6 Cara Menjadi Blogger Untuk Pemula Agar Mendapatkan Uang

0
2268

Cara menjadi blogger – Kemungkinan sebagian besar dari anda pernah mendengar tentang blogging. Anda mungkin pernah mendengar cerita tentang seorang blogger yang mengungkap informasi tentang politik, ekonomi, science, makanan, budaya, fashion bahkan sampai dengan subjek kontroversial yang sedang up-to-date dibahas.

Mungkin Anda bahkan pernah membaca buku atau melihat film berdasarkan blog yang anda baca saat mengetikan keyword pada search engine atau mesin pencari seperti Google.

Jika Anda bertanya-tanya berapa banyak uang yang dihasilkan seorang blogger, Anda mungkin akan terkejut. Banyak pemilik blog di dunia dapat menghasilkan US $200 hingga US $2.500 per bulan di tahun pertama mereka ngeblog.

Blogger yang telah mapan yang menerapkan strategi monetisasi yang kuat menghasilkan US $3.500 hingga US $15.000 setiap bulan.

Di Indonesia sendiri, penghasilan sebagai blogger dapat mencapai Rp 5 juta per bulan. Dan akan dapat lebih menjadi dua sampai dengan tiga kali lipat lagi bila blogger Indonesia menggunakan Bahasa Inggris di dalam blog-nya.

Disini, anda akan belajar tentang bagaimana cara menjadi blogger. Anda juga akan melihat beberapa jenis blog yang umum dan mengeksplorasi dunia blog serta alasan mengapa orang membuat blog atau menjadi seorang blogger.

Cara Menjadi Blogger Untuk Pemula Agar Mendapatkan Uang

Cara Menjadi Blogger Untuk Pemula Agar Mendapatkan Uang

Berikut dibawah ini 5 tips yang dapat kami berikan kepada untuk menjadi blogger pemula agar mendapatkan uang.

Daftar Akun Blog atau Log in ke Akun Blog

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menjadi seorang blogger tentu saja anda harus memiliki akun blog. Bagi anda yang sudah memiliki akun blog tentu anda tinggal Login saja ke akun dimana anda mendaftar dan langsung membuat tema bahasan blog yang anda ingin bahas.

Namun, untuk anda yang belum mempunyai akun blog anda dapat memilih beberapa platform seperti WordPress.org, WordPress.com, Blogger, dan Weebly untuk memulai mendaftarkan akun anda sehingga anda dapat memulai blog anda.

Jika anda sudah mendaftarkan akun blog anda, maka anda disarankan memberikan nama alamat blog anda. Perlu diingat, nama blog anda sebaiknya tidak begitu panjang dan usahakan nama blog anda dapat menarik perhatian dan mudah untuk diingat.

Nama blog Anda akan dilihat pertama kali oleh pembaca (seperti yourblog.com), sehingga idealnya mewakili topik umum yang akan Anda tulis—atau bisa juga nama anda sendiri, nama bisnis anda, kombinasi kata yang cerdas, atau lainnya.

Perlu diingat pula, bagaimana jika nama blog yang anda inginkan tidak tersedia atau sudah digunakan orang lain? Jangan terpaku pada tahap ini, cukup pilih opsi lainnya. Dari sini anda sudah dituntut untuk lebih kreatif dalam menentukan nama blog anda. Sehingga ini dapat melatih anda untuk lebih kreatif lagi dalam membuat blog ke tahap selanjutnya.

Menentukan Tema Bahasan

Selanjutnya adalah menentukan pokok bahasan atau tema yang ingin anda angkat atau tulis pada blog anda. Pilihlah tema yang cukup anda sukai terlebih hal tersebut sedang up-to-date untuk dibahas.

Kunci untuk membuat konten yang menarik pada blog yang akan anda buat dan bahas adalah membuatnya semenarik mungkin, informatif, objektif juga bermanfaat. Fokuslah pada pembuatan konten blog yang dapat mengubah kehidupan orang, hal tersebut akan menjadi materi yang paling dicari serta dapat dihargai orang yang membaca blog anda dan akan mendorong orang untuk mengenal, menyukai, dan mempercayai anda hanya melalui konten dalam blog yang telah anda buat. Anda dapat pula membuat blog anda sebagai tempat pembahasan suatu topik, tutorial atau panduan, ulasan, wawancara, pengalaman dan lainnya.

Selain menentukan tema yang akan diangkat dalam blog anda, anda juga perlu memperhatikan jumlah kata dalam setiap konten tulisan pada blog anda. Buatlah artikel atau tulisan pada blog anda agar tidak terlalu panjang untuk dibaca maupun terlalu pendek sehingga informasi yang ada menjadi kurang jelas. Idealnya kata dalam artikel atau konten blog anda lebih dari 1,000 kata namun kurang dari 2,500 kata dalam setiap artikel.

Perlu diingat 1,000 sampai dengan 2,500 kata tersebut tetap harus dapat memberikan informasi yang jelas dan kredibel atau dapat dipercaya serta mudah untuk dipahami para pengunjung situs blog anda nantinya.

Desain Blog Anda Semenarik Mungkin

Desain dan pilihlah tema sebagai background blog anda agar terlihat menarik di mata pengunjung situs blog anda. Ini membuat para pengunjung situs tidak terlalu bosan mengunjungi situs blog yang anda buat.

Beberapa platform blog bahkan seperti Blogspot.com maupun WordPress.com menyediakan tema background dan mode tampilan yang dapat anda gunakan secara gratis supaya dapat mempercantik situs laman blog yang anda miliki.

Mengapa mendesain blog dapat menjadi bagian yang sangat penting? Ini karena desain blog yang menarik dapat pula membangun kepercayaan. Dengan demikian, para pengunjung situs blog anda mengetahui bahwa anda cukup peduli dengan blog anda.

Namun bukan berarti anda harus menampilkan terlalu banyak animasi, karakter, berbagai font bahkan warna dalam blog anda. Cukuplah desain blog anda semenarik mungkin namun tetap jelas dan mudah dibaca serta dipahami terlebih terdapat unsur aesthetic pada pengemasan desain blog anda.

Pilih Niche yang Profitable

Sebelum kamu memulai menulis artikel untuk blogmu, ada baiknya kamu survei niche topik yang ingin kamu bahas. Pastikan niche tersebut memiliki profit yang besar sehingga kamu bisa mendapatkan uang dari blog.

Untuk mencari niche mana yang profitable, kamu bisa melihat atau survei terlebih dahulu topik mana yang banyak dibaca oleh orang-orang.

Promosikan Blog Anda

Anda dapat melakukan promosi blog secara online maupun offline untuk meningkatkan pengunjung. Ada banyak cara promosi yang bisa dilakukan, contohnya lewat forum online. Platform forum online umumnya menyediakan forum terpisah untuk topik tertentu sehingga anda mampu mempromosikan blog ke calon pembaca yang spesifik.

Blog anda juga harus yang menarik dan terbaik yang dapat banyak diminati pengunjung dengan begitu membuat pengunjung merasa tertarik untuk membaca blog anda. Anda juga bisa bergabung ke Facebook Group, Google+ Communities yang berkaitan dengan topik blog anda.

Cara Menjadi Blogger Untuk Pemula Agar Mendapatkan Uang

Selanjutnya, anda bisa mengubah bentuknya mulai dari video, PDF, atau infografis dengan isi yang sama persis lalu publish di berbagai tempat. Dibawah ini beberapa situs yang bisa anda manfaatkan :

  1. Youtube, Vimeo, DailyMotion – Video
  2. SlideShare – Slide presentasi
  3. Scribd – Ebook

Anda juga dapat mempromosikan blog anda dengan rajin berkomentar di blog lain. Komentar yang anda tinggalkan juga harus berisi mengenai blog anda. Anda bisa menyematkan alamat url blog anda dengan membawa langsung ke blog yang ingin anda promosikan sehingga bisa dibuka oleh pembaca lain yang membaca komentar anda. Selain itu anda juga dapat menjalin komunikasi dengan pemilik blog tersebut.

Tawarkan juga blog anda lewat Email, jadi anda mengirimkan alamat website yang sudah berisi blog anda. Dengan harapan orang yang anda kirim email tersebut akan membukanya. Cara anda agar bisa mendapatkan kontak email, dengan menyematkan fitur berlangganan atau subscribe di blog anda. Secara langsung email tersebut akan tersimpan di blog anda. Setelah itu, anda dapat mengirimkan konten langsung ke pembaca.

Gunakan juga sosial media seperti Pinterest, Instagram, atau pun Twitter. Jika di Pinterest, anda dapat bergantung pada fitur Pin Now. Dengan fitur tersebut konten pada blog anda akan berada di halaman paling atas dan akan terus terlihat.

Sedangkan pada Instagram, anda dapat mempromosikannya melalui Insta Story. Story tersebut dapat anda tempatkan pada highlight agar dapat terus dibuka Ketika pembaca mengunjungi akun Instagram anda. Sedangkan pada Twitter hamper sama seperti Pinterest  yakni dengan ‘pin’ status yang berisi tentang blog anda.

Terapkan Teknik SEO

Setelah melakukan semuanya, jangan lupa untuk menerapkan teknik SEO ke dalam blog kamu. Kenapa? Karena SEO bisa membuat blog kamu selalu muncul di halaman pertama Google ketika user mencari suatu keyword, dengan begitu user akan melihat blog dan mengunjungi blogmu. Semakin banyak orang mengunjungi blogmu, semakin mudah juga blogmu untuk mendapatkan uang.

Kesimpulan

Bagaimana tertarik untuk mencoba menjadi blogger?

Seperti yang telah diulas di atas, banyak sekali manfaat menjadi blogger, bahkan menjadi blogger dapat menjadi passive income bagi anda bila anda serius menekuninya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments