Microsoft Office 365: Fitur, Kelebihan, & Manfaatnya Bagi Bisnis

174
8 min read

Semakin banyak pengguna Microsoft office yang familiar dengan Microsoft Office 365. Keberadaan Office 365 semakin menunjukkan eksistensi dan popularitas Microsoft. Dengan pemasaran yang luas, semakin banyak orang yang menggunakan produk dari Microsoft termasuk Office 365.

Dengan berbagai fitur dan kelebihan yang ditawarkan, kita memiliki alasan tepat untuk menggunakan Microsoft Office 365. Jika kamu tertarik untuk menggunakannya, alangkah lebih baiknya jika terlebih dahulu tahu apa itu Office 365 dan apa saja kelebihan serta fitur yang bisa dimanfaatkan terutama oleh para pebisnis.

Apa Itu Microsoft Office 365?

Microsoft Office 365: Fitur, Kelebihan, & Manfaatnya Bagi Bisnis - 2022

Microsoft Office 365 hadir dengan berbagai fitur dan manfaat untuk bisnis. (Sumber: flickr)

Dilihat dari namanya saja, kamu pasti tahu jika Microsoft Office 365 adalah produk keluaran Microsoft, bukan? Produk tersebut dibuat untuk membantu individu dan bisnis mendapatkan sesuatu yang lebih dengan berbagai aplikasi office yang inovatif, layanan cloud, serta keamanan kelas dunia.

Office 365 hadir dengan update otomatis sehingga para penggunanya tidak perlu melakukan update secara manual. Lalu apa perbedaan microsoft office 365 dan office 2019? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kamu bisa membaca artikel satu ini!

Fitur pada Microsoft Office 365

Microsoft Office 365: Fitur, Kelebihan, & Manfaatnya Bagi Bisnis - 2022

Fitur-fitur Microsoft Office 365 yang membantu memaksimalkan kebutuhan bisnis. (Sumber: flickr)

Fitur-fitur yang ada pada Office 365 semakin memudahkan kamu dalam menjalankan bisnis. Dengan berbagai fitur yang diberikan, bukan tidak mungkin kamu dan pengguna lain dapat menikmati kelebihan lain dari layanan tersebut.

Berikut adalah beberapa fitur yang bisa kamu andalkan saat menggunakan Office 365.

Penyimpanan Data

OneDrive dari Microsoft termasuk dalam paket Microsoft Office 365 yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan hingga 1 TB data dengan lebih aman. Bahkan para engineer pun tidak dapat mengakses akun pengguna kecuali mereka mendapatkan permintaan khusus untuk membantu pengguna melalui akun mereka.

Lisensi

Lisensi tidak jarang menjadi masalah yang mudah membuat pemilik bisnis merasakan sakit kepala karena lisensi berbagai software terbilang mahal dan sulit untuk dinavigasi. Akan tetapi, Microsoft Office 365 menawarkan satu lisensi untuk berbagai software yang disediakan oleh platform

Fasilitas Email yang Mumpuni

Nampaknya bukan rahasia lagi jika Microsoft Outlook menjadi salah satu klien email yang populer yang juga hadir sebagai standar dengan Office 365. Kamu bisa memasangkannya dengan Microsoft Exchange, server email yang menyediakan pengiriman email yang aman, serta sinkronisasi kalender secara otomatis. 

Di samping itu, kamu juga akan mendapatkan 50GB mailbox, manajemen berbasis cloud, nama domain pilihan sendiri, dan masih banyak lagi.

Delve

Delve merupakan fitur yang bisa digunakan untuk mengelola profil Microsoft Office 365, dan menemukan konten berdasarkan kebutuhan pengguna. 

OneDrive

OneDrive memberikan kemudahan kepada pengguna untuk berpindah atau bertukar akun. Alhasil, proses sinkronisasi akun Microsoft akan semakin mudah.

Word to PDF Converter 

Siapa bilang jika file PDF sulit untuk diedit? Saat menggunakan Office 365, kamu bisa menikmati fitur word to PDF converter yang memungkinkan kamu mengubah file Word dari atau ke PDF dengan mudah.

Outlook

Fitur Outlook pada Microsoft Office 365 berbeda dari Outlook pada versi Microsoft Office sebelumnya. Dengan fitur ini, kamu bisa melampirkan file yang tersimpan di OneDrive, OneDrive for business, atau Sharepoint.

Microsoft Editor

Jika biasanya kamu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mendeteksi kesalahan penulisan sebuah dokumen, kini kamu bisa menggunakan fitur Microsoft Editor. Fitur ini juga akan membantu memilih kata lain sebagai pengganti kata yang sering kamu gunakan. 

Baca Juga  Microsoft Office 365 Terbaru Untuk Bisnis Kecil dan Menengah

Ada juga plagiarism detector yang membantu pengguna agar tidak terkena cap plagiat saat menulis dokumen. 

Microsoft Forms

Jika ingin membuat kuis, survei, atau kuesioner lebih cepat dan mudah, kamu bisa memanfaatkan Microsoft Forms. Setelah membuatnya, kamu bisa mengundang orang lain untuk menggunakannya di web browser maupun perangkat seluler. Data yang terkumpul kemudian bisa kamu ekspor ke Excel dengan sangat mudah. 

Kelebihan Menggunakan Microsoft  Office 365 untuk Bisnis

Microsoft Office 365: Fitur, Kelebihan, & Manfaatnya Bagi Bisnis - 2022

Berbagai kelebihan Microsoft Office 365 yang bisa kamu dapatkan. (Sumber: Freestock)

Menjalankan bisnis tentu memerlukan kemudahan akses data. Kebutuhan ini akan mendorong kamu untuk memilih dan menggunakan Office 365. Akan tetapi, kamu harus terlebih dahulu memastikan beberapa hal termasuk apa saja kelebihan yang bisa didapatkan setelah memutuskan untuk beli microsoft office 365.

Adapun kelebihan yang bisa kamu rasakan sebagai pengguna Microsoft Office 365 adalah sebagai berikut:

Penyimpanan Cloud yang Aman

Tidak bisa dipungkiri jika keamanan saat ini harus menjadi prioritas terutama dalam menjalankan sebuah bisnis. Apabila data mudah diretas atau dicuri, bukan tidak mungkin pihak tidak bertanggungjawab akan menggunakannya untuk berbagai tindak kejahatan.

Salah satu kelebihan yang bisa kamu rasakan saat menggunakan office 365 adalah keamanan data yang tersimpan secara cloud.

Saat memilih Office 365, keamanan data akan menjadi salah satu kelebihan yang dapat dirasakan. Office 365 memberikan penyimpanan cloud yang aman terutama dengan adanya autentikasi dua faktor. Dengan begitu, orang yang tidak berwenang tidak bisa mengakses file saat mereka masuk ke perangkat kamu.

Saat anti-malware dan deteksi ancaman bekerja, kedua fitur tersebut akan menghentikan tindakan tidak dikenal sehingga data rahasia organisasi atau perusahaan akan tetap terjaga. Sehingga bisnis akan tetap bisa berjalan tanpa masalah keamanan.

Memungkinkan Pengguna Bekerja Secara Remote

Di zaman modern seperti sekarang ini, kita mempunyai pilihan untuk bekerja secara remote. Artinya, kita bisa bekerja kapan saja dan di mana saja tanpa harus datang ke kantor. Untuk kebutuhan ini, kamu bisa memanfaatkan keberadaan Office 365 yang memungkinkan pengguna bekerja secara remote.

Kamu hanya perlu memberikan pegawai atau anggota tim akses ke beberapa tools dan teknologi. Kemudian, mereka dapat bekerja secara efektif. Kelebihan Microsoft Office 365 ini bisa dirasakan di mana saja selama penggunanya memiliki koneksi internet.

Karena produk Microsoft satu ini berbasis cloud, maka file, email, dan bahkan program Office seperti Word, Excel, dan PowerPoint bisa kamu akses di berbagai lokasi melalui berbagai perangkat. Tentunya ini sangat bermanfaat terutama bagi perusahaan yang sebagian besar pegawainya bekerja secara remote.

Menghemat Biaya Software

Salah satu kelebihan dari Office 365 adalah bahwa produk ini akan membantu para pebisnis menghemat biaya penggunaan software. Dengan memilih software berlangganan ini, kamu hanya perlu membayar software yang digunakan. 

Masing-masing pegawai mungkin memerlukan software yang berbeda sesuai dengan pekerjaan dan kebutuhan. Artinya, kamu bisa memilih plan yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Membantu Keberlangsungan Bisnis

File yang disimpan secara cloud dan sering di backup memungkinkan organisasi atau bisnis kamu untuk berjalan sebagaimana mestinya bahkan saat terjadi bencana atau masalah di kantor. Apapun yang terjadi pada perangkat fisik seperti komputer, tidak akan berdampak pada file dan data karena memang tersimpan dengan aman di cloud.

Update Otomatis

Kelebihan lain dari penggunaan Office 365 adalah update otomatis sehingga aplikasi esensial seperti Word, Excel, dan Outlook akan diperbarui ke versi terbaru secara otomatis. Tidak hanya itu, kebutuhan update aplikasi-aplikasi tersebut sudah termasuk ke dalam langganan lisensi Office 365. Dari segi biaya, ini juga terbilang menguntungkan.

Baca Juga  8+ Kelebihan Microsoft Office 365 & Manfaatnya Bagi Bisnis

Sudah tahu berapa harga Office 365? Sebelum memutuskan membeli lisensi atau berlangganan Office 365, akan lebih baik jika kamu sudah tahu berapa harganya sehingga bisa memperkirakan apakah software tersebut sesuai dengan budget yang ada atau tidak.

Tools yang Familiar

Meski ini kali pertama bisnis atau organisasi menggunakan Office 365, tetapi setiap pengguna tidak akan kesulitan karena tools yang ada pada software ini adalah tools yang sudah familiar dan digunakan di Microsoft versi sebelumnya. Setiap pengguna tidak perlu lagi menyesuaikan diri sehingga tidak akan menghambat pekerjaan yang mereka lakukan.

Menawarkan Dukungan 24 Jam per Hari

Office 365 untuk bisnis hadir dengan dukungan 24 jam per hari baik melalui telepon maupun online chat. Terlebih jika kamu bergabung dengan Protected Trust’s Teams, akses dukungan akan semakin kuat. 

Program tersebut memungkinkan kamu mendapatkan akses langsung ke Microsoft software. Kamu akan selalu memiliki akses untuk menikmati fitur dan kemampuan terbaru dari software yang sedang digunakan.

Dapat Digunakan di Berbagai Perangkat Sekaligus

Karena data dan file disimpan secara cloud, maka Office 365 bisa kamu gunakan di berbagai perangkat sekaligus. Saat tidak membawa laptop, kamu bisa mengaksesnya melalui tablet maupun smartphone. Apabila memilih Microsoft Office 365 untuk bisnis, kamu bahkan bisa menggunakan layanan tersebut di 5 perangkat pengguna sekaligus. 

Manfaat Microsoft Office 365

Microsoft Office 365: Fitur, Kelebihan, & Manfaatnya Bagi Bisnis - 2022

Pengalaman berbeda dengan Microsoft Office 365 dan ragam manfaatnya. (Sumber: Freestock)

Setelah mengetahui berbagai kelebihan Office 365, kamu pasti penasaran dengan apa saja manfaat yang bisa didapatkan terlebih apabila layanan tersebut digunakan untuk keperluan bisnis. 

Menggunakan Office 365 adalah sebuah kesempatan bagi kamu untuk merasakan beberapa manfaat yang semakin menunjang kelancaran bisnis.

Adapun manfaat dari office 365 adalah sebagai berikut:

Alat Terbaik untuk Para Profesional

Manfaat yang bisa pengguna rasakan dari office 365 adalah berbagai fasilitas yang ditawarkan. Fasilitas-fasilitas tersebut mampu memaksimalkan kinerja kamu dan tim di mana saja. Tidak hanya itu, kamu akan terhubung dengan berbagai pihak yang terkait dengan bisnis bahkan dengan lebih mudah. 

Sebagai tempat penyimpanan online, kamu bisa memanfaatkan aplikasi OneDrive sehingga tim dan orang-orang berkepentingan dapat menyimpan, mengedit, maupun menghapus file setiap saat. 

Solusi Tepat Agar Kerja Sama Tim Meningkat

Apabila bekerja dalam tim, akan lebih maksimal jika menggunakan Office 365. Karena setiap pengguna bisa mengakses aplikasi Sharepoint, mereka tidak perlu bertatap muka untuk menyamakan ide atau menyampaikan informasi serta perubahan pada pekerjaan. 

Saat dituntut untuk membuat jadwal kegiatan secara cepat, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Outlook

Kemudahan Penggunaan

Karena Microsoft Office 365 adalah dapat diakses di mana saja, kamu akan mendapatkan manfaat kemudahan dalam menggunakannya. Terkadang, ada beberapa pekerjaan yang mengharuskan kamu keluar kantor seperti bertemu klien atau lainnya. 

Karena Office 365 bisa dipasang di berbagai perangkat seperti PC, Mac, iPad, tablet, dan ponsel, maka kamu tetap bisa melanjutkan pekerjaan jika tidak sempat kembali ke kantor. 

Kesimpulan

Dengan semua kelebihan dan fitur yang ditawarkan, kamu tidak perlu lagi ragu untuk menggunakan Microsoft Office 365. Semakin banyak kemudahan yang didapatkan dari sebuah layanan atau software, semakin kamu bisa menjalankan bisnis dengan maksimal.

Di mana harus beli Office 365? Jika sudah yakin bahwa Office 365 adalah pilihan tepat untuk kebutuhan bisnis kamu, kamu bisa menghubungi Exabytes dan memilih paket yang paling sesuai. 

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments