisnis membuat konten yang berkaitan dengan Bulan Ramadhan. Entah itu konten yang berupa video atau sekedar banner saja. Ini bisa menjadi ide bisnis bulan Ramadhan yang patut untuk dicoba.

Dengan begitu, bisnis kamu akan terlihat lebih mendukung dan dapat memancing pelanggan baru serta membangun citra yang baik.

Penutup

Itulah 7 fakta perilaku konsumen saat Ramadhan datang. Bulan puasa dapat dijadikan kesempatan untuk meningkatkan brand awareness, menjangkau konsumen lebih banyak lagi, dan tentunya memperoleh keuntungan yang lebih banyak.

Pola perilaku konsumen saat Ramadhan di atas dapat menjadi reference untuk menentukan kampanye marketing yang efektif. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan bisnis kamu dengan pola perilaku konsumen di bulan puasa, agar strategi pemasaran dapat terus menarik minat para pembeli.

Penjualan online di bulan Ramadhan memiliki peluang yang besar, sesuai dengan perubahan perilaku masyarakat Indonesia yang sering bertransaksi online. Pastikan kamu menyesuaikan langkah dan strategi dengan keadaan dan situasi terkini ya!

Demikianlah artikel mengenai perilaku konsumen saat Ramadhan. Exabytes berharap artikel ini bisa menjadi gambaran untuk kamu sebelum memulai kampanye di bulan Ramadhan. Exabytes mengucapkan Selamat menjalankan ibadah puasa untuk Exabytes Friends yang menjalankan.

Jangan lupa ikuti terus blog Exabytes lainnya yaa~

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments