13 Kelebihan dan Kekurangan cPanel Hosting Beserta Manfaatnya

0
2001

Hosting dan website adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Bagaimana bisa situs web berjalan tanpa adanya hosting. Memilih web hosting pun tidak mudah karena ada berbagai hal yang harus kamu pertimbangkan. Salah satunya penggunaan software yang akan sangat membantu dalam mengelola website.

Jika tiba-tiba kamu terpikirkan cPanel untuk kebutuhan tersebut, mungkin ini saatnya untuk memilih software satu ini. Namun, jangan lupa untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan cPanel hosting sebelum memilih jenis control panel tersebut.

Selengkapnya bisa kamu baca di artikel satu ini.

Sekilas tentang cPanel Hosting

13 Kelebihan dan Kekurangan cPanel Hosting Beserta Manfaatnya - 2024

Software seperti apa yang kamu perlukan untuk membantu mengelola web hosting? Apakah pernah mendengar betapa bermanfaatnya cPanel dalam hosting? cPanel merupakan alat yang memudahkan pengguna dalam mengelola situs web dan server.

Dengan alat tersebut, pengguna bisa melakukan berbagai tugas dengan lebih mudah seperti mempublikasikan website, mengelola hosting, mengelola domain, membuat email, dan lain sebagainya. 

Tahukah kamu kalau cPanel hosting merupakan bagian dari control panel hosting? Dari sekian banyak jenis control panel hosting, pengguna begitu tertarik memilih cPanel yang mereka yakini sebagai pilihan tepat. 

Agar semakin yakin, kamu bisa mencari tahu seperti apa cPanel hosting bekerja dan apa saja kelebihan dan kekurangan cPanel hosting.

Sejumlah fitur dari cPanel semakin melengkapi pengalaman pengguna dalam menggunakan software tersebut. Beberapa diantaranya adalah file manager, site publisher, disk usage, bandwidth, TP session control, backups, remote MYSQL, dan FTP accounts.

Fungsi cPanel Hosting

13 Kelebihan dan Kekurangan cPanel Hosting Beserta Manfaatnya - 2024

Apakah kelebihan dan kekurangan cPanel hosting saja sudah cukup sebagai pertimbangan dalam memutuskan untuk menggunakan software tersebut? Untuk kamu yang sama sekali belum pernah menggunakan cPanel hosting, pastikan untuk mengetahui fungsinya.

Ini tentunya akan membantu kamu dalam meyakini bahwa cPanel hosting adalah memang yang kamu perlukan dalam mengelola situs web. Adapun fungsi dari cPanel hosting secara umum adalah:

  • Melakukan backup file-file situs web
  • Memudahkan pengelolaan file-file situs web
  • Memudahkan pengaturan software yang digunakan oleh situs web
  • Solusi pengaturan database dan konfigurasi PHP
  • Memungkinkan pengguna memasang Content Management System (CMS) dengan lebih mudah
  • Membuat sekaligus mengelola domain dan subdomain
  • Mengelola email website

Kelebihan cPanel Hosting

Kelebihan dan kekurangan cPanel hosting

Berbicara tentang web hosting, tentunya tidak lengkap jika tidak membahas cPanel hosting serta kelebihannya. Pada dasarnya, setiap teknologi yang kita gunakan dalam berbagai aktivitas sehari-hari tentunya hadir dengan berbagai kelebihan.

Lalu, bagaimana dengan cPanel hosting? Bagi kamu yang sedang mencari tahu apa saja kelebihan dan kekurangan cPanel hosting, perhatikan beberapa kelebihan yang ditawarkannya:

Mudah Dipelajari

Salah satu kelebihan dari cPanel hosting adalah bisa dipelajari dengan mudah oleh siapapun. Control panel hosting menjadi salah satu teknologi yang membantu pemula dalam mengelola situs web. Ternyata, cPanel hosting juga tidak hanya mudah untuk kamu pelajari tetapi juga menawarkan fitur-fitur terbaiknya.

Mudah Digunakan

Selain mudah untuk kamu pelajari, cPanel Hosting juga ternyata bisa pengguna gunakan dengan mudah. Hal ini tentunya semakin melengkapi kelebihan yang ditawarkan oleh teknologi satu ini. Itu artinya, kamu bisa memastikan kelebihan dan kekurangan cPanel Hosting yang akan membantu membuat keputusan dalam memilih hosting.

User interface dan layout sangat ramah pengguna. Jadi, meski pengguna baru tanpa pengalaman sekalipun dapat menggunakannya dengan baik. Mereka bisa menemukan bagian-bagian penting seperti database, addon domain, serta software pada menu bagian depan.

Jadi pengguna dapat menyesuaikan kebutuhan dengan pengaturan yang mereka hendak lakukan. Bahkan tanpa harus mencatat maupun mengingat kode perintah. Hal ini tentunya membuatnya berbeda dengan menggunakan cara manual.

Menawarkan Berbagai Fitur

Penasaran dengan kelebihan dan kekurangan cPanel hosting? Berbicara tentang kelebihan, kamu akan menyukai fakta bahwa cPanel hosting  kaya akan fitur terbaik. Itu berarti, para pengguna mendapatkan fitur yang lengkap dan bisa digunakan sesuai kebutuhan. 

Yang menarik adalah pengguna bahkan bisa menggunakan fitur cPanel hosting yang berbeda untuk tujuan yang sama.

Banyak Tersedia pada Hosting

Di Indonesia, cPanel hosting sepertinya memiliki tempat tersendiri sehingga bisa begitu populer. Kamu bisa dengan mudah menemukan penyedia hosting yang menggunakan cPanel untuk mengelola fitur-fitur yang mereka tawarkan. 

Jika cPanel kemudian hadir sebagai software resmi, itu artinya kamu tidak perlu mengkhawatirkan risiko dan hal yang tidak diinginkan.

Menawarkan Fleksibilitas

Fleksibilitas menjadi fitur favorit banyak pengguna cPanel hosting. Dengan begitu kamu akan menghapus pernyataan kalau menemukan host web yang memungkinkan pengguna mentransfer website dan seluruh kontennya ke server hosting lain itu sulit.

Nyatanya, jenis control panel hosting ini mampu menawarkan apa yang banyak orang inginkan. Proses transfer bisa berjalan dengan halus sehingga tidak akan menimbulkan gangguan teknis.

Jaringan yang Luas

Kelebihan lain dari cPanel hosting adalah jaringan yang luas. Tidak dapat dipungkiri kalau cPanel memiliki nama yang begitu besar di industri control panel web hosting. Hal tersebut nyata diyakini oleh para klien.

Panduan dan Dokumentasi yang Lengkap

Seperti yang dikatakan kalau cPanel hosting begitu populer. Software yang populer umumnya memberikan panduan pengguna yang lengkap. Dokumentasi yang cukup lengkap bisa kamu lihat pada halaman resmi.

Hemat Waktu dan Biaya

Dengan kelebihan yang ditawarkan oleh cPanel hosting, tidak akan ada lagi keraguan untuk memilihnya. Control panel hosting jenis ini diyakini hemat waktu dan biaya. Coba diingat-ingat, berapa banyak uang yang biasa kamu keluarkan untuk mengelola situs web? 

cPanel hosting menawarkan pengaturan gratis alias tanpa biaya karena sudah termasuk dalam paket pembelian hosting. Mengatur situs web nyatanya jadi lebih hemat waktu dan efisien melalui beberapa klik saja. 

Kelebihan satu ini bisa juga kamu dapatkan saat memilih WordPress hosting. Pemasangan situs web menggunakan CMS WordPress bisa dilakukan dalam satu klik saja.

Lebih Aman

cPanel mampu melindungi data websitemu dari aktivitas cybercrime dan cPanel juga memiliki berbagai macam fitur untuk mengamankan websitemu seperti fitur two-step verification dan firewall and anti-virus protection.

Kekurangan cPanel Hosting

Salah satu alasan kenapa kamu harus tahu kelebihan dan kekurangan cPanel hosting adalah agar benar-benar tahu tentang control panel hosting satu ini. Dengan begitu, kamu bisa membuat keputusan yang benar tanpa adanya penyesalan di kemudian hari.

Karena tidak ada teknologi yang sempurna tanpa celah, cPanel hosting juga memiliki kekurang. Adapun kekurangan tersebut adalah sebagai berikut:

Performa Sedikit Lambat

Fitur yang melimpah memang mempermudah pengguna. Sayangnya, hal tersebut juga berdampak pada performa. Ini tentunya menjadi risiko yang harus kamu tanggung apabila ingin menggunakan software yang kaya akan fitur. 

Secara otomatis, hal tersebut juga akan berdampak pada sumber daya hosting yang cepat habis hanya untuk memasang cPanel dan isinya. 

Nah, saat terpikir untuk menggunakan cPanel, sebaiknya pilih hosting murah dengan resources yang lebih banyak. Dengan begitu, kamu tetap bisa mendapatkan manfaat dari cPanel dan hosting secara bersamaan.

Pengaturan Bisa Berubah Otomatis

Kekurangan lain dari cPanel hosting yang juga menjadi pertimbangan adalah pengaturan yang bisa berubah secara otomatis. Meski hemat waktu, cPanel hosting mengharuskan pengguna berulang kali mengecek pengaturan. Tujuannya untuk mengontrol bila saja beberapa pengaturan tiba-tiba berubah. 

Apabila hal tersebut benar terjadi, kamu bisa segera mengembalikannya ke pengaturan semula. Dengan demikian, masalah yang tidak diinginkan bisa segera teratasi.

Membuat Sebagian Pengguna Kebingungan

Fitur yang beragam menjadi kelebihan dari cPanel hosting, bukan? Lalu kenapa masih harus tetap mempertimbangkan kelebihan dan kekurang cPanel hosting?

Fitur-fitur tersebut juga ternyata bisa membawa pada kenyataan kalau cPanel hosting itu memiliki kekurangan. Beberapa fitur dari software ini membuat pengguna bingung. Karena terlalu banyak fitur, pengguna mungkin tidak tahu harus memilih fitur mana untuk tujuan yang sama.

Biaya Langganan Cukup Mahal

Web hosting seperti apa yang sedang kamu cari? Apakah yang merupakan cPanel hosting? Sebelum memutuskan untuk menggunakan software tersebut, sebaiknya kamu perhatikan terlebih dahulu dana yang tersedia. Cek kembali apakah cPanel hosting sesuai dengan budget atau tidak.

Biaya langganan cukup mahal dan hal tersebut menjadi kekurangan lain dari cPanel hosting.

Selain kelebihan dan kekurangan cPanel hosting, coba cari tahu alasan mengapa memilih cpanel hosting lainnya.

Kesimpulan

Sudah tahu kenapa begitu penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan cPanel hosting? Apabila sudah benar-benar yakin untuk memilih cPanel hosting karena fitur-fitur yang ditawarkannya akan sangat membantu mengelola situs web, dimana kamu akan membelinya?

Untuk kamu yang belum berpengalam dalam memilih cPanel hosting, percayakan kebutuhanmu pada Exabytes. Kamu bisa mendapatkan pilihan terbaik tanpa harus khawatir akan apapun termasuk uang dan waktu yang kamu habiskan untuk mencari layanan cPanel hosting.

Tersedia berbagai pilihan paket cPanel hosting yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan dana. Mulai dari cPanel 13 lite dengan harga mulai dari Rp 9.900 ribu saja per bulan hingga cPanel 13 max dengan harga sekitar Rp 399 ribuan per bulan.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments