10 Cara Menarik Pembaca dan Membuat Mereka Betah di Blog

0
2091

Bagaimana cara menarik pembaca dan membuat mereka betah di blog kita? Bagi orang yang suka membaca atau menulis sudah tidak asing lagi dengan blog. Blog biasa digunakan sebagai jurnal online yang ditulis oleh individu untuk dibaca orang lain.

Ternyata manfaat blog lebih luas dari itu. Blog juga banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan bisnis, edukasi, hingga media promosi. Dengan begitu, blog tidak lagi menjadi tempat untuk menulis cerita pribadi saja, tapi juga bermanfaat untuk kebutuhan branding dan pemasaran.

Pengertian Blog

Sebelum membahas cara menarik pembaca ke blog, kita bahas dulu pengertian blog. Blog adalah sebuah website yang memuat beragam informasi berupa artikel. Kontennya pun beragam, bisa bersifat deskriptif dan informatif, persuasif, dan lainnya. Postingan di blog biasanya urut secara kronologis di mana postingan terbaru akan muncul pada urutas atas halaman. 

Struktur dari blog terdiri atas header yang berisi menu dan bar navigasi. Bagian konten utama akan menampilkan postingan-postingan terbaru atau yang menjadi highlight. Selain itu, terdapat sidebar yang biasanya akan diisi dengan daftar postingan populer atau arsip.

Pada bagian bawah terdapat footer yang biasanya memuat informasi terkait kebijakan privasi, disclaimer, hingga informasi kontak yang bisa dihubungi. Setiap bagian struktur ini memiliki peran penting dalam memudahkan pengunjung mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. 

Blog berbeda dengan website. Konten blog harus terus diperbarui dan dikelola. Saat blog tidak up to date, maka traffic-nya juga akan turun. Untuk menarik perhatian pembaca, blog juga harus menggunakan desain yang menarik.

Memberikan kolom komentar juga bisa menjadi cara agar dapat berinteraksi dengan audiens. Kamu bisa mendapatkan feedback atau saran dari audiens sehingga bisa menjadi bahan untuk terus memperbaiki dan mengembangkan blogmu. Sementara itu, website cenderung statis dan tidak harus terus menerus di-update. 

Jenis blog juga bermacam-macam. Ada blog pribadi, profesional, hingga bisnis atau content marketing. Blog pribadi bersifat lebih fleksibel dan bebas. Pasalnya, kamu tidak perlu untuk mengikuti sejumlah aturan. Kamu bebas untuk mengisi konten tema apa saja sesuai keinginan.

Sementara blog profesional memiliki batasan-batasan yang harus diikuti sesuai dengan personal branding yang kamu bangun. Sedangkan blog bisnis tentu tujuannya adalah mendatangkan profit. Untuk itu, konten-konten yang diterbitkan harus mengikuti sejumlah aturan agar bisa mendatangkan keuntungan. 

Cara Menarik Pembaca dan Membuat Mereka Betah di Blog

Cara Menarik Pembaca dan Membuat Mereka Betah di Blog

Nah, untuk mendapatkan pengunjung blog, kamu harus membuat konten-kontenmu terlihat menarik. Bagaimana cara menarik pembaca dan membuat mereka betah di blog?

1. Membuat konten blog semenarik mungkin

Faktor kunci dari blog adalah konten. Tujuan pengunjung atau audiens datang ke blogmu adalah untuk membaca kontenmu. Maka dari itu, buatlah konten blog yang menarik agar bisa mendapatkan perhatian mereka. Saat mereka tertarik untuk menyimak kontenmu, maka mereka akan betah berlama-lama di blogmu. 

Untuk membuat konten yang menarik, kamu bisa melakukan riset. Buatlah konten yang bisa memberikan manfaat bagi audiens. Ada banyak tools yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari ide konten menarik. 

2. Rutin melakukan update konten

Memposting konten yang up to date juga tidak kalah penting untuk menarik perhatian audiens. Ketika kontenmu sering diperbarui, maka blog yang kamu kelola juga akan terlihat hidup dan aktif. Dengan begitu audiens akan memperhitungkan blogmu.

Tulislah topik-topik yang layak untuk diberitakan. Kamu juga membuat konten sesuai dengan tren yang sedang berkembang untuk menumbuhkan audiens. Paling tidak, perbarui konten blogmu seminggu sekali agar memberikan user experience yang ideal. 

3. Perhatikan kualitas konten

Untuk membangun kepercayaan audiens jangka panjang, kamu harus memperhatikan kualitas konten yang kamu buat. Kualitas konten yang baik akan menumbuhkan rasa percaya audiens kepada blogmu. Hal inilah yang bisa menggaet pembaca potensial jangka panjang.

Sebanyak apapun pembaca di blogmu, apabila konten yang kamu sajikan tidak berkualitas, maka pembaca tidak akan bertahan lama. Akhirnya, kamu sulit mendapatkan kepercayaan mereka. Lama-kelamaan pembaca potensial jangka panjang akan hilang. 

Kamu bisa membandingkan dengan kompetitor. Saat kamu melihat hal yang menarik dari kompetitor, kamu bisa mencontohnya dengan mengembangkannya jadi lebih baik. Ini bisa menjadi cara untuk menggali dan mengembangkan ide. Tapi ingat, buat lebih kreatif dan jangan plagiasi ya.

4. Pahami audiens

Tujuan utama dari membuat blog adalah untuk mendapatkan audiens. Maka dari itu, kebutuhan audiens adalah hal mendasar yang perlu diperhatikan. Kecuali kamu memang membuat blog hanya untuk kepuasan pribadi saja. Kunjungan audiens mungkin tidak menjadi tolak ukur. Tapi berbeda saat kamu membuat blog untuk kepentingan profesional maupun bisnis. Audiens menjadi salah satu tolak ukur kesuksesan blog kamu. 

Untuk itu, kamu perlu memahami dengan baik siapa audiensmu. Kamu harus tahu apa yang mereka butuhkan dan sukai. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan kontenmu dengan karakter mereka. Saat kontenmu relevan dengan audiens, maka mereka akan betah untuk berlama-lama di blogmu. Untuk mengenali dan menentukan target pembaca, kamu bisa memanfaatkan Google Analytics

5. Bagikan konten blog di media sosial

Untuk menarik pembaca datang ke blogmu, tidak cukup hanya dengan membuat konten yang menarik. Kamu perlu melakukan hal yang lebih dari itu. Kamu harus memberi tahu kepada orang-orang, jika kamu memiliki konten blog yang menarik.

Nah, untuk itu, kamu bisa memanfaatkan kehadiran media sosial untuk publikasi konten blogmu. Karakter media sosial yang mudah dijangkau, cepat, dan murah menjadi solusi yang tepat untuk menyebarluaskan konten blogmu. Dengan begitu, maka akan menambah potensi orang-orang untuk mendatangi blogmu. 

Cara Menarik Pembaca dan Membuat Mereka Betah di Blog
Search engine marketing business. Copywriting service, content management. Copy optimization, web text optimization, best SEO writing concept. Pink coral blue vector isolated illustration

6. Gunakan Bahasa yang Mudah Dimengerti

Ingat, kamu menulis artikel bukan untuk dibaca oleh robot, tapi untuk manusia juga. Jadi, buatlah bahasa yang lebih luwes dan mudah dipahami oleh manusia supaya pembaca bisa lebih betah membaca artikelmu hingga habis.

7. Optimalkan SEO (Search Engine Optimization)

SEO biasanya dimanfaatkan oleh para blogger untuk menarik audiens melalui search engine. Dengan mengoptimasi SEO, maka mesin pencari seperti Google, Bing, dan lainnya akan merekomendasikan blogmu di halaman pencarian mereka.

Dengan kata lain, blogmu akan lebih mudah terindeks. Jadi, saat seseorang memasukkan sebuah kata kunci, blogmu bisa direkomendasikan oleh mesin pencari kepada audiens atau dianggap konten yang relevan dengan kebutuhan audiens. 

Nah, hal ini tentu akan membuat traffic-mu meningkat. Pencarian melalui mesin pencari ini disebut sebagai organic search. Organic search akan berpengaruh besar bagi organic traffic atau traffic yang didapat dari kunjungan langsung audiens dari mesin pencarian.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan SEO, seperti penggunaan kata kunci, penyusunan header, penggunaan link, dan lain sebagainya.

8. Bangun interaksi dengan audiens

Membangun interaksi dengan audiens merupakan hal yang perlu diperhatikan. Audiens akan merasa lebih dianggap kehadirannya saat diajak berinteraksi. Komunikasi yang terjalin juga akan terkesan dua arah. Bagaimana caranya?

Kamu bisa menambahkan kolom komentar di setiap akhir konten blogmu. Kamu juga bisa menyelipkan pertanyaan-pertanyaan atau meminta feedback dari audiens. Hal ini akan membantumu untuk mengenal audiens lebih dalam lagi sehingga bisa kamu gunakan untuk mengembangkan blogmu nantinya.

Selain itu, jangan sungkan-sungkan juga untuk membalas komentar mereka. Saat audiens memberikan feedback lalu kamu membalas komentarnya, audiens akan merasa dirinya diperhitungkan dan didengar suaranya. Dengan begitu, rasa kepercayaan mereka juga akan bertumbuh. 

9. Perhatikan tampilan visual

Kualitas konten yang bagus, rajin update, tapi tidak dibarengi dengan tampilan visual yang menarik kemungkinan akan sulit juga untuk membuat audiens betah berlama-lama di blogmu. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan tampilan visual.

Buatlah visual blogmu menarik dan ramah pengguna. Kamu bisa menambahkan foto, gambar, dan desain grafis yang menarik dan relevan dengan konten dan audiensmu. Selain itu, penggunaan infografik juga berpotensi membuat audiens lebih mudah memahami kontenmu. Sajikan informasi-informasi penting dalam bentuk visual agar lebih menarik. 

Tampilan visual juga tidak hanya berkaitan dengan konten. Visual blog yang rapi juga bisa menjadi faktor yang bisa menarik perhatian audiens. Buatlah user interface blogmu menarik dan rapi.

Apabila blogmu terlalu banyak memuat visual-visual yang mengganggu, misalnya terlalu banyak iklan, maka akan mengganggu kenyamanan audiens juga. Mereka jadi malas untuk berlama-lama berada di blogmu. Bahkan mungkin bisa dianggap mengganggu kenyamanan audiens.

10. Menambahkan Google Analytics

Tool yang satu ini bisa kamu manfaatkan untuk memahami traffic blogmu. Apakah konten-konten yang kamu buat sudah banyak dilihat audiens, berapa lama waktu yang mereka habiskan di blogmu, apakah memiliki performa bagus di search engine, hingga apakah sudah mendapatkan traffic yang tinggi.

Data-data tentang itu semua bisa kamu dapatkan melalui Google Analytics. Menggunakan Google Analytics juga bisa membantumu untuk memahami karakter audiens. Dari mana kebanyakan audiensmu berasal, device yang mereka gunakan untuk mengakses blogmu, gender yang mendominasi audiensmu, dan perilaku-perilaku audiens lainnya. 

Mempelajari matriks-matriks yang ada di Google Analytics bisa memberikan banyak manfaat untuk blogmu. Kamu bisa memonitor Google Analytics juga untuk melihat siapa yang membuat tautan ke blogmu dan dari mana kebanyakan traffic-mu berasal.

Misalnya, ternyata audiensmu paling banyak datang dari Instagram. Hal ini tentu akan sangat membantu kamu dalam membuat konten yang relevan dengan audiens dan lebih optimal menggunakan platform Instagram untuk mempromosikan kontenmu. 

Itu dia cara menarik pembaca dan membuat mereka betah di blog yang bisa kamu coba. Menarik pembaca untuk datang ke blog memang butuh waktu dan ketekunan. Semakin sering kamu mengoptimasi blogmu dan terus memperbarui kontenmu, maka akan semakin cepat juga untuk menarik audiens ke blogmu.

1 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments