Mengenal Rank Math dan Cara Instalasi untuk SEO

231
13 min read

Hello Exabytes Friends!

Kamu yang memiliki website dan mengisinya dengan banyak konten pasti berpikir bahwa bagaimana caranya ya agar website kamu berada di pencarian teratas ketika pengunjung internet mencari topik yang relevan dengan konten mu? Padahal kamu pun juga sudah memodifikasi judulnya menjadi yang paling unik dan berbeda dengan website lainnya. Kalau begitu, mungkin kah karena konten mu yang kurang bagus? Atau mungkin karena website lain melakukan pengaturan SEO sedangkan kamu tidak? 

Mengenal Rank Math dan Cara Instalasi untuk SEO

Nah! bisa jadi itu penyebabnya loh Friends. Mungkin website mu tidak muncul di posisi teratas pencarian karena kamu tidak melakukan pengaturan SEO. Sedangkan para pesaing mu melakukan hal tersebut. Akibatnya, website mu itu bisa jadi tenggelam loh. Jadi, coba ketahui lebih dalam tentang apa itu SEO dan plugin untuk SEO yaitu Rank Math yang akan dibahas secara tuntas di artikel ini ya!

Jangan sampai ada yang kelewat ya Friends!

Apa itu SEO?

SEO atau Search Engine Optimization ini merupakan sebuah cara atau upaya untuk mengoptimalkan suatu website yang bertujuan untuk meningkatkan ranking di pencarian. Sehingga traffic organic yang dihasilkan akan tinggi jika halaman website mendapatkan tempat terbaik di hasil pencarian. Persaingan yang terjadi pun sangat ketat untuk mencapai tempat terbaik di hasil pencarian. Terutama jika pesaing-pesaing mu juga melakukan optimasi SEO, sehingga kamu juga perlu melakukannya loh Friends. SEO yang perlu kamu perhatikan dan paling penting yaitu SEO teknis. SEO teknis yang memiliki kualitas baik adalah SEO teknis yang dapat memastikan bahwa search engine akan memberikan preferensi atau rekomendasi ke halaman yang ada di website kamu.  

Pentingnya SEO untuk Website

Terdapat beberapa alasan mengapa SEO ini sangat penting untuk website. Selain untuk mengoptimalkan ranking website di pencarian agar mendapatkan tempat terbaik, SEO memiliki beberapa peranan penting untuk website mu loh. Terdapat 3 alasan mengapa SEO dianggap penting untuk website yang akan dibahas pada artikel ini.

SEO Merupakan Strategi yang Efektif

Saat ini, SEO masih dianggap sangat efektif dalam meningkatkan traffic yang ada pada sebuah website. Dengan melakukan teknik dan cara yang tepat, serta menyesuaikan user experience maka dapat dipastikan bahwa SEO akan menjadi cara yang paling berpengaruh untuk meningkatkan traffic yang di sebuah website kamu Friends. SEO juga akan tetap digunakan dan diprediksi tidak akan berakhir dalam waktu dekat, karena search engine pun akan terus menerus dikembangkan sehingga pengunjung internet juga akan selalu bergantung dengan search engine dalam jangka waktu yang lama. Dengan sifat strategi SEO yang sangat efektif ini, SEO akan selalu dibutuhkan oleh para pemilik website dengan mempertimbangkan manfaat yang akan didapatkan jika mengoptimalkan website dengan SEO.

Meningkatkan Brand Awareness

Jika website mu mendapatkan tempat terbaik di pencarian atau bahkan berada di posisi teratas, tentunya akan sangat menguntungkan bagi mu. Saat website mu menempati posisi teratas pasti berkemungkinan akan menjadi website yang paling pertama diklik dan dilihat situs nya. Hal tersebut tentunya akan membuat para pengunjung internet lebih mengetahui tentang website mu dan bahkan tentang brand yang kamu cantumkan di website. Contohnya untuk kamu yang memiliki bisnis dan menggunakan website sebagai channel penjualan, kamu perlu untuk membuat konten yang secara tidak langsung akan mengarahkan pengunjung internet untuk melihat produk mu seperti konten tips and trick, review produk, dan lain-lain. Ketika konten mu berada di pencarian teratas, maka pengunjung internet akan membuka konten tersebut yang kemudian mengarah ke produk mu. Menarik bukan?

SEO Membuat Menciptakan Pelanggan Baru 

Ketika website yang kamu miliki telah dioptimalkan dengan strategi SEO, maka peluang website mu akan muncul di paling atas akan sangat besar. Kebanyakan pengunjung internet atau konsumen dari suatu produk akan mencari terlebih dahulu tentang informasi produk yang akan dibeli. Mereka akan melakukan research terlebih dahulu mengenai suatu produk, baru setelah itu akan memutuskan untuk melakukan pembelian atau tidak. Oleh karena itu jika website mu berada di paling atas pada hasil pencarian, konsumen yang akan membeli produk bisa jadi mempertimbangkan produk yang kamu jual di website mu itu. Menguntungkan sekali kan Friends? 

Apa Itu Rank Math?

Setelah berbicara tentang apa itu SEO atau Search Engine Optimization, saatnya mimin menjelaskan tentang apa itu Rank Math? Untuk para pengguna website Pasti banyak pengguna internet yang masih belum familiar dengan kata tersebut. Namun untuk Exabytes Friend yang memiliki website sendiri dan melakukan strategi SEO (Search Engine Optimization) untuk mengoptimalkan websitenya tentunya tahu dong apa itu Rank Math. Rank Math merupakan sebuah plugin yang yang dikembangkan oleh WordPress agar dapat digunakan untuk membantu kamu mengoptimalkan konten-konten yang ada di website untuk SEO supaya menjadi lebih mudah, bahkan dapat digunakan oleh para pengguna yang masih pemula. 

Baca Juga  Prediksi Tren dan Optimalisasi Website dengan SEO (Ulasan Webinar EDD On Air)
Mengenal Rank Math dan Cara Instalasi untuk SEO

Image source: https://bloggingexcel.com/rank-math-seo/

Rank Math ini dapat membantu para pengguna nya untuk mengatur SEO dikarenakan SEO ini dianggap sebagai suatu strategi yang sulit. Rank Math ini dapat dikatakan sebagai plugin yang sangat praktis loh Friends, karena Rank Math dapat menangani semua optimasi SEO pada website WordPress yang kamu miliki. Sehingga dengan mengintsall 1 plugin saja yaitu Rank Math, kamu sudah dapat melakukan optimasi pada SEO website mu dan tidak perlu ribet untuk install beberapa plugin. Selain tidak ribet, dengan hanya menginstall 1 plugin untuk beberapa tugas pun dapat membuat website WordPress mu lebih cepat serta lebih mudah juga loh Friends untuk mengatur fitur-fitur yang ada di website mu.

Mengapa Harus Memilih Rank Math 

Seperti yang udah dijelasin sebelumnya nih Friends kalau Rank Math ini menjadi plugin yang dapat digunakan untuk menangani semua optimasi pada SEO yang ada di website. Nah, tentunya lebih banyak alasan lagi nih tentang kenapa kamu harus memilih Rank Math sebagai plugin optimasi SEO mu.

Mudah dan Praktis untuk Digunakan

Plugin Rank Math ini mudah banget Friends untuk digunakan. Karena plugin ini dikembangkan oleh WordPress, kamu juga dapat menginstall Rank Math dengan mudah ke WordPress mu. Selain itu, tata letak di plugin Rank Math ini juga sangat jelas sehingga tidak akan membuat kamu kesulitan. 

Konfigurasi nya Otomatis

Plugin Rank Math dapat secara otomatis mendeteksi dan mengetahui tentang jenis pengaturan SEO yang paling cocok dan baik untuk website kamu loh Friends. Rank Math dapat mendeteksi hal tersebut dengan mengetahui jenis website yang kamu miliki, sehingga muncul preferensi untuk pengaturan SEO website mu.

Terbaik daripada Plugin Lain

Rank Math menjadi salah satu plugin terbaik dibandingkan dengan plugin-plugin lainnya. Plugin Rank Math dapat mengerjakan semua tugas-tugas. Padahal plugin lain hanya bisa mengerjakan satu sampai dua hal saja. Tugas-tugas yang dapat dilakukan oleh plugin ini misalnya menangani semua hal yang terkait dengan SEO on-page seperti menambahkan informasi meta, menambahkan skema, membuat site map, serta menambahkan pengalihan. Hebat banget kan plugin ini Friends?

Pelacakan Keyword Google

Jika kamu menggunakan plugin Rank Math di website mu, kamu dapat menyimpan segala sesuatu nya di dalam Rank Math loh Friends. Kamu bisa menambahkan keyword yang berhubungan dengan website atau bisnis mu, kemudian Rank Math akan melacak keyword yang tepat untuk website mu dan memperlihatkan bagaimana posisi keyword tersebut di search engine.

Dokumentasi yang Lengkap

Dokumentasi yang diberikan oleh Rank Math juga sangat lengkap loh Friends. Kalau kamu bingung bagaimana cara menginstall Rank Math pada website mu, Rank Math telah menyediakan dokumentasi mengenai tutorial nya! Mudah banget kan? Dijamin lengkap dan bikin kamu mengerti cara menginstall dan menggunakannya.

Kompatibel dengan WooCommerce

Untuk Exabytes Friends yang menggunakan plugin WooCommerce, beruntunglah kamu! Plugin Rank Math sangat kompatibel untuk WooCommerce, sehingga dapat bekerja secara bersamaan untuk membuat website mu lebih baik lagi dan menempati posisi teratas di hasil pencarian. Produk yang kamu jual di WooCommerce pun berkesempatan untuk dilihat oleh banyak pengunjung internet karena berpotensi menempati ranking di pencarian. Tertarik kan Friends?

Fitur Terbaik Rank Math

Selain menjadi plugin yang terbaik diantara plugin lainnya, Rank Math juga memiliki fitur-fitur menarik yang bisa membantumu loh Friends. Terdapat beberapa fitur Rank Math yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Perbandingan Keyword dan Tools Google Trends

Salah satu fitur yang dimiliki Rank Math yaitu dapat membandingkan keyword yang akan kamu pilih. Fitur ini dapat membantu kamu untuk melakukan pengecekan terhadap keyword yang ditentukan loh Friends, serta melihat peluang dari hasil pengecekan berupa grafik. Dari fitur ini, kamu jadi bisa mengetahui sejauh mana peluang mu untuk menempati posisi teratas di pencarian.

Integrasi Search Console 

Rank Math Plugin ini juga menyediakan fitur untuk melihat informasi-informasi berharga yang didapat dari Search Console di dalam dashboard admin WordPress loh Friends. Selain itu kamu juga dapat melihat keyword yang kamu pilih untuk diranking serta status nya pada site map. Informasi yang didapatkan dari fitur ini tentunya sangat penting dan dapat kamu manfaatkan untuk menentukan rencana pengembangan website mu nantinya loh.

Analysis SEO

Tak hanya itu, Rank Math yang menjadi salah satu plugin terbaik untuk SEO juga pastinya menyediakan fitur untuk menganalisis SEO atau Search Engine Optimization. Kamu hanya perlu melakukan klik pada tombol yang telah disediakan dan secara otomatis tools tersebut akan menilai website yang kamu miliki dan kamu akan mendapatkan saran tertentu jika terdapat masalah di website mu. Saran tersebut tentunya bisa membantu kamu mengatasi masalah dan dapat diperbaiki loh. Hal ini bisa berguna untuk meningkatkan kualitas SEO website mu agar menjadi lebih baik. Menarik dan sangat membantu bukan?

Baca Juga  Dengan WWW atau Tanpa WWW - Mana yang lebih baik untuk SEO Website Saya?

Importing yang Mudah dan Praktis

Nah untuk Exabytes Friends yang sebelumnya tidak menggunakan plugin Rank Math, kamu tidak perlu khawatir loh. Rank Math memiliki fitur importing yang mudah dan praktis sehingga kamu dapat berpindah dari plugin lain di WordPress ke plugin Rank Math. Hanya dengan 1 klik saja, Rank Math akan membantumu dalam mengimport semua pengaturan dari plugin yang sebelumnya kamu gunakan ke plugin Rank Math. Sekali lagi, Rank Math menawarkan plugin yang sangat menarik kan Friends?

Analisis Konten untuk Keyword

Rank Math juga menyediakan fitur yang bisa sangat membantu kamu loh. Ketika kamu memiliki website, tentunya kamu akan mengisi website tersebut dengan konten yang relevan dengan konsep website mu. Nah, plugin Rank Math dapat membantu kamu untuk menganalisis konten yang kamu sediakan di website agar kamu memiliki keyword yang tepat sehingga dapat mengejar posisi teratas di pencarian. Rank Math akan menganalisis konten dan menawarkan beberapa rekomendasi keyword yang cocok dengan konten mu. Keyword yang ditawarkan juga tentunya disortir dan direkomendasikan karena memiliki peluang yang baik untuk berada di ranking atas di pencarian dan menerima traffic tertinggi loh Friends, jadi Rank Math gak bakal asal-asalan merekomendasikan ya!

Edit Secara Massal

Tentunya jika kamu ingin mengubah deskripsi untuk konten mu yang sangat banyak itu, akan membutuhkan waktu yang begitu lama. Kamu harus mengubah satu-satu deskripsi konten dan akan membuang waktu mu yang berharga itu. Namun jika kamu menggunakan Rank Math, kamu tidak akan mengalami hal itu Friends. Karena Rank Math menyediakan fitur untuk mengedit judul dan deksripsi konten secara massal. Dengan begitu, kamu bisa menghemat waktu mu dan mengerjakan hal lain yang lebih urgent.

Cara Instalasi Plugin Rank Math

Setelah mimin bahas tentang SEO dan Rank Math, sekarang saatnya kamu mengetahui bagaimana cara menginstall plugin Rank Math di website mu. Simak tutorial berikut ini ya!

Install Rank Math SEO di WordPress

Mengenal Rank Math dan Cara Instalasi untuk SEO

Pertama, kamu dapat membuka dashboard WordPress mu dan klik menu Plugins. Selanjutnya kamu dapat memilih Add New untuk menambahkan plugin Rank Math pada WordPress mu.

Mengenal Rank Math dan Cara Instalasi untuk SEO

Selanjutnya, cari plugin yang ingin kamu install yaitu Rank Math untuk SEO. Pastikan kamu tidak salah memilih plugin ya Friends. Kamu dapat memilih plugin Rank Math yang memiliki logo grafik dan background berwarna ungu. Klik Install Now dan tunggu beberapa saat, kemudian akan muncul tulisan Activate pada kotak yang sebelumnya bertuliskan Install Now. Klik tulisan Activate untuk mengaktifkan plugin Rank Math di WordPress mu.

Setup Wizard

Mengenal Rank Math dan Cara Instalasi untuk SEO

Nah setelah kamu menginstall dan mengaktifkan plugin Rank Math di WordPress mu, kamu bisa melakukan setup wizard secara otomatis. Kamu hanya perlu klik tombol Start Wizard. Namun sebelumnya kamu harus memastikan apakah website mu kompatibel atau tidak untuk menjalankan plugin Rank Math ini. Jika website mu kompatibel, maka tanda ceklis di sebelah kiri akan berwarna hijau. Namun jika tidak kompatibel, warna nya akan menjadi kuning dan kamu perlu mengecek bagian yang perlu diperbaiki dengan mengklik More.

Your Site

Mengenal Rank Math dan Cara Instalasi untuk SEO

Selanjutnya kamu dapat melakukan pengaturan tentang website mu. Kamu harus memilih kategori dari website mu dan mengisi nama toko mu pada kolom yang telah disediakan seperti gambar yang ada di atas.

Mengenal Rank Math dan Cara Instalasi untuk SEO

Jangan lupa juga untuk mengupload logo yang kamu miliki untuk website mu agar dapat muncul di pencarian Google. Kamu dapat menyesuaikan ukuran logo mu sesuai dengan perintah dari Rank Math

Search Console

Mengenal Rank Math dan Cara Instalasi untuk SEO

Kemudian, kamu dapat mengklik tombol Get Authorization Code dan akan terhubung dengan akun Google mu. Setelah itu kamu akan mendapatkan kode dari akun Google dan kamu harus memasukkan kode tersebut ke kolom Search Console dan klik Authorize. Lalu klik Save and Continue untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Sitemap 

Mengenal Rank Math dan Cara Instalasi untuk SEO

Pada tahap ini, kamu dapat melakukan setting untuk konfigurasi site map. Kamu dapat melakukan settingan tersebut seperti gambar di atas yaitu dengan mengatur Sitemaps dan Include Images ON. Setelah itu jangan lupa ceklis kolom Posts, Products, dan Pages. Terakhir, ceklis bagian Categories. Kemudian klik Save and Continue untuk melanjutkan.

SEO Tweaks

Mengenal Rank Math dan Cara Instalasi untuk SEO

Terakhir, kamu dapat melakukan optimisasi dengan mengatur ON pada Noindex Empty Category and Tag Archives dan Open External Links in New Tab/Window. Selanjutya kamu perlu mangatur OFF pada bagian Nofollow External Links. Seperti sebelumnya, klik Save and Continues.

Mengenal Rank Math dan Cara Instalasi untuk SEO

Dengan begitu, pengaturan yang kamu lakukan sudah selesai dan website mu sudah siap untuk menggunakan plugin Rank Math loh.

Nah itu dia Friends informasi mengenai SEO, Rank Math, serta Cara Instalasi Plugin Rank Math di Website mu. Sekarang kamu tahu kan bagaimana caranya agar website mu bisa muncul di posisi teratas pencarian? Silakan dicoba ya Friends!

Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya!

Credit to: Salma Nur Hanina
View her LinkedIn: 
https://www.linkedin.com/in/salma-nur-hanina-b39baa192/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here